Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Diantara pabrikan Jepang yang ada di Indonesia, mungkin hanya Honda dan Kawasaki yang jarang diketahui kalau keduanya juga melakukan ekspor motor ke negara lain..

vario magenta matte kobayogas

Harap maklum, kalau untuk Yamaha memang dikabarkan pabrikan YIMM punya salah satu yang terbaik dan pasar di Indonesia juga salah satu yang terbesar, tak heran kalau principal Yamaha Jepang terkesan begitu mudah memberikan lampu hijau bagi YIMM untuk memproduksi beberapa line up dan kemudian mengekspornya ke mancanegara. Yamaha NMax, R25, MT25 dan MX King adalah beberapa contoh dari produk buatan YIMM yang diekspor.

Nmax produksi sukses ekspor yimm
Nmax produksi sukses ekspor yimm

Sementara untuk Suzuki Indonesia, kita tahu Suzuki Address adalah skutik andalan yang juga dilempar ke negara negara lain termasuk eropa. Tak lama lagi pun Suzuki GSX-R150 serta GSX-S150 juga akan menyusul mengingat kabar nya santer banget kalau kedua calon motor sport terbaru Suzuki tersebut akan dibuat di Indonesia, bahkan pada ajang Intermot kemarin, GSX-R125 yang didisplay jelas merupakan buatan Indonesia.

calon ekspor Suzuki Indonesia
calon ekspor Suzuki Indonesia

Sedangkan Kawasaki, punya andil dalam melakukan ekspor untuk dua produknya, yaitu Ninja RR Mono dan juga Z250SL.. Bagaimana dengan Honda alias AHM? Persaingan ketat dengan Thailand dan Vietnam membuat AHM butuh usaha berat untuk meyakinkan pihak Jepang bahwa line up produknya layak untuk dikirim ke mancanegara. Selama ini basis produksi motor motor Honda untuk versi mancanegara memang dilakukan di Thailand, sebut saja CBR series (termasuk moge), PCX (sebelum ke Vietnam), Vario (Click), Zoomer X, Grom dlsb..

ninja-rr-mono-kobayogas

Belakangan, AHM akhirnya sukses melakukan ekspor beberapa produknya seperti Beat dan Sonic ke beberapa negara ASEAN, seperti misalnya Filipina, Malaysia dan Vietnam (Timor Leste juga ya katanya kekeke). Melihat reputasi dan lokasi sepertinya belum wow ye, biasa aja lah wong masih negara tetangga.. Tapi bagaimana kalau ekspornya tembus ke negara asal mula Honda alias Jepang? Nah kalau ini baru bisa disebut prestasi jempolan!

Honda Ternyata Tidak Hanya Jago Kandang.. Ekspor Honda Beat eSP Sebanyak 30 Ribu Unit Ke Filipina

Kalau buat Yamaha YIMM mungkin biasa saja karena memang sudah ditugaskan semua produk MT25, R25 dan NMax untuk diekspor.. AHM? Baru lah ini berita mengejutkan wkwkwk.. Adalah Honda Vario series yaitu Vario 125 dan 150 yang KBY dapat kabar kalau kedua skutik laris itu akan dikirim ke Jepang.. Kapan? Infonya sih dimulai bulan November 2016 ini lads. Hanya kalau jumlahnya berapa ya kurang tahu ya..

ergonomi cbr250rr dengan tinggi rider 166 cm
ergonomi cbr250rr dengan tinggi rider 166 cm

Kalau Vario 125 dan 150 akan diekspor ke Jepang artinya apa? Artinya AHM menjawab semua keraguan kalau selama ini mereka hanya jago kandang dan sekaligus membuktikan kalau punya kualitas yang baik sehingga mampu tembus pasar Jepang.. Belum lagi New CBR250RR yang rencananya basis produksinya akan di Indonesia. Bagus deh semoga semua pabrikan motor dan mobil di sini bisa melakukan hal yang sama, lumayan lads buat reputasi Indonesia plus pemasukan negara loh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

11 COMMENTS

  1. terbukti QC indonesia lebih baik, ga percaya?? tuh scoter itali yg di made in nya di vietnam.. busuk bagian cvtnya, karet2 mountingnya.. parah, ky mocin kualitasnya

  2. Mang kobay blog ente knp jadi gak enak gini dibukanya iklan melulu, tulisan mang kobay jadi kabur dan hilang”an terus… Smartphone yg salah apa blognya mang thanks?

  3. Astra Honda akhirnya menyusul jejak Astra Toyota / Daihatsu yg sudah sukses ekspor produk mereka ke Jepang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..