CBR

Opini Pengunjung Blog Akan Penjualan Motor Di Indonesia..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Diam diam, para pengunjung blog itu memperhatikan sepak terjang para pabrikan motor loh, terutama di Indonesia. Mereka ini bisa kita sebut pundit alias pengamat otomotif.. Diantaranya ada yang cuma mantau atau juga yang ingin memberikan opininya, seperti masbro Riko Ichsan ini..

Z250FI single seater 2

Ini merupakan opini beliau ya, jadi bukan salah ataupun benar, opininya merupakan pandangan pribadi akan perkembangan penjualan para pabrikan motor di Indonesia.. Cekidot pendapat masbro Riko Ichsan ini lads..

Kang punteun mengganggu..

Setelah sekian lama mantengin beberapa blogger. Termasuk sbagai langganan bacaan sy juga kobayogas..

Sy jadi teringat bberapa artikel yg membahas ttg angka penjualan motor2 baru.

Saya pertanyaan. (mungkin maksudnya satu ya? -red)
Kenapa penjualan motor honda akhir2 ini sering merusak angka penjualan pabrikan lain?

Seperti kasus
1. Matic kelas mid-low. Bisa disebut juga matik harga 20jt kebawah.. Yg sejak 2007 dikuasai oleh yamaha dg pentolannya mio series. Sekarang2 telah dikuasai oleh beat dkk.
2. Cb150r yg awalnya tampak biasa saja. Tp lambat laun bisa merusak penjualan NVA.
3. Supra150gtr dan new sonic yang pada akhirnya dapat melebihi penjualan MX King dan Satria FI..

Data Aisi nya saya lupa lagi angkanya..

Yg saya perhatikan. Ketika memang honda serius mengerjakan satu produk. Bisa mengalahkan penjualan produk Saingannya..

Seperti kasus nmax vs pcx. Honda tampak tidak serius krn terlihat dari promosi pcx yg nyaris tidak ada, dan status cbu yang belum dilokalkan juga.

Satu lagi, cbr250rr. Honda tampak sangat serius menggarapnya. Ini bisa jadi sinyal waspada bagi pabrikan kelas 250 yang lain. Yang takutnya terulang lagi kejadian kalah angka penjualan.. Meskipunsaya rasa motor ini masih terlalu mahal, tetapi siapa tau keinginan konsumen mah?

Semoga saja email saya ini bisa menjadi masukan atau bahkan tulisan di blog kang yogas..
Hehe..

Ahhh Honda lagi, bosen! Wkwkwkw.. Tapi memang tak dapat dipungkiri apa yang masbro kemukakan benar adanya, dengan usaha tekun dan serius, AHM ternyata bisa “mengalahkan” apa yang menurut mereka harus dikalahkan. Meski tidak terus menerus mendominasi seperti apa yang terjadi pada produk skutik, tapi mereka membuktikan kalau mereka serius, ya mereka bisa..

Jadi kata Impossible dibuat menjadi Impossible is Nothing.. through hard work dan konsentrasi (serius), ternyata mereka dapat mematahkan dominasi sport yang selama ini dikuasai oleh Yamaha.. Artinya apa? Artinya, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan pabrikan lain pun sebenarnya bisa melakukan hal yang sama.. toh dulu YIMM yang masih bernama YMKI pernah kok menjungkalkan Honda dari tahta raja motor di Indonesia..

sejauh mana cbr250rr bakal mengganggu pasar R25?
sejauh mana cbr250rr bakal mengganggu pasar R25?

Tapi tentu tidak mudah, toh AHM juga gak hari ini bikin besok langsung jadi nomor satu kan? Hei kota Roma tidak dibuat dalam satu hari – katanya hehe.. Ah tapi tetep tuh di sport dan bebek sport Yamaha masih bisa nyusul.. Lha itu memang indikasi yang sangat baik, artinya kompetitor tetap fight.. Lagian kita juga gak tahu agenda Honda yang sebenarnya di sektor sport.. Apa hanya memang sekedar “kita bisa” atau ingin mendominasi? Kalau cuma bisa, buktinya sudah berkali kali bisa..

Jangan terlalu serius apalagi diambil hati.. sebagai ajang diskusi aja hehehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

        • Email me: kobayogasblog@gmail.com
        • Facebook : @kobayogas
        • Twitter : @kobayogasblog
        • Instagram: Kobayogas
        • YouTube channel: Yogas Kobayogas
        • Path: Yogas Kobayogas.com

        <

About Kobayogas 3357 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

33 Comments

  1. Kang kobay, klo sya mau nanya. Dari sekian blog otomotif, pertamax7, iwb, tmcblog, motogokil yg sring sya pantau, knapa cma kobayogas.com yg sering pajang foto spg???

    Anyway, setuju pisan mang, pagi2 ngabodor heula..wkwkwk

  2. Jujur sih mang kalo gue pribadi bosen baca artikel yang bahas honda (baik itu tentang marketing ataupun rilis produk baru), malah cenderung gue skip. Karena endingnya pasti AHM tetap menang. Gelagatnya bisa dibaca dari strategi mereka meraih konsumen. Bahkan gue punya feeling kalo CBR250RR bakalan jadi leader kelas 250 -> datengin marquez, ajak touring, dealer wing dsb..

  3. Saya sih melihatnya unsur kekuatan ambisi yg berbeda dari kedua pihak ini.
    Satu pihak memang nampak jelas ambisinya utk menguasai pasar (apapun dilakukan utk memenuhi maunya konsumen),

    Sementara pihak lain terkesan “asyik sendiri” dg desain “sesuka gua” (pembelinya hanya yg suka desain dia), dan akhirnya baru pusing belakangan saat pangsa pasarnya melorot.

    Kedua pihak tsb sudah pasti orientasinya bisnis dan cari untung (namanya juga perusahaan, bukan yayasan), tapi kelihatan sekali soal ambisi dan grand strategy marketingnya berbeda.

  4. honda asal disisi disain diperbaiki macem contoh cbr 250rr tuh menurut ane bisa mang nyalip penjualan pabrikan lain

  5. Dengan artikel ini sukses bikin gw bingung antara ambil NVX atau nunggu Forza Tahun depan atau sekalian Duke 200 wkakakaka..

    • Dari komen anda saya tahu anda cuma berangan-angan karena 2 motor itu sampai sekarang belum ada indikasi ke Indo,komen yang gak berbobot sama kayak komen saya ini

  6. AHeM itu resourcenya luar biasa, mang.. jd kalo mau, memonopoli jualan motor di Indonesia bisa2 saja..
    tapi kan monopoli perdagangan itu ndak boleh.. jd ya AHeM mmpertahankan presentase saja, dibagi2 jatahnya dgn pabrikan lain..

    masuk akal kan?

  7. honda di sini kerja sama sama astra yg punya modal gak ke itung,honda mau bikin 10 pabrik di indo juga bakal di bikin sama astra.saya gak setuju kalo AHM itu di bandingin sama YIMM,SIS dan KMI.karena AHM 2 perusahaan besar,apalagi astra sebagai sumber modal nya.beda cerita kalo honda gak gabung astra.sebelum tahun 2000,honda federal udah ngap2an gara2 krismon,minta bantuan ke astra.Coba pikir kalo yamaha kerja sama,sama astra group ASTRA YAMAHA MOTOR,pasti no 1 di indo.
    ini hanya opini saya ya

    • Kalau astra sama yamaha jadinya AYAM dong??? Ini harusnya yamaha sama suzuki yang bikin big bang, jangan malah keluarin produk tapi tak ada angin info, kayak gitu gimana konsumen bisa tahu,contoh mio zzz di blog madev

  8. harusnya bukan “Impossible dibuat menjadi Impossible is Nothing” om, tapi “Impossible menjadi I’m possible”

  9. G sah diambil..hati..kl desain honda keren n nama besar honda yg luar biasa..wajarlah jd market leader…
    Kl suka merk lain..beli aja yg lain…

  10. Honda motornya nyaman cuman sayang marketing didaerah saya tidak menghargai konsumen setia kayak saya,

  11. klo honda mau serius betulin soal masalah pcx, yaitu dari masalah harga dan desain, yakin deh pcx pasti bisa ngalahin nmax

    • harga PCX yg terlalu mahal yg bikin tidak laku.
      kalau dari desain sih tidak masalah, karena banyak juga yg suka desain PCX.

  12. aisi tuh cuma dari pabrik ke dealer,bukan dari dealer ke konsumen…tp emang bener honda tuh semakin di depan 😁😁😁😁

    • Tidak ada yang salah dengan performa dan reliabilitas honda pada kondisi standart, bahkan lebih unggul dibanding kompetitor, makanya jd leader.bagaimanapun honda lebih unggul

  13. maaf mang kobay…untuk cbr250rr sendiri targetnya bukan r25 tp ninja 250fi…
    kasarnya r25 ga dianggep…wkkwkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..