CBR

Beberapa Penyebab Harga Kendaraan Jatuh Saat Dijual..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kadang kita tidak pernah tahu kebutuhan mendesak yang datang secara tiba tiba atau hanya memang sekedar untuk mengganti kendaraan yang lebih baik sehingga untuk mendapatkan dana, mau tak mau kita harus melepas kendaraan kesayangan… Tapi harga jual yang kita patok bisa jadi jatuh karena beberapa penyebab.. Simak lebih lanjut..

Kuro Jazz idsi cvt 2

Tak hanya kebutuhan mendesak, menjual kendaraan juga bisa dengan alasan yang paling sering ditemui adalah bosan. Ya, niat menjual kendaraan yang ada kemudian ditukar dengan yang baru. Banyak orang yang ingin menjual kendaraannya dengan harga yang tinggi, tetapi tidak memperhatikan hal-hal yang dapat membuat harga jual kendaraan tersebut jatuh.

Nah lads, sebelum main pasang harga tinggi untuk kendaraan yang akan dilepas, lads harus memperhatikan penyebab yang dapat membuat harga kendaraan jatuh saat dijual.

Berikut ini ada 6 penyebab yang dapat menurunkan harga jual kendaraan:

1. Riwayat Kendaraan 

Riwayat kendaraan adalah bagaimana kendaraan lads saat digunakan harian. Apakah pernah mengalami kecelakaan atau tidak? Jika pernah bukan tidak mungkin harga kendaraan lads bisa jatuh di pasaran. Selain itu, kendaraan yang bekas terkena banjir juga terkadang seringkali menimbulkan masalah, seperti kelistrikan dan kebersihan (mobil terutama). Jika memaksakan menjual kendaraan dengan kondisi bermasalah, bisa dipastikan lads akan gagal menjualnya . Kalaupun bisa dijual maka harganya akan murah.

2. Tahun Kendaraan

Faktor lainnya adalah tahun kendaraan. Semakin tua mobil atau motor yang lads miliki maka ada yang namanya depresiasi value alias semakin kecil juga nilainya kecuali collector’s item ya. Selain itu, jarak tempuh selama menggunakan kendaraan juga berpengaruh lads. Semakin kecil kilometer tentu menambah nilai jual motor atau mobilnya. Sebaliknya, semakin tinggi kilometer bisa menurunkan nilai jualnya..

honda jazz idsi dan z250fi

3. Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan ini meliputi komponen yang ada di mobil/ motor. Misalnya, jika ditemukan cacat di jok maka biasanya pembeli akan menawar dengan murah. Lalu, hal yang jadi perhatian lagi adalah kondisi mesin. Jika distarter langsung hidup berarti kendaraan yang lads jual aman. Ada juga pembeli yang peduli akan hal detail, seperti kerja radiator dan kompresor AC atau kabel-kabel yang tak lazim atau kondisi plafon apakah masih mantap atau udah kendor.

4. Surat Kendaraan Tidak Bermasalah

Usahakan surat-surat kendaraannya lengkap ya lads biar gak dianggap bodong, surat resmi seperti BPKB, STNK, faktur, form A (untuk mobil impor), hingga blangko kuitansi harus ada dan tidak bermasalah. Selain itu, perhatikan juga pajak kendaraan. Sebab, jika pajak kendaraan mati maka akan menurunkan harga jualnya. Ya kan si calon pembeli berarti kudu keluar duit lagi toh…

5. Merek Kendaraan

Sebenarnya merek kendaraan juga tak kalah penting bahkan cenderung paling penting. Sebab ini akan mempengaruhi jaringan purna jual ke depan. Merek-merek mobil/ motor yang popular dan sudah terbukti daya tahannya tentu akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan merek mobil yang jarang dipakai konsumen.

6. Aksesoris 

Aksesoris bisa menjadi pisau bermata dua bagi nilai jual kendaraan loh lads, kalau aksesorisnya bermutu serta memiliki value yang baik dan fungsional malah akan bisa mendongkrak nilai jual si kendaraan. Sebaliknya kalau abal abal dan norak, calon pembeli bisa saja bilang, saya gak butuh aksesorisnya.. Nah jadi mubazir kan?

Bagaimana lads, ada tambahan kah?

ini waktu si kuro di retune di SS Performance
ini waktu si kuro di retune di SS Performance

Inspirasi dan Sumber: kokgituya.com

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
fb fanspage: @kobayogas
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements
About Kobayogas 3231 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

25 Comments

  1. Pas dijual lewat iklan baris mesti ditambahin ‘ex dokter’ biar harganya naik. Ga tau kenapa sampe sekarang masih nemu yang ginian

  2. ah konsumen mobkas mah cari yg sunvisor atau headrestnya masih kebungkus plastik, biasanya pemiliknya emg beli buat dijual lagi.. jd makenya pun di eman2..
    paling banyak ditemui di avanza/xenia, agya/ayla, terios/rush.. mungkin ntar listnya ditambah calya/sigra

  3. 1 lg, jgn mau beli tinggi mbl matik eks cewe, transmisinya gampang rusak karena cewe biasanya manasin di P, pas udh jalan pake D terus sampe nyampe di tujuan

  4. eh, kenapa gua kagak bisa reply di satu komentar yak?

    Anyway, poin no.5 (Merk kendaraan) malah harusnya jadi poin no.1, setidaknya itu menurut persepsi pihak perbankan (leasing) 😀

  5. Ditambahin tulisan “ex wanita”
    Padahal kalo dipikir2 cwe itu lebih slebor kalo di jalan 😀

  6. Kondisi ekonomi jg ngaruh… selagi lesu, harga jual tambah anjlok krn lbh byk yg jual drpd beli…

  7. saya kalo jual (pernah jual motor di olx) ya saya jual kondisi apa adanya berikut histori nya saya ceritakan semua. mulai ganti parts atau yang lain. kondisi jok sudah agak sobek (jok original). pernah jatuh sekali waktu di pake istri jadi menyebabkan baret di bodi (batok lampu sebelah kanan). ganti steering rack komplit original. malah laku tinggi tuh hahahahah

    yang pasti semua standart pabrikan karena saya memang senang sama yang namanya ‘original’

  8. Tergantung siapa yg jual juga..
    Kalo yg jual cakep,dapat pincan nocan.
    Dan yg nawar berperut buncit..bisa mahal tuh..
    Sama pelaminannya juga..wkkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..