Ford Fiesta 1.6 S DCT 2013

Ford Fiesta masuk ke Indonesia dengan misi yang sulit, Mission Impossible, yakni meruntuhkan dominasi dari dynamic duo penguasa ranah Compact Hatchback – Honda Jazz dan Toyota Yaris, berhasilkah misinya?

Kobayogas.com – Hola lads… Artikel super telat 😀 foto-foto sudah dari kapan diambil, begitu pula dengan test drivenya sudah sejak jaman baheula dilakukan, bagaimana impresi KBY terhadap Fiesta S ini?

Ford Fiesta masuk dengan dua pilihan mesin, yaitu 1400 cc dengan manual transmission dan matik tiptronik 4 AT dengan manual mode, serta 1600 cc dengan 1 pilihan saja, AT 6 speed Dual Clutch Transmission tanpa pilihan manual mode. Tipe teratas ini lah yang KBY bawa selama kurang lebih satu minggu…

Ford Fiesta tipe S 1600 cc DCT ini milik pacarnya adik ipar KBY, yang lucunya dia yang minta tukeran selama seminggu dengan Honda Jazz iDSI. Meski dengan berat hati, KBY mengiyakan keinginan tukar pakai tersebut, toh sudah lama juga ingin mencoba impresi berkendara bersama Fiesta 1.6 DCT ini.

baca juga: First Drive Ford Fiesta Ecoboost 1.0, Boost Yang Menghilang

DESAIN

1. Eksterior

Mantap di mata KBY, sporty sekaligus manis, namun dimensi luarnya sangat gamblang menjelaskan pula dimensi interiornya, kecil luar dan dalam.. Karena ini merupakan produk lama, jadi jangan harapkan ada grill khas yang mirip dengan signature Aston Martin pada bagian facia Ford Fiesta tipe S 1600 ini.

Lampu belakang Ford Fiesta tipe S 1600 adalah bagian paling menarik untuk dilihat, andai saja dia dilengkapi dengan lampu LED, maka pencahayaannya akan jauh lebih stylish lagi.

Ford Fiesta 1.6 S DCT 2013 2

2. Interior

Stylish dan futuristik…jangan heran jika lads akan terasa sangat familiar dengan lekuk dan tatanan dashboard Ford Fiesta tipe S 1600 terutama bagian tengah. Betul, mirip dengan handphone yang dulu sempat merajai dunia dan tanah air.

Plastiknya…hmmm, cheapy, terkesan sekali Ford mengupayakan agar harga Ford Fiesta tipe S 1600 mampu bersaing sehingga kualitas plastik material sekujur interiornya kurang baik, solid sih tapi kurang berkelas. Mirip mirip dengan milik Hyundai Gran Avega dan Kia Rio.

interior Ford Fiesta 1.6 S DCT 2013

FITUR

Dipersenjatai dengan voice command, satu satunya di kelas hatchback, yang somehow hanya sekedar pelengkap fitur semata karena jarang banget yang menggunakan fitur ini  pada Ford Fiesta tipe S 1600 hehe..

Selain itu fitur Ford Fiesta tipe S 1600 terdapat Bluetooth+USB+Aux, ABS+EBD+ESP+Traction Control, EPAS dan Dual Airbag

transmisi Ford Fiesta 1.6 S DCT 2013

PERFORMA

Mesin Ford Fiesta tipe S 1600 memiliki teknologi pengaturan katup variabel semacam VVT-i, VTEC, VVT dan sejenisnya, hanya saja yang diatur itu adalah waktu gerakan camshaft baik intake atau exhaust, sesuai namanya Ti-VCT (Twin independent – Variable Cam Timing), mungkin karena nama yang ribet ini lah makanya Ti-VCT gak sepopuler VTEC dkk ya? hehehe

Sekilas spesifikasi dari Ford Fiesta tipe S 1600

  • Mesin Duratec Ti-VCT 1.6 liter 4 silinder segaris 16 katup DOHC
  • Daya maksimal 120 HP @6.000 RPM
  • Torsi puncak 152 Nm @4.050 RPM
  • Transmisi Otomatis 6 percepatan.
  • Fitur : PW, PS,EPS, Voice Command dll
  • Safety :  ABS, EBD, Dual Airbag.

Dari sisi performa mesin yang dirasakan tenaganya Ford Fiesta tipe S 1600 ini responsif, maklum namanya juga 1,600 cc. Yang asik itu transmisi 6 percepatannya, cekatan karena dual clutch, dimana gigi/gear ganjil dan genap terpisah lads, sehingga ketika gear berada pada posisi gigi 1 bahkan gigi 3 nya sudah siap engaged, begitu masuk gigi 2, gigi 4 nya sudah siap masuk dst.

Hanya saja namanya transmisi konvensional non cvt dari sisi kehalusan masih kurang, terasa pula adanya lag antar perpindahan, meskipun sudah dual clutch tapi sepertinya belum dimaksimalkan oleh ford.

HANDLING

Nah ini dia, handling Ford Fiesta tipe S 1600 menurut KBY mantap, presisi dengan feedback dari setir yang cukup baik.. Sasis dan suspensi turunan dari Ford Focus memang gak bisa dianggap sebelah mata..

Tapi memang seperti halnya mobil mobil dengan karakteristik handling yang cekatan dan stabil, sisi kenyamanan alias keempukan suspensi menjadi sedikit dikorbankan, begitu pula yang KBY rasakan pada Ford Fiesta tipe S 1600 ini..

AKOMODASI

Lads tidak bisa berharap banyak pada sektor ini, kabinnya pas-pasan jika tidak ingin dibilang sempit. Meski posisi duduk nyaman depan belakang namun bicara sisi kelegaan, jauh panggang daripada api. Sasis dan struktur bodi Ford Fiesta tipe S 1600 yang serancang bangun dengan sister company-nya yaitu Mazda 2, membuat akomodasinya 11-12…namun bicara memadai, Fiesta cukup mengakomodir.

sayang bagasinya minim
sayang bagasinya minim

THE VERDICT

Ada beberapa catatan bagi KBY untuk Ford Fiesta 1.6 DCT 2013 warna ungu gelap ini

Kelebihan Ford Fiesta 1.6 S DCT

  • Mesin responsif.
  • Matik Dual Clutch
  • Handling mantap.
  • Fitur lengkap.
  • Desain trendy dan sporty.
  • Fun to drive.
  • Ergonomi pengemudi

Kekurangan Ford Fiesta 1.6 S DCT

  • Kursi belakang kurang nyaman dan kurang lega
  • Bantingan cenderung keras
  • beberapa kualitas material plastik
  • Pilar A mengganggu.
  • Jaringan servis minim.
  • Harga jual kembali rendah.
  • Akomodasi minim
  • Matik tanpa manual mode
  • Rem belakang teromol

Harga bekas Ford Fiesta S 1.6 DCT tahun 2013 hasil pantauan google bermain di angka Rp. 170 juta ke atas lads..

Sayang lads, pabrikan Ford sudah hengkang dari Indonesia ini, mau gak mau status produknya menjadi CBU yang bisa mencegah konsumen tertarik memilikinya.. Gallery foto dapat dilihat di Galeri Foto Ford Fiesta 1.6 DCT 2013 warna ungu

baca juga: Ford Motor Hengkang Dari Indonesia

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

41 COMMENTS

      • ada kok, coba cek lagi buku pedomannya, saya sudah pernah coba di mobil om saya
        di fotonya ada di sebelah kanan tuas transmisi, cuma bukanya agak ribet, pake obeng plat tipis, jadi mending dibiarin terbuka terus aja, habis itu tombol di dalemnya ditekan pake kunci
        😀

  1. atpm nya sayang kabur

    baru mau beli ni mobil

    tapi denger2 astra auto parts mau suplay part mobil ford

  2. Variable cam timing tu waktu buka tutup valvenya bisa maju mundur. Kalo VTEC tu (yg SOHC VTEC) intake valve lift nya yg berubah, dgn cara mengunci rocker arm intake valve yg terhubung ke cam lobe normal dgn rocker arm yg terhubung ke cam lobe tinggi. Makanya cam lobenya jumlahnya ada 20. 8 cam lobe intake normal, 8 cam lobe exhaust normal, 4 cam lobe intake tinggi. Cara nguncinya pake oil pressurized dari oil pump yg diaktifkan solenoid. Kalo diterangin panjang x lebar. Gw dah turun cylinder head City Type Z. Asiklah pokoknya liatnya…

  3. tiap kali baca ulasan mobil ford jadi kangen masa2 masih di VA US,
    pertama nyicip jadi penumpang ford itu ya pas lagi stud exc.,
    1. ford lincoln coupe (atap terbuka) merah th 58, disupirin dan milik host family.lawas klasik terawat, pas naik itu, ibarat kata orang2 pada ngeliatin.
    2. focus hatchback kuning, disupirin oleh tante yg jadi host family nya temen yg asli nya dari bukit tinggi, waktu itu baru mau naik kelas 2 SMA,
    masing2 cuman sekitar 1 jam saja,
    sisanya sehari-hari pake jeep Laredo & sedan saturn ke tempat titik kumpul, Mc D Roanoke-Salem VA.
    dan sekali nikmatin ganasnya mini Cooper, saya diceritain saat itu kalau Mini mesinnya BMW.
    cuman manggut2, sampe akhirnya bisa cari sendiri info2 macam begitu.
    can’t explain how much I missed those days.

    • terimakasih for the compliment.
      itu kayanya tim seleksinya kbetulan khilaf,
      tapi ya mungkin disitulah berlaku istilah there is no accident, everything happens for a reason,
      dokumentasi minim & saya ga fotogenic. kebetulan jaman 2006 saat rekan2 saya mulai bawa camdig, saya cuman punya tustel yg pake film roll (di gulung-cuci cetak konvensional), bisa sih beli yg disposable di US, tapi dolarnya di hemat2 biar bisa beli oleh2 saat pulang. HP sing ono kamerane jik larang jaman sak mono kuwi.
      intinya sih dokumentasinya minim khususnya terkait makhluk langka ford lincoln dan kendaraan yg saat itu beredar.

      catatan, tustel (bukan tusuk telinga aka cotton bud)
      LOL.

      • wakakakakaka.. tustel, cuma orang lama yang bilang itu.. tapi tusuk telinga ay baru tau as per today 😀

        Ford Lincoln duh andai didokumentasikan..

  4. Mestinya nyoba yg baru “baby aston martin” he..he… DCT nya ada pilihan manual. Yg bisa menyaingi fiesta cuma mazda 2, itupun blm DCT tapi dari beberapa fitur lebih baik.

  5. Ada yang kelupaan kang kobay…mobil ini menggunakan platform mazda DY (ford menyebutnya platform B3) jadi rangka kaki2 dan body sudah standard jepang dengan reliability dan durability yg lebih baik…
    Platform ini juga dipakai mazda untuk mazda2..
    Mesin menggunakan type sigma yang merupakan hasil pengembangan yamaha yang lagi2 soal reliability dan durability jauh lebih baik dari buatan asli ford.
    Dengan kualitas yang sudah setara produk jepang ini harusnya ford bisa bersaing dengan pemain lama di indonesia seperti jazz, yaris, dan kembarannya fiesta yaitu mazda2…

  6. Mobil ngen2an ane..
    Duit ngumpul malah fordnya kabur..
    Akhirnya ambil mirage, sisanya buat persiapan bikin rumah. Judulnya jg beliin bini ini, wkwkwk..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..