banner
spakbor ninja 250 karbu memang lebih panjang
spakbor ninja 250 karbu memang lebih panjang

Kobayogas.Com – Hola lads.. gak habis habis kabar berita dari sisi penegasan peraturan lalu lintas di jalan raya yang bikin tertegun sekaligus geleng geleng..

Geleng gelengnya ya jelas bukan karena lagi dugem ah wkkwwk.. Tapi serasa tidak percaya bahwa di belahan bumi pertiwi ini ada kejadian janggal yang bikin gemas sekaligus gregetan (eh gemas sama gregetan sama gak sih?). Apalagi kalau bukan penerapan tilang yang menurut KBY masuk kategori semena mena?

Gimana gak semena-mena? Kalau kita salah atau kendaraan kita yang salah (lampu mati, sein putus, spion gada dll) lalu kita ditilang, ya mau apa lagi? Kesalahan jelas ada di pihak kita kok.. Tapi bagaimana kalau kendaraan kita semuanya normal dan dalam kondisi standar ting-ting bawaan pabrik lalu ditilang karena dianggap menyalahi peraturan?

Mau marah, yang nilang aparat yang berwenang, mau protes gak pernah didengar, mau debat tetap aja kalah, mau proses adu argumen hingga pengadilan, lagi di luar kota yang jauh dari rumah.. Dan hal itu terjadi terfokus pada satu kota di Jawa Barat, Kota Cirebon! Kota ini ternyata sudah terkenal kalau aparat kepolisian jalan rayanya sadis sadis terhadap kendaraan non lokal alias luar kota..

Ya, mau gak mau, para pembaca blog ini dan juga komentar di facebook seakan mengamini bahwa petugas kepolisian lalu lintas di Kota Cirebon memang terkenal “dahsyatnya”. Tapi KBY tidak akan fokus kesana, lebih kepada “kalau kendaraan standar saja kena tilang, siapa nih yang harus disalahkan?”

Dalam hal ini produsen otomotif dong, wong yang buat kendaraan kan mereka? Mau contoh kendaraan (motor) standar yang kena tilang? Ada kasus lampu Yamaha R15 dan Ninja 250FI yang padam sebelah lalu kena tilang, padahal dual keen eyes bawaan pabriknya memang padam satu dalam posisi low beam!

Lalu Kawasaki Ninja 250FI standar pun kena tilang gara gara spakbornya disebut kependekan (blog smartfaiz)! Padahal sudah dijelaskan Ninja 250 keluaran baru memang begini.. Tetap saja kena! Ada pula yang lagi heboh, New CB150R kena tilang gara-gara lampu depannya berwarna putih! Lah warna lampu LED standarnya memang begitu kepribeennn!!..

bandingkan dengan punya ninja 250 fi
bandingkan spakbornya dengan punya ninja 250 fi

So lads, bingung gak sih kalau seperti itu kejadiannya, siapa yang mau disalahkan? Pabrikan membuat kendaraan umum tentu sudah sesuai standar internasional..Haruskah ada koordinasi antara pabrikan dengan kepolisian setempat dalam kasus ini Cirebon? Lalu bagaimana nasib yang sudah kena tilang padahal kendaraannya standar? Bisa minta ganti rugi ke pabrikan gak ya? hehehe..

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

69 KOMENTAR

  1. Ini harusnya ada penyampaian resmi ke pihak kepolisian nih, supaya mereka bisa lebih mengedukasi personilnya supaya ngerti sama kendaraan2 yang beredar dipasaran
    Ngaco ah lama2 punya motor buat d pake dalem komplek doang nih biar g d tilang

  2. kan sebelum produksi masal sudah uji tipe di kemenhub
    terus gunanya apa uji tipe kalo masih ditilang ?
    polisinya aja yg butuh duit 😀

  3. nggak usah ngapa2in bang…emang polis nya aja yg nyari gara2…yg penting dapat duit kok…
    om saya punya sim B2 UMUM…pake sedan…akhirnya rame deh..om saya juga gak mau kalah..akhirnya datang atasan polisi tsb..setelah tau masalahnya…atasan polisi tab minta maaf sm om saya atas ulah anak buahnya yg ngawur

  4. kalo terlanjur kena Tilang ndak ada guna didebatkan dgn Polisi.sampaikan keDealer tempat beli dan hubungi ATPM.Sebarkan diMedia diBlog juga bisa.biar Pihak ATPM melakukan pendekatan keSatLanTas setempat.sudah diProduksi berarti Legal Motornya.

  5. hal ini memang harus dilaporkan secara resmi ke pihak kepolisian lalu lintas pusat…
    tapi saya yakin mereka sebenarnya sudah tahu, kan di internet banyak..

    jaman sekarang sih langsung aja record ke video, upload…kalau pakai action cam lebih baik..biar malu kepolisian..(WHAT?! mereka bisa tahu tutup pentil tidak ada? amazing eyes)

  6. Iya nih om, entah personil2 yg sekarang knp mentalnya pada begini, ada aja yg nyari2 kesalahan, padahal ane dulu pernah leat oknum2 begitu naik ninja pakbornya dilepas.

  7. itu razia resmi gak? klo resmi, biasanya kan ada komandan regunya, coba aja tanya langsung sama danrunya, jangan debat sama prajurit/kopral

  8. Pak kapulri lagi bubuk manis,jangan diganggu,nanti ditambahin lagi tilangnya,lampu depan motor harus 4 nyala semua..

  9. curiga ntar yg pke motor jupiter mx trus ornya pke helm bawaan honda ditilang :v

    sama ganti kulit jok dikasi jaring2 jg ditilang 😀

  10. Jangankan Cirebon, di Jakarta sy pernah diperas oke aparat di sebelah Carrefour Duta Merlin arah Grogol. Pagi2 mau pulang di stop, dikasih unjuk surat semua lengkap nggak ada yg telat pajak, eh pas mau jalan dibisikin, bagi uang rokok nya ya #@*<§&$ Maaf sy udah nggak bs percaya sm geng laler ijo sejak saat itu sampai sekarang….

  11. kalo saya kira sih positif saja ya menanggapi polisi yang peduli nyala lampu dan spakbor yang pendek, cuma masalahnya mungkin kepolisian wilayah cirebon butuh edukasi lebih terhadap beberapa produk khusus yang memiliki kelebihan tersebut, karena bagaimanapun motor tersebut sudah lulus melewati uji kelayakan jalan kan ?
    pada dasarnya sih pabrikan harus segera bertindak untuk berkomunikasi, daripada penjualan motornya turun di cirebon gara gara masalah sepele tersebut, iya kan ?

  12. kalo mobil grandmax ku . .embely tak ganti HONDA . .jd HONDA GRANMAX X VVTI DOHC AsLI. . Kena tilang jg ga om.
    Kan katay DOHC itu HONDA.
    NAH,
    mobily om jg mesti diganti nih jd DAIHATSU JAZZ iDz (sohc)

  13. Saya malah curiga kalo polisinya itu bukan ga tahu, tapi PURA-PURA GATAU. Biar dapet duit aja itu mah:))

  14. Kalo aku ya catet saja nama oknumnya. Pengen sih punya helm yg dilengkapi kamera. Biar punya bukti untuk mengirim laporan, biar ybs diSEKOLAHKAN lagi. Terlalu Oon sih, jangan2 sampai tingkat pimpinannya juga begitu tuh

  15. Saran ane gan.! Coba diskusi sesama bikers. Kemudian sama2 ke polres minta bicara dengan atasan (kapolres, kanit lantas dll.)
    Siapa tau nemu solusi. Jangan lupa buktix di ikutin. Makasihh!!!

  16. kalo gara-gara tutup pentil ini aku pernah kena waktu ke papua tengah, alasannya sama seperti digambar cuma ada tambahan membahayakan pengendara lain :v
    pas disebelah ada ninja ditilang karena side-fairing sampai setengah buritan distiker black matte
    alasannya tidak sesuai dengan STNK yang hanya 1 warna yaitu warna hijau
    awuh benar2 kudet ni pak pol

  17. minta tunjukin KTA nya,foto sekalian orangnya,sebarkan di media sosial biar banyak orang tahu,itu yg biasa kami lakukan di komunitas kami,maaf kami bukan anti polisi tapi juga bukan pendukung polisi,kami hanya ingin aturan dijalankan sesuai ”aturan”,salam

  18. kalo sering dibilang itu sih “oknum” ah bullshit!

    emang berengsek semua!

    tuhan maha adil, segala perbuatan ada balasannya..

    mari kita berdoa semoga kelak semuanya dimasukkan ke neraka!

  19. kalo di singapore Ninja 300 ada spakbor tambahan kayak punyanya Ducati diavel sih, mungkin ini yg di pahami sama polisi 🙁

  20. BIAR AMAN KALO PAKE MOTOR KELUARAN TERBARU, KEMANA-MANA JANGAN LUPA BAWA BROSUR DAN GAMBAR MOTOR YANG DARI PABRIKAN, BIAR PAK POLISINYA JELAS

  21. Solusinya jangan tinggal di Cirebon dan jangan pernah menginjakkan kendaraan anda di Cirebon 😀 😀 😀 😀

  22. Ane juga kena tilang 3minggu lalu, padahal motor standart.. Surat lengkap, sim ada, lampu nyala, kena tilang daerah jawa barat juga, tapi daerah bandung.. Karena bawa tas ransel yg saya taruh didepan #NJMX dengan alasan motor buat penumpang bukan buat bawa barang.. Akhirnya tawar menawar, minta surat tilang yg bayar di bank, d centang denda 500rb, dan apabila titip sidang dkasih diskon 50%.. Ya setelah lama debat 3polisi lawan saya sendiri,, kalah deh.. Bayar 250rb dtempat..

  23. biker harusnya tidak ditilang, kkan itu pasangan dari pabrik. kl biker ditilang, klub/biker nuntut aja polisi utk keadilan dan kompensasi karena tilang salah tempat. kl menilang satu biker karena standar pabrik berarti menilang ribuan biker lain yg menggunakan standar pabrik. gak bisa mentang2 begitu aja.. tuntut aja polisi agar mengembalikan uang tilang dan cukup revisi agar semua ada spakbor pendek atau panjang itu cukup… ditilang hanya pada tanpa spakbor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini