CBR

Lucunya Negeri Ini, Lampu LED Standar Pabrik Kok Ditilang? Tapi, Yakin Gak Salah?

lampu led orisinal pabrikan kena tilang

Kobayogas.Com – Hola lads, lucunya negeri ini ya, dimana sering terjadi kejadian konyol yang bikin gregetan seperti salah satu kasus yang diceritakan oleh fesbuker ini..

Kejadiannya sendiri sih sebenarnya simpel, sederhana, tapi gregetan dan nyebelinnya itu yang bikin gemeeesss dan geleng-geleng kepala. Bisa bisa menjadi cerminan betapa terbelakangnya kepolisian kita akan berita atau teknologi terkini dari suatu produk otomotif..

Jadi gini, ada kawan kita lewat kota Cirebon menggunakan Honda New CB150R kemudian diberhentikan oleh polisi dan lalu ditilang dengan alasan lampu depan motornya menggunakan sinar putih!! Gubrak! Ya ampunnn.. Menurut cerita sih kawan kita itu sudah menceritakan bahwa lampu putih itu merupakan lampu LED bawaan pabrik alias standar!

ini asli pabrikan pak
ini asli pabrikan pak

Namun pak Polis dengan gagahnya (atau sotoynya) tetap keukeuh kawan kita itu harus ditilang karena melanggar peraturan.. Yah akhirnya karena mungkin malas debat, malas kudu ngurus tilang ke pengadilan plus kebetulan ada duit, maka “salam tempel” sebesar Rp. 100.000 lah yang menjadi akhir kisah tilang terkocak di pembuka tahun 2016 ini..

Kalau KBY yang kena sih bakal ngotot habis habisan sampai pengadilan tertinggi juga hayu, biar para polisi bebal tersebut tahun bahwa lampu depan dengan LED adalah teknologi yang sudah digunakan pabrikan secara sah pada produknya! Ampun dahh, sumpah gregetan banget KBY membaca kisahnya wkwkkwkw.. Kejamnya polisi cirebon.

Hmmm tapi apa sudah yakin kawan kita itu gak salah? Jangan-jangan memang diberhentikan dan ditilang karena gara-gara lampunya menyilaukan akibat belum disetel? Nah kalau kondisinya seperti itu ya KBY dukung pak Polisi lah. Tapi lads, dari cerita yang ada pada foto sih, alasan Pak Polisi itu karena lampunya berwarna putih, bukan karena menyilaukan!

Ah dasar ada ada saja akal akalan oknum untuk mendapatkan uang lebih di awal tahun.. Ingat ya lads, berani karena benarrrr… jangan ada salam tempel yak.. Stand Up and Fight! Kalau kata Tedy Vincent pada Paddy di komik manga Ashura..

tilang nih pak semua motor ini, putih semua pak pol hehehe
tilang nih pak semua motor ini, putih semua pak pol hehehe

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3311 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

115 Comments

    • setelan lampu sebenernya bkn hanya urusan pabrik, kecuali dlm hal memang gak bs disetel. tp kl memang dimungkinkan disetel ya itu bagian dealer juga yg melakukan pengecekan terahir persis sebelum motor nyampe ke tangan konsumen.

  1. kayaknya polisi di jalur pantura khususnya cirebon agak parah soal tilang, kalau touring pake motor lewat cirebon & plat nomernya bukan cirebon pasti ada aja tilangnya, ane juga pernah kena 75rb disitu

    • orang yg sering jalan jauh pasti tau POLISI cirebon parahnya gimana…..
      kayanya emang dari petinggi sana yang ga beres soalnya sampe sekarang masih tetep parah polisi sana ya

  2. salam tempel kayak gini yang bikin polisi rusak
    kalo ane jelas langsung minta sidang, biar tu polisi juga hadir pas sidang
    tar kalo kebukti ga bersalah,, ane sokor2in tu polisi, masukin sosmed

    biar semua mata polisi indonesia kebuka lebar

    • Sidang aja? Hehe… Sidang tilang itu bukan seperti sidang kriminal. Sidang tilang cuma namanya doang sidang, sebenarnya cuma ngambil berkas yg disita di pengadilan. Saya beberapa kali ikut sidang tilang, cuma ngambil nomor antri, bayar waktu dipanggil, dan ambil berkas yg disita. Itu aja antrinya lama, kalo sidang beneran makan waktu berapa lama? Yg disidang (biasanya tiap jumat) ratusan orang.

    • Tapi kalo jaraknya jauh kayak yg diberitain “cirebon – cikarang”. Masa iya harus ke cirebon buat ngurus sidang tilang, rugi biaya, tenaga, dan waktu, belum lagi ngurus tilangnya harus hari kerja. Menurutku dengan kondisi seperti itu, polisinya sengaja, biar si pengendara nggak punya pilihan lain selain salam tempel.
      Oknum polisi yg seperti itu memang harus dibumi-hanguskan.

  3. Bukan bermaksud suudzon ya….jangan2 lampu jauhnya terus yg di nyalakan…? Masa sih masih ada polisi sebego itu…? Tapi emang agak silau sih hl led motor….sisi positifnya kejadian itu bisa buat masukan buat pabrikan motor…klo bikin hl led harusnya cover ngumpet kayak misal lo ya punya soul….punya cb dan sonic minim cover jadi agak silau.

      • Tetep saja ambigu.
        Definisi silau itu dari mana?
        Mobil-mobil sekarang lebih bikin silau, 2 lampu bawah, 2 lampu atas, hi-beam lurus ke depan. Hayohhh???
        Semua hal teknis dapat diskala dengan angka. Entah itu pake meteran jarak tembak lampu dari tanah, atau pake flux meter.
        Lampu putih juga diperbolehkan di UU no 22 tahun 2009 kok, disitu dijelaskan lampu utama adalah kuning muda atau putih.

  4. kebanyakan orang yang kena tilang aneh-aneh banyakan di cirebon deh, segalan urusan pentil motor gak standar diurusin 🙁

    polisinya kurang piknik tuh kayaknya 🙁

  5. YUK TV ONE METRO TV.ADA BERITA BESAR NIH.undang dong pak polisi yang menilang ke acara tv.pasti seru.dan terangkan sedetailnya kemana uang itu. berani gak metro tv dan tv one

  6. Jiah… Cirebon lagi. Emang dah polisi cirebon, terutama perbatasan kota itu banyak yang ‘ngegemesin’. Sodara saya yang pernah kerja di cirebon aja bilang, kalo main ke cirebon bawa kendaraan pribadi, terutama motor, mesti siapin duit + mental lebih. Pasti ada aja yang dimasalahin.

  7. What polisi cirebon? Sudah bukan rahasia umum lagi. Laler ijo disana kelewatan. Tidak bisa lihat plat motor non Pat E, disana bener ajah jadi salah kalau pake plat non E, apalagi salah..ujung2nya minta KOORDINASI ( Kopi, Rokok, Duit, Nasi)

  8. kasusnya sudah terjadi.Oknum Polisinya memang salah.tapi pihak ATPM besok2 juga harus tanggap.bagikan Brosur keSatLanTas juga ndak rugi.mereka Pasar Motor Potensial juga.sehingga Mereka tahu,contoh Komunitas dibawah naungan Dealer Kawasaki,mereka membagikan Brosur Ninjaa250Fi+knapot Beet+lampu mati sebelah.jadi Ninja250Fi pake knalpot racing sering diloloskan.

  9. yah klo alesan yg begitu doang harus lawan, tapi klo soal org2 sialan yg pake motor led macem vario,ncb,soul,nmax,sonic,dkk ngeggunain lampu jauh terus wajib di tilang, asli silau bgt bikin gondok.
    (paling banyak kasus yg make vario150) asli norak bgt ga ngerti motifnya apa.

    apa coba maksudnya lampu jalan terang ttp pada pake lampu jauh terus?
    lagian klo lampu led pake hi beam nyala jauh deket udh kya pass beam.
    klo motor bohlam kan lebih nyaman krna hi beam ga nyala semua kecuali pass beam.

    • Emang kaum alay mikirnya makin terang makin bagus. Maka itu yang dipake lampu jauh terus. Hwehwehwe.

    • Scoopy fi juga bro
      Amit” dah silaunya kalo papasan sama ngeliat dari spion
      Masih banyak orang bego di jalanan

      • Padahal meskipun pakai hi beam vario 150 sama aja. Kagak terang wkwk. Mungkin filosofi mereka ngga afdol kalo lampu ngga nyala semua wkwk

  10. saya pernah tuh debat masalah lampu sama pakpol dibogor pas pertama-tama vario iss ada dan belom banyak yg punya, saklar Idling stop dibilang saklar lampu sama pakpolnya

  11. asli pabrikan gak berarti gak bisa ditilang mang,
    pernah papasan, sebagai pedestrian, sama vario f1, vario 125/150, dan soul gt, gak barengan sih.
    sama2 led, emang headlampnya new cb150 bikin paling gak nyaman kalo dipandang deh

  12. AHM itu aneh, kesalahan besar ada di AHM juga. Bikin headlamp kok setengah”! Vario gen baru itu lampunya aneh. Banyak konsumen yg nggak paham. Mereka kira mungkin lampunya mati yg tengah, jadi terkesan nggak patut sama lampu konvensional pdahal itu lampu jarak jauh. Walaah, akhirnya malah pada dihidupin lampu jarak jauhnya. Nggak habis pikirlah sama AHM itu. Silau!
    Nggak cuma itu, Sonic dan NCB juga gitu. Padahal laki” pengendaranya. Walah jan AHM!

  13. Memang rese bang, polkis daerah sana..
    Ane pernah ngalamin, cuman gara2 lampu depan gak dinyalain, padahal jauh sebelum disahkan aturan lampu depan harus nyala siang hari. Trus polkisnya tebang pilih, yg pelat nomor daerah situ gak ditilang padahal lebih parah, ridernya aja gak pakai helm. Ane dah protes, tapi gak digubris.
    Pakai panser atau tank aja deh lewat situ..

  14. Wkwkwk sama nih mang. Waktu itu ada operasi di sidoarjo. Ada ibu2 pake vario 110 yg udh led. Mau ditilang karena lampu utama putih sama pak pol setelah dijelas jelasin kalo itu standar pabrikan sambil pak pol nungging2 ke lampu utamanya, ngga tau nyari bohlam lampu apa gimana wkwk akhirnya pak pol nya nyengir2 sambil garuk2 kepala akhirnya dilepasin tuh ibu2. Padahal saya pake vario 150 sama polisi sebelahnya santai2 aja wkwk

  15. mirip kayak yg waktu itu R15 ditilang polisi dikira lampunya mati sebelah, makanya sekali2 tuh polantas khususnya yg didaerah dikasih pembinaan mengenai kenadaraan2 tipe terbaru biar pada gak gaptek n pada diupgrade wawasannya..bodo dipelihara,kambing tuh dipelihara biar gemuk #kasino quotes

  16. Akibat adanya Tol Cipali, setoran kurang, motor dipalakin. Sepertinya camera di helm jadi perangkat wajib buat record kelakuan oknum POLTAS.

  17. Wah ..mang ujang mesti dikasi tau ..
    Gerobak batagornya ada lampu phillips warna putih ..
    Gawat ini ..

  18. walah cirebon lagi..ga mobil ga motor kalo platnya bukan cirebon kok jadi korban.naik Vespa dari taun 67 ga da lampu seinya juga ditilang..piye jal.

  19. Bisa dilaporkan ke propam kok,tapi kalo uda terlanjur salam tempel ya salah juga ente,harus nya di terima aja tilangnya,selese sidang laporin balik ke propam..
    Bhahahahaaa,baru tau ya kalo polisi cirebon-indramayu itu nggragas2 ya,klo g salah kejadian lampu r15 yg mati sebelah ditilang disana jg kan,dulu ane aja pernah bawa mobil di berentiin trus suruh turun,habis itu tau2 mau di tilang gr2 dibilang g pake safety belt,ya mosok turun dr mobil safety belt harua dibawa jugaa.emang sih jalur cirebon-indramayu itu merupakan jalur tengkorak (banyak polisi nggragas bergentayangan)sampe2 satu kabupaten ada rajia smpe 2lokasi sepnjang jalan..
    Mudah2an keluarga mereka sehat2 saja dikasih makan pake uang haram..

  20. Weleh2 itu polisinya kudet ato gimana sih padahal led kan mulai banyak dipake motor dan mobil ckckck

  21. Semua serba minusnya Pol Cirebon nih…. Coba nilai Pulsnya ahh….
    Menurut sy ada nilai Plus nya tuh Pol Cirebon, yaitu pas arus Mudik dan Balik… Salut dah buat Pol Cirebon, sepanjang jalur berjajar2 mengamankan lokasi, baik lantas, sabhara, maupun brimob turun semua… jadi aman dan damai dah…. begitu masuk Jateng, udah beda bgt porsi petugas di jalan…..

  22. nyahahahahaha…. paddy sama teddy from Ashura. legendaris tuh komik martial arts. salam tabok2an mang 😀

  23. yang di razia biasanya plat luar Cirebon (selain letter E)

    kalo letter E biasanya suruh jalan terus, karena non letter E 99% adalah biker non lokal yang menuju ibukota/Jawa tengah alias dalam perjalanan jauh, kalo kamu pernah turing jauh,dicegat polkis di suatu kota dan disalahkan ini itu pasti kesel ujung-ujungnya damai,karena akan males ikut sidang di PN setempat yang menghabiskan waktu dan dana

  24. cirebon? wah masa kang kobay tidak tahu seperti apa polisi disono….uda terkenal tuh…

    dari lampu depan ninja / moge mati sebelah, sampai behel belakang di chrome….apalagi bukan plat cirebon…habis sudahhhhh….

  25. ya saya juga bingung musti gimana supaya bisa lewat sana dengan aman….

    kalo kang kobay kan rencananya rame2, saya rasa lebih aman…1 di stop, yang lain langsung kerubungin…makin banyak makin bagus, supaya polisinya juga takut..

    soalnya kalo kita debat kusir, bakal jadi lama…waktu terbuang percuma…

  26. ya saya juga bingung musti gimana
    supaya bisa lewat sana dengan
    aman…. kalo kang kobay kan rencananya
    rame2, saya rasa lebih aman…1 di
    stop, yang lain langsung kerubungin…
    makin banyak makin bagus, supaya
    polisinya juga takut.. soalnya kalo kita debat kusir, bakal
    jadi lama…waktu terbuang percuma…

  27. ANE JUGA PERNAH TUH SODAKHOH SAMA PENGEMIS PRAMUKA DI CIREBON..PDA HAL NGGAK ADA PELANGGARAN LALIN ,,EH KATANYA ANE KURANG HATI HATI ,,BUSSEEEEEEETT DEH.

  28. Kan ada juga kasus ninja 250 beet performance, ditilang krn knalpot ga standar, udh dibukain web KMI masih kekeuh aja pak pol nya 😀

    Kl gitu gmn kang kobay?

  29. Cari kesempatan polisinya,masak sih polisinya g tau klo motor standar yg rilis 2014-2016 kbnyakan pke lampu led (putih),minimal 125cc lah,bs jd smua motor ntar pke lampu led,n kbijakan jg berubah,la wong hukum d indo bs mnyesuaikan,reshuffle lg,n biasalah wani piro…,kata jin djarum 76 🙂

  30. Ane mah aman soale pke plat E….hahaha…tpi motor pke plat G brebes….lo ada operasi d pantura cirebon pas pake r2 plat G berani tak lewatin ajehh…malah pernh dlu d suruh brenti tpi tak bablas aj…hahhaha…gak bakl brani ngejar mreka kokk…(lah wong dah yakin gak ad yg dilanggar kok)…tips : bablas nya jangn pake ngebut…cukup hindari aj POLKIS yg awe2 pke tangannya tsb….udah biasa lolos dri Polkis cirebon eta mah…wakakkakakk

  31. do not underestimate people’s (Plokis Ngacrud) stupidity. it will never fail to impress the universe 😀

  32. Yang membuat saya prihatin pada kasus penilangan lampu LED CB150R adalah bahwa polisi tsb menilang karena lampu yg digunakan adalah lampu (warna) putih, bukan karena menyilaukan. Padahal lampu LED bisa diatur agar tidak menyilaukan dgn mengatur sudut sorotan, maupun intensitas cahayanya.
    Kedua, dikatakan bahwa polisi tersebut tidak percaya bahwa itu lampu standar pabrik.
    Ketiga, menerima salam tempel 100rb, ini berarti polisi bisa saja hanya memberikan peringatan dan penjelasan mengenai lampu itu, tanpa harus menilang, alias mengayomi.

    Kutipan: “..lampu putih tidak sesuai dengan undang-undang.”
    Padahal menurut undang-undang, lampu depan yang diperbolehkan adalah kuning muda dan putih.

    Polisi seharusnya memberi penjelasan mengenai SILAUnya, bukan mematok rata bahwa lampu depan tidak boleh PUTIH, dan mau percaya bahwa ini kenyataanya memang standar pabrik (jangan ngotot).

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Banyak Keluhan Lampu LED Motor Honda Bikin Silau, Halo Honda? | KobaYogas.COM
  2. Ketika Kendaraan Standar Saja Kena Tilang, Siapa Nih Yang Harus Disalahkan? | KobaYogas.COM
  3. Email Pembaca: Pilih Sonic 150, Satria Injeksi, Supra 150 atau MX King Ya? | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..