banner

towing car JHC

Kobayogas.com – Hola lads.. Namanya kita beli moge yang harganya ratusan juga, pengirimannya pun dituntut ora umum alias special..Seperti apa sih pengiriman sebuah moge ke konsumen?

Moge alias motor gede, kalau Yamaha menyebutnya CBU Origin, Kawasaki dan Suzuki menyebutnya CBU, nah kalau Honda punya nama Honda BigBike.. intinya sih sama aja, sama-sama Completely Built Up alias CBU alias motor-motor impor..

Nah tau sendiri yah lads yang namanya motor impor itu gak murah, ya memang mahalnya salah satunya akibat bea masuk, pajak dlsb.. tapi intinya duit yang dikeluarkan untuk menebusnya gak sedikit, apalagi moge.. Nah apakah dengan telah mengeluarkan duit ratusan juta untuk sebuah moge maka pengirimannya akan sama saja dengan motor umum lainnya?

Setiap APM mungkin punya cara masing masing atau memiliki (atau menyewa) mobil towing untuk mengangkut motor gedenya ke konsumen, dari MV Agusta, Triumph, Yamaha, Suzuki, Kawasaki hingga Honda kurang lebih melakukan hal yang sama..

Nah kebetulan ketika berkunjung ke Jakarta Honda Center hari Sabtu kemarin, KBY berkesempatan melihat langsung simulasi pengiriman sebuah moge yang kebetulan saat itu menggunakan sebuah Honda CBR 1000RR SP Fire Blade yang KBY bawa dari rumah pinjaman AHM..

towing car JHC

Biasanya sih sejauh yang KBY tahu dan lihat itu sistemnya manual alias masih didorong oleh satu atau dua orang ke atas mobil, meski di atas dek bagasi mobil ada semacam alat yang mengunci roda depan motor agar tidak bergerak.. Nah yang beda dengan yang pernah KBY lihat itu, towing car alias mobil pengangkut milik Jakarta Honda Center itu unik lads..

Uniknya dimana? Towing car milik Jakarta Honda Center itu bisa dikatakan sudah full motorized alias otomatis.. maksudnya gimana? motornya naek sendiri gitu ke atas mobil? Ya kaleee lads gak gitu juga wkwkwkw.. Tetap ada yang dilakukan manual seperti menaikkan sang motor ke atas dek yang sudah berada di bawah..Selain itu penguncian dengan tali pengikat juga dilakukan oleh person alias orang..

Keunggulan towing car full motorized ini apa sih sebenarnya selain mengurangi tenaga yang digunakan oleh manusia? Kalau menurut om Arman dan om Hakiem, tim bigbike Jakarta Honda Center, towing car jenis ini dapat meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti motor terguling/ambruk akibat human error dan juga mengurangi goncangan saat moge naik yang mungkin bisa mengakibatkan kerusakan..

Proses dari naiknya motor ke atas dek, penguncian dengan tali khusus hingga si motor berada di atas mobil tidak sampai 4 menit lads, tuh video rekaman KBY saja waktunya tidak sampai 4 menit hehehe.. Terlihat juga kalau bekerjanya smooth banget ini towing car..

Memang towing car sistem full motorized ini belum tentu menjadi standar bagi tiap pabrikan (baca: merek), tapi KBY yakin pasti mirip-mirip lah, namanya moge masa ngirimnya disatuin sama skutik, ya kaleee ya gak lads? hehehe…

Ah udah deh mending tonton aja videonya biar tahu gimana sih prosesnya.. Jangan lupa kasih jempol dan subscribe ya laaadsss.. mamaciii…

Baca juga artikel artikel Sharing lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

59 KOMENTAR

  1. Pada nanya Yamaha, kalo Yamaha pakai Box, jadi kaya diecast. Mana yang lebih aman? Ya tergantung selera aja deh, suka diarak gaya kredit mocil apa gaya diecast. Ooops.

    • lain soal mas, itu kalo proses impor dari luar negeri masuk Indonesia ya pake box, ini kan udah disini misal kalo mau servis males bawa sendiri ya di dijemput pake mobil towing.. hadeeuh

      • makanya saya tadi nanya, kaya mau diekspor/ impor (overseas) yah hehe..
        Tapi kalau keluar pulau pake box juga kok.. kebetulan kemaren cerita kirim ke Merauke..

  2. cara kerjanya mirip truk sampah yg ngambil bak yg ditinggal dilokasi. kalo di tmpat krj saya bilangnya truk amrul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini