Siapin cicilanmu ! :D
Siapin cicilanmu ! 😀

Kobayogas.com – Hola lads.. membaca artikel Kang Haji Taufik TMCBlog tentang Bocoran rancang bangun mesin baru Honda yang akan digunakan pada New Honda CB150 dan New Sonic 150 jadi mengingatkan KBY pada artikel lawas..

Terutama bagian yang disebut dengan down draft intake (manifold) .. Jadi ingat kalau KBY pun pernah bahas secara singkat akan teknologi ini.. Tidak khusus soal down draft, tapi sekaligus dengan forged piston, diasil cylinder, offset cylinder hingga deep oil pan..

Mengenal teknologi pada mesin motor – Teknologi lama yang jadi luar biasa

Wuihh KBY bahas teknis mesin? Gak salah? Salah lah kalau hasil pemikiran sendiri, mekanik juga bukan wkwkwk.. cuma tau makenya doang lads.. Artikel lawas itu hasil diskusi dengan salah satu praktisi mesin senior yaitu sumber yang sama dengan artikel TMC blog hehe..

Singkatnya, down draft intake bukan hal yang baru bagi mesin Honda karena sudah diterapkan pada mesin Honda Supra X dan Honda Karisma, namun tentang besaran sudut klep yang disebut TMCBlog, KBY yakin itu merupakan sesuatu yang baru yang memang didevelop disesuaikan dengan mesin untuk New Honda CB150 dan New Sonic 150 lads..

down draft throttle body
down draft throttle body

Jadi apa yang mau disampaikan pada artikel ini? Maksudnya sih menginfokan agar tidak terlalu euforia dengan kata-kata atau kalimat yang rumit/ teknikal lads.. Karena teknologi yang diterapkan bukan hal yang sama sekali baru bagi Honda. Lalu apakah TMC salah? Lha yang nyalahin beliau siapa? Sudah tugas beliau dan blogger lainnya menginformasikan apa yang dimilikinya.

Toh jika moge Honda bahkan memiliki kemiripan dengan teknologi lawas dari sebuah motor bebek Honda, hal yang sangat lumrah karena yang namanya teknologi itu terus menerus dikembangkan, dasar teknologinya sama namun dikembangkan dengan lebih baik dan lebih canggih. Bukan berarti itu mesin bebek di cangkokan ke mesin motor Honda lain loh wkwkwkwk.. ya kaleee..

Semoga bermanfaat lads…

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

44 KOMENTAR

      • @Richard, hmmm, setau saya juga ada yg dari industri berat baru ke otomotif, misal bmw=pesawat-motor-mobil, subaru=pesawat-mobil, kawasaki, mitsubishi, rolls royce, dll

      • mang maaf bukannya kalo thn 1988 masih prestige accord.
        maestro accord pertama kalo gak slh thn 90an akhir.
        hehe

      • Maestro awal keluar 89 akhir setelah Prestige yg stoplamp nya nyambung hanya saja emang sering dibilang awal keluar 90…..tapi masih karburator baru tahun 92 pertengahan keluar yg PGMF1 sampai 94 sebelum masuk ke Cielo dengan CC yg naik juga…kalo dibilang duluan sih bukan Maestro tapi adiknya Genio/Estilo yg gantiin Grand Civic di medio yg sama.

    • ga di pungkiri deh bahwa masyarakat indonesia memang msh bnyk yg mampu beli yg 150, jd wjrkan kan? apa hrs yg kelas moge yg di bahas teknologi nya?

      • kalau yang dibahas moge melulu cuma bisa angguk2 doang… dan betul kelas 150 memang paling rame serta paling laris, wajar kalau kadang smp tetek bengeknya dibahas

      • moge masuk indo mahalnya amit” om,, bisa 2x lipat harga aslinya,, blm pajaknya. Lha klo di eropa masih terjangkau bahkan emg step by step SIM nya jg mengisyaratkan klo org tsb layak bawa moge..
        ..
        so dari price, mental, track dan rule di indo.. moge masih blm layak dimasyarakatkan. Banyak bingiiits yg perlu dibenahi sebelum memasyarakatkan moge cz nyawa taruhanya.
        ..
        150cc bisa dibilang plng kompatibel utk masyarakat kita saat ini, krn baik utk perjalanan jauh-dekat, load berat-ringan, jalan macet-longgar, style riding liar-kalem.. 150cc tetap stabil baik performa maupun kenyamanan dan masih safety meskipun dibuat beringas (cz ya seberapa beringas sih 150cc 😀 hahaaa).
        Coba naikin sedikit ke 250cc, masalh yg dihadapi dg kondisi seperti di atas sdh beragam lho, sedang klo diturnin ke 110cc jg hnya lebih nyaman untuk jarak dekat dan kemacetan.
        ..
        (analisa ane berdasarkan motor standar ya, klo udh upgrade gk usah dibahas, cz gak bsa dibuat parameter nya 😀 )

  1. teknologi engine 1 silinder cc kecil yg gak mainstream dan mungkin bisa dibilang baru adalah pake teknologi “rear-slanted” cylinder ala New Yamaha YZ 250/450F, lalu kalo enginenya DOHC bisa pake Rocker-Arm (tanpa roller, karna yg pake roller udah dipatentkan Honhon) seperti engine BMW S1000RR & All New YZF R1, kalo pake downdraft, ya bener2 Real-Downdraft bukan yg mirip2 atau “near” downdraft:v

  2. Logis. Mana mungkin produk kelas mainstream dapet teknologi baru. Yang pertama nikmatin pasti top of the linenya duluan. Hwehwehwe.

  3. “Bukan berarti itu mesin bebek di cangkokan ke mesin motor sport lain loh wkwkwkwk.. ya kaleee..”

  4. Teknologi pastinya mulai dr yg jadul terlebih dahulu! teknologi muktahir skrg 10 thn kemudian jg jd jadul, tp pastinya trs menerus disempurnakan! inovasi tiada henti! selama ada dana tentunya! yg kehabisan dana ya terhenti inovasinya! qe…qe…qe….

  5. Kemanfaatan tekniligi utu Dilihat hasil akhirnya. Lebih baik atau lebih buruk !!! Tidak semua pengembangan teknologi hasilnya lebih baik. Lihat kasus MM93 dengan sasis barunya! Menbuatnya mendapat gelar King of Ndlozor, bukan ?!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..