banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Ban merupakan suatu komponen sepeda motor yang penting karena tak hanya sebagai komponen yang kontak langsung dengan jalan, namun juga berperan dalam kenyamanan dan kestabilan (handling) berkendara. Efek Tekanan Ban Tidak Sesuai Standar bisa bermacam macam, yang jelas tidak ada yang menguntungkan bagi si rider maupun pemilik motor. Apa saja sih efek negatifnya? Nah biar kita semua lebih paham lagi terkait hal ini, mangga discroll dulu ke bawah yes..

Pada Buku Pedoman Pemilik di setiap Sepeda Motor Honda telah dicantumkan standar terkait tekanan ban.

Lalu, efek apa saja yang dapat timbul jika konsumen berkendara dengan kondisi tekanan ban tidak sesuai dengan standar (baik lebih tinggi atau lebih rendah)? Ini dia efeknya lads, cekidot:

1. Setir terasa berat

Jika tekanan ban kurang, maka setir akan terasa berat karena tekanan ban yang kurang dapat memperlebar tapak dari ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

2. Pengendaraan yang tidak stabil

Pada kondisi tekanan ban yang tidak standar dapat menyebabkan pengalaman berkendara yang tidak stabil dan tidak nyaman.

3. Menyebabkan keausan yang tidak merata dari ban akibat profil ban yang tidak normal.

4. Menurunkan usia Lampu Belakang.

Tekanan ban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan getaran abnormal pada bulb lampu belakang, yang dapat mengakibatkan over voltage pada Bulb, sehingga menurunkan lifetime dari lampu belakang. Untuk yang sudah pakai LED mungkin tidak terlalu berefek sih ya.

INFORMASI TEKANAN BAN STANDAR PADA MOTOR

Standar tekanan ban yang dapat diterapkan kepada SMH (Sepeda Motor Honda) telah tertera pada stiker yang tertempel pada unit SMH (di bagian depan untuk unit matic dan bagian belakang untuk motor sport/cub).

Gantilah ban SMH jika kondisinya sudah aus dengan Ban Honda Genuine Parts di AHASS terdekat untuk menghindari kecelakaan karena kondisi ban yang tidak optimal. Atau kalau ada dana lebih ya upgrade bannya dengan yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, misal Pirelli atau Corsa seperti yang tersedia di bengkel Saiisoku x Kobayogas Garage, kita bongkar pasangnya pake mesin loh, jadi velg dijamin aman hehe..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

3 KOMENTAR

  1. efek positifnya( tekanan ban dikurangi)
    1. cengkraman ban di aspal semakin banyak
    2. pengereman juga semakin baik (banyak permukaan ban menempel di aspal)
    3. dalam kondisi jalan basah/hujan sedikit banyak bisa mengurangi aqua planing.
    #pengalamansendirisebagairayapaspalduapuluhtaun.

  2. tekanan sesuai standar malah gak enak di ban depan, saat belok rada licin padahal ban baru ukuran standar motor, getaran di setang juga terlalu kuat getarannya kalo gak make jalu stang atau jalu stang terlalu ringan, mesti turunin tekanan angin 1 – 3psi tekanan ban depan, kalo ban belakang enak² aja tekana angin standar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini