banner
Brake Lock Lever model baru
Parking Brake Lock New Vario FI

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Parking Brake Lock alias PBL merupakan fitur standar yang sering kita temui pada skutik-skutik modern nasional saat ini… Tapi kenapa Honda PCX tidak memilikinya?

Jadi memang ternyata ada alasan tersendiri mengapa Honda tidak mengaplikasikan Parking Brake Lock pada skutik premiumnya tersebut, Honda PCX. Berikut adalah hasil diskusi KBY dengan salah satu mekanik AHASS 001 Dewi Sartika, mas Eri, yang menangani motor-motor CBU keluaran AHM..

KBY: “Mas, saya mau pasang Parking Brake Lock (PBL) donk di Honda PCX saya..Disini bisa pasang kah?”
Mas Eri (ME): “Sebenarnya bisa aja mas, tapi ada yang perlu saya infokan dulu sebelumnya nih”
KBY: “Apa itu mas?”
ME: “Kejadian yang sudah-sudah, yang kena setelah pemasangan PBL itu, rem CBS-nya mas. Servo (kalau gak lupa namanya nih, maaf ya – red) CBS nya suka kalah…”
KBY: “Kok bisa gitu? Kenapa?”
ME: “CBS (Combined Brake System) milik Honda PCX itu sistemnya hidraulis mas, bukan kabel sling lagi. Mas pasti tidak merasakan tuas rem kanan ikut tertarik ketika rem belakang aktif kan? Itu karena kinerjanya sudah hidraulis. Nah jika memasang PBL dan ketika PBL diaktifkan, si piston pada servo CBS terus menerus aktif. Akibatnya lama kelamaan sering aus, akibatnya CBS nya tidak berfungsi.
KBY: “Selain itu ada lagi mas?”
ME: “Tidak ada sih, cuma untuk New Honda PCX pengerjaan penggantian servo CBS yang rusak lebih memakan waktu dibandingkan PCX lama karena harus membuka bodi depan. Karena itu kan merupakan parts yang sangat lama usianya (slow moving parts) jadi bongkar pasang memang tidak dibuat mudah.

note: Combined Brake System adalah teknologi rem gabungan/ kombinasi antara rem depan dan belakang yang sederhana milik Honda dimana cukup menarik tuas rem belakang saja, maka rem depan akan ikut juga mengerem.

Hmmm.. mendengarkan penjelasan Mas Eri tersebut KBY jadi mikir lagi deh untuk memasang Parking Brake Lock di Honda PCX. Ternyata itu toh alasan Honda tidak memasang PBL pada Honda PCX.. Mungkin saat ini belum menemukan trik yang lebih baik untuk memasang rem parkir di PCX ya…

Ada pengalaman dari rekan-rekan pembaca akan pemasangan Parking Brake Lock pada Honda PCX ini?


Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

64 KOMENTAR

  1. Harusnya sih bisa niru handbrake punya mobil baik cakram/drum, meski hidraulis tapi masih bisa handbrake tanpa merusak booster ataupun piston rem. Mungkin tetap harus pakai kabel sling untuk PBLnya?

  2. Itu kn pertanyaan yg kondisi nya dipasang setelah keluar dari pabrik. Yang jawab mekanik, bukan insinyur.
    Pertanyaannya, kenapa insinyur Honda Thai tidak mendesain supaya bisa pake PBL dengan CBS servo juga ?
    Mungkin gen berikutnya sudah bisa terpasang.

  3. kemarin pada bilang enmek ga lengkap karena ga make PBL kalah ama beat..udah gw bilang PCX juga ga isi malah pada diskip….

  4. yg punya pcx khan umumnya cari area parkir yg layak,

    datar lebar dan rapi,

    yach sesuai ama orgnya lah, perlente, kantong tebal, nejis

    ndak mungkin parkir sembarangan tempat,

    beda ama mtic kelas low, tukang ojek, kurir, pekerja keras

    parking banyak sembarangan dan di mana aja .

    itu mungkin alasan insinyur nya dari sisi operasionalnya

  5. Berarti pcx tidak menganut cbs di vario125 ya soal jika pbl aktif maka yang dikunci adalah ban belakang aja sementara ban depan free

      • kaliper depan pcx kan ada 3 piston..2 nyambung ke tuas rem kanan,1 buat tuas rem cbs nya..

        nah 1 piston yg buat cbs ini kan butuh master (bisa diintip di lubang kecil dket kunci kontak),mungkin master ini tidak di design sekuat dan setahan master tuas kanan,jadi riskan klo di tahan lama..

        cuma analisis nubi aja sih,klo salah wajar..

  6. Setelah gw konsultasi sama mekanik kenamaan..katanya bisa pcx dipasang pbl…

    Caranya.. Ambil batu gede..masukin bagasinya..kalo parkir di tanjakan keluarin batunya dan ganjel… Jadilah PBL (parking batu lock)

  7. PBL = Parking Boncenger Lock.
    Kalo kena macet di tanjakan, suruh boncenger turun dan pegangin behelnya. Gunakan cara yang sama kalo pas kebagian parkir di tempat miring.
    ngoahaha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini