banner

CAMERA

Kobayogas.com – Hola lads… Toyota New Yaris memang sudah launching tahun lalu. Dengan dimensi lebih besar dan desain lebih dewasa, bagaimana impresinya ketika KBY melakukan test drive di Parjo 2015 awal April lalu?

Lokasi pengetesan adalah seputar Gelora Bung Karno dengan trek yang sudah disusun sedemikian rupa oleh para panitia test drive.. jaraknya dalam satu putaran mungkin sekitar 200 m, memiliki batasan berupa kun-kun yang diatur agar dapat melakukan zig-zag atau slalom, kemudian ada artificial polisi tidur sebagai simulasi kenyamanan, sementara trek lurusnya minim.. artinya, bicara performa kita tidak dapat berbicara banyak. So kelincahan, kemampuan akselerasi jarak dekat, torsi serta kenyamaan berkendara menjadi fokus test drive kali ini..

Sebenarnya secara head to head dengan All New Honda Jazz sudah KBY kupas tuntas pada artikel di bawah ini, namun anggap saja artikel ini adalah pengalaman langsung KBYmelakukan sesi test drive New Yaris ..

Komparasi All New Honda Jazz vs New Toyota Yaris Part I

Komparasi All New Honda Jazz vs New Toyota Yaris Part II

DESAIN

Wajah baru New Yaris benar-benar mempesona, jauh dari Yaris sebelumnya yang mirip marmut siap loncat…  Kali ini wajah Yaris benar benar sporty dan garang, meski serupa dengan kakak-nya yang sedan (Vios) namun itu merupakan keunggulannya. Lebih panjang, lebih lebar, wheel base memanjang namun tinggi bodi lebih rendah, membuat New Yaris lebih dinamis.

Desain buritan dengan lampu rem yang meninggi kini terlihat lebih sporty namun efeknya malah terlihat lebih mungil dari belakang, mirip seperti Ford Fiesta. Balutan body kit di sekujur tubuh Yaris dari TRD membuat pesona garangnya lebih menonjol. Tidak ada yang salah dari desain ini, maknyusss… Toyota telah berhasil membuat Revolusi pada desain New Yaris.

Desain dashboard Yaris looks tidy and clean, normal dan bersahabat, namun bentuk kisi-kisi AC yang mengotak mengesankan mobil jadul seperti corolla DX, desain meter cluster dan steeringnya pun biasa saja meski terkesan modern. Beberapa plastik dashboard dibuat cetakan menyerupai jahitan, lumayan mengecoh untuk merabanya.

new yaris

FITUR

New Yaris kini ingin lebih memanjakan penumpangnya, oleh karena itu konsentrasi kepada kenyamanan audio dan gimmick adalah andalannya… Simak beberapa fitur andalan terbaru pada New Toyota Yaris ini..

  • Advance Information & Entertainment System; Toyota Move (Internet), Toyota Navigation (GPS) dengan Air Gesture
  • AC Digital Auto Climate Control
  • Projector Head lamp
  • Fog lamp
  • DRL terpisah
  • Audio Steering Switch
  • Start Stop Button
  • MID
  • Body Kit TRD
  • Seat design by TRD
  • Tilt Steering
  • Smart Key, Immobilizer, Alarm
  • Reclining Rear Seat (to be confirmed)
Head Unit Yaris
air gesture kudu diusap, tak pikir cukup dari jauh 😀

TENAGA dan HANDLING

Bicara mesin, New Yaris masih berkutat dengan mesin lawasnya yang disebut ikonik, yaitu 1NZ-FE 1500 cc DOHC 16 Valve VVT-i dengan ouput 109 dk/6000 dan torsi 145 Nm/4200. Ya, tidak ada yang berubah di sini. Toyota sepertinya masih sangat yakin mesin lawasnya mampu berjibaku dengan kompetitor.

Dari sisi transmisi otomatisnya pun juga masih sama, 4 AT Super ECT dimana para rival sudah akrab dengan CVT bahkan Honda pun kembali menggunakan CVT setelah pada All New Jazz GE8 menggunakan transmisi konvensional.

Kini bicara kenyamanan dan handling milik New Yaris, wheel base lebih panjang biasanya memang lebih nyaman. Yang KBY rasakan sih mirip mirip dengan yang lama ya.. hanya memang ruang kaki menjadi tambah lega, sudah mirip sekali dengan Vios sang sedan.

New Yaris yang KBY test adalah TRD Sportivo S dengan transmisi manual. Ketika olahan mesin tidak dapat dimaksimalkan akibat lahan yang terbatas, maka kun-kun yang berjejer lah yang menjadi korban tes kelincahan sang hatchback.

Ternyata mengesankan! Dengan bodi lebih lebar dan wheel base lebih panjang, tidak mengebiri handlingnya yang sangat baik, setir berulang kali diputar kiri dan kanan untuk melalui kun, namun tidak dijumpai gejala buritan bergeser…bahkan dibandingkan dengan New Mazda 2 yang KBY tes sebelumnya, New Yaris memiliki body roll yang oke!

Dan semua dilakukan tanpa adanya intervensi dari traction control sebagaimana yang dimiliki oleh New Mazda 2.. impresif! Jelas penurunan ground clearance dari yang lama membuat titik gravitasinya menjadi lebih baik, sehingga handling pun makin mantap..

CAMERA

AKOMODASI

Dengan dimensi New Yaris yang melar, sisi kelapangan interior pun terkena imbasnya, kini ruang kaki sudah lebih menyerupai saudaranya, Toyota Vios. Begitu pula dengan daya angkutnya di belakang, ruang lapang dapat mempermudah sang pemilik dalam mengangkut sekedar barang belanjaan maupun koper.

Namun bicara fleksibilitas kabin, New Yaris masih belum dapat menggeser singgasana yang dimiliki oleh New Honda Jazz.

CAMERA

THE VERDICT

Harga New Yaris TRD Sportivo S M/T seperti unit yang dites memiliki harga Rp. 254,400,000 sementara harga TRD Sportivo AT Rp. 262,200,000. Sementara yang termurah tipe E M/T dapat lads dapatkan dengan harga Rp. 224,200,000.

Dengan nama Toyota, desain lebih dewasa dan ganteng, handling prima, fitur memadai, akomodasi lega, praktis kekurangan New Yaris kini sudah tidak sebanyak sebelumnya.. Andai setir sudah ada setelan reach dan mesin berganti dengan yang lebih bertenaga, maka raja di kelas ini yang dikuasai Honda Jazz benar-benar wajib waspada.

Info lebih lanjut hubungi Achmad Faesal di 0815 1374 2038 atau 0813 1559 6600

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

62 KOMENTAR

  1. TAM mana pernah bener” all out sama productnya..
    Selalu ngeluarin product yg nanggung..

    Fiturnya standar di kelasnya, cuma ngandelin nama toyota aja..
    HPM skarang jg ikut”an kyk TAM.
    Gak mau masukin mesin earthdream..
    Nasib di indo dapat produk nanggung

  2. Sayangnya material dashboard kerasa murahan kalo di pegang n diketok. Malah inget Kijang LGX kotak kalo ngetok bahannya. Tapi dari segi desainnya kebayar lah.

      • Interupsi gan,
        Artikel ini lagi test drive dan review Toyota Yaris, jadi harusnya tentang Yaris ya kan.
        Kenapa ente bawa-bawa Honda Jazz pada artikel ini, dn ente malah mengcomparenya. Lucu ente mas tidak pada tempatnya, bukankah artikel komparasi Yaris dan Jazz sudah sering anda buat. gatel ya ente kalau ngga membandingkan.
        Ente terlalu Honda minded mas, buka pikiran mas, jangan terlalu memuja satu merek.

      • Interupsi gan,
        Artikel ini lagi test drive dan review Toyota Yaris, jadi harusnya tentang Yaris saja ya kan.
        Kenapa ente bawa-bawa Honda Jazz pada artikel ini, dn ente malah mengcomparenya. Lucu ente mas tidak pada tempatnya, bukankah artikel komparasi Yaris dan Jazz sudah sering anda buat, gatel ya ente kalau ngga membandingkan.
        Ente terlalu Honda minded mas, buka pikiran mas, jangan terlalu memuja satu merek.

        • ah gapapa, media internasional juga umum kok menyebutkan kompetitor di kelasnya walau bukan dalam artikel komparasi 🙂 Lagian kenapa jazz doang yang dimasalahin? Kan ay nyebut Fiesta dan Mazda 2 juga?
          Gatel yaaa.. hehehe..

  3. Pertama liat depanya, jadi ingat Galant 2.4 V6 (yg d luar negeri ada versi AWD (VR) yg sama dgn Lancer Evo) dan di teruskan oleh Lancer Evo X/GLX

  4. si kumis lele….embel2 toyota racing delusion….. tapi overall perbaikannya lebih bagus dan tampilan keseluruhan lebih baik dibanding GK5 #opini#gausahprotes

  5. ane pengen beli mobil yg ber kabin lega tapi ntar klo dah punya, ogah buat carteran, kira2 ada saran om?

  6. kang, kuciwa saya perkara helm airoh, tdi critanya dtng ke JUHE, pdhl prjlanan lumayan jauh dri depok, pake macet2 pula, pas smpe sana, nanyain helm GP shadow yg diskon krna clearance, jawabnya malah ga tau ttg promo itu, malah ga terlibat, krna dsana cuma jual aja… itu dri airoh pusatnya katanya yg di bali, trus cba lngsng psen lwat web sitenya ga ada respon, lewat email ga ada respon, tlp jg ga ada yg angkat, gmn si sbnrnya ttg promo itu kang? bingung saya mau psenya kmn?

      • oohh, pantesan ga ada respon ya kang dri airoh bali, ada event yah… ok de kang sya sabar menunggu aja… hehe, soal knp saya ga tlpn dlu, krna emng awalnya di niatin skalian jalan2 kang, bosen di rmh trus, klo udh kthuan hsil nya tar males jalan nya doong… hehe, lgian ada hikmah nya si kang, bsa smbil liat2 acc lainya, mampir ke anjay racing, jiester, sama jakarta helmet, eh mlh akhirnya bwa plg knalpot… hehe, ok deh.. makasih bnyk yaaa kang..

  7. Itu yaris TRD sportivo dan jazz RS yg notabene tipe tertinggi juga masih kalah fitur entertainment , fitur keselamatan , kualitas dashboard dengan mazda2 skyactiv yg tipe menengah yaitu tipe R , mazda2 kalah cuma di akomodasi dan luas tempat duduk aja CMIIW

    • aahhh matatiiii 😀 segitu banyak disebutin keunggulannya… tapi ya harus jujur kalau emang gak bisa menang di semua sektor toh? 😀

  8. Wa klo ane lebih ke driver minded (Mazda 2). Urusan penumpang sabodo teuing. Max orng di mobil ya 4 orng. Sisanya naik bis aja, atau naik motor..
    Knpa ya di Indonesia pabrikan gk mau bkin model Coupe?
    Suzuki Swift Sport All New katanya ada yg Coupe, tpi dijual di Jepang dan Eropa. Di Indo ktnya kena pajak mahal. Masa’ yg pintunya lebih sdikit bsa lebih mahal?

    • karena mungkin masih CBU, yang 4 pintu produsen berani lokal atau CKD..

      produsen kita masih profit minded, makanya sejak Estilo udah gada lagi itu hatchback coupe/ 2 pintu… karena penjualannya yang gak profitable.. i guess…

      eh ada deng Hyundai i20

  9. Mang kobay, ane mau nanya (tapi oot :))
    Mang, ane pengen ganti knalpot motor. Nah biar ga mainstream(krn knalpot racing berisik udh biasa) ane pgn ganti yg tanpa suara (saya mah gitu orangnya).Jadi klo ane ngebut, nyalip, tancep gas dsb keluar suara anginnya doang. Nah ada ga mang knalpot macem itu. Klo ada mereknya apa ya?

  10. Versi otomotif new mazda 2 dapat poin tertinggi daripada new yaris dan jazz. Menurut mang kobay gmn?

    • setiap produk dapat saling mengalahkan, tergantung niat awal mau sisi mana yang diangkat atau diutamakan..
      Akomodasi masih tetep jazz, mesin/ performa juga jazz.. teknologi, fitur dan kualitas material Mazda, desain dan merek, Yaris..

      Kalau ada yang gak terima sih gampang, silakan breakdown sendiri fitur2 dan spek yang dimiliki ketiga (atau empat kalau Swift masuk) mobil tersebut…

  11. yaris new lebih keras suspensi nya ga kayak versi lama.

    sebalik nya handling nya menjadi makin tajam dann responsif.
    seperti bertukar posisi dgn jazz ..

    jazz yg lama 1agak keras, namun jazz terbaru suspensi sgt empuk kayak old yaris. bahkan melebihi. alhasil minus di handling.r
    si new yaris knp tiba2 jadi racing bgt….

  12. walau begitu desain yaris sgt mirip ikan lele…

    tdk cocok untuk kaum elite yg sudah berumur 40th an..

    new camry lebih joss..

    tapi kalo cuman anak sma anak kantoran new yaris sudah lebih dari cukup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini