Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Siapa di sini yang menunggu harga motor listrik disubsidi?? Nah ini bisa jadi kabar gembira atau ya jadi kontra lads.. Pemerintah akhirnya getok palu soal subsidi pembelian motor listrik, subsidi sebesar Rp 7juta bisa kita dapatkan asalkan membeli dari 3 merk yang disebutkan oleh Pemerintah. Karena ada tiga saja, maka sudah barang tentu tidak semua merek motor listrik yang ada di Indonesia ini akan mendapatkan program subsidi, tiga merk tersebut adalah Gesit, Selis dan Volta. Yang menarik adalah, siapa yang diuntungkan dari keputusan ini? Apa kata netizen??

Pemerintah telah mengumumkan bantuan atau subsidi senilai Rp 7 juta untuk 200 ribu unit motor listrik mulai 20 Maret 2023. Motor listrik yang mendapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintah harus memiliki kandungan lokal atau TKDN minimal 40 persen. Saat ini, merek motor listrik yang dianggap telah memenuhi syarat tersebut hanya ada tiga, yakni Gesits, Selis dan Volta.

subsidi motor listrik

ALUR PENYALURAN SUBSIDI MOTOR LISTRIK

Lalu gimana alur penyaluran subsidi pembelian motor listrik ini?, jadi produsen akan mendaftarkan jenis kendaraan yang telah penuhi nilai TKDN 40% yang disyaratkan dalam sistem. Motor seperti yang sudah disebutkan di atas ada 3 merek yaitu Volta, Gesits dan Selis yang TKDN-nya sudah di atas 40%.

Alur Pertama, produsen harus harus mendaftarkan kendaraan ke Kemenperin untuk mengikuti program tersebut. Kemudian akan ada lembaga verifikasi bernama Dealership Verifikator yang akan melakukan pengecekan.

Nantinya, Dealership Verifikator akan mengumpulkan sejumlah data, termasuk mengukur TKDN kendaraan. Setelah itu, Kemenperin akan berkordinasi dengan Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara untuk kembali melakukan verifikasi data. Sementara penggantian subsidi akan diberikan langsung kepada produsen.

subsidi motor listrik

Jadi, Pembeli datang dan dealer periksa NIK pada KTP. Di situ akan dilihat apakah dia calon pembeli masyarakat berhak dapat bantuan. Apabila setelah dicek dalam sistem berhak dapat bantuan maka pembeli langsung dapat potongan harga sesuai subsidi yaitu Rp 7juta.

Kemudian pihak Dealer input sesuai prosedur dan ajukan klaim insentif ke bank Himbara, lalu Himbara periksa kelengkapan dan apabila selesai Himbara bayar insentif bantuan ke produsen.

motor listrik Indonesia

Bantuan ini berlaku untuk 200 ribu motor listrik baru dan 50 ribu konversi motor listrik yang rencananya akan diberikan mulai 20 Maret hingga Desember 2023. Bantuan Rp7 juta per unit tersebut akan disalurkan kepada perusahaan, bukan langsung kepada konsumen. Hal ini untuk mencegah uang subsidi digunakan tidak sebagai mana mestinya.

APA KATA NETIZEN??

Mungkin juga sudah patah arang ya, segala sesuatu yang berbau subsidi pada skeptis gakan benar prakteknya, tidak tepat sasaran, lebih tepatnya tidak semua tepat kepada sasarannya, singkatnya, sangat rawan penyelewengan lah.. singkatnya lagi KORUPSI!

Selain juga seperti adanya hidden agenda dari keputusan ini yang menguntungkan beberapa pihak saja, juga hal ini seperti tidak tepat saat dan waktunya. Apa iya Indonesia se-mendesak itu terhadap kendaraan listrik pribadi? Kenapa tidak benahi saja kendaraan umum ke arah yang lebih baik lagi misalnya, masih kurang loh saat ini..

Juga seakan hanya memindahkan polusi saja, yang tadinya di jalan raya, jadi ke pabrik pembuat baterainya.. limbahnya? Bahkan dianggap lebih berbahaya dibandingkan polusi udara!! Ditambah, PLN di sini saja mayoritas masih mengandalkan SDA.. ditambah lagi, yakinnnn TDL alias Tarif Dasar Listrik gak naik? Hehehe..

Udah lah, coba kita simak apa kata netizen, tidak semua memang, mau berapa screen shot kalau semuanya?? Wkwkwkkw.. Bagaimana nih menurut lads??

subsidi motor listrik

sumber: Aripitstop dan IWB

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

43 KOMENTAR

  1. “Pembeli datang dan dealer periksa NIK pada KTP. Di situ akan dilihat apakah dia calon pembeli masyarakat berhak dapat bantuan.”

    Kriteria ini apa ya Kang, berhak dapat bantuan?

    Yang menengah ke bawah? yang listriknya 450-900 W?
    Atau yang bijimane ya Kang?

    Secara Babeh di kampung sana, listriknya masih 450W dan seorang petani tulen.
    Nek misal memenuhi syarat mendapat, terus:
    – ngechas motor e pie? wong cuma 450W
    – tagihan listrik e pie? “dari mana duitnya?”
    – arep nggo ngangkut apa itu motor listrik e Kang? Opo yo nggo ngangkut gabah/padi soko ladang ke rumah? Opo ora ancur itu motor.
    Secara Babeh sekali angkut gabah/padi iso sak kwintal luwih.

    Mending (ilmu mending keluar),
    Mending uang 7juta*200ribu motor = 1.400.000.000.000
    Nggo modal usaha, karo nggo tuku Rubicon warna ireng, iso nggo foto foto hehe

    Kuwe bener Kang total e 1.400.000.000.000? Duit kabeh kuwi?

  2. hahahaha, noh jalan desa bolong2 urusin dulu, transportasi umum gak beres, giliran bisa cuan langsung cepet…..

    eh emang harus cepet, bentar lagi udah 2024 coy

  3. Nunggu regulasi yang jelas dan terang benderang dululah 2030 .
    Salah 1 nya Misal swab batt lebih untung ketimbang yang bukan . Kalau dicerna secara sederhana ya bener , kita gak perlu mikirin batt pengganti yang harganya selangit , karena kita bakal mengganti batt dikios2 yang d siapkan ala air galon.
    Tapi apa sesederhana itu ? Gua yakin …jikapun tuh motor listrik sistim swab , pasti ada ketentuan khusus yang gak bakal seenak jidat bisa ngeswab.
    Misal , motor listrik gua lahiran 2023 , bisa swab selama 2 tahun gak bisa lebih. Nah , yang kayak gini kan perlu ditunggu regulasinya. Belum lagi ratusan ketentuan2 lain yang masih abu2 .
    Jadi ? Keuntungan apa yang didapat dari subsidi ? Perlu Corat coret dulu kayaknya .
    Tanggulangi dulu dengan motor Ice Sultan Hnd yang terpercaya iritnya … 😂

  4. Sebenarnya , pabrikan2 gede yang sudah eksis sept Sultan Hnd dan dayangnya Yhm 😂 itu sudah bisa sebagai jaminan . Setidaknya dapat memberikan ketenangan hati saat eranya Ev tiba nanti.

  5. Apa urgensi untuk segera ke EV?? Lingkungan? Emang dah siap untuk mengelola limbah industri batre yang jelas lebih berbahaya? Murah? Coba kasi hitungannya.. ane ogah ikutan latah padahal ujung2nya mumet sendiri. 🤣🤣🤣

  6. dari syaratnya aj masi banyak yg abu2. coba cek realnya harga molis2 itu skrg dibanding nanti setelah jalan subsidi. ada penambahan ngga? syarat dari NIK apa juga hubungannya sama Listrik. ujung2nya banyak yg di reject rekomen subsidinya. alasannya bisa dicari

    • ada merek yg mewajibkan bayar DP 1juta terlepas dapat subsidi atau tidak. ga dapat subsidi lalu tak mau beli yg harga dikatrol, DP hangus. produsennya bisa2 malah harapin untung dari begitu saja yg ga dapat subsidi dan dapat duit DP hangus.

  7. Peduli lingkungan? Ngoahaha, utan yg bener aja digundulin, ee sapi lah, pure bisnis, kek gak tau aja otak otak petinggi wakanda, cuan cuan cuan

  8. semoga aman ae blog nya ya mang, hehe
    saya pribadi juga ga tertarik..
    selain karena alsan yang telah disebutkan di artikel dan di ss, bagi saya desain motor listrik kebanyakan juga kayak maksa (pengen keliatan futuristik tapi malah fail kwkwkw) ditambah lagi dengan faktor material yang kayak (Maaf) murahan

    • molis selis di indo itu masih 100% produksi c1n0, cuma perakitan saja bedanya. CKD atau CBU. kalau TKDN sih liat saja tukang surveynya, gaji seupil pake motor ratusan juta mobil milyaran rupiah.

  9. Motor listrik rusak ganti batre 7-8jt nyetrum batre 8 jam lari max 60, mesin bensin ngebul ganti seher kolter 800 rb, ngisi bensin 10 menit lari max 110, beli seken 3jt aja dapet rc100 atau alfa kondisi siap pake. Kok mending bayar bensinnya lbh worry free ke depannya drpd ganti batre. Urusan polusi mah bodo amat.

  10. berbusa-busa ngomongin go green dan cinta lingkungan … di sisi lain hutan-hutan terus digundulin, nanti sampah baterai (aki) dari kendaraan listrik bakalan jadi “proyek cuan” pejabat yang akan datang

  11. Ini persis ketika pertalite harus daftar…ruwetnya sama hehehe…akhire ilang..apalagi molis…kebijakan yg kajiannya setengah” biqin masyarakat susah

  12. harga keburu dinaikkan lalu dikasih subsidi 7 juta. contohnya selis agats di marketplace masih rata2 15juta, di web resmi malah 18,5juta. jadinya 3,5juta ditelan produsen, pembeli cuma kebagian 3,5juta saja subsidinya.

  13. Motor listrik yg harganya rata-2 20 jt ke atas, pemilihan target penerima subsidinya (maaf), segmen yg kurang beruntung secara ekonomi?? Anehhh!!!. (Aneh karena faktor daya beli dan typical motor listrik). Kalau buat segmen yg mampu??? Tambah aneh.

  14. Kok saya lebih prefer yg molis konversi B*RT kang, 18,5jt – 7jt = 11,5. Dah dijamin sparepartnya karena dr motor yg udah exist. Kedepan masih ada potensi upgrade, just my 2 cent

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini