GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Suzuki Address, skutik berdesain eropa yang punya kapasitas mesin serupa dengan Nex II ini sejatinya diciptakan untuk sheer riding pleasure, iyes semata mata untuk kenikmatan berkendara, pendekatannya mirip lah dengan PCX sang Personal Comfort Saloon. Singkatnya bukan untuk kebut kebutan.. Tapi bagaimana bisa Address yang satu ini mempermalukan All New PCX 160 dan All New NMax sekaligus di sirkuit Sentul tempo hari?

Karena diciptakan untuk kenyamanan berkendara, maka gak heran kalau tarikan Suzuki Address itu dapat dikatakan halus – kalau bahasa kasarnya ala netizen sih lemot!! Wkwkwk.. Meski sebenarnya lemot dengan halus itu beda, tapi yaudah lah, kata-kata yang beredar sudah familiar dengan itu.

Karakter tenaganya yang halus diturunkan pada Nex II, benar benar mirip! Hanya saja karena positioningnya berbeda, Address jauh lebih nyaman, bahkan kenyamanannya nyaris setingkat dengan Honda PCX. Ayunan suspensi yang lembut, ergonomi yang pas dan mesin yang halus.

Karakter asli mesin 115cc Address sebenarnya ada di kitiran atas ala ala ciri khas mesin overbore (yang anehnya belum ditemukan pada PCX 160 wkwkwk). Begitu speedometer melebihi angka 60km/jam, tenaganya terusss ngisi hingga akhirnya kapasitas mesinnya lah yang membatasi, yah 115cc bisa apa sih kekeke..

Okey soal review address KBY stop sampai sini, karena review lengkapnya ada di artikel Review Harian Suzuki Address, silakan diklik sekalian iklannya kalau kata Mbah Yudi Batang wkwkkw.. Sekarang kita fokus ke Address yang mampu mengasapi PCX 160 dan NMax!

Jadi pada sesi drag test antar All New PCX 160 vs All New NMax tempo hari di Sentul, pada satu sesi dimana KBY gak ikutan karena giliran istirahat wkwkwk, nah saat itulah Suzuki Address warna biru doff ikutan nyelip diantara PCX 160 yang dibawa Irwan dan NMx yang dikendarai IWB.

Disaat PCX 160 vs NMax melakukan beberapa kali drag test di beberapa titik di sirkuit Sentul, si Address biru matte pecicilan tersebut selalu nyelip ikutan.. Hasilnya? Saat drag tes ternyata si Address berkali kali bikin malu PCX 160 dan NMax lads wkwkwk..

Tapi karena keterbatasan tenaga akibat displacement yang gak sebanding, PCX dan NMax pun bisa bernafas lega karena akhirnya mampu menyalip si skutik pecicilan tersebut di penghujung trek lurus wkwkkw..

SPESIFIKASI SUZUKI ADDRESS MODIFIKASI SENTUL

Kita sebut saja modifikasinya demikian ya, Address modifikasi Sentul, karena kejadiannya di sirkuit Bogor tersebut wkwkkw.. Jadi ternyata skutik lemot yang dimiliki sultan Citayem tersebut sudah tidak standar lads.. Memangnya apa saja yang sudah dirubah hingga bisa bikin malu PCX dan NMax? Simak di bawah ini..

Sesuai penuturan sang pemilik, berikut adalah daftar modifikasi Suzuki Address 115 miliknya:

  • Ban FDR XT Uk Depan 80/80, belakang 90/80
  • Velg ruji TDR Stainless
  • Mesin oversize 200 (kapasitas mesin naik jadi sekitar 122cc)
  • cvt full upgrade semua depan-belakang
  • koil TK+luminor cable racing harian
  • busi burgman 200
  • oli aral supertronic 0-40w
  • Spek kirian: – rumler mio j custom+roller 10 gram – belt ori – kampas ganda address versi ekspor – pulley belakang custom – mangkok ganda address versi ekspor – lainnya std

TOP SPEED SUZUKI ADDRESS SENTUL

Ada dua rider yang mencoba Suzuki Address oprekan tersebut, yang pertama temannya Ikhsan, dan yang kedua adalah saya!! Iya Kobayogas wkwkkw.. Menurut penuturan rekan Ikhsan, di straight dirinya dapat 125km/jam on speedo tentu.. sayangnya no pict hoax.. Bagaimana dengan KBY?

Ternyata cukup 114-116km/jam saja (speedometer analog susah ngepasnya).. Kok beda jauh? Ya karena bobotnya juga beda lumayan.. wkwkw.. Tester 1 bobotnya 48kg, KBY sendiri 71kg lads..

Impresi dari hasil test motor Address oprekan tersebut bagi KBY adalah, tarikan awalnya yang mantap, kalau dibandingkan sesama motor standar, tarikannya kini kaya Beat lah.. Tentu kalau diadu beneran ya Beat kalah dengan kondisi si Address saat ini wkwkw..

Karena tampilannya sleeper alias standar, joknya empuk karena sudah diganti latex, tapi licin! Tiap ngerem mau masuk tikungan pantat pasti maju sendiri ke depan wkwkkw.. Shock standar ternyata masih cukup mumpuni untuk melibas tikungan. Ban yang dikuatirkan oleh pemilik ternyata gada masalah. Hanya saja remnya euy, ngeri ngeri sedap kalau buat jalan raya mah..

Overall, Address modif ini sudah sukses banget sih sesuai dengan tujuan sang pemilik, yaitu lebih agresif untuk tarikan awal! Silakan ditonton videonya di bawah ini yes…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

52 KOMENTAR

  1. Gaduh ripiw sijuki nex 2 crossover mang? Atau kongparasi mbit strit vs eks raid 2 vs neks 2 kros-oper mang? Hoyong terang keiritana perleter. Yutup asa bareda mere ripiw teh. Aneh. Disarogok kitu wk

  2. klo soal pcx sih kayaknya camshaft settingan torsi low-mid rpm.

    btw ni yang punya address yang waktu itu di grup fb ribut ma karyawan koito bukan sih?

      • kan penyakit address itu reflektor lampu gampang gosong (meskipun pake bohlam std). si karyawan koito jelasin lah spek reflektor address lokal pakai “blablabla” dan address eropa (yang lebih bagus materialnya) pakai ‘blehblehbleh”. trus dibilang kira² begini “belajar dulu bikin reflektor lampu yang bener”. padahal kan spek reflektor itu bukan urusan karyawan koito, wong sis yang ordernya begitu (salah sasaran semprot nih)

  3. Pingin coba ngasepin nmax & pcx di lampu merah ahh..
    Tapi skydrive gw mentok cuma 105 km/h mang..itu juga lama banget buat dpt speed segitu wkwkwkwk.

  4. gak usah di-viral kan Mang … ntar mangkinan Sijuki ogah ngeluarin produk big ato maxi skutik nya dimarih wkwkwkwkw

    Jukiee … Jukiee, php-in fans boy nya terus dengan produk warna warni (baca : peslip warna ama livery doang)

  5. ternyata emang Address yg melamapai kodratnya. oli nya sebotol aja bisa buat oli standar 4 botol. Ditunggu artikel upgrade si Raras wkwkwk scr basicnya sama

  6. Mang, ini lebih merinding dibanding cerita “Kesurupan sehabis ngelayat” wkwkwkwkwkwkw

  7. kalo sekarang beli adress worth to buy ndak mang? dipake harian, kira2 sehari 50km, atau mending mbit?

    • ane malah lagi mikir mo address 2nd, cuman kmaren di olx yang odo masih below 9000km uda laku.. address minusnya kan lampu depan + reflektor kurang oke sama starternya brisik (knapa ga bikin halus kayak mio aja sih?)

      • Mending address yah? Ini harian pake mbit karbu udh kurang nyaman, coba pakai mbit terbaru punya mertua suspensi depan kurang nyaman menurut saya

        • Beat pada dasarnya bukan buat nyaman nyamanan.. address sendiri positioning nya di atas beat/Nex II/Mio..

          Jadi kalau lebih nyaman ya wajar..

    • mending beli Address yg baru, ban dan velg udeh tubeless jadi dipakai jarak jauh gak khawatir ranjau paku

      kalau beli seken … khawatir aja jarang servis di bengkel resmi, soale pan banyak yg udeh tutup tuh beres Suzuki

      tapi klo mau beli seken mah … sekedar saran aja sih, beli Address seken nya Sultan Citayam ajah hahahahahaha

  8. keren ya matic 125 CC bisa ngalahin top speed matic besar 4 valve 160 CC
    yang kenceng adress nya apa PCX nya yg lemot

  9. Jangan di share lagi kang kobay,,
    Ntar malah jadi incaran maling tuh address,,
    Para fanboy ntar gontok2 an lagi.

  10. Jadi inget yg Suzuki Nex karbu menang lawan MiO & Beat Karbu sampe sampe Di embargo ga boleh ikutan kejuaraan.
    Disinilah sijuki potensinya kalau dioprek dikit joss.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..