GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam gebeerrr.. Alhamdulillah, satu lagi bocoran yang terbukti sahih lads wkwkwk.. Honda Jazz di Indonesia sudah pensiun secara resmi dan sesuai info 2 tahun lalu yaitu 2019, Honda City Hatchback lah yang menjadi penggantinya. So, setelah KBY pernah menyuguhkan spesifikasi dan fitur yang rilis duluan di Thailand, kini saatnya mengetahui spesifikasi dan fitur Honda City Hatchback RS Indonesia! Apa saja andalannya?

Artikel awal bocoran kalau Honda City Hatchback akan menggantikan posisi Honda Jazz di Indonesia ada di artikel ini lads; Hot, Honda Jazz Akan Digantikan Honda City Hatchback! dan artikel artikel selanjutnya sesuai perkembangan yang KBY dapatkan dari nara sumber.. So silakan diklik aja yes, dari mulai info akan menggunakan platform Honda Gienia hingga akhirnya bocor gambar patent-nya.

Setelah Thailand, Indonesia jadi negara kedua di dunia yang meluncurkan Honda City Hatchback. Bahkan yang di Thailand itu sebenarnya buatan Indonesia lads, hanya saja namanya strategi marketing, negeri nong poy merilis duluan mobil tanpa buntut tersebut.

Untuk desain, secara overall KBY cuma gak suka bagian moncongnya yang kepanjangan dengan wajah terlalu polos. Overhang depan alias jarak antara ban dengan bumper juga terlalu jauh, jadi seperti agak kedodoran..

VARIAN HONDA CITY HATCHBACK RS

City Hatchback sudah fix untuk menggantikan peran Jazz di kelas hatchback setelah mengabdi kurang lebih 17 tahun lamanya. Goodbye Jazz.. hiks.. Yang berbeda dengan Jazz dan juga versi Thailandnya, City Hatchback di Indonesia (sementara ini) hanya tersedia tipe RS sehingga namanya menjadi City Hatchback RS dengan pilihan transmisi CVT dan manual 6-speed…

Mengapa KBY bilang sementara ini? Karena nara sumber cukup yakin ke depannya akan ada varian lain seperti RS 1.0 turbo seperti yang ada di Thailand. Namun bisa jadi gagal juga – ucapnya, tergantung penerimaan dan demand dari konsumen Indonesia, mengingat mesin tersebut masih baru dan bisa jadi resistannya tinggi di sini.

SPESIFIKASI HONDA CITY HATCHBACK RS

City Hatchback RS versi Indonesia ini tidak menggunakan mesin 1.000 cc turbo seperti versi Thailand untuk memenuhi regulasi eco car phase 2, melainkan yang mesin baru hadir untuk Indonesia yakni L15B1 DOHC i-VTEC berkapasitas 1.500 cc naturally aspirated (NA) dengan tenaga baru sebesar 121 PS namun torsinya tetap 145 Nm. Yap, kini sudah DOHC bukan lagi SOHC.

Hanya saja yang cukup menggelitik, tenaganya hanya naik 1PS dan torsi tetap, seingat KBY mesin 1500cc DOHC i-VTEC ini di luar sana mampu memuntahkan mesin 131PS dengan torsi besar 155Nm. Apakah ada penyesuaian? Seperti sih, tapi menariknya, kalau “kunciannya” dilepas, seperti biasa akan jadi raja nih mesin ini wkwkwk..

FITUR HONDA CITY HATCHBACK RS

Untuk sektor fitur, unit City Hatchback RS Indonesia ada kemiripan dengan versi Thailand, mulai dari aksesoris khas RS yang ada di eksterior dan interiornya, lampu LED multireflektor, head unit 8 inci + Apple CarPlay & Android Auto, hands-free telephone via bluetooth, paddle shift (RS CVT) dan cruise control.

Fitur akomodasi super yang tak terkalahkan di kelasnya (Jazz dan City GD series serta belakangan HRV) yakni Ultra Seat masih dipertahankan. Adanya fitur Remote Engine Start baru tapi jadul di tipe RS CVT membuatnya jadi mobil compact Honda pertama di Indonesia yang punya fitur ini (biasanya baru di kelas medium ke atas)..

Kenapa KBY bilang jadul? Karena jaman pakai Tiger 2000 dan Kijang Grand Rover di tahun 90-an, KBY sudah pake fitur remote engine start melalui alarm aftermarket wkwkkw..

FITUR SAFETY

Fitur safetynya juga jauh meningkat dan lebih banyak dibanding Jazz (kecuali Jazz tipe Black Top limited edition yang dulu sempat dijual); terdapat 6 buah airbag, ABS+EBD+BA, stability control (VSC), hill start assist, Multi-Angle Rear View Mirror, ISOFIX, emergency stop signal, seat belt reminder (common lah ini), dan engine start stop button yang semuanya tersedia baik di RS CVT dan RS MT.

VARIAN

Pilihan warna City Hatchback RS Indonesia:

– Phoenix Orange Pearl (di Thailand nggak ada warna ini),
– Rallye Red (di Thailand warna merahnya Ignite Red Metallic)
– Crystal Black Pearl
– Lunar Silver Metallic
– Platinum White Pearl
– Meteoroid Gray Metallic

HARGA HONDA CITY HATCHBACK RS INDONESIA

Sayangnya, harga resmi dari mobil yang diproduksi di pabrik HPM Karawang, Jawa Barat ini baru akan diumumkan pada April mendatang, mirip dengan strateginya Brio RS Urbanite Edition yang harganya baru keluar Maret ini, tapi kabarnya harganya di kisaran 300 jutaan rupiah…

Kalau dicek lebih jauh di speedometer tepatnya di tripmeter (Trip A), bisa jadi kata komentator di IG Indra Fathan, itulah bocoran harganya, Rp. 308,250,000 wkwkkw.. Masuk akal sih

referensi: Indra Fathan #cityhatchback #hondacityhatchback #cityhatchbackrs

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

47 KOMENTAR

  1. lah katanya jazz uda ga kompetitif (baca: ga laku) karena harganya yang uda nyaris 300an dengan fitur ala kadarnya. ini malah kena 300 (klo liat trip) dengan fitur sunat massal.

    btw di luar itu fit sebenernya city hatchback bukan sih?

    • Coba menjawab , maaph jika salah ?
      Fit itu ya sama dengan jazz di kita sini.
      Dan memang…fit tsb bisa masuk dalam kategori hatchback…bahkan Brio termasuk kategori hatchback.
      Nah yang baru ini… Adalah Honda city ( miliknya Honda juga ) namun dibikin versi hatchbacknya , kira2 begitu .
      Yaaa mirip2 Baleno dah , dulu kan ada sedannya…dan sekarang Baleno tsb dibikin hatchback ? sorry jika salah

    • Emang begitu itungannya. Orang liat jazz itu ya jazz.. bukan city, dimana secara positioning juga city itu di atas jazz..

      Kalau harga jazz udah mulai masuk ke ranah City, dimana udah pada nganggep overprice, ya mending city sekalian kan?

      Makanya terbitlah si city dengan harga ceritanya yang lebih terjangkau dibanding versi sedannya…

      Fit sebenarnya keluarga jazz dan city, dulu city itu sempat bernama Fit Arya di luar.. sementara kalau Fit ya Jazz..

      • ane sih taw fit itu jazz.. beda bulet biru ma merah doank

        jadi ceritanya ini cuman mainin nama supaya orang anggap ini kelas di atasnya? padahal ya, sebenernya emang itu2 juga..
        ato ga juga? kan di jepang fitnya juga beda tuh

      • Padahal yaris lele itu ya viosHB, yaris di luar bentuknya masih bakpau (Yaris GR contohnya), balenoHB itu ya Ciaz dipotong

        Sebenarnya kalo pake nama JAZZ aja ga masalah si
        City dan jazz itu pernah jadi satu, jaman jazz GD dan city GD, lainnya agak beda

    • BRV juga 6speed kok, tranny manualnya beda dari milik mobilio/brio yg cuma 5speed, dan kalau gak salah juga identik dgn milik jazz

    • Tapi lumayanlah , ini mobil bisa buat bawa seperangkat alat musik yahama ? walaupun sekarang zamannya musik digital.

  2. Mungkin saya termasuk minoritas yg lebih suka sama desain Fit 2020 jepang dibanding City Hatch ini yg sama aja kayak Brio, Civic wannabe… setidaknya Fit masih punya karakter

      • Kan klu mau diturunkan harganya spt kebiasaan honda selama ini yg selalu menurunkan harganya jika lg niat menggempur kompetitor

    • Gelagatnya sih , ntar bakal ada versi non RS nya buat ngisi celah harga antara Brio tipe tertinggi dan city ini bisa jadi ada 2 tipe juga . Walaupun ada yang dikurang kurangi , keknya konsumen gak banyak mikirin gituan . Yang penting ” baru ” ?
      Strateginya selalu mirip pengembang properti . Punya kawasan , dibangun dulu bagian dalam …tar kalau dah larisss …baru dah bikin versi ruko2nya di bagian terluar ?

    • Kalau rpm segitu sih sudah masuk ranahnya mobil balap bung,
      Kecuali kalau yg dimaksud mobil produksi ya, jarang keknya yang bisa sampai segitu. Tapi kalau rentang ±9000rpman ada bbrp yg ikonik banget, macam Mazda RX8, Honda S2000, Lexus LFA (fyi sonwep, mesin V10nya LFA ini hasil rancangan kerjasama dgn yamaha, jdi monggo saja kalau mau bilang toyota = yamaha :P)

      Dari hasil searching google sih ada production supercar yang bisa sampai segitu, Gordon Murray Automotive T.50, pake mesin 4.0 V12 yg bisa teriak sampai 12000rpm lebih

    • Nissan SR16VE N1 “redtop” engine
      Kl g salah cmn diproduksi 500biji worldwide

      Pulsar VZ-R N1

      Weight: 1090kg / 2403 lbs

      Displacement: 1596 cc
      BorexStroke: 86mm X 68.7mm (same bore as SR20)
      Compression Ratio: 11.6:1

      Output: 197hp / 133 ft-lbs (same torque as SR20)
      Spec. Output: 123bhp / liter

      Performance:
      0-62 mph – 6.8sec
      1/4 mile – 14.89sec

      Kl g salah, tp ini tiap situs beda2.. bbrp kl liat yg bluetop cmn pas nyala mesinnya, alhamdulillah pernah denger dan liat yg redtop. Yg standard bluetop, redline 8600rpm.. yg redtop lebih dr itu.. jaman kuliah dl (nyaris seper4 abad lalu), pernah liat dibengkel modif lg dicangkokin ke nissan sentra se-r spec v (us edition). Cmn krn heavily modded.. shiftingnya di 10000rpm, kl g salah ingetannya. Brasa naek motor, suaranya pas melengking… Lebih menyayat dibanding v-tec dohcnya spoon… Krn nissan vvlnya antara intake ama exhaust bukaannya independent, jadi suaranya berubah 2kali. Lbh dramatis ???

  3. A once-favorite whose stage was stolen by its crossover and LCGC siblings. Poor, poor honda jazz.

    Btw, yang 131PS itu yg versi direct injection mang, di city hatchback itu L15B versi baru yang pake MPFI biasa.
    Meski output diatas kertasnya nyaris sama saja kek L15A/Z, tapi saya yakin kalau powerband mesin baru ini bakal lebih tebel “dagingnya” dibanding SOHC lawas yang powernya terfokus di menengah-atas doang.

    Plus, saya malah berharap mesin 1.0L turbonya itu gak masuk sini, jauh inferior mesin itu mah dibanding L15B ini, lebih mahal pula production dan maintenance costnya.

  4. Jelek jelek jelek…berasa liat mobil tahun 90an….wiper belakang berframe jadul….speedometer malah mirip CRV RE..

  5. Rem belakangnya msh tromol yak?
    Sayang bgt dah
    Tanggung, mesin baru transmisi 6mt msh teromol belakangnya

  6. Walaupun katanya positioning city lebih tinggi dri jazz. Ttp saja Jazz itu ada Karakter tersendiri. laku sih mungkin tp klo laris kayak kisah Jaman dulu kayaknya engga.. pdahal Jazz/Fit di Jepang Sbeenernya modelnya Unyuuuu.. lama” di pandang sedap jg itu jazz jepang

  7. Ah whatever do you mind, tapi menurut saya ini hatchback desain nya mature sangat cocok buat urban muda yg mulai karirnya mapan tanpa meninggalkan stylenya emang positioningnya sangat cocok sbg pengganti jazz, nah buat kawula muda yg dulu kuliah pake njess skrg uda berkarir dan mapan next level tunggangannya ya ini tetep keren tp elegant, nah buat anak muda yg baru beranjak mengendarai mobil buat kuliah, nongkrong, atau gaul njess saat ini uda digantikan perannya oleh adiknya brio!
    Sekian wassalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..