GSX

Kobayogas.com – Hola laaadss.. salam geberrr.. Artikel lanjutan nih dari sejarah Suzuki GSR hingga memasuki era dari GSX-S. Sudah baca artikel sebelumnya? Kalau belum KBY saranin baca dulu, biar nyambung, nih link-nya Mengenal Sejarah Suzuki GSR-750 yang siap digunakan harian.. So, artikel kali ini merupakan penutup dari kisah panjang klan GSR yang tidak hanya memiliki model moge atau motor gede tapi juga tersedia dalam model motor sport 125cc.. Lanjuttt

ERA SUZUKI GSX-S

LAHIRNYA SUZUKI GSX-S1000

Pada tahun 2014, Suzuki yang belum terjun di kelas nakedbike 1000 CC, dirumorkan sedang menggarap Suzuki GSR1000. Pasar pada kelas nakedbike 1000 CC era tahun 2013-2014 sedang menggeliat dan demand-nya bagus, banyak rider yang nampaknya udah capek nunduk nunduk tapi masih suka sama performa motor satu liter.

Dan sesuai rumor di atas, akhirnya lahir juga motor nakedbike 1000 CC Suzuki, tapi di luar dugaan dan banyak yang terkaget kaget karena ternyata namanya tidak lagi menggunakan kode GSR melainkan diganti dengan menggunakan kode GSX-S! Lahir lah The first GSX-S, Suzuki GSX-S1000!

Pada dasarnya (terutama di Indonesia sih), moge model street fighter alias nakedbike kurang mendapat apresiasi dari konsumen lokal, mungkin karena dari sisi desain model moge seperti ini selayang pandang kurang memiliki wow effect, sekilas laiknya motor nakedbike 150cc pada umumnya.. dan faktanya memang demikian sih, gimana lagi..

Makanya dari sisi penjualan, moge model fairing itu biasanya lebih laris manis ketimbang non fairing. Karena factor wow effect-nya itu. Ga usah moge deh, 250cc laiknya MT-25, Z250FI, Z250SL, Inazuma mana ada gaung-nya di Indonesia? Beda kalau di luar negeri lads.

Untuk Suzuki GSX-S1000 ada dua tipe, yang fairing dan non fairing, yang fairing sendiri memiliki kode F di belakang angka, jadi GSX-S1000F. Meskipun belum pernah nyoba yang model non fairing, tapi alhamdulillah KBY berkesempatan mencoba yang model satu lagi, silakan baca artikelnya: Review Harian Suzuki GSX-S1000F!..

Bicara performa, model ini adalah jenis nakedbike yang serius dan beringas! Motor ini punya tenaga hingga 150 daya kuda dengan akselerasi dan torsi yang bener-bener bikin badan kebanting depan belakang! Yang unik, meski di atas kertas tenaganya ajib, namun untuk kondisi pemakaian harian masih oke loh, ga usah ditanya kalau untuk adrenaline rush mah.

Dan seperti moge Suzuki lainnya, si GSX-S1000F tersebut bisa dikatakan enggak ada panas-panasnya untuk sebuah moge 1 liter, bobotnya lumayan ringan, dan sudah barang tentu kencang! Era GSX-S juga menandakan kalau produk ini sudah lebih advance dibandingkan seri GSR dari sisi fitur elektronik, tersedianya kontrol traksi, riding mode dan ABS adalah buktinya.

konsumsi bbm GSX-S1000F yang 1:13,5 lupa ada di PC rumah 😀

Di Eropa dan Amerika, penjualan Suzuki GSX-S1000 sangat bagus banget lads. salah satu daya pikat utama dari penggila kecepatan adalah penerapan mesin legendaris yang menggunakan mesin Suzuki GSX-R1000 seri K5 tahun 2005 yang terkenal dengan long-stroke dan torsinya yang super badak! Harganya pun termasuk murah kalau di luar negeri, paling value di kelasnya!

ERA SUZUKI GSX-S750 PENGGANTI GSR-750

Lima tahun lalu, Suzuki akhirnya mengumumkan akhir hidup dari Suzuki GSR750. Motor yang enak bangetnya cuma bisa disamai oleh CB650 series ini diganti eksistensinya oleh Suzuki GSX-S750, yang memperkuat opini bahwa eksistensi Suzuki GSR sudah selesai, you and me end…

Meski nama GSR itu cukup familar dan bagus, namun Suzuki sepertinya ingin memberikan impresi lebih terhadap model baru ini dengan menekankan huruf X di belakang GS, yang kurang lebih artinya level naik dari banyak sisi, ya model, performa dan elektronik. Ditambah huruf S sebagai pembeda dengan model fairing GSX-R, maka jadilah GSX-S sebagai seri naked powerful mereka..

Suzuki GSX-S750 hadir dengan tampilan yang serba baru dan terasa lebih humanis ketimbang Suzuki GSR750 yang lebih lancip dan lebih tajam. Tapi jangan salah, ini motor udah diupgrade di banyak sisi. Sebutlah rem-nya, jika Suzuki GSR750 menggunakan rem axial tokico yang asli dah, performanya biasa aja, Suzuki GSX-S750 hadir dengan rem radial dari Nissin yang secara bentuknya aja udah bagus banget! Belum lagi, motor juga mendapatkan sentuhan dan belaian dari kontrol traksi, jadi makin enak dibawanya.

Suzuki GSX-S750

Power nambah, suspensi adjustable, dimensi berasa lebih gendut dikit, membuat Suzuki GSX-S750 menjadi motor favorit rider di Eropa sana Sob. udah banyak banyak long term review motor ini. Enak buat touring, enak buat commuting, dan juga bisa diajak ber-trackday ria Sob. hmm, PT SIS enggak bawa motor ini ke Indonesia, ya mau gimana lagi, regulasi pemerintah makin “aneh” buat impor moge, ya jadi cuman bisa ngeces doang. MMBlog aja ngecess banget pas lihat motor ini dipabrika Suzuki Hamamatsu, mantap banget!

SUZUKI GSX-S125 DAN GSX-S150

Suzuki GSX-S terkecil dan termurah tapi soal performa mesin ga usah ditanya.. sadis lah untuk ukurannya.. Sayang tim desainer Suzuki agak blunder dari sisi desain lads.. konsep kepala alias headlamp nya sih seperti ular cobra, yet somehow bukan menjadi selera semua orang..

Pada dasarnya sosoknya tidaklah buruk, asalkan.. nah ada asalkannya nih lads, asalkan jangan diadu dengan motor sejenis di kelasnya, kalah ganteng hiks.. ! Next, KBY akan kupas tuntas Suzuki GSR750 yang dipakai harian di Jakarta, stay tune!

sumber: Monkeymotoblog

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

16 KOMENTAR

  1. kalo ngomongin Suzuki di Indonesia rasanya seperti nostalgia Mang … RGR, FXR, Satria Hiu, Satria FU sampe Tornado dan Shogun jadi idola di era nya

    kalo ngeliat line up zaman now, selain GSXR dan Nex II … type motor lainnya seakan jadi barang langka terlihat dipakai biker dijalan – kecuali pas sowan ke bengkel Sultan von Citayam hehehehehe

    di situ kadang saya merasa sedih

    • iya beh. sy ada temen sakin uniknya piara suzuki youngstar sampe sekarang looknya masih ky nos aja padahal pake harian.yg unik dibanding harga sepeda(hobi belio yg lain) doi kl dituker bisa dapet youngstar 8-10 biji. keknya ini memperkuat imej kl fbs itu unik2 hehe

  2. Lapor 2 minggu terakhir ada 3 toko sembako motor yang berdekatan
    Toko 1
    Cebong bertopeng anyar diplastik 2 buah
    Cebong udo diplastik 1 buah
    Toko 2
    Preman 1 diangkut pickup
    Toko 3
    Meong girly 1 dimasuki pet kargo

    Kok bisa moge ris yang membahana hampir sebulan tak keluar toko itu, apalagi si genjik sudah 2 bulan tak keluar apa nunggu dewasa.
    Sebagai boboboi temannya yaya ikut sedih

  3. Jujur , pendapat pribadi nih…
    Sebagai Fbh saya suka sama GSX R atau S yang kelas 150 , agak aneh saja ( menurut saya ) khusus yang S kok gak moncer ya… Harga murah disain termasuk oke apalagi dengan size yang ramping . Jika gak suka headlampnya kan bisa ganti aftermarket / variasi…apa saya eks rider CBR karbu yang ramping kali ya , jadinya kebayang sendiri asiknya motor yang ramping tsb 😂 .
    Jika saya masih bermain disport 150….dan saya dihadapkan untuk memiliki. Maka saya sebagai Fbh auto angkut R atau S nya jadiin temen 👍😂

    • Banyak intrik di internalnya yg bikin divisi motornya mati suri di indo, mungkin awal desain headlamp & platform joknya mau buat head to head ke xabre tapi market xabre jg kan segmented.

      Apesnya lagi pas mereka rilis bandit yg buat head to head ke CBSF & vixion malah kaya satria fi di kasih tanki, keabisan ide si desainernya wkwkwk…

      Padahal seri gsx kan produk global, tapi ah sudahlah… Emg pabrikan ini nyeleneh, motor prototype ny di motobiji di desain secantik mungkin tp yg di jual ya semau desainernya aja gt yg penting long lasting gak kemakan jaman macem satria hiu, skydrive, Gsx dll wkwkwkwkwk..

    • Sama mang takada, saya sebagai fbh walaupun nggak makai produk ahm juga kalau dikasih pilihan milih sport 150 juga bakal milih GSX R, kalau lihat rivalnya yg satu operpret body kegedean kayak kepengen jadi moge padahal mocil, yg satu lagi udah operpret mesin lemot dohc hello kitty. Jadi apalagi yg kurang dari motor ini ? Mesin terbaik dikelasnya, fitur juga oke (bahkan udah keyless, dimana kompetitor masih belum), built quality bagus, dan itu semua dengan harga dibawah kompetitor. Soal desain headlamp gak sebegitu burik juga menurut saya, emang selera sebagian besar orang sini aja yg ketinggian kalau soal desain motor, lihat aja buktinya desain headlampnya aja dicontek toh sama CBR R3 wkwkwk

  4. motor 750 itu legend katanya.
    power yang serasa 1000cc (karena power-to-weight ratio) tapi handling serasa 600cc (karena chassisnya mendekati 600cc)

  5. GSX-S1000 emaang cakep sih, pernah nyoba naikin di pameran pada november 2016 silam
    bentar bentar..GSX-S125 dan GSX-S150 kalah ganteng dengan motor sejenis di kelasnya, yang dimaksud motornya Y ama H?
    wkwkwkw

  6. Kalau ini dibawa Webe..dan mang kobay pake PCX , ane yakin PCX menang
    Weeeet….wet wet wet 🤣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..