GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sudah lama kayaknya KBY gak pegang moge dan review motor gede ya? Alhamdulillah garasi Kobayogas Manor kedatangan moge Suzuki lagi nih, kali ini kapasitasnya benar benar baru, maksudnya selama ini garasi cuma kedatangan mesin 500, 600, 675, 800, 1000, 1050, 1090 dan 1400cc, nah angkanya nyelip diantara 675cc dengan 800cc yaitu 750cc lads.. Tepatnya ini dia Suzuki GSR750 MY2013 warna putih yang siap dipakai harian.. Kenalan sejarah Suzuki GSR dulu kuy.. 

Kalau soal moge dan sejarahnya terutama Suzuki, keknya sumber KBY ini udah paling tepat deh, yaitu mang Vandra MacGregor Monkeymotoblog – doi adalah bisa dibilang Suzuki Mania, wawasannya terkait moge, terutama Suzuki dapat diandalkan. So beberapa penjelasan akan diambil dari blognya anak bearland tersebut..

Seperti laiknya pabrikan/produsen sepeda motor lainnya, Suzuki juga punya motor ikonik. Honda punya varian CB, Yamaha punya MT dan XS, Kawasaki punya varian Z, nah di kelas street bike Suzuki juga punya varian yang bernama GS lads.

Nama GS yang berarti “Grand Sport” ini pertama kali memulai debutnya pada tahun 1976 dengan motor yang bernama Suzuki GS750, motor ini ada lho di Plaza Suzuki, Hamamatsu, tuh fotonya di bawah (baca: Museum Suzuki Di Jepang). Sudah menganut 4 silinder inline juga lads. Tentu GS sendiri memiliki banyak varian dalam life span-nya.

Nah menurut cerita lambat laun, popularitas Suzuki GS semakin meningkat, dan mulai memiliki positioning yang ternyata berbeda dengan Honda CB series.

Suzuki GS750

Jika CB punya asosiasi merek yang lebih kepada sahabat di perjalanan, good for everyone, lain hal dengan Suzuki GS, Suzuki GS disebut lebih kepada motor passion, bukan motor untuk sembarang orang, dan lebih khusus, motor ini secara gender, lebih mengarah ke kaum Adam.

Dalam perjalanan dan produksinya, ada satu waktu ketika Suzuki GS dikembangkan menjadi Suzuki GSX. Suzuki GSX, tampil lebih advance, pada umumnya, GSX (gak pake huruf R) adalah motor-motor yang berperforma tinggi, DOHC, TSCC, namun ternyata model ini tidak/ belum menggunakan radiator loh!

Di beberapa unit, macam GSX750 dan GSX1200, dikasih embel-embel Inazuma (KBY juga baru tau Inazuma itu gak cuma 250 aja wkwk) dan varian GSX Flagship mereka yakni Suzuki GSX1400 tampil lebih muscular. Hingga akhirnya, di latar belakangi oleh persaingan pasar, eksistensi Suzuki GSX ini selesai masa baktinya.

Suzuki GSX 1200 Inazuma

 

Penggantinya tampil beda dengan revolusi baru yang bernama Suzuki GSR, GS dengan embel-embel huruf R yang sudah diketahui umum, huruf R biasanya menunjukkan kalau punya performa yang lebih superior! Nah pada tahun 2006, muncullah Suzuki GSR pertama, Suzuki GSR600!

ERA SUZUKI GSR600 – GSR PERTAMA

Tampil perdana sebagai the first Suzuki GSR, Suzuki GSR600 memulai debutnya pertama kali ketika tahun 2006. Motor ini tampil sebagai manifestasi alias wujud nyata dari motor prototype Suzuki yang lahir pada tahun 2001, Suzuki Boost King yang akhirnya tampil sebagai Suzuki B-King di tahun 2007 setelah satu tahun Suzuki GSR600 eksis.

Suzuki GSR600 lahir dengan menggendong mesin milik motor jenis Supersport Suzuki yakni Suzuki GSX-R600 tahun 2004. Makanya, redlinenya lumayan ajib juga untuk ukuran sebuah motor nakedbike, sampai 14.000 rpm!

Suzuki GSR600

Persaingan di pasar kala itu, Suzuki GSR600 adalah motor yang tampil belakangan, dimana Honda sudah punya Honda CB600F Hornet, Yamaha juga sudah punya FZ6, dan Kawasaki sudah punya Z750 yang menjadi motor dengan kubikasi terbesar di kelasnya. Untukmodel, Suzuki GSR600 tampil dengan nuansa yang serupa dengan Yamaha FZ6 yang menggunakan knalpot undertail, saat itu yang digemari ya model begini lads.

Life-time Suzuki GSR600 bisa dibilang enggak panjang, cukup 4 tahun aja ternyata, dari tahun 2006 sampai tahun 2010 saja. Suzuki GSR600 sempat hadir di Indonesia pada tahun 2008 lewat Suzuki Indomobil dengan harga jual saat itu, 180 juta Rupiah.

SUZUKI GSR600 THE SPECS

Suzuki GSR600 bermodalkan mesin 600 CC, empat silinder, DOHC, Radiator, yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 98 daya kuda! Menurut Vandra, akselerasi motor ini bener-bener cepat! Napasnya berasa panjang dan rileks! Belum lagi kalau ganti knalpot yang lumayan ngebrong, wuiihhh, suaranya maknyooss Sob!

Suzuki GSR600 menurutnya juga menjadi pelopor kunci kontak di depan tangki. Di Indonesia unitnya emang cukup langka, tapi yang jelas ada lebih dari satu.

Suzuki GSR600 adalah motor yang populer dan seri GSR mendapatkan sambutan yang luar biasa positif! Nah, Suzuki Hamamatsu tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dimana setelah GSX 400 Impulse tutup usia di tahun 2007, penggantinya adalah seri GSR yakni Suzuki GSR400 untuk JDM (Japan Domestik Market) only. Secara tampilan dan dimensi enggak banyak beda sama kakaknya yang 600cc.

PERBEDAAN SUZUKI GSR400 DENGAN GSR600

Perbedaannya tipis! Hanya kapasitas mesin dan rentang rpm yang lebih rendah. Selebihnya sama! Kalau GSR600 bisa diajakin untuk sport riding yang adrenaline rush, Suzuki GSR400 hadir sebagai motor streetbike/roadster yang praktikal, laiknya rivalnya CB400, kalau CB400 ngasih tampilan retro dan motor harian, Suzuki GSR400 ngasih tampilan yang lebih agresif, walaupun pas diajak jalan, tenaganya ya so so aja.

Suzuki GSR400

Suzuki GSR400 ini selain di Jepang, ternyata juga banyak beredar di negara-negara Asia lainnya Sob. kayak di Singapura, motor ini banyak juga ngaspal di sana. Di Indonesia pun ada loh, MMBlog beberapa kali lihat yang jual motor ini, dengan harga yang lumayan miring yakni 55 jutaan. Hmm, perkara surat-surat, kebanyakan sih pada NP alias bodong. Beda dengan Suzuki GSR600, Suzuki GSR400 masih diproduksi sampai sekarang dan dijual di Jepang. Dari pertama sampai sekarang, desainnya enggak berubah. bahkan namanya aja gak diubah jadi GSX-S. Hmm. Asyik sih ni motor Sob.

ERA SUZUKI GSR750

Selesai bakti Suzuki GSR600 di tahun 2010, akhirnya Suzuki memutuskan untuk meneruskan generasi Suzuki GSR dengan membuat Suzuki GSR750! Kubikasi jadi naik, stylingnya lebih agresif, stance-nya lebih muscular, lebih tampan serta galak! Menurut Vandra, Suzuki GSR750 hadir menggebrak pasar nakedbike dengan sebuah kesempurnaan sepeda motor namun sekaligus menjadi sebuah kekurangan, kok bisa?

Suzuki GSR750 hadir dengan membawa mesin Suzuki GSX-R750 yang jelas-jelas mendapatkan tuningan atau downgrade yang bisa dirasakan. Beda sama adiknya Suzuki GSR600 yang kayaknya mesinnya plek dengan GSX-R600, Suzuki GSR750 dirasa lebih punya mesin yang handal untuk ngacir stop and go, walaupun tetep kenceng – namanya juga moge, tapi napas atasnya lebih terbatasi.

Inilah varian pertama Suzuki GSR yang menggunakan suspensi upside-down, yang jelas-jelas menjadi lawan head to head Kawasaki Z750. Kawasaki Z750 dibuat enggak berkutik dengan kehadiran Suzuki GSR750, itu karena Suzuki GSR750 lebih ringan, lebih lincah, dan lebih powerful! Suzuki GSR750 hadir di Indonesia pada tahun 2011 dengan harga jual 210 juta, dan dilaunching ulang di rolling stone Jakarta tahun 2015 dengan harga 199 juta Rupiah (baca: Suzuki Rilis Motor CBU). Unit motor ini ludes sudah di Indonesia alias NOS-nya pun gak ada.

Nah, sampai sini dulu yes sejarah Suzuki GSR di dunia, yang jelas KBY akan menghabiskan waktu bersama Suzuki GSR750 4 silinder ini selama kurang lebih dua minggu. Sudah datang sejak hari Jumat kemarin dan sudah dibawa juga sunmori ke BSD.. Ah asik lah banyak cerita ini moge.. beneran.. stay tune!!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

21 KOMENTAR

  1. GSR400 mirip Suzy Inazuma yah Mang hehehehe , ane bbrapa kali liat GSR ini lewat jalur Parung – Bogor, cman gak sempet liat apa seri 600 ato 750

  2. Syedaaappp, moge idola guweh yang kayaknya makin syuseh buat dipunya, secara harganye udeh gak ada yg dibawah 200 jt lagi 😭. Om Diki yg punya trayem bonevile dl yg lo test ngejual gsr nye seharga 135 doang lho, sayang gak ditawarin ke gw dulu.

  3. sampe skrg masih ngiler ama Suzy Bandit 400cc… tapi apa daya… kantong cekak… milih buat beli roda4 aja buat keluarga..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..