GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pada perilisan 3 motor baru Kymco secara global belum lama ini, sebenarnya ada 1 produk lagi yang entah kenapa kok tidak disebutkan di dalam press release resmi mereka, padahal skutik ini gak sembarangan juga loh bahkan kayaknya yang perdana dari Kymco untuk kelas ini. Yuk mengenal fitur dan spesifikasi Kymco CV3, skutik moge yang punya tiga roda bermesin 550cc 2 silinder! Apa saja sih andalannya

Kymco Taiwan sudah memperkenalkan tiga motor terbarunya dan KBY sudah membahas ketiganya, yaitu:

Nah sebenarnya ada 1 lagi skutik canggih dari Kymco, dan bahkan KBY dapat foto fotonya dari Kymco Indonesia, lucunya dalam Press Release resmi skutik ini sama sekali tidak disenggol. Karena penasaran eh ternyata mang Asep sudah membahas duluan wkwkw.. yaudah beberapa spesifikasi dan fitur KBY ambil dari beliau.. ocret?

 

SEJARAH KYMCO CV3

Skutik roda tiga ini awalnya hanya sebatas prototype atau model konsep saja yang dipajang di pameran tahun 2017 lalu, dan ternyata 3 tahun kemudian motor unik dari Kymco tersebut akan mulai diproduksi massal tahun 2021 nanti. Melihat konsepnya sih sebenarnya bukan hal yang baru, bahkan mungkin Kymco agak ketinggalan karena pabrikan lain yang bermain di segmen ini seperti Piaggio dan Yamaha sudah cukup lama punya.

 

DESAIN

Gak pake banyak bacot, valid no debat no kecot wkwkwk.. keren lah.. malah dengan rivalnya sesama 3 roda, menurut KBY paling keren ya si CV3 ini sih.. gahar ala Yamaha Niken-nya dapet, juga kental nuansa sporty. Sayang ada bagian yang agak menciderai desain keseluruhannya, apa itu? Lanjut dulu..

Dari kelas dan dimensinya, maxi skutik ini akan menjadi pesaing Yamaha Tricity 300 dan juga Piaggio MP3 karena sama-sama memiliki tiga roda dengan ukuran yang mirip. Dan untuk kelas yang masuk ranah premium, mekanisme kemudi depan sudah pasti gak sembarangan, teknologinya mirip LMW-nya Yamaha dengan 2 roda depan menggunakan single shock dan bisa bergerak secara independen.

Teknologi kaki kaki independen ini juga kerap kita temukan di produk roda tiga atau roda empat premium, roda empat? Iya, lupa sama Qooder Quadro? Teknologinya bernama HTS (Hydraulic Tilting System).

Namun kalau melihat kapasitas mesin, CV3 Kymco ini bisa menjadi lawan sepadan Yamaha TMax DX, sama sama punya mesin 500-an cc dengan jumlah silinder 2. Tapi ya beda kelas sih, dua vs tiga roda hehe..

BERBASI SKUTIK MOGE AK550

Kymco AK550 adalah produk kebanggaan Kymco, masterpiece nya mereka lah karena banyak teknologi yang tertempel pada moge skutik bermesin 550cc 2 silinder tersebut. KBY aja suka banget, sayang belum pernah merasakannya langsung.

Nah si Kymco CV3 tiga roda ini adalah diversifikasi produk dari moge skutik di atas yakni mengusung mesin 550cc inline twin berpendingin cairan. Power maksimum diangka 51.6ps@7500rpm Torsi maksimalnya 53Nm @ 5,750rpm. Untuk lebih lengkapnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi Kymco CV3 2021

  • Tipe mesin: DOHC dengan pendingin air segaris mesin twin-silinder
  • Perpindahan: 550.4cc
  • Tenaga kuda maksimum: 51.6ps / 7.500rpm
  • Torsi maksimum: 53Nm / 5.750rpm
  • Kapasitas tangki bahan bakar: 15.5L
  • Ukuran ban: depan ganda 110 / 70-13, belakang 160/60-R15
  • Suspensi depan: garpu periskop
  • Suspensi belakang: shock belakang single-gun horizontal
  • Rem depan: cakram ganda, ABS
  • Rem belakang: cakram tunggal, ABS
  • Jarak sumbu roda: 1.580mm
  • Tinggi tempat duduk: 795mm
  • Batasi berat: 280kg

FITUR KYMCO CV3

Untuk fiturnya sama seperti AK550 terbilang lengkap, diantaranya lampu serba LED, panel speedometer keren full digital, socket charger, smart key atau keyless ignition, power mode, adjustable windscreen dan yang unik adalah mekanisme transmisinya yang menggunakan belt drive.

Perbedaan utama dengan para pesaingnya, Kymco CV3 ini memiliki ukuran ban yang terbilang nyeleneh. biasanya ukuran lingkar velg itu ban depan lebih besar dari pada belakang, sedangkan skutik Kymco ini justru sebaliknya. Ban depan menggunakan velg 13, sedangkan ban belakang pakai velg 15 inch, jadi secara visual terutama dari samping agak terlihat kurang proporsional. Ini dia yang jadi kekurangannya, menurut KBY sih.

Dari motor tiga roda, udah paling ganas Yamaha Niken lah, tapi Niken bukan skutik, dia motor sport berkopling dengan mesin menggunakan Yamaha MT-09.. Setidaknya Kymco ikut meramaikan kelas roda tiga ini agar konsumen memiliki pilihan lain.. CV3 sesuai foto memiliki dua pilihan warna, hitam dan silver.

Kira kira masuk Indonesia gak nih lads? Wkwkwk.. Karena baru akan maspro maka harganya pun belum ada lads.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

15 KOMENTAR

  1. Si fitri gk digaung2kan kenapa yak.. apa nanti ada relaunching ke-2 gtu untuk dia sndiri

  2. Kang K0bay, absen sore.

    @Rk, inyong yo ngakak lihat satu gambar pose “kuda jingkrak” hehehe
    Mbatinku: motor kok iso senam lantai, hehe

    Kang K0bay, apakah ada agenda dijadikan 250cc/150cc dengan dua roda?
    Terus, makasih yo, dah ngasih 1 foto eSPeGes yang ngimut heehee

    Design lekuk-lekuk halus, jok empuk, muka sangat, buntut unik, knalpot ajib, velg apik dan SPG aduhai…
    Wah menu komplit dari Kymco.

  3. Kayaknya bakal berat stir nya kalau belok… menurut saya tetap lebih menarik kalau yang dua roda di bagian belakang….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..