Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrrr.. Sore tadi KBY dapat wasap dari pembaca setia blog, itu lah mang Petir Abang yang tempo hari sharing review Yamaha Freego ala konsumen. Tak hanya sekedar kalimat tapi isi wasapnya juga mengirimkan video, bukan esek esek yes wkwkwk, tapi menanyakan mengapa Freego miliknya gak bisa nyala & tidak bisa distarter, padahal kondisi aki sesuai display speedometer sih harusnya aman.. ada yang eror kah? Ternyata setelah dicek menyeluruh, ini dia penyebabnya..

Oia sebelumnya bagi lads yang belum membaca review Yamaha Freego versi pemiliknya langsung, bisa berkunjung ke link berikut (Kekurangan & Kelebihan Yamaha Freego Versi Konsumen). Siapa tau bermanfaat..

putri Petir Abang dan sang Freego

Nah Petir Abang ini mengirim video tentang Yamaha Freegonya yang sejak adanya PSBB jadi jarang digunakan, terlebih seminggu sebelumnya tidak pernah dinyalakan. Baru hari ini mau dipanasin ceritanya. 

Setelah dikontak, semua display menyala dengan baik, voltage aki pun menunjukkan angka yang sebenarnya masih sangat oke untuk menyalakan skutik unik tersebut, yaitu 12 Volt lebih. Jadi untuk kondisi aki sebenarnya dapat dikatakan sehat. 

Tapi saat distarter, tidak ada reaksi sama sekali lads. Posisi standar samping pun sudah dinaikkan, tapi tidak ada tanda koneksi kelistrikan ataupun error yang ditunjukkan pada speedometer. Bingung kan? Wkwkwkw.. 

Asumsi pertama ya jelas ke aki sih, mungkin saja meski display menunjukkan angka aman tapi sebenarnya sudah sangat lemah untuk mengangkat. Jadi solusi pertama akan mencoba menggunakan aki lain. Asumsi kedua jika ganti aki masih sama, kemungkinan batre remote habis. 

Tapi kemudian, masbro ini masih penasaran, sebelum mencoba dengan aki lainnya, dia menelusuri semua kelistrikan yang dia ketahui, setidaknya yang kasat mata dulu. Sampailah pantauannya ke standar samping, terlihat ada kabel yang posisinya mencurigakan.. Ditarik dan… ternyata putus wkwkwkw.. 

KABEL SIDE STAND SWITCH PUTUS

Ternyata kabel yang mengarah ke arus pemutus standar samping yang beken dengan nama side stand switch putus digigit curut alias tikus lads.. Pantes saja meski standar samping sudah di OFF-kan alias dinaikkan, terbacanya masih tetap ON alias aktif terpasang. 

Nah akhirnya mang Petir ceritanya mencoba bongkar sendiri, tapi nyerah karena banyak banget yang kudu dibuka (versi dia), karena kabel ternyata ada di bawah tangki, mau dibongkar kok bodynya nyambung semua wkwkwk. Besok katanya mau dibawa ke bengkel, disaranin ke Zonaspeed punya lek Ari ternyata kejauhan. 

Semoga bermanfaat lads, cek ricek motor atau mobilnya di rumah, jangan jangan jadi sarang tikus wkwkwk.. 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

23 KOMENTAR

  1. nice info nih Mang … Alhamdulillah 3 tunggangan di rumah ane masih aman dari tikus walo parkir di luar

  2. Mobil saya mang 😥😥😥

    Ga dipake2 pas PSBB, parkir d rmh Bokap tp terdiskriminasi parkir di halaman luar.

    Akhir nya ngajak bocah2 keliling ke tempat jajan walaupun ga boleh ada yg kluar mobil kec istri.
    Kondisi aki fine2 aja, Tapi kok setelah geser mobil bawah nya eek tikus semua, ya sudah lah muter2 dulu aja.

    Pulang muter2 buka kap mobil bau eek tikus, kabel ada yg digeragotin Dan selang wiper bolong 😭😭😭

  3. dlu pernah ngalamin juga pas punya mbeat … di gigit siti juga … akhirnya saya buka sendiri … ga saya ganti … hanya di lepas aja …. jdi klo nurunin side stand motor ttp masih nyala … mbeat gen 1 dlu bgt

  4. Wah gagal BC saya 😁 klo saya mah dulu sering dicopot sambungannya supaya lebih aman dari maling

  5. Sama oi pas buka kap isinya eek tikus, pas mobil jadwal service, bawa ke bengkel minta cek semua kabel2 untungnya aman…
    Di ceritain sama SA-nya, itu HRV pak udh 3 hari disini, awalnya kita pasang jebakan tikus dapat 3 ekor, eh kucing masih pada kumpul saja, akhirnya bongkar plafon ketemu cindhil (anak tikus) 3 ekor.
    Masuk lewat pilar kaca depan sepertinya.
    Masih blm ketemu cara hilangin baunya, di bayclin plafon rusak wkwkwkwk…
    Pulang dari bengkel langsung beli kapur barus banyak2 pasang di kap, letakin di bawah mobil, tikus…tikus…

  6. Ini termasuk motor yang tidak menyenangkan buat yang seneng kotak katik, harus bongkar body (mana gede pisan).
    Nggak susah, tapi ribet aja.
    Ganti shock belakang aja kudu bongkar body.

  7. Kronologisnya bisa terbalik , karena kaga bisa nyala dibiarin aja ampe jdi perhatian tikus….eh kebeneran kabel yang kejepit dan genting tadi putus disenggol tikus 😂

  8. Beha kok nakal amat ya..? Sampai kabel side stand switch nya freego digigit, apa ga ada yg lain ya..?

  9. tp anehnya kok ga gredek ya…..matic honda ga digigit tikus kok gredek kayak orang epilepsi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..