Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Dibandingkan dengan tiga nama besar di MotoGP yaitu Ducati, Honda serta Yamaha, Suzuki mungkin saja dianggap bukan kandidat terkuat juara dunia. Tapi pandangan tersebut mulai berubah khususnya di musim 2019 lalu. Suzuki mulai menunjukkan tajinya, paket pembalap dan motor mulai memperlihatkan kemajuan yang pesat terutama untuk Alex Rins. Pembalap Spanyol tersebut memperlihatkan peningkatan skill dan kedewasaannya. Nah musim 2020 nanti, baik Rins maupun rekannya Joan Mir mengatakan Suzuki bisa jadi kandidat kuat juara dunia!

Namanya development, selalu ada perbaikan setiap musimnya, para insinyur bekerja keras memberikat spesifikasi terbaik bagi pembalap mereka agar menjadi juara. Joan Mir mengatakan kalau dua masalah pada motor GSX-RR bisa dipecahkan maka Suzuki akan dengan mudah meraih kemenangan bahkan juara dunia di musim 2020. Menurut Joan Mir, jika masalah Kualifikasi atau top speed Suzuki sudah beres, maka mereka bisa menang di sirkuit manapun.

Suzuki sudah membawa mesin baru mereka di tes Valencia kemarin, Alex rins mengatakan kalau ada sedikit peningkatan di kecepatan dan akselerasi. Nah kan.. Sejauh ini problem Suzuki memang ada di tenaga, terutama top speed, tidak ada masalah untuk handling maupun speed pada tikungan.

“Saya cukup senang dengan pekerjaan yang dilakukan dalam dua hari ini. Sepertinya kami tidak kalah di area mana pun. Kami juga sedikit meningkatkan di lintasan lurus dan juga pada akselerasi. Trek ini tidak mudah untuk melihat perbedaannya dengan jelas. Perasaan saya, saya nyaman. Saya mengendarai dengan cepat, mengendarai masih dengan margin untuk ditingkatkan,” ujar Alex Rins via press release.

Joan Mir mengatakan kalau ada dua masalah utama yang harus dipecahkan. Pertama soal kecepatan ketika kualifikasi, menurutnya jika motor dalam kondisi bagus saat kualifikasi maka sangat berpengaruh daam perebutan kemenangan.

Kedua, masalah top speed, jika motor Suzuki sudah tak kalah lagi saat di lintasan lurus maka kemenangan sudah di depan mata. Kedua defisit krusial ini yang menjadi fokus utama Mir dan ingin perbaiki untuk 2020.

“Pada area sasis, kita perlu meningkatkan pada lap cepat, kita perlu menggunakan ban yang sedikit lebih baik. Ini jelas merupakan area yang harus kita perbaiki,” ujar Mir dilansir dari Motorsport.

“Pada mesin, sedikit top speed, untuk menjadi sedikit lebih dekat dengan Ducati dan Honda. Pada akhirnya, kita perlu meningkatkan kecepatan tertinggi atau kualifikasi kedua hal itu benar-benar sulit. Mungkin jika kita memperbaiki salah satu dari bidang-bidang ini kita dapat berjuang untuk kemenangan di semua balapan, tapi ini adalah cacat yang kita miliki saat ini,” pungkas Joan Mir.

Mungkin Mir bisa diabaikan secara dia masih terus belajar dan secara skill juga mental masih di bawah Rins. Tapi jika kedua pembalap tersebut sudah berkata positif dan puas dengan performa GSX-RR sejauh ini, maka semoga di musim 2020 mendatang kita bisa melihat duet Suzuki meliak liuk menempel siapa pun yang ada di depan untuk kemudian menyalipnya dan menjadi juara. Tentu dari sisi tontonan pun akan semakin menarik.. Btw kalau someday Marquez ke Suzuki kayaknya menarik ya hehe

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

15 KOMENTAR

  1. sembalap kudu tau juga batasan motor nya … klo terlalu maksain ntaran malah nyari batu akik dan kehilangan poin

    konsisten finish podium ato lima besar … gak usah maksa jurdun, jadi runner up dgn gap poin yg tipis juga udah bagus … klo pesaing apes ya bisa dapet duren jatohan hahahahaha

  2. Naikin top speed gampang, simpelnya tinggal pakai rasio berat, otomatis langsung naik, tapi kalo cuma pakai cara itu, akselerasi jadi kedodoran alamat ditinggal 10 kebon.

    Selain top speed tinggi ada 1 lagi yang ga kalah penting, yaitu pickup power, yaitu dari 0-100 km/h, 100-200 km/h, 200-300 km/h, 300-340++ km/h, intinya sih dari diam terus gerak, dari pelan ke cepat, ke pelan lagi terus cepat lagi.

    Namanya balapan kan pasti ada stop n go, kejebak rombongan, kehalang motor di depan, nah pickup power ini yang ga kalah penting.

    IMHO

Yuk Tinggalin Jejak Lads..