Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Balapan roda dua termashyur sejagad raya, MotoGP, akan kehilangan salah satu legenda hidup mereka mulai tahun 2020 mendatang. Adalah juara dunia 5 kali (3 MotoGP, 2 250cc) Jorge Lorenzo Guerrero yang baru saja menyatakan akan pensiun dari dunia balap yang dicintainya. Pembalap asal Spanyol yang punya nomor 99 ini sudah mengumumkan pengunduran dirinya dari tim balap Repsol Honda dan menyatakan kalau seri Valencia adalah menjadi balapan terakhir dalam karirnya. Apa alasan Jorge Lorenzo pensiun?

Salah satu alasan di balik kemunculan isu pensiunnya Lorenzo adalah rentetan hasil buruk yang terus diraih sejak bergabung dengan Repsol Honda. Namun hasil buruk tersebut bukan semata mata kesalahan dia atau motornya lads. Lorenzo dihadapi dengan cedera tulang belakang yang membuatnya absen selama hampir dua bulan saat kecelakaan di Assen Belanda. Cedera tulang belakang memang salah satu resiko paling fatal yang bisa dialami pembalap karena jika terus dipaksakan yang berarti penyembuhan tidak kunjung usai cedera tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan.

KECELAKAAN HEBAT

Namanya balapan, jatuh dan cidera memang resikonya. Disebutkan awal cidera Lorenzo itu dialami saat kecelakaan di Aragon 2018. Puncak kecelakaan terjadi di Assen, Belanda, pada Juni 2019 ketika ia kecelakaan hebat di Tikungan 7 dalam sesi latihan bebas pertama (FP1). Usai berguling-guling di area gravel, ia tampak mengerang kesakitan dan linglung sebelum akhirnya dilarikan ke Medical Center. Setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, ditemukan keretakan pada tulang belakang T6 dan T8 Lorenzo.

Lorenzo absen dari sisa pekan balap di Assen, begitu juga Jerman, Ceko, dan Austria. Ia kembali di Silverstone, Inggris, namun sejak kecelakaan hebat tersebut hasil balapnya tak mengalami kemajuan dan cidera serta sakit pada punggungnya tak kunjung pulih. Sejak mengalami kemerosotan itu pula ia sering digosipkan ingin pensiun dari dunia balap.

SALAH SATU LEGENDA YAMAHA

Selain Rossi, Yamaha memiliki beberapa pembalap yang mengharumkan nama pabrikan berlogo garputala tersebut, salah satunya ya Jorge Lorenzo yang memberikan tiga gelar di tahun 2010, 2012, 2015. Puncak kejayaannya memang ditahun tersebut, hingga sempat dianggap sebagai pembalap sombong dan angkuh jika dibandingkan dengan rekannya di Yamaha, Valentino Rossi.

Lorenzo dikenal sebagai pembalap yang teknikal, rapi serta text book namun juga dianggap kurang memiliki mental baja. Saat balapan dan jika dia tak mampu ngacir jauh akibat ditempel pembalap lainnya, biasanya Lorenzo akan tersalip dan sulit menyusul lawannya kembali.

PINDAH KE DUCATI

Setelah diisukan sempat berselisih dengan Rossi dan Yamaha, Lorenzo hengkang ke Ducati tahun 2018 dan mengalami masa masa sulit tanpa kemenangan. Uniknya, saat ada kabar kontraknya tak diperpanjang Ducati, Lorenzo malah makin nyetel dengan tim asal Italia tersebut hingga sanggup memberikan 3 kemenangan dan beberapa kali pole position.

Namun karena kontraknya selesai, Repsol Honda langsung menggaetnya selama 2 musim, 2019 dan 2020. Bergabungnya Lorenzo ke Honda sempat dianggap akan menjadi duet maut di MotoGP. Sayang cidera membuat jalan karirnya berkata lain.

BELUM ADA PENGGANTI

Atas pensiunnya Lorenzo, belum ada pernyataan resmi dari Honda terkait pembalap pengganti yang bisa kemungkinan antara Zarco atau Crutchlow. Selamat tinggal paduka Jorge Lorenzo.. kesehatan memang lebih penting ya, daripada jatoh dan tulang punggung cidera bahkan bisa lebih parah, amit amit jadi lumpuh.

Btw KBY dapat kaosnya yang ada tanda tangan doi nih, enaknya diapain yah hehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

19 KOMENTAR

  1. Gak sia2 mang kobay bisa foto bareng dimusim terakhir lorenzo dimotogp ,
    Dan lebih mujurnya lagi..ada kaos yang bisa bernilai tinggi nantinya…
    Sisimpan dan d rawat aja kaosnya Mang…tapi kalau kira2 mang Kobay ribet nyimpennya..biar saya yang Simpan wkwkw 😂

  2. Lagi bayangin para blogger motor pensiun next penerusnya siapa,di tambah perkembangan motor/mobil listrik blogger paling di cari siapa masih bayangin

    • hehe bisa aja si mamang, tapi bener juga sih ya.. Kalau ay sih pengennya Kobayogas.com tetap eksis, semoga anak KBY bisa menjadi salah satu penerusnya.

  3. satu-satunya sembalap yg di idolain sama Bebeb ane nih, waktu masih bela Yamaha tentunya, secara doi terindikasi FBY wkwkwkwkwkw

    udeh pasti taon depan gak ada lagi selebrasi ala Lorenzo Land dan gaya balap butter hammer … tapi emang recovery cidera dan urusan kesehatan emang lebih utama juga sih

    any way … so long Champs wish u all the best for your health

  4. 1 of 4 original Alien of motoGP

    salah satu pembalap yang bisa ngalahin rossi di puncak karir nya di yamaha
    pembalap terbaik yamaha 10 tahun terakhir.
    masih yakin kalo jorge stay di yamaha, yamaha pace nya masih bisa sama kaya honda, dan ducati tetep nomer 3.
    mungkin jorge sedikit agak moody, saya udah nonton dia dari kelas 250, dimana dovi yang disupport full sama HRC ga sanggup ngalahin dia.

    masih berharap dia comeback dan podium 1 naik honda, kaya waktu semua orang ngeremehin dia di ducati dan dia back to back Win.

  5. Selamat menjalani masa pemulihan paduka, motogp akan kehilangan “loncat songong” ala paduka, namun kami nenunggu kabar comeback paduka pasca pemulihan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..