Kobayogas.com – Hola laaaads, Salam gebeerrrr.. hola pecinta MotoGP.. mungkin pernah baca atau mendengar pembahasan tentang sirkuit MotoGP yang tidak selalu cocok untuk satu motor saja.. makanya ada ucapan sirkuit A itu Honda Oriented, Sirkuit B itu Ducati banget, Sirkuit C milik Yamaha, Sirkuit D cocok buat Suzuki dll.. Dan itu benar adanya, makanya sepanjang musim 2019 nyaris tidak ada motor yang benar benar mendominasi.. kecuali 1, Honda RC213V yang digeber Marc Marquez! Seperti hasil MotoGP Aragon Spanyol, siapa bisa hadang Marquez?

Marc menunjukkan bakat dan skillnya yang luar biasa yang membuat Honda RC213V besutannya seakan akan mendominasi nyaris semua Sirkuit, padahal sirkuit tersebut belum tentu karakter Honda banget, tapi hanya Marquez yang bisa fight di depan.. apakah dia juara atau tidak, tapi selama tidak ada insiden, bisa dijamin podium pasti direngkuhnya.

Contoh saat di Austria, di sirkuit yang membutuhkan motor balap bertenaga besar tersebut disebut sebut sebagai sirkuitnya Ducati, dan itu benar adanya, karena kembali Marquez gagal mendulang poin penuh sebagai juara, dan harus kembali berada di posisi kedua karena Dovizioso lagi lagi yang menjadi kampiun.. tapi pertanyaannya, dimana pembalap lain? Di sirkuit yang Ducati banget saja cuma Marquez yang bisa dog fight dengan Dovizioso..

Begitu juga dengan GP Inggris, Marquez berjibaku di depan meski akhirnya Suzuki dengan Alex Rins yang menang di tikungan akhir. GP San Marino Italia? Di sirkuit yang katanya Yamaha banget, siapa bertarung di depan? Marquez lagi dimana akhirnya dia yang juara setelah bertarung ketat dengan “lawan masa depan Marquez”, Fabio Quartararo dari Yamaha.

Yang menarik, saat bertemu dengan Sirkuit yang disebut sebagai Honda Oriented, Marc seperti menemukan arena bermainnya sendiri, ngacirrrr tanpa bisa dikejar yang laen. Kemana pembalap yang lain? Kalau ga mau Marc ngacir ya kejar, tempel.. kalau mau Marquez duel ya samperin.. nyatanya? Di MotoGP Aragon Spanyol, Marquez tak terbendung!

Pada dasarnya MM93 akan selalu begitu, di sirkuit manapun! Berusaha di depan, mau sirkuit Honda lah, Ducati, Yamaha, Suzuki kek, pokoknya semaksimal mungkin di depan. Jadi begitu motor yang lain gak cocok sirkuitnya, ya hasilnya seperti di Aragon ini, Marquez sendirian ngacir di depan. Maklum belum saatnya dia bermain main, masih ada 2 record di depan untuk menjadi yang terbaik di era GP Modern.

KBY gakan bahas Marquez lebih lanjut di Aragon, karena buat yang gak suka MM93 pasti bilangnya boring! Wkwkwk.. Nah yang menarik, adalah Ducati, sempat tertinggal berlap lap di belakang Maverick Vinales, Dovizioso akhirnya mampu memanfaatkan keunggulan tenaga alias horsepower besutannya untuk menyalip MV12 di sisa lap 3!

Sepertinya kinerja Yamaha memang menurun di lap penghujung, karena pada last lap, kembali Vinales tersalip oleh Miller yang sejak tadi membuntutinya.. Akhirnya, MV12 harus puas berada di posisi ke 4, gagal podium all Yamaha hari ini.

Untuk Suzuki, really bad day, karena Alex Rins harus mendapatkan pinalty setelah dianggap membahayakan dan membuat Morbidelli terlempar keluar sirkuit, Rins pun tidak bisa masuk 8 besar.

Well, ini adalah harinya Honda bisa dibilang, karena di ARRC AP250 pun CBR250RR mendominasi race 1 dan race 2 yang digelar siang tadi.. Jadi, siapa bisa bendung Marquez? Tinggal butuh 2 poin di atas Dovizioso loh doi..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

12 KOMENTAR

  1. suka gak suka … MM93 dgn Honda itu paket mengerikan buat kompetitor

    selagi Ducati tampil angin-anginan
    selama Yamaha seperti masuk angin
    sepanjang Suzuki masih suka batu akik

    dominasi MM93 bakalan terus panjang umur

    Long life the New King

  2. The profesor mm93 itu hebat di lintasan bukan depan mic..yg mengakui skill & hebatnya marc itu orang melek,sedangkan yg mata nya ketutup warna kuning ya gitu deh..ngefans boleh,tolo* jangan..

  3. 3 sektor utk i4, 1 sektor saja utk V4 tapi podium utk V4. Kasihan Vinales yg sudah mereng2 di tikungan dilibas dgn sangat mudah di trek lurus oleh duo V4. Salam geleng2 kepala.

  4. Usaha sebanding dengan hasil mang…

    Btw, bru kali ini saya liat comment di facebook pny trans7 gara” ada tautan link di beranda… Beneran dah, toxic bener tuh fansboy… Sampai” menghilangkan akal dgn tidak mngakui kehebatan lawan. Sy pikir masih anak”, tp sy liat sbnarnya udah pada tua, tp sprti anak” alay. 😅

Yuk Tinggalin Jejak Lads..