Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Calon skutik adventure dari Honda yang sementara ini punya nama Honda ADV150 tak lama lagi akan terungkap selubungnya. Paling cepat besok, tanggal 18 Juli 2019, paling lambat hari Jumat tanggal 19 Juli 2019. Tapi mau kapanpun rilis, Yamaha NMax sebagai produk terlaris Yamaha wajib (sangat) hati hati, karena gak cuma PCX yang bisa tergeser, NMax pun bakal kena getahnya! Wuihh seganas itukah sosok sang ADV 150?

Kalau kemaren KBY bahas opini om Leopold tentang kesan dan pesannya (kok kaya acara pisah sambut yak) seputar calon skutik adventure terbaru Honda, ADV 150 (baca: , sekarang boleh gak KBY nambahin? Kalau gak boleh ya bodo amat lah wkwkwk..

HEADLAMP ANTARA CBR600RR DAN VARIO 150

Lampu depan Honda ADV150 mengingatkan KBY akan moge CBR600RR sekaligus Vario 150.. Kok jauh banget? wkwkw, jangan salah, meskipun yang satu itu moge dan satu lagi skutik, tapi pada dasarnya nafas desain lampu keduanya sama kok. Jadi gak aneh juga kalau ADV150 punya kemiripan dengan keduanya.

Bedanya dengan X-ADV? Kalau sang moge matanya agak terpisah ke pinggir, sementara ADV150 lebih ke tengah dengan hidung sedikit lebih mancung dibanding sang moge yang terlihat dari samping kaya yang pesek.

Posisi lampu sein juga sama dengan sang kakak, sama sama di pinggir dan nongol mencuat keluar. Bentuk windshieldnya aja sama dengan ukuran memadai untuk menahan angin.

SETELAN WINDSHIELD ALA X-ADV

Ini adalah salah satu fitur yang menarik juga dari Honda ADV150 lads, kalau lads mungkin belum tempe eh tahu, windshield X-ADV itu bisa disetel naik turun tapi masih manual, pun begitu manualnya bukan pake obeng, tapi ada semacam pengikat bundar yang bisa dilepas, trus diputar, dijilat dicelupin eh salah, pokoknya udah diputar sesuai ketinggian yang diinginkan, tinggal kunci lagi.. selesai. Masih lebih canggih Forza sih ya hehe..

Tapi mengingat penggunaannya lebih ke jalanan abnormal, jadi setelan manual dengan pengunci dipercaya akan lebih tahan banting dibanding sistem elektrik kaya Forza yes?

DESAIN MIRIP BANGET X-ADV

Bisa dikatakan perbedannya tipis! Selain dimensi tentunya ya.. Tampilan tangguh sekaligus menarik tidak akan bisa membuat orang bilang jelek – kecuali haters – bahkan kang fiberglass pun akhirnya mengakui desainnya emang enak diliat (ini buat yang tau aja).

Kurang lebih seperti saat kita melihat X-ADV, melihat Honda ADV150 ya akan sama efeknya.. bisa dibilang gagah, cakep, keren, canggih, tangguh, mantap.. apalagi?

Yang berbeda adalah fairing bagian atas, kalau X-ADV terkesan one piece dari atas hingga bawah, sementara ADV150 terlihat seperti ada dua bagian antara atas dan bawah. Bentuk bagian atas juga berbeda, ADV150 terkesan agak rounded alias membulat sementara kakaknya lebih kaku. Tidak ada perbedaan untuk fairing bawah alias pijakan kaki, lekukannya sama persis.

Bagian tengah ada sedikit perbedaan bentuk, tapi posisi footstep belakang alias back pillion sama, pelipatannya juga sama sama ke atas. Swing arm mengambil dari milik PCX, dan seperti yang sudah disebut masbro Leo, shock breaker belakangnya double dengan tabung warna emas. Oia suspensi depan panjang seperti punya Forza, bakal empuk nih.. Tipe USD akan hadir untuk kepentingan display saja.

Yang keren juga bannya, dual purpose seperti Metzeler dual purpose atau Pirelli Scorpion, paling mirip sih Metzeler yak.. Ada kemungkinan Metzeler secara sebenarnya dibikin sama Astra Oto Parts juga wkwkkw.. Ukurannya beda dan memang terlihat yang belakang lebih kecil. 15-14 kah? Meski mesin serumpun dengan PCX tapi sudah dipastikan ada perbedaan setingan pada ECUnya.

ADA DUA VARIAN, ABS DAN CBS

Baik Honda ADV150 ABS dan ABS akan menggunakan keyless atau smart key. Speedometer tidak seperti kakaknya yang besar, tapi tetap kotak dengan posisi informasi terpisah pisah.. kaya X-ADV juga dong?

HATI HATI YAMAHA NMAX!

Ya memang sih FBY pasti akan berkomentar kurang lebih begini, follower palingan juga gakan sukses, tenang NMax itu sudah ada fans fanatiknya, ciptaan AHM first mover lagi nih? Liat aja kasus CS1, halah PCX aja masih belum bisa libas penjualan NMax tuh, liat aja di jalan, masih lebih banyak NMax.

Sebenarnya komentar komentar di atas ga seluruhnya salah, tapi gak juga 100% benar.. AHM follower? Bisa dibilang begitu, gakan sukses? Think again :D. NMax ada fans fanatik? Betul, bukan berarti Honda gada juga kan? Kasus CS1? Kesalahan AHM memang, tapi produk first mover berikutnya? silakan dicek. Di jalan masih lebih banyak NMax? Betul, secara NMax lahir taun 2015, PCX lahir 2018.. Kalau diitung sama sama dari 2018?

Intinya adalah, pede boleh, kelewat pede ya jangan.. Semakin lama Yamaha menahan perubahan NMax, maka semakin besar kasus Mio terdahulu bisa terjadi. Hanya saja masalah dari produk global adalah ga bisa sembarangan ganti model karena berpengaruh pada seluruh produk di negara lain. Itu mengapa NMax shock tabung hanya ada di Indonesia dan perubahan R25 hanya sebatas New belum All New.

Apalagi kalau Honda ADV150 ini dijual hanya lebih mahal sekitar 2-3 jutaan dari PCX ABS, yaitu sekitar 35-37 juta. Kalau PCX yang kena ya gak masalah, masih satu saudara ini, nah kalau sampai NMax tergusur? Bisa berabe urusannya. Sudah siap jebol celengan? Uhukk

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

93 KOMENTAR

  1. Masak nggak berani share gambar kang, kan udah tanggal 18, haha
    Tapi saya akui emang keren sih, bener2 spesies baru di Indonesia. Yang harus jadi perhatian mungkin hanya tinggi jok ke tanah ya, terutama buat boncenger. Sekalian mau tanya: untuk matic, aman nggak sih kalo boncenger naiknya nginjek footstep dulu? (kayak di motor batangan/sport)

  2. Bocorannya sept ini..
    Infonya kayak gini…

    Tapi penjabarannya sangat komplit dan detail ๐Ÿ˜‚ nah ketauan nih mang kobay ngumpet2…
    Ayo dibuka lagi mang..biar gk bisulan ๐Ÿ˜‚

  3. Selamat Mang Kobay ๐Ÿ‘๐Ÿ˜€
    Gua bayangin teleskopix akan keliatan cungkring..eeejh rupanya masihantap Mang ๐Ÿ˜€
    i n d e n…… !!!

  4. Ngeliat area fairing/dek depan gua jadi paham bocoran om leo yg bilang ada aura pcx nya dan secara overall desainya jadi paham juga knp namanya adv150 bukan x-adv150.. tapi bagian tengah kebelakang itu keren mampus dah

  5. 37 jt untuk vario stang telanjang yakin gak bakalan makan pasar nya nmax atau pcx. Kecuali harganya 28 jt mungkin masih bisa recokin.

  6. Ganteng gila, kurangnya cuma satu ga ada duit buat beli dan nambahin USDnya biar tambah gantengโ€ฆ Eh dua ya btw

  7. Model Adv ini emg lebih segmented, konsumennya pasti kebanyakan pria, karena utk wanita bentuknya terlalu macho dan intimidatif, beda dengan PCX yg lebih multi gender, dan umpama rentang harga itu bener lebih mahal 3-4 jutaan dari PCX, berarti yg bakal termakan pasarnya adalah PCX ABS and CBR150R

    New Nmax besok bakal ada kehebohan tersendiri pastinya, dengan bentuk yg lbh umum dan diterima pasar, daripada si Adv ini, jadi sedikit kurang apple to apple utk dibandingkan

    CS1 produk gagal AHM karena murni desain lokal dan bentuknya memang aneh, proyek alm Michael D Ruslim, kalo si Adv ini karena desain global dan bentuknya oke, pasti engga gagal, segmented iya

    • Emang Gak head to head Dan Gak apple to Apple mang..

      Tapi ay liatnya Dari Sisi lain, calon konsumen Nmax Yang Gak suka pcx bisa lari ke ADV ini kalau dirasa nmax current terlalu ngebosenin Dan versi all new Masih belum jelas keluar kapan..

      Setidaknya ada sejumput calon duit Yamaha Yang keambil sama ADV.. begicuw

  8. Habis baca artikel langsung cek saldo, baru komen, ternyata dana menipis habis dipake mudik kemaren, hiks..saya keracunaaan… terakhir keracunan sama z250, baru kali ini trlerjadi lagi

  9. Kalo adv dianggap lawan berat nmax berarti pcx ga dianggap dong mang alias zonk jd nmax killer? ๐Ÿ™Š

  10. Wah, ini sih bagus banget… 9/10 kalo dari foto. Nmax wajib hati hati nih, walau adv 150 bentuknya lebih segmented, tapi rata2 pembeli nmax milih nmax karena ‘tough look’ nya.. pcx ga bisa ngasih kesan itu.. (jelek kalo dipasang box & dimodif turing). Nmax sekarang terlalu ngebosenin, versi faceliftnya juga ga berubah banyak.

    kalo laku mudah2an ga jadi the next motor arogan & sok moge di jalan wkwkwk.

  11. Booth yamaha ada ga lek????klu emng ga ada mungkin dia takut thu karena tetangga sebelah lebih rame dengan produk barunya…wakakakakakakakakak

  12. Disain kayak gini mah gampang nanti ama yamama dilawan pake nmax versi ultraman apa aerox versi sinchan

  13. Ane yakin nih yg saat ini sedang niat beli nmax pasti di tunda dulu begitu liat gambarยฒ ADV, paling ga mereka akan nunggu harga ADV nongol dulu,dan bukan tidak mungkin yg udah punya nmax bakal di jual buat nebus ADV,kecuali para fansboy akut yg anti honda,karena apa? Larena sebagian besar yg beli nmax bukan karena yamaha tp karean desain yang mnrt ane memang lbh enak di liat ketimbang pcx,untuk rasa yg udh pernah naik nmax pasti tau bgt kl nmax ga ada nikmatยฒ nya,kencang iya tp jauh dari kata nikmat.. nah kl sekarang ADV muncul dengan desain yg jauh lbh fress dan cakep lbh sedep di pandang lbh nyaman ga ada alasan lg untuk tetap memilih nmax

  14. apa yang dikatakan mang kobay bener pisan. Banyak orang nunggu Nmax facelit, dari akhir tahun lalu, dan udah pada siap nabung, bahkan PCX pun kesulitan lawan NMax. Tapi jika si baby ADV ini release, NMax gak boleh ditahan, harus cepat release, dengan syarat desian dan fitur nya harus lebih baik dari ADV 150. Kalo nggak, ya siap siap kasus CBSF kalahin Vixion, Beat kalahin Mio, CBE150 kalahin R15 bakalan terulang. dan yang terjadi? monopoli pasar, pesanan Honda makin banyak, takut nya ngaruh ke kualitas karena ngejar produksi. Soalnya yang bisa kalahin honda ya siapa lagi kalo bukan Yamaha. Persaingan ketat kedua pabrikan ini menguntungkan konsumen. Cuma apa yang terjadi dengan Yamaha? Terutama bagian RND nya.

  15. Kalau bener utk lawan nmax. Ini mah terlalu ngekill… bisa” ngekill nmax dan juga pcx sekalian… Hhhh…

    Cuma sprtnya ini utk pasar baru dah, dgn posisi harga diatas pcx 5jutaan… Jgn” malah ngekill xmax… Wkkk..

  16. Berarti nmax masih lebih unggul di perforna, tapi masalahnya adalah desain! Ingat ini honda, kalau sdh menyangkut merk yg satu ini, kayaknya performa bukan jadi pertimbangan utama calon pembeli

  17. BWANGG!! AMPUN BWANGG!! SEMOGA HARGANYA MAHAL! DIATAS 40 JUTA! JADI SAYA TIDAK SAMPE BERMIMPI PENGEN MOTOR INI!!

  18. nemex udah drop karena hadirnya pcx yang semakin hari semakin kuat dan merajalela hingga sept sekarang ini . Kemudian nemex Y melemparkan bumerangnya dg keluarnya gambar paten ,hmmmm…semakin ngedrop jualan.
    Sekarang muncul si adv ini ,niscaya aliran itu semakin menjauh dari Y.
    Nanti..disaat nemexFL muncul ,antusias sudah jauh berkurang apalagi selang beberapa saat setelahnya akan muncul pcxFL ..walaupun masih sebatas kode dan paten.
    Mungkin kode dan paten pcx tsb akan berimbas ke Pcx sendiri , sama sept yang dialami nemex sekarang ,namun H sudah mempersiapkan backup yang sangat kuat..yaitu si adv150 dalam mengatasi masa transisi penyegaran si pcx ๐Ÿ˜‚
    . Nah dg bertambahnya si adv ini dan kedua kubu bersiteru..prediksi saya , Y hanya bisa bertahan 2 tahun saja.
    Solusi Y ? Ya … mau tak mau Mesti new produk lagi sembari nunggu respon ๐Ÿ˜‚

  19. H sudah mempunyai pengalaman positif terkait produknya yang sekarang gak menjual power atau kencang ๐Ÿ˜‚ udah dibuktikan..dulu ,dg spek tinggi diatas lawan..dg mudah H kuasai market .kemudian , seolah olah H menyunat urusan power..dengan spek rendah namun memberikan nilai plus dilain sisi sept kenyamanan handling dll , mereka tetap mampu kuasai market dri respon positif .
    Dapat kita bayangkan , jika H kembali membenturkan kekuatan mesin tsb terhadap lawan2nya..maka pertarungan tsb Gak pake lama ๐Ÿ˜‚ , jadi..biarlah ‘ paket mesin lebih kencang ‘ tetap diberikan ke pabrikan lain sebagai senjata jualan mereka dalam bertahan ( bukan menggebrak low ya ) . Atau barangkali H emang udah bosen..maka sikit demi sikit mengeluarkan Tajinya dg urusan mesin tsb yang dimulai dg si G ๐Ÿ˜‚
    Mereke itu saudara sesama jepang ,mereka gak bakal membiarkan saudaranya hancur habis..dibalik perseteruan ,mereka akan selalu menetapkan ‘ balance ‘ sesuai dg kadar..porsi..dan Kasta ๐Ÿ˜‚

  20. jadi curiga, apa gara2 si adv ini yamama jadi ga buka booth di GIAS? karena pasti yg jadi pusat perhatian si adv ini, bakal rame banget booth ahm, jomplang klo yamama paksain tetep buka booth, krn ga ada produk baru yg fresh, mungkin bakal “hening” aja boothnya. Honda pinter sih, nmax facelift blm keluar, udah di “gebuk” duluan pake adv ini. nmax facelift (klo bentuknya sama plek dengan foto2 paten yg beredar) ya ga akan punya efek WOW nya lagi, ga ada hype nya

  21. Personal bloger pada ketakutan takut kena semprot kode etik jurnalis/rahasia pabrik/takut gak diundang pabrikan ekekekek, taunya dari media blog kawakan otomotif

  22. Bisa jadi bro ,booth H ini diruang tamu depan sebuah rumah ๐Ÿ˜‚ kalau udah kayak gini..maka orang2 males ke bagian dapur , ataupun mungkin hanya sebentar dan kembali lagi ke ruang tamu ๐Ÿ˜‚ apalagi ada momen Marques nongol ? Nahhh……kompoooorrrr ๐Ÿ˜‚

  23. Wow nya mirip kaya s aerox,r15v3,cbr250rr keluar..ada kesan wow di produk ini.. apalagi ini matic dan honda. Kalo dibawah 35jt,,auto laris

  24. Gua yakin, setelag artikel ini rilis. Tidak kurang dari 10 jilid artikel sebelah. Bahkan berjilid sampe tutup pentil bakalan di ulas kelemahanya. Dan akan timbul kesimpulan leboh baik ngaerox atau xmex atau nmex

    Ngah ngah ngah

    • udah dimulai dari level ambassadornya kok ๐Ÿ˜€

      tu orang muna beud yak, om Leo bilang bagus, dia komen bagus bagus, blah blah

      tapi di belakang itu, masih tetep juga menjalankan misinya, hati memang gak bisa berbohong ๐Ÿ˜€

  25. Setelah ada Aerox 2 ekor di rmah rencana mau lego SoulGT buat namahin DP XMax. Ndilalah ada yg lbih murah yg desainnya senafas dengan Aerox. Mungkin bakal jadi motor Honda pertama gue setelah 20 tahun puasa beli motor Honda, Bay. he he he….

  26. Salah. PCX jualannya gak sesuai ekpektasi AHM. Makanya sgr dikeluarin X-ADV ini utk secara cepat Honda menguasai segmen Maxi-150cc. (sampai saat ini PCX blum bisa menyalip jualan NMax, Bro)

  27. Masalahnya duit 30 – 37 juta kualitasnya sepadan gak mang dg harganya…???

    Atau seperti yg sudah2 kasus kualitas merk AHM & YIMM…???
    Baik yg matic / yg sport..??

    Eksport bagus…!!!
    Lokalnya busuk..??๐Ÿค”๐Ÿค”

    Produksi banyak,
    bahan baku beli bisa dpt kortingan kalo banyak.
    Alhasil masih banyak sisa keuntungannya…!!!

    Ane juga pedagang lho mang.
    Dan home industri ane maju.

    Tapi,
    Sampe sekarang bener2 kebangetan itu jepang mentang2 gak ada saingan dr negara lain.

    Andaikan yakjuj wa makjuj datang lagi kesini & bikin pabrik motor gede2. Pasti dah mereka jepang bakal kelimpungan produknya sedikit demi sedikit kalah saing..!!!
    Sayang,
    Mereka hanya fokus pada roda 4 saja…!!!!๐Ÿ‘ฟ๐Ÿ‘ฟ๐Ÿ‘ฟ๐Ÿ‘ฟ
    Mobil Guling mang maksudnya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  28. syed kolom komen langsung diserbu mang haha. efek adv 150. wajar, desainnya emang keren. berhasil ngambil stilasi dari abangnya X-Adv. celengan merintih

  29. Sebenarnya gak perlu ribet dg data aisi ,yang gamblang aj.. tu pcx 30 ribuan unit sebulan habis.. dan indennya masih gak berujung. Bandingkan dg lawan .. tiap bulan ngeluarin bibawah pcx ? Dan yang numpux terkirim brp? ๐Ÿ˜‚ Gampang kan?

  30. RnD YIMM lg pulezzzz….. Ngekepin New NMax. Padahal jualan lg babak belur. Banten contohnya, Yamaha cuma kebagian kue 13 persen. Tp top manajemennya msh mrasa 31 persen.

  31. Gw bingung sm yg bilang pcx ga laku, masih indent lho smpe sekarang. Nmax udah ga indent lg dan selalu dipajang lebih dari 2 unit di dealer.
    Selama ga ada data aisi ya ga sahih sih, tapi populasi pcx X nmax tabung udah banyakan pcx lho.

    Gw sih liatnya si adv150 ini buat penegasan aja sih buat Honda. Makanya harga kepaut jauh banget, 34,133 jt cuy

    Mau beli silakan ambil, ya beli juga ga pa2.

  32. LOL… kata temen ane yg di ahm bag. Mesin, emng penjualan pcx gk sesuai ekspektasi, tapi kebalik. Mereka pikir dari team market ahm pcx gk akan selaku ini, makanya kelabakan, dan akhirnya sebelum puasa kemarin kapasitas produksi ditambah, tapi tetep aja masih antri… Wkkkkk.
    Nah kalau tebakan ane, abis keluar ini, pesenan pcx akan berkurang… Hohoho…

    Siaul, mana adik abis ambil aerox, malah keluar ini (pdahal kmrn pas mau beli, ama tmn udah dibilangin tunggu dulu ntar agustus)… Hiks..hiks..

    • Kurleb begitu lah hehe.. karena Gw pernah Denger langsung Dari pebisnis, menguasai itu menyenangkan sekaligus berbahaya.. tanpa rival bisa terlena, tau tau jatoh.. Honda pernah mengalami ini dan ogah terjadi lagi.. mereka butuh Yamaha, Suzuki Dan Kawasaki buat “nyubit” mereka..

      Pada dasarnya mereka seneng kalau Ada rivalitas kekekee..

  33. Sedih juga kenapa tuh bloger jadi kaya gitu sekarang,
    Awal2 saya suka baca blog tentang roda dua,blog dia yang pertama kali saya tahu,baru menyusul Indobikersmag,Tmcblog,Iwb,om kobay,om leo,Mmblog.
    Tapi tuh blog juragan udah gak asik sekarang ini.

  34. Asli gagah udah kaya robot.
    Cuman harga nya yg ga bersahabat dengan saya, sementara elus2 aerox aja dah dirumah
    Wkwkwkwk

  35. Kaki ibu negara gak nyampe. Maklum tinggi kurang jauh dr 170. Bakalan tersiksa saat stop n go, di lampu merah atau saat macet. Bueraaat nahan bodinya. ADV ini dimensinya sepertinya gk terlalu besar fan GC yg gk trlalu tinggi. .

  36. Mang Kobay, tolong review test ride kemampuan si adv150 melahap tanjakan ekstrim stop n go kayak di daerah puncak, kalo joss mungkin aku mau beli deh, tks

Yuk Tinggalin Jejak Lads..