Kobayogas.com – Hola lads, Salam geber.. Review Kelemahan dan Kekurangan New Honda PCX 150 2018 Lokal Indonesia ini berdasarkan fakta di  lapangan, jadi bukan berdasarkan desk analysis namun merupakan fact finding lads. Di lapangan KBY menemukan beberapa fakta yang bisa dikatakan sebagai kekurangan dari Honda PCX 150 lokal terbaru ini, selain tentunya juga menemukan kelebihan atau keunggulan dari skutik maxi terbaru Honda berkapasitas 150cc ini.. Mau tau apa saja? Mangga digeser ke bawah lads.. 

kelemahan dan kekurangan new honda pcx 150 2018 lokal

Bertempat di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, tepatnya di View Restaurant, KBY dan beberapa blogger yang hadir langsung mengerubungi New Honda PCX 150 2018 Lokal tersebut, dimana Ada dua unit yang dipajang disana, yakni PCX cbs warna Merah dan pcx abs warna putih. Yuk kita mulai dari sisi desain terlebih dahulu

BEHEL NEW HONDA PCX 150 2018 LOKAL

Sebenarnya nyaris tanpa cela, bahkan kualitas material plastik dan catnya sudah level CBU atau singkatnya gada beda dengan PCX 150 CBU Vietnam, mantap! Tapi menurut KBY ada beberapa part yang sama dengan CBU tapi sayangnya justru menjadi kelemahan alias kekurangan dari New Honda PCX 150 2018 lokal Indonesia tersebut lads. Apa itu?

behel yang keren ini bisa jadi kelemahan

Bagian tersebut adalah buntut atau tebeng alias behel, kenapa? Tak seperti skutik kebanyakan yang terbuat dari besi, behel New Honda PCX 150 lokal terbuat dari plastik tebal plus cat yang terlihat menyatu dengan bodi tengah. Sebenarnya sih terlihat mewah ya, tapi kalau sering berboncengan dan si boncengan sering bawa tas, bagian ini mudah banget lecet! Sayang kan? Ya serba salah sih jadinya hehe.. Hal ini sudah KBY alami sendiri soalnya. Solusi? Kasih stiker transparan aja.

besi ada pada bagian bawah

FITUR SPEEDOMETER

Pada dasarnya fitur keseluruhan All New Honda PCX 150 2108 lokal terbaru sudah sangat lengkap (baca: Fitur All New PCX 150 2018), tapi ketika beralih ke speedometer yang tampilan wah dan mewah itu eh KBY sedikit kecewa, tadinya dipikir fiturnya bakal lebih lengkap seperti NMax, taunya sama saja dengan PCX 150 CBU lads, yaitu ada MID, tripmeter, odometer dan jam digital.. Udah itu aja, tripmeter cuma satu, tidak ada trip B, tidak ada average real time, tak ada fuel meter real time, tanpa jadwal ganti oli, minus jadwal ganti V-Belt.

kelemahan dan kekurangan new honda pcx 150 2018 lokal
speedometernya amboiii kereenn dan deluxe! sayang kurang lengkap

Oia, satu fitur juga absen nih, perlu sih sebenarnya, yaitu pass beam, seharusnya bisa dilengkapi sehingga menjadi satu satunya di skutik 150cc buatan Jepang. Mau model tekan yang menyatu dengan tuas lampu jauh atau model terpisah seperti di telunjuk gak masalah, yang penting ada!

kaya gini juga cukup

REM ABS 1 CHANNEL

Beralih ke piranti rem, kekurangan New Honda PCX 150 2108 lokal ini juga terlihat, memang sudah dual disc brake depan belakang, which is suatu improvement bagi sang PCX lokal, tambahan ABS pula. Tapi sayang rem ABS nya cuma 1 channel! Yaitu di depan saja, tak seperti NMax yang sudah 2 channel depan dan belakang. Meskipun memang cukup, tapi menurut KBY sih kurang killer alias nanggung lads kalau mau habis habisan..

PERFORMA MESIN

Nah kalau ini bisa dibilang juga seperti kucing dalam karung wkwkwk, jadi inget CBR250RR ya.. Mesinnya dikatakan berbasis dari Vario 150, yang mana Vario 150 juga basisnya dari PCX 150 CBU lawas (di bawah 2014). Karena belum ketauan maka bisa diperkirakan tenaganya tidak akan terlalu jauh dari PCX CBU Vietnam saat ini, yaitu antara 13-14PS dengan torsi kurang lebih 13Nm. Jelas masih kalah dari NMax yang 14,8PS dan torsi 14,4Nm.

Meskipun sebenarnya mesin eSP SOHC 2 katup sudah cukup dan memadai untuk harian bahkan turing, tapi seharusnya sih tenaganya bisa di atas PCX 150 CBU Vietnam, agak sulit sih karena kapasitas murni cuma 149cc tanpa adanya pengaturan katup variabel semacam VTEC pula..

spesifikasi Honda PCX 150 2018 lokal

KANTUNG DEPAN

Model dan posisi sudah keren, aman dari hujan karena ada jalur airnya, sayang kurang lega dan kurang dalam kantung depan New Honda PCX 150 2018 ini, masih kalah sama PCX 150 CBU nih.. Bukaanya juga gak smooth, tapi langsung jatuh, tak seperti punya CBU.

kantung depan Honda PCX lokal

Hmmm apalagi ya, kayaknya itu aja sih kelemahan dan kekurangan New Honda PCX 150 2018 lokal, sisanya sih juossss.. Nah ini masukkan buat AHM nih, mumpung kemarin masih prototype dan belum masspro – eh sebenarnya udah sih dari kemaren kemaren juga, tapi siapa tau bisa jadi tambahan ya gak lads?

nitip Video review all new PCX 150 lokal ah

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

    <

119 COMMENTS

  1. yg kurang banget cuman behel plastiknya bang … lainnya masih bisa ditoleransi …
    opsi 4 warnanya tersedia untuk tipe cbs sama abs juga gak kang?

      • mungkin sengaja plastik, jdi klo lecet atau rusak tinggal beli covernya .. yang mungkin sudah di pikirkan pabrikan, klo gnti cover lebih murah dripada gnti behel besi segede itu.. benerkan??

        saya jg belajar itu di tknik mesin,, kita juga memikirkan seperti apakah spare partnya murah?mudah di dapat? mudah diganti? atau ada pengecualian dan sebagainya.. saya sih sebagai mahasiswa tingkat akhir di t.mesin melihatnya sebagai langkah memuaskan konsumen.

        contoh,, klo dri besi semua, misalkan kayak di new cb150r saya yg sering boncengan/ karisma x saya,, behel besi itu mudah luntur catnya dan membuat penampilan jelek dengan cepat. alhasil males gnti behel/ beli cat untuk memperbaiki dan kita jdi malah mau ngecat sendiri kan, dan jg klo di bawa ke tukang cat pasti ada ongkosnya ( klo ga ahli, ga semua konsumen tukang cat )

        apa analisa saya benar?

    • Yg versi tingginya untuk pengereman mestinya dibuat abs 2 channel + abs. Jd buat pemula tinggal tarik rem belakang aja, kalo hard braking pun dengan kombinasi ini jd lebih safety.

      Terinspirasi dari pemgereman mobil…

    • Setau saya, behel cover plastik itu berguna supaya bisa dbuka ketika mau pasang braket top box.. cmiiw

  2. Senjatanya kurang “berat” buat bombardir merk sebelah. Overall lebih melimpah fiturnya daripada yang diperkenalkan di jepang,vietnam,maupun thailand (karena kemungkinan hanya dijual di Indonesia). Tapi menurut ai, ke depannya masih sulit buat taklukin merk sebelah, dan perlu diingat, merk sebelah kemarin update masih minor facelift, who knows tahun depan muncul merk sebelah full spek, dengan SSS,charger,keyless,soundless ignition, secara shock tabung udah dibenamkan kemarin.

    • pling cepat pling 2 tahun, krna 2018 bru facelift dan mereka menamakan Nmax 2018. otomatis 2019 lah paling cepatnya..

      menurut saya cukup buat ngalahin sebelah, apalagi PCX terkenal nyaman dan sebenarnya Nmax itu 50% adalah FBH yg ga sabaran nunggu pcx dan ga mampu ngabisin duit buat 40 jt pcx cbu.. soalnya setiap saya ke dealer mau servis, selalu banyak yg nanya, pcx berapa dll, tp g jdi beli krna harga.

      dan dengan adanya inden NMAX yg katanya bertubi”, bisa di pastikan FBY yg ga terlalu maniak dan ga sabaran bisa pindah ke new PCX apalagi udah punya nama jg untuk maxi scooternya Honda. soalnya segmen matic mindsetnya masih di pegang Honda, bbrp ke Nmax jg pasti krna ga ada pilihan maxi scootic.

      • Ada yg gak sabaran dan Ada yg gak tau.. Yg gak tau mikirnya pcx gakan dilokalin akan tetap cbu, dan Nmax Ada, bagus dan terjangkau…

        Yg gak sabaran Ada dua, yg pertama mikir bakal lama, yang kedua mikir desain blm jelas, sementara Dia butuh dan lg pengen maxi scoot

      • Ini yg yerjadi pada keluarga saya bro, om dan tante ku yg notabene punya vario 125 beli nmax, juga ada beberapa teman yg spt itu, pdhl dirumah motornya ga ada yamaha, hanya nmax itu, makanya mgkn selama ini pengguna nmax adalah fbh yg utk smeentara murtad karena alasan PCX masih terlalu mahal utk motor seharga 40an jt, ini didaerah ya bukan dikota…

  3. Oh iya, perbedaan yg mendasar jg yakni mekanisme buka tutup laci depan yg terkesan tipis dan ngeplek jadi kurang elegan. Sementara sisanya beti2 mang cuma saya ga tau ketebalan cover plastik & finishing cat nya seperti apa

    • kan td udah di bilang om kobay… plastik sama kayak CBU, tebal dan finishing sama dgn vietnam punya( om kobay kan juga punya pcx lawas )

    • Om kobay bukan tipe jas jes jos tapi kagak beli, so far setau ane.. begitu nemu produk yg layak beli, di langsung hajar itu.

      R15 V2 (saat masanya) punya desain terbaik (selain HL yg melotot kayak lele), swing arm juga the only one yg pake aluminium banana kekar plus banderol yg oke saat itu.

      NMax, jelas lah ya. VVA, desain gambot ciamik, harga worth it.

      Bahkan motor harga premium laiknya CBR250RR juga dihajar sama om Kobay, no question sih dengan harga “segitu” dapat fitur ‘alien’ yg bahkan sampe saat ini kompetitor ga ada yg bisa ‘ngebales’ fitur2nya.

      GSX150 mesin pure kenceng ‘darisononya’, tanpa tambahan obat kuat VVA + offside 5cc. Mau meraung 13,000RPM hayu aja. Overall, punya mesin yg ‘minimalis’ tanpa tambahan part mesin ini dan itu means perawatannya bakal standard gitu2 aja. Makin banyak part mesin, makin ribet ketika bertemu masalah kan. Walopun semua juga berharap gak bakal ketemu masalah. Apalagi saat itu banderol GSX juga murah. Worth it.

      Tapi berhubung om kobay udah punya PCX, kayanya kecil kemungkinan buat beli PCX lokal ya wkwkwkwk

  4. Coba dong bang kobay cerita riding qualitynya gimana? Dulu udah pernah punya apa belom yak…..kan yg paling penting itu rdiing quality..beda dengan lukisan yg penting enak di pandang

  5. Kayaknya penambahan cakram belakang oleh AHM seperti terburu” dan terkesan dipaksakan agar bisa bersain dgn kompetitor, semoga aj performanya gak seperti rem belakang matic honda kebanyakan yg ngeloyor

    • Untuk cakram belakang honda model lainnya
      Yg lemah cuma master ny ajah

      Saya punya nsx 125 dah saya ganti pake handle master rem kiri punya ny kopling hydraulic dan sekarang sensasi rem nya lebih empuk dan nyaman kayak motor matic
      Boleh dibilang bebek rasa matic

    • pcx emang DNA nya begitu dri gen awal. kenapa semua musti kayak Nmax patokannya? semua punya jati diri masing” tiap pabrikan, dan menurut saya pcx ngincer elegan look dengan stang telanjangnya dripada nmax yang ngincer sporty look. itu menurut saya.

    • Seperti yg dibilang Evan, karena memang modelnya dari dulu gitu.. Sengaja model begitu.. Yg suka ya bakal gak masalah, yg gak suka pasti ada aja..

    • Lah justru mnurut saya, tampilan stang chrome ini yg bkin aura mewah nya keluar, inget dulu pertama kali minang nMax lgsg pngn bkin stang model PCX kya gini, tp brhubung wktu itu blm ada toko variasi yg jual akhirnya pupus krna nMax br kluar saat itu, tp skrg bnyk nMax yg di modif model stang naked bgini,
      Eh iya mang kobay br ngeh nih tampilan muka depan mirip Kabuki Jepang yah,
      Kliatan pas di Pict Paling atas yg warna putih, jd inget grafis Kabuki version nya CBR250RR, bner ga?,he

  6. Nah kan, sebenarnya gw juga mikir, kalo ni motor bakalnya pas awal rilis dipuji banget, baru tahu kelemahannya langsung pada pikir lagi. Apakah ini yang dinamakan cinta, eh maksudnya… Apakah ini yang dinamakan kurang killer? Wkwkwk😂

    • Nmax juga ada kekurangan om
      Banyak Blogger bahas masalah drat kruk as yang gampang aus, belum ada info poin ini sudah ap belum di perbaiki di versi yg sekarang
      Yg menurut saya ini kekurangan yg fatal

      Dan fakta ny sampai detik ini nmax masih laris ko

    • utk yg pengen skutik gendut 150cc tapi udh abs jelas nmax lebih ideal. Cuma beda 3jt dari pcx standar dpt abs dual channel. Ane sih vote pcx non abs

    • Yg bener2 killer itu pcx 27juta. Pasti penjualannya bakal jauh antara yg abs vs cbs.

      Kalo dpan belakang dah cakram, ngapain pake cbs yah? Bikin ilang feeling pengeremannya. Bikin kacau brakingnya

      • konon katanya buat pengguna awam itu lebih aman…
        meskipun pas saya coba sistem cbs ini bikin serem pas lagi ngerem di tikungan karena pas narik rem depan perasaan awalnya kek ngeblong

      • tapi di pikir2 sepertinya tidak sulit untuk ngilangin cbs nya, dan bikin rem depan skali tarik langsung 3piston yg aktif…

      • inget ye ini hidraulis, bukan sling kabel, jadi kalau mau diilangin kotak minyak rem di tengah bawah speedo kudu dibongkar.

      • Ngilangin cbs gampang
        Tinggal tuker selang rem kiri kanan

        Jadi rem depan aktif 3 piston

  7. Ada satu kekurangan khusunya soal rem ABS, dengan penambahan harga sampai 5 juta hanya dapat ABS 1 channel doang, terasa kurang “worth tu buy” sih.. Cba bandingkan dengan NMax atau sekalian CBR250RR beda harganya gimana antara versi biasa dan ABS? Seharusnya dengan hrga lebih mahal 5 juta dari versi biasa (CBS), bisa lah PCX baru ini dapat ABS yang dual channel..

  8. Ah, mang kobay sok netral.. Padahal asli nya dedengkot FBH.. Ekekekkekekkekek…
    Jawab jujur mang..
    Build quality nih pcx vs pcx cbu vs nmax..
    Secara pcx cbu n nmax hibahan kan situ punya..
    Ekekekkke..
    Buatin artikel nya mang..
    Ai jd bimbang ambil nmax apa nunggu nih pcx..

  9. Yakin nih kang level cbu, wahh bakalan di eksport k eropa juga kah kang kyk nmax yg dah mendunia.

    • pabrik Honda banyak bung, ga perlu ekspor dri Indo.. vietnam khusus maxi scooter pcx, thailand khusus big bike,. superbike ya di jepang.. atau engga yg di amerika kenapa ada motor” Honda yang mirip Harley davidson? krna menyesuaikan daerah disana. klo motor” biasa ya tiap Negara punya masing” produk… buktinya di setiap negara Honda produknya beda”, ada cb150 lah, ada exmotion lah, ada cb190 lah di china, dll.. beda dengan Yamaha yg pabriknya kurang banyak. Yamaha di luar sana jg ga beda jauh market sharenya dgn di indonesia.

      kenapa Yamaha jdiin Indonesia basis ekspor? dan di Jepang di tutup? krna biaya buruh di indo murah, jdi orang jepang sana bisa semakin kaya dgn biaya buruh yg murah dripada jepang.

      klo Honda? honda mempercayakan tiap” cabangnya untuk menghasilkan produk sendiri dan dijual secara domestik untuk memperluas pasar dengan harga murah, ga perlu ekspor” krna tiap negara sudah memiliki pabrik maka produknya bisa jdi mayoritas di negara tersebut dan punya nama.

      analisa saya.

      makanya saya suka sama strategy marketing Honda, krna dgn mudah memperluas pasar tnpa Iklan yg aneh” macam roket, dikit” iklan sama valentino rossi walau skutik sampe motor kecil lainnya ( walau saya fans rossi) dan juga sampe sponsorin acara motogp di t7 tp market share segitu” aja.

      • Yg perlu ekspor dr indo cuma produk low level nya asutrahh yaksss.. Produk h ga perlu atau ga ada???. Manut manut deg 😀
        Baru tau gw pabrik y di jepun tutup…
        Berarti ntar R1 dkk bakal dibuat di indo…
        Top markotop dagh
        Klo strategi pemasaran nya kan jd ingat perumpamaan tong kosong nyaring bunyinya
        Produk sampah nyaring iklannya 😉

      • Lbh efisien justru klo ekspor nya start dri indo, lahh apple boss?? Perusahaan elektronik kelas atas produksi besarnya dmn??? Chinaa, lah Samsung??? 50% produksinya di Vietnam, krn apa??? Efisiensi cost production, ini cara yg sangat2 menguntungkan buat pabrikan, justru strategi ini sangat Bagus, kualitas produk juga sama bagusnya krn quantity product pun bkn sembarangan asal jadi, krn sebagian besar produksinya di Negara tsb, maka kualitas harus tetap dijaga, emgnya krn diproduksi di indo ato dsb kualitas jdi turun?? Strategi honda yg menurut lu menyebar di semua Negara apakah mampu efisiensi?? Jgn salah honda juga menerapkan strategi yg sama dgn yamaha, basis produksi honda mobil terbesar di Indonesia dan Thailand begitu juga dgn motor basis terbesar di Indonesia, cuma part2 nanti dirakit dithailand<<alasannya kenapa gue gk tahu, cuma emg klo strategi honda produksi menyebar di semua Negara knp basis produksi honda di indo dan Thailand n penjualannya bisa jauh lbh tinggi dibanding honda2 di Negara, dan asal pendapatan terbesarnya knp di sana??? Emgnya honda gk nyari keuntungan juga buat menekan cost production?? Klo lo jdi WIRAUSAHA ada satu strategi yg sangat menguntungkan gabakal kan lo MASA BODO/pura2 budeg mke strategi lain yg percentage ratenya jauh lbh rendah??? Yuk kita diskusi lbh panjang lg seputar mengolah pasar produksi 😆😆

    • Pabrik di Jepang tdk tutup, tapi pabrik ymh di tempat lain di asian kecil, klau honda motor R & D Asia di sana, makanya ekspor dari sana. Ymh R & D di ina, makanya dimareh buat ekspor. Itu mah kebijakan pusat Jepang sana. Honda mau dijadikan ekspor bisa saja. Bisa saja nanti yg ekspor dari Vietnam, disana lagi berkembang industri, banyak pindah ke sana industri

    • Oh iya pabrikan honda selain indo n Thailand, sama kecilnya juga, gabeda jauh dgn yamaha, tpi krn honda produksinya lbh byk maka distribusinya ke semua pabrikan honda sana jg jauh lbh byk dri yamaha, makanya kata lu harga nya bisa ditekan lagiii, simpell😂😂

      • Yang jelas karena saham AHM masih 50:50 dengan jepang, AP honda thailand tempat reset motor untuk pasar asia sahamnya dominan jepang dan jangan bandingin dengan HPPM (honda mobil) indonesia karena sahamnya juga dominan jepang

  10. Ada satu lagi yang ngganjel di benak saya, yaitu footpegnya. Terlihat lebih lebar dan nyaman sih, tapi kesannya tipis dan ringkih ya? Liat versi mass pro nya aja deh taun depan..

  11. dri video dan spek,, lebih luas dri nmax, muat 1 full face, dan belakang sisanya bisa buat barang lain,, jas hujan, dll.

  12. cie fby seneng
    hahaha

    ada yg menurut saya kurang mang
    pilihan warnanya

    secara klu honda nembak komunitas
    seharuanya di berikan warna yg stickerable dan ga kena tilang
    taulah nmax besar2 jg gara2 byk komunitas
    dan skuter kelas gini suka di modif2

    mungkinkah itu memang strategy untuk menghemat nanti waktu ganti tahun?

  13. Sebenernya klo mw pol2an melebihi merk sebelah, terus merk sebelah bakal inovasi apalagi??yah..itulah etika dagang(saling nunggu persaingan)

  14. Gw ga suka warnanya doang sih, yang thailand lebih menarik kalo soal pemilihan warna

    Simplenya kalo vs nmax sih seperti mars vs venus, man vs woman
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Kok sepi dari nick panjang yang dikit2 bawa politik jakarta ke dunia otomotif ya? Masih ngelem aibon kemakan bacotan abs 1 channel sampah kah?

  15. Yach kurangnya ditambah pada saat nmax facelift ke dua lah, org ina itu kebiasaan minta lengkap tapi murah, bagus harga murah, mana ada pabrik kasih gitu, dimana mana ada harga ada rupa, mesti ada yg dikorbankan

  16. Hmmm.. Sudah kudugaa… Kisah PCX ini sebenernya ga bakal jauh beda sama CBR150R lokal. Awal dikasih murah cm buat narik perhatian. Next gen baru dikerek habis harganya, tp dgn fitur yg lebih lengkap.

  17. Tapi mang kobay, pcx ini “worth to buy” dengan fitur ama kelemahannya dibanding nmax? Soalnya lagi kepincut model maxi scooter gini jg, cape naik yg batangan mulu.

  18. Setuju
    Apakah bagi2 kue makanya g full killer di fiturnya

    Padahal ngarep aplikasiin vtec nya d motor loh

  19. Kalu lengkap dari sekarang, yach ngak ada proyek facelift dong?? Sama aja kaya jln, kenapa ngak dibuat utk 50 thn desain konstruksi nya( khusus ina yach) kan biar ada proyek

  20. Kalo menurut ane om kobay kenapa ABS single channel, karena kmaren pas tokyo motor show yang dipajang udah ABS tapi karna rem blakang tromol makanya tetep single channel, nahh karena disc brake blakang khusus in makanya jadilah dual disc brake tapi sistem pengereman tetep pake ABS single channel sesuai gobal model

  21. SI KOBAY CUMA CARI PERHATIAN DOANG BIAR NANTI DI UNDANG LAUNCHING ALL NEW R25 OLEH PIHAK YAMAHA

  22. Udh bagi2 kue lahh jelas, pcx keunggulan di fitur 11-12 dgn nmax, minus fitur penting di keyless<<yimm bego, nmax unggul di mesin lbh advance meski soal durable gue kurang tau keduanya, bodi?? Kualitas lokal yaa gini plus minus di bbrp side, pasar maxi gue rasa bakal imbang ato 11 12 gk kek, pasar skutik low entry n sport #imho

  23. ada 1 lg sih yg mengganjal dr saya, yaitu footstep belakangnya keliatan nya tipis ya..? bakalan kuat lama gak ya itu footstep nya?

  24. Baru mang kobay nih yang nulis ginian, masak yaa terlalu sempurna ga ada cacat nya kaya warung2 sebelah yang rada lebay reviewnya (in dan iw)

    Fix pasti ini ga ada amplop nya nih… wkwkwk

  25. Tampilan Speedometernya cantik, kaya tampilan mobil, kece,
    meski fiturnya kurang dr nmax, syg jg sih honda mgkn kurang perhatiin sektor ini,

  26. Setelah lewat hype nya PCX, diliat pelan2 PCX desain lebih fresh dan keyless. Tapi body lebih berat dengan mesin lebih inferior, kebayang kayak gimana setahun setelah pakai. Awalnya mau beli, tapi pikir2 dulu deh

  27. Jadi mang kobay, pertanyaan nya satu nih
    Klo buat anter anak sekolah mending mana? Nmax facelift atau pcx ini?

  28. Sebagian besar warga mana tahu Om ABS ada yg 1 channel atau 2 channel.. Juga dengan Variable Valve.

    Di indonesia, faktor penyumbang terbesar org2 beli motor kelas menengah ke bawah adalah: desain cakep dan irit bensin..

    Itu fakta. Mau fitur apapun, kalau desain gak cakep dan gak irit bensin akhirnya kalah juga.

    • Imo hal ini jadi turun temurun juga, dulu Honda mungkin memilih jargon yang tepat yaitu irit, Makin kesini kerasa Makin pas aja itu jargon karena bbm yg udah mahal. Orang butuh nya efisiensi.
      Sementara yamaha jargonnya performa, motor kenceng singkatnya.. Jadi dilema saat ini karena ga semua org butuh performa.. Pdahal dari sisi efisiensi udah gak seboros dulu.. Tapi ya bener, saat ini org cenderung pilih produk yg irit bensin dimana sudah banyak orang kena jargon irit ya Honda..

  29. Yang parah tuh kita dari dulu patungan (pajak) sampe sekarang gak bisa keturutan menikmati transportasi masal murah, nyaman. Eh ujung ujungnya harus adu bacot buat nentuin pilihan beli produk h,y,s,k dll

  30. nmax lebih parah, pake dinamo starter konvensional tanpa kick-starter. dinamonya gampang lemah, harus ganti carbon brush bahkan ganti dinamo starter baru. FATAL SEKALI itu.

    • wowww lebaaayyy wkwkkww.. kadang ada kata yang lebih pas kalau pake bahasa origin nya.. coba aja terjemahin deh, jadinya malah agak aneh hehe

  31. Ini lah blogger yg paling netral menurut gw..
    Tanpa embel2 lebay untuk mengangkat sebuah produk…

    Lanjutkan kang Kobay..
    Gaya tulisan kang Kobay berbeda dgn IWB dan TMC
    ini yg menjadi kelebihan tersendiri dr Kobayogas.com
    Berani mengekplorasi suatu produk dr kelebihan dan kekurangan sebuah produk..
    Bisa menjadi referensi para pembaca

  32. boleh nih ikut Tes Drive PCX Lokalnya ane mau bedain Sensasinya mas Yogas.. ama PCX CBU Ane. TKS

Yuk Tinggalin Jejak Lads..