review All New Toyota Avanza G AT
review All New Toyota Avanza G AT

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bicara Toyota Avanza maka kita membicarakan suatu produk fenomenal yang menjadi legenda sebuah kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) di dunia, ya, bukan hanya di Indonesia lads, karena penjualannya sejak diperkenalkan tahun 2003 benar benar fenomenal, terjual lebih dari 1,5juta unit. Rekor dunia konon untuk sebuah penjualan mobil berjenis MPV.. Ini dia review New Toyota Avanza G AT buatan tahun 2016. Lantas mengapa Astra dan Toyota disebut cerdik? Yuk digeber dulu

 

Toyota Avanza lahir di tahun 2003, diproyeksikan sebagai mobil rakyat alias mobil murah yang dapat dibeli oleh nyaris segenap lapisan masyarakat.. Saat itu harga perkenalan Toyota Avanza tahun 2003 adalah Rp. 70jutaan.. Kini di tahun 2017 meskipun harganya sudah lebih 3x lipat dari harga awal dan makin jauh dari kata murah, namun dengan cerdiknya Astra dan Toyota Indonesia membuat MPV sejuta umat ini lebih baik pada setiap generasi.. Hasilnya? Penjualannya nyaris gak pernah merosot!! Kalaupun ada itu dikarenakan faktor ekonomi nasional yang tak hanya dialami Avanza, tapi semua merek mobil..

All New Toyota Avanza G AT

Lantas, bagaimana dengan New Toyota Avanza G AT buatan tahun 2016 ini? Benarkah jauh lebih baik? Dari sisi apa? Nah ini reviewnya, pengalaman berkendara bersama New Toyota Avanza G bertransmisi otomatis.. tak hanya sekedar belasan kilometer, namun ratusan kilometer KBY tes.. Unit milik kantor ini dibawa ke Tasikmalaya pulang pergi dengan total jarak tempuh 580km dan kondisi full seat karena pergi bersama rombongan blogger Jawa Barat alias D’Gujubar pada pertengahan tahun 2016 lalu, lama mengendap nih artikelnya hehe..

KBY gakan bahas ulang dari sisi desain dan fitur, karena sudah pernah KBY buat artikel first drive dan first impression ketika New Grand Avanza G AT ini belum lama diperkenalkan kepada khalayak umum dan ada sesi test drivenya.. Linknya ada di bawah.. So, artikel ini menitik beratkan semua impresi saat MPV ini digunakan jarak jauh..

sebagai penumpang juga enak

KENYAMANAN NEW TOYOTA AVANZA 

Dari sisi kenyamanan, seperti driving position, kemudian ayunan suspensi, kesenyapan kabin All New Toyota Avanza G Otomatis 2016 ini ternyata memang lebih baik dari generasi sebelumnya loh, malah bisa dikatakan jauh lompatannya.. Sementara bicara perakitan dan material di bagian interior alias dalam kabin juga meningkat. Perakitannya solid dan rapi serta material plastik dan busa jok yang lebih tebal beserta pembungkusnya kini lebih mewah karena mengalami perbaikan yang signifikan..

Ayunan suspensi Grand New Avanza G ini ternyata lumayan bikin takjub, terutama ketika melibas jalanan keriting, lebih mantap dan tetap lembut.. tapi kelemahan berupa mental mentul ternyata masih ada terutama ketika melalui jalanan berlubang atau melewati polisi tidur bahkan ketika diisi full penumpang.. Pun begitu, dibandingkan kinerja suspensi generasi sebelumnya sih ya jauh..

Gejala limbung New Avanza dari sisi handling masih terasa, namun tak separah generasi sebelumnya.. Intrusi suara dari luar ke dalam termasuk suara ban juga terjadi peningkatan, lebih senyap.. Bahkan bisa jadi yang terbaik di kelasnya.. Sayang sandaran punggung yang terlalu melengkung ke dalam membuat cepat pegal bagi pengemudi, andai sedikit nongol ke luar pasti lebih ergonomis karena tulang punggu bisa tertopang dengan lebih baik.

Lari 140km/jam pun kini jauh lebih anteng dan gak berisik.. Overall kita kudu paham kalau ini bukan mobil balap, jadi jangan terlena meskipun perbaikan dari sisi ayunan suspensi dan handlingnya sudah lebih baik..

Video Top Speed New Toyota Avanza

KEAMANAN NEW AVANZA

Sepertinya Toyota gerah juga mendengar sang Baby sering diledek minim fitur keselamatan, sialnya, mereka paham kalau New Avanza sekarang ini sudah menjelma tak lagi menjadi mobil murah dan merakyat, dengan harga yang naik terus tentu konsumen wajib mendapatkan peningkatan dari sisi keamanan, tak hanya kenyamanan.. Oleh karena itu, MPV terlaris ini kini dibekali tak hanya dual Airbags namun juga rem ABS di semua varian! Boleh juga improvement-nya.  Kini dari sisi safety, Grand Avanza selevel dengan kompetitor di kelas yang sama..

PERFORMA MESIN NEW AVANZA G AT  

Kelebihan performa mesin, tenaga dari mesin 1NR-VE berkapasitas 1300cc dengan kekuatan 96.5PS/6000 dan torsi 123Nm/4200 ini cukup impresif meskipun tidak istimewa.. Kemungkinan karena terkebiri transmisi otomatis 4 speednya.. Bicara tarikan, justru Avanza generasi pertama lebih terasa betotannya, kemudian 3SZ-VE plus VVT-i katanya sedikit berkurang rasa galaknya.

Kekurangan New Avanza, transmisi AT 4 speed milik Grand New Avanza ini kurang sigap dan cenderung lemot serta “sok pintar” terutama ketika di posisi D, kadang saat kita masih butuh tenaga baik saat menanjak ataupun menyalip, transmisinya naik ke gigi yang lebih tinggi, otomatis RPM drop, begitu juga dengan tenaganya. Sementara saat di turunan, bukannya mempertahankan posisi gigi rendah, malah dinaikan, ya jadi ngeloyor.. Ngakalinnya ya panteng aja di posisi 3 atau 2 untuk tanjakan panjang atau turunan curam.. Rebes dah..

Oke, KBY paham kalau versi transmisi otomatisnya memang dibuat lebih untuk kenyamanan, bukan performa.. Konsumsi BBMnya ternyata oke juga, matik bisa 12,9km/liter untuk luar kota. Performa remnya lebih dari cukup.

THE VERDICT

Suka atau tidak, harus diakui kalau All New Toyota Avanza sudah menjelma menjadi sebuah MPV yang jauh lebih baik, perbaikan yang dilakukan Astra dan Toyota sangat signifikan.. Ini karena mereka cerdik dan paham bahwa Avanza sudah naik kelas dan bukan bermain di mobil murah lagi, perbedaan kualitasnya juga sangat nyata.. Buktinya meskipun harga Grand New Avanza ini terus terkerek naik, yang beli tetap banyak padahal identitas sebagai mobil rakyat sejuta umat masih melekat hingga kini loh..

Mereka pun sudah punya kartu truf baru yang menjelma menjadi The Next Toyota Avanza dari sisi penjualan dan fenomenal, siapa lagi kalau bukan Toyota Calya yang punya kembaran Daihatsu Sigra.. Banyak kemiripan antara Avanza dengan Calya, Toyota Calya lahir kondisinya 11-12 dengan Avanza dulu. Plastik murahan, bodi tipis, berisik, shock keras ancul anculan namun terobati dengan banyaknya varian dan fitur yang diberikan, tak seperti kakaknya jaman dulu.. Hasilnya? Jadi mesin duit baru dah..

Well, Astra dan Toyota emang cerdik bener dah..

Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

82 COMMENTS

  1. Bang Kobay, menurut sy saingan dekat avanza ini adalah keluarga ertiga. Klo boleh sy bandingin, dr sisi daya muat msh jauh lebih baik avanza. Lari dan tarikan mesinnya pun enak avanza matic. New ertiga matic klo ditanjakan agak kuwalahan, kudu main rpm tinggi. Daya muat dan kepraktisan yg msh lebih baik avanza.
    Tp klo kita bicara soal material, menurut sy msh lebih baik ertiga, dimana plastik2 interior yg tebal, jok yg tebal jg plat2 bodi yg jauh lebih tebal drpd keluarga avanza.
    Dr sisi kenyamanan yg msh lebih baik keluarga ertiga, mungkin krn ertiga pake sasis monokok yg basisnya dr Swift sedangkan avanza pake ladder frame.
    Klo soal kehematan? Sy prnh tes new ertiga matic, pemakaian dalam kota konsumsi bbm rata2 1:13an sedangkan utk luar kota rata2 1:17an. Pernah bisa nembus 1:21 utk luar kota.

  2. Duo kaleng kembar yg fenomenal….
    Sy cuma kurang suka konsul tengah yg melebar di bawah sehingga membatasi gerak kaki kiri dari pengemudi, apalagi kalo yg manual….
    Dah itu aja….

  3. mobil sejuta umat yg naik kasta hehe. kang mo nanya , kl mobil hatchback second range 90jtan manual yg value apa yak? kandidatnya 1. Hyundai i20 2. Daihatsu Sirion 3.Honda Jazz i-Dsi 4.Toyota Yaris 5.Suzuki Aerio
    Nuhun Kang

      • tadinya emang mau masukin vtec cm smpet ngintip *lx rata2 kisarannya diatas idsi. keknya kudu lebih getol lg huntingnya hehehe. thx all

    • i20 mas.. dana 90 jtan dpt th 2010-2012, syukur dpt yg diesel, uirit puol.. Bandingin sm jazz 2005/06 fiturnya jauhh.. spare part H miring jg lbh murah ketimbang H tegak.. kelemahannya kabel gas sampeyan ganti plus shock cukup stif khususnya dibanding getz / grand avega..

  4. Lama2 avanza naik kasta kayak innova, calya naik gantiin posisi avanza, lcgc lahir yg baru 😀

    Btw avanza yg baru grill nya ala2 HRV 😀

    • Liat innova .. klan *kijang udh elite, harga nya mahal, msi banyak aj di jalanan
      Gara2 mindsetnya udh kuat

      Ibarat dulu cuma OB .. skarang udh jdi assmen .. 😂

    • Tapi untuk waktu dekat ini gak deh, soalnya range harga dari agya/calya sampe innova udah rapet banget, dari 120jutaan sampe 400jutaan, calya maen di 130-150an, avanza/veloz di 170-220an, sienta di 230-290an, innova 300-400an, belom venturer di 400-450an..
      Kalo dulu avanza di range 100-150jutaan, innova 200-270jutaan, mayan renggang harganya

  5. Setujuh! Ni mobil adalah avanza ter enak (kecuali veloz karena blm ngrasain, hehe) dari semua generasi. Sayang udah gak mobil rakyat lagi 😢

  6. Saya juga mudik kemarin pakai avanza G. Diisi orang 7,lari 80 kpj aja udah ngos2an. Shockbreaker belakang juga mentok. Ampun dah. Masih mending grand livina kemana2.

  7. Didn’t like it… Hanya menjadi mobil perkotaan sekarang….

    Dulu pernah test dan impresinya mobil ini tambah lemot untuk ngakap luar kota…. Demi membuatnya ekonomis, akselerasinya brebet saat flying start buat nyalip, mainnya kudu hi rev, jd ngerti kenapa throttle by wire. Positifnya cuma jadi konsumsi bbmnya lebih baik…

    Problemnya pada avanza gen 2 gw rasa gaada masalah juga sama konsumsi bbmnya, tapi jauh lebih asik buat selap selip 😂

    Udh deh gitu aja, kapan2 gw buat artikel tandingan dengan bumbu nyinyir gen3 ini wkwkwk…

  8. Grand new avanza/great new xenia rasanya kurang asyik aja dibanding all new xenia/ avanza pada sensasi tarikan terutama selap selip. Banyak yg terbiasa dengan feel mesin all new malah agak ribet diawal awal pas pake si grand. Sering mati krn gak pas rpm sama lepas kopling. All new gak sampai 2000 rpm sdh enak lepas kopling. Nah yg great/ grand kyak xenia 1000 cc sensasi pindahin giginya. Rpm harus 2500 san ke atas baru enak dan pas dan kalau pake mode eco kyak ada sdikit tertahan tenaganya. Kalau dengan suara mesin dari luar, sdikit lebih halus yg all new. Tp pernah coba yg velosnya. Alamak sy sampai ngomong sama salesnya, ini mesin sdh nyala ya. Kok senyap betul.

  9. 12,9 kmpl? Pffft thats a rookie number hehehe :p saya pake pelos 1.5 tembus 14,x kmpl rute luar kota (transmisi manual sih tapi)

    Affordable, Rwd, irit, image masih bagus walau sedikit terkesan murahan, reliable & hard to kill ( jangan dibandingin sama panther ya) plus sparepart berlimpah ala toyota astra. Gimana ga laku. Etios aja laku kok hehehe… Orang kayah sekalipun kayaknya banyak yang punya (at least) seekor apansa buat mobil operasional.

    Improvement dari gen awal? Setuju sih tapi tetep ga worth sama harganya. Kebetulan saya user xenia tipe lawas & pelos facelift. Di pelos aja kalo lewat jalan agak jelek bagian doortrim masih mengeluarkan suara gaib. Belum peredaman kabin yang kurang, material jok dll. Build quality lmpv paling baik kayaknya ertiga. Dan itu jauh bgt diatas apansah… Cmiiw

    • Yah MT dibandingin AT, that’s a rookie comparison 😇

      Etios laku? Megap Megap gitu kok.. Mau discontinued tapi keknya ga jadi jadi wkkww

  10. Bukan cerdik kang, tpi listrik itulah ciri” grup astra, utg skrg mereka dah mulai perlahan insaf ketika honda datang

  11. Bener.. Mei kemaren test Jakarta Yogya nyaman banget kang yogas. Waktu nikahan temen sedivisi

  12. Gak suka pelihara Toyota, gak sesuai karakter Drive gue bang.
    Awal pelihara Mitsu, ganti Toyota serasa stiff banget peredam kejutnya, akhirnya kembali ke Mitsu, dari grandia smp ganti pasport tetep user Mitsu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..