CBR

Email Pembaca: Konsumen Ingin Yamaha Perhatikan Shock Breaker Aerox Yang Berbunyi..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberr.. Yamaha Aerox 155 sudah mulai sering keliatan di jalanan.. Skutik 155cc VVA bernuansa sport kental terbaru dari Yamaha ini sudah terdistribusi ke berbagai daerah.. Namun Aerox 155 ternyata punya masalah yang disinyalir kuat datang dari shock breaker belakangnya.. Memangnya kenapa sih?

Pak kobayogas yg terhormat.. saya harap pesan saya ini bs bpk smpein ke petinggi yimm ttng yamaha aerox 155vva sprtinya khususnya utk type standard dan s version yg problem nya di shock belakang iki pak..(bkn shock tabung sprti type R)

Saya mngkin mewakili tmn2 saya dan customer saya berharap ada tindakan dr pt yimm mengenai yamaha aerox 155vva yg problem nya di shock belakang dengan kendala jika kena jalan gak rata bunyi nya mentoq2 gitu.. smoga pak yoga bs membantu kita utk smpein pesan iki ke pt yimm yah.. soal e aerox 155vva yg saya yakin bs masuk kategori bike of the year 2017..

Salam 1 aspal kang yogas.. saya dr pontianak kal-bar.. Thx ya..

Budiyanto – Hero Motor Pontianak

Ini adalah kali kedua pemilik Yamaha Aerox 155 VVA “curhat” ke KBY, bahkan om Budiyanto sampai meminta kepada KBY untuk dibuatkan artikel khusus terkait masalah yang mendera seputar suspensi belakang Aerox 155.. KBY sempat bilang, bikin artikel mah gampang, tapi komplain ini kudu bisa dipertanggungjawabkan, bukan ngeluh yang hit and run, kalau seperti itu namanya black campaign.

Ditantang seperti itu, om Budiyanto malah menjawab, silakan saja om Yogas, sebut nama saya dalam artikel dan bengkel saya di Pontianak, Hero Motor.. Wah serius euy geningan..  Sebenarnya bunyi bunyi ini pernah KBY bahas pada artikel sebelumnya (baca: Yamaha Aerox 155 VVA Bunyi Bunyi, CVT Atau Suspensi Sih?). Nah menurut penuturan om Budi, bunyi itu bukan dari CVT melainkan shock nya yang terlalu lembut..

Sampai sini KBY bingung lagi, lembut? kok testimoni yang udah tes masih cukup keras ya, memang lebih lembut/ empuk kalau dibandingkan NMax – begitu testimoninya. Om Budi kembali merespon, pemilik bengkel Hero Motor Pontianak ini menjawab..

“Lembut” kenapa bgitu? Jika pada saat boncengan terkena lubang atau jalan gak rata dia pada mentoq.. kalo honda vario 125 beat tidak mentoq.. bkn mentoq spakbor ke ban.. tapi kerasa banget kalo shock belakangnya mentoq.. saya bilang lembut karena buktinya mentok om hingga menimbulkan bunyi srek srek, apalagi kalau boncengan..

Well, baiklah kalau begitu.. KBY rasa konsumen langsung lah yang sudah merasakan dan mengalami langsung apa yang kurang dan apa yang disinyalir menjadi kekurangan, jadi apakah Yamaha akan melakukan tindak lanjut akan hal ini? Tentunya keputusan ada di tangan mereka, yang jelas biasanya pihak pabrikan gakan serta merta melakukan tindakan sebelum melakukan evaluasi..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3424 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

81 Comments

    • penutup soket charger kayaknya musti revisi juga, susah nutup paten, kayaknya krn kunciannya terlalu kecil….klo liat punya new scoopy nge-klik nya mantep banget karena ada per gedhe yg nahan

    • Satu hal yg masih menggelitik :

      • Benarkan mesin 155cc ini hasil recycling dari mesin 150cc Yamaha?

      Simpelnya … Bore up an silinder 150cc yg udah agak longgar & uzur, tapi di olah kembali (recycling) dengan teknik pelapisan silicon khas diasil Yamaha. Karena diameter silinder udah agak longgar, makanya cc juga ikutan bengkak 5cc.

      Ciri khas diasil silinder kan recycle-able.

      Just a thought sih..

  1. Punya saya kok gak ya? Posisi semarang…. Atau saya yg keentengan? 178cm/79kg pembonceng 160cm/50kg/32B
    Agak bingung yang dimaksud kelembutan itu gimana. Kl di nmax emang iya keras yg batch awal kl yg 2016-2017 enak

    • seperti saya bilang, kemungkinan case by case.. gak bisa dipukul rata sih.. kaya semua keluhan yang hadir di NMax, NMax saya gada satupun keluhan yang material seperti yang terjadi di beberapa milik konsumen, kecuali shock keras.. ada di beberapa artikel tentang NMax

  2. Rubber bushingnya NG kah? Cus ai pernah kerja di salah satu supliernya KYB. Dulu sering bolak balik ke Cibitung.

  3. Om, yang sering bermasalah type yang mana om? Ai mau ambil yg type R.
    Daripada pengen type R yang roda 4 gak keturutan, ya type R yang roda 2 aja.

  4. setuju kang kobay, kemungkinan bisa case by case, atau emang boncenger yang over weight,soalnya punya ane dibuat boncengan anak istri enak banget dan g pernah masalah (rider 70,Boncenger anak+istri 60). Saran ane coba dicek ke Beres, atau agak jajan dikit, beli shock aftermarket yang agak stiff, ane juga ada rencana misal shock tabung OEM sdh dijual di Beres, mau ganti. Eh…Oia jargon Aerox kan PERSONAL sport matic…jadi ga buat boncengan kali…hehehe…

  5. Alhamdulillah, aerox kuning punya ane yg type murmer a.k.a sutandar, aman sentausa tuh, ga ada keluhan sok-sokan lembek & bunyi2 swegala…kayaknya emang case by case & gak bs dipukul rata…cmiuw…

  6. Saya pernah boncengan pake aerox standar merah bobot total nyaris 200kg dan memang bunyi jeduk2 kalau kena jalan gak rata seperti lubang atau benjolan

  7. Pernah liat d parkiran di salah satu mall, jujur mantep nih matic, bikin pengen.

    Tp ada 1 yg ganjel, itu shock breakernya kok kecil dan gampang di curi.

  8. Apa?? Beat enggak mentok?? Vario punya ane aja gampang mentok kok.. kenapa setiap masalah kecil tentang produk Y selalu jadi rame gini.. kalo produk sebelah kayak pada diem aja, seperti sempurna.. ane heran.. gak habis pikir gitu..

  9. Wah siap2 nih, bakal di intimidasi oleh yamahaaa. Seperti kasus swingarm xabre yang patah, konsumen malah di suruh minta maaf, hehehe.

    • Konsumen salah Yahama salah, konsumen beli xaber secondhand dan dah dijual disaat yahama datang jadi termasuk bece produk yahama

      • Wah kalau khusus masalah materai yg ini, sy pribadi yamaha indonesia keterlaluan. reaksinya berlebihan sperti anak abg aja… ini bukan perusahaan ecek2 lo, punya asset jutaan dollar (indonesia aja).

        Kan tinggal didatangi trus kronologi gimna, baru minta maaf dan dikasih reward karena termasuk andil dalam ngasih info, kalau melakukan itu kan malah bisa counter balik…
        bukanya langsung di vonis bc dan materai segala…lagian yamaha mau lari tanggung jawab ke planet mars juga tetap xabre produk yamaha.

        Nyalahin konsumen?, dah dijual atau gak dia pernah punya motor itu terlepas second atau gak. dan emang merk xabre&patah pas dia yg punya.

      • Betul untuk masalah materai YIMM terlalu berlebihan. Untuk kesalahan user adalah sudah hilangnya barang bukti. Saya produsen komponen alat berat dalam hal ini Bucket excavator. Setiap Ada masalah terhadap produk kami dan masih dalam masa garansi, akan dicari tahu penyebab jika salah di kami(pengelasan, material pecah, dll) kalo bisa direpair akan kami repair. Jika harus ganti pun akan diganti tanpa barang lama kami minta. Tapi jika kesalahan di penggunaan sampai pengadilan pun kami ladeni. Contoh: grapple digunakan mencabut sawit sampai lowernya patah. Setelah diusut boom unitnya ternyata sampai melintir dan pecah, kalo seperti ini mau ngomong apapun mau dimuat di koran apapun juga gak bakal kita ganti.

  10. Iya.. punya saya aerox/kuning juga kadang bunyi srek..srek Kalo dipake boncengan..aneh juga.. cvt/skok ya.?? Apa bisa hilang Kalo diganti skok?? Jadi penasaran..

  11. Trus Kalo boleh urun kritik sedikit.. saya juga pernah punya NMAX yg kemudian sy jual buat beli Aerox155 ini.. skok depan Kalo bisa dibuat seukuran NMAX yg 28. Kok pya aerox yg pake lingkar lbh gede malah pake sz26 ky skok Xeon??? Pertimbangane apa?? Mohonpencerahan mas Kobay ya.. suwuunn

  12. makanya beli product yamaho itu jangan yang batch tahun pertama. minimal tahun ke2 ato kalo bisa, tahun ke3 saja. konsumen kok jadi kelinci percobaan ? yang bego itu konsumen ato pabrikannya ?

  13. padahal kata test rider sebelah dari sekte majapahit shocknya dibilang enaaaaaaaaaaak bgt loh….

    ada yg bisa ngomong jepang?

  14. Kyanya emg shocknya deh..
    Punya adek ane yg standar ane pinjem goncengan sma bini klo jalan agak pelan 20km/h lahh bunyi srek2 gitu..
    Tapi pas tarikan awal aja.
    Arahnya emg dri cvt, tapi stelah ganti shock malah aman ga ada bunyi srek2 lagi.

  15. Shock belakang emang lembut pake bingit, beda sama nmax kaya batoe, tapi sekarang udah ada yg ngejual shock belakang yang murah ya YSS & yg expert ya OHLINS. Ciao

  16. Trus klu di share di blog ini masalah kelar:)…klu ane perhatiin ga semua aerox standar ada bunyi sreg2…tinggal modal duit 500 rb dapet shock after market. Motor honda kayak vario, mmmbiit juga banyak masalahnya, jok yang super tipis bikin pantat panas, shock empuk dipakai boncengan ambles bin mentok, cat lebih cepat pudar, body getar membahana:)…

    • hehe emangnya jaminan masalah jadi kelar apa? Gada lah.. blog marjinal gini wkwkwkwk…

      ada chat yang saya tanya, kenapa gak modal dikit ganti aftermarket yang penting suara ilang dan kenyamanan atau handling bertambah..

      Om Budi jawabnya gini, masa mau keluar duit lagi?

      Lesson learned, gak semua orang mampu keluar duit lagi untuk entaskan masalah, ada juga yg mampu tapi berpikiran kaya om budi..
      ini berlaku buat semua merek..

      • Tul. Kalo bener masalahnya dari bagian itu, kalo bukan? Udah keluar duit yg mestinya buat keperluan lain malah kebuang sia sia

      • ah ntar juga nongol Yamaha jualan shock yg bagus buat aerox…
        problem solve tapi wani piro?

  17. Casenya sama kek saya, berat 84kg istri 47kg, kalo boncengan lewat jalan cor-coran pas lembutnya tapi kalo dah ketemu jembatan yg agak turun ato naik dikit pasti jeduk2…Kyanya emg shocknya deh.. sama bunyi srek2 daerah kiri dekat mesin pas overweight ketika anak tetangga pengen ikut bonceng di depan. Masalah bunyi srek2 dah saya cari2 ke kolong nggak ada tanda2 bekas benda yg beradu pengen ngadu jg nggak ada bukti..jarang di pakai pula terlalu besar susah sulap selip… tp so far oke.

  18. Hahaha . . yang punya laporan belum beruntung
    Punya saya ga ko aman2 saja trus soket nya. Juga bagus atau jangan2 punya laporan ingin mnjelekin produk yamaha sampe harus di bikin artikel sgala punya rekan saya sama ga da keluh sama sekali .
    Jangan2 ya sudahlah . . susah yang namanya motor ga semua sempurna semua buatan manusia .

    • Aer mana aer. Ada yang kepanasan.
      Gini aja deh tong. Gak usah kebanyakan cingcong. Minta nomer HPnya si pengirim email aja ke mang kobay minta bukti kalau itu Hoax atau bukan. Padahal dah di jelasin a mang Kobay di atas kalau kasusnya itu Case by Case, gak semuanya. Oya, doain juga ye moga bulan depan aerox ai gak pernah ada masalah.

  19. Kalo produk H.. mesin Ngorox..CVTne ngeden geter banget, Body tivis cuman kesenggol kusen pintu aja dah ada stratch,Cat gampang Mbulak, Inden sparepart nunggu ampe lebaran kuda g dteng2….kok g ono kabar di blogger2… bukane mbelani Y.. tapi kenyataane ngono…
    btw aku owner Vario 150

    • Gini, gak sedikit orang yg Kirim email atau wasap atau fb messenger ke saya ngeluh motor Honda saya gini, motor Honda saya gitu.. giliran saya bales minta data jelas, Nama, no telp dll gak bales alias mabur..
      Sama Juga, Nmax saya gini, mio saya gitu, ditanya, kabur..

      Yg jadi artikel itu selektif, mereka yg berani bertanggung jawab akan keluhannya.. Nama jelas, HP Ada, dealer mana disebut dlsb..

      • Blogger Ternak!!!!!
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .
        .

        Ternak SPG…..

        😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂😂

    • Berarti sampeyan orang baru disini. Coba sampeyan tanya ke mang kobay. Kepanjangan dari GTR mesin honda itu apa?
      Insya Allah pasti dapat ilmiah bagus dari mang Kobay.

  20. Motor aerox155 type S saya juga ada suara sreg2 di bagian belakang klo pas boncengan…di kecepatan 20-30 km/h.trus jeduk jeduk klo ngelibas polisi tidur atau jalan yg berlubang (dalam)..waktu service 1 saya sudah complaint…bahkan sudah di coba boncengan sama tekhnisi….tapi gak ngrasain bunyi sreg2 katanya…tapi ini fakta bukan mitos.

  21. Bedasarkan analisa sya ( ingat, hanya sekedar analisa saya) shock motor ymaha itu enak buat riding sendirian tapi terasa terlalu lembut ketika d pake boncengan, ini berbanding terbalik dengan honda, dmna honda tersa keras ketika d pake riding sendirian namun terasa pas ketika berboncengan

    • Shock depan yamaha biasanya emang lembut. Bahkan punya R15 ane jg gitu. Empuk sih, tapi dibawa rebah-rebah gak enak wkwkwk, dan kalo sembrono jadi ambles, saking empuknya.

  22. Yang pastinya kendalanya dari shocknya kalau srek2,tapi kalau ada getaran lumayan di kecepatan 65-70 dipastikan cvt yg bermaslah claim nya gmn yah gan?hehe mksh

    • bawa ke beres, kl oleh beres terbukti biasanya diganti. biasanya loh ya, biasanyaaa….

      tak pakai minyak wangi..
      biasanya tak suka begituuuu…

  23. biasanya kl bunyi srek2 pas shock ngayun itu ban blakang udah kena ke spakbor dalem. kl srok2 itu kopling maticnya. biasanya loh ya, biasanyaaa….

    tak pakai minyak wangi..
    biasanya tak suka begituuuu…

  24. Salam kang sy salah satu pengguna aerox155 wrn merah std, keluhan saya koq dibawa boncengan bunyi srek srek y Dr arah CVT, pada posisi rpm 4000 kecepatan on speedo 33-౩6, to selapas 40 keatas bilang, sdh komplain k Beres katanya g pa2, tolong kang sampekan k yamaha

  25. Ane juga sama aerok type S bunyi srek2 juga di saat km 30-35, di bawa kediler resminya mau di bawa ke pabrik,untuk di benerin selama 2minggu ga sembuh2 juga hadeeeeehhhh yg ad dari victor ngasih solusinya suruh ganti sobreker xride?masa ngambil motor baru harus nguras kantong untuk ganti spretpart nya? Katanya garanci, tolong lah tanggapin keluhan konsumen

Yuk Tinggalin Jejak Lads..