Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr. . Akhirnya harga resmi Yamaha All New R15 2017 v3 sudah resmi keluar, berada di angka kompetitif di kelasnya.. Tapi di rentang 34,5 juta juga ada pilihan yang gak kalah menarik lainnya. Ada Yamaha R25 dan MT25 bekas bahkan KTM Duke 200 baru.. nah loh mending mana??

Memang harga produk itu kadangkala menjadi sangat sensitif kalau sudah menyentuh 30 jutaan dalam hal ini tentunya di kelas sport fairing 150cc.. Dulu juga saat Honda CBR250RR nongol harga resminya, langsung rame kan dibahas tentang “Duit 70 juta Mending Honda CBR250RR Atau Moge Seken?” Itu karena angka 70 juta sensitif di kelas 250cc moge entry level.. Sekarang hal yang sama terjadi.. hanya perbandingannya bukan ke moge melainkan motor 200-250cc baru dan bekas, merek yang sama pula!

Sebelum menuju pembahasan ke sesama saudara yakni Yamaha R25 dan Yamaha MT25, jika merek KTM sebagai pemain non Jepang yang dianggap gak “semudah” dan “semurah” motor nippon, maka bolehlah kita coret duluan KTM Duke 200 baru gress bau pabrik yang dijual oleh KTM Indonesia seharga Rp. 33juta On The Road.. Yakin mau dicoret? Duke 200 punya mesin yang powerful sudah jelas, shock depan upside down merk WP, desain eropa, fitur lengkap. Bahkan nambah Rp. 2,5 juta dari harga All New R15 yang 34,5jt bisa dapet KTM RC200 yang punya desain lebih trengginas..

KTM RC200

Tapi sudahlah, pada dasarnya motor eropa itu memang bermain di liga yang lain.. Jadi bisa kita lupakan lah ya.. Nah yang lebih mantap lagi justru ada dua saudara si New R15 2017 v3 ini bermain di rentang harga yang gak jauh.. Yaitu Yamaha R25 dan MT25 dalam kondisi bekas! Ya, justru kalau konsumen masih mau bermain di merek garpu tala ada pilihan yang lebih menarik di harga 34,5-38 juta loh..

Oh iya tentu saja R25 dan MT25 tidak memiliki beberapa fitur yang saat ini dimiliki oleh All New R15 2017, upside down? NIL, VVA? gada, speedometer full digital? No, lampu LED depan? Absen, sasis delta box? Apa itu? Assist Slipper Clutch? Ra mudeng, suspensi monocross dengan link? Ga paham.. Banyak juga kan yang tidak dimiliki oleh kedua motor bekas tersebut.. Tapi bukan berarti keduanya gak punya keunggulan sama sekali lads..

Bagi yang ingin naik kelas ke 250cc tapi merasa beli baru itu masih kemahalan, maka sebagai FBY, lads bisa mendapatkan Yamaha R25 dan MT25 bekas dengan bujet yang sama atau menambah sekitar 2-4 jutaan tergantung tahun dan kondisinya. Kalau meragukan apa yang dimiliki R25 dan MT25 itu sama saja lads gak mengakui keunggulan keduanya, bukankah selama ini keduanya terutama R25 disebut sebut selalu unggul di kelasnya? Apalagi R25, jagoan balap lads!

Mesin 250cc dua silinder DOHC Overbore yang jelas jauh lebih powerful dari New R15 2017 sekalipun! Lah 19,3ps versus 36PS loh! Mesin langganan juara IRS, handling mantap, suspensi empuk dan nyaman, fitur speedometer lengkap.. suara dua silinder! Diganti muffler aftermarket yahud punya dah.. wrrr wrrr bukan blep blep.. MT25 bahkan punya kelebihan ergonomi yang nyaman dan bobot yang lebih ringan dari R25.. Buat turing cocok banget!

baca juga: Review Harian Yamaha MT25, Cocok Buat Harian Pas Buat Turing!

Jadi galau gak? Yang sudah mantap keputusannya mungkin gak, tapi gimana yang masih mikir mikir tetap 150cc atau naik kelas 250cc 2 silinder? Bukan berarti R25 dan MT25 bekas gak punya kelemahan, keduanya pernah kena recall dua kali, nah mau gak mau kudu tanya sudah direcall belum? Kedua, ya problem motor bekas pada umumnya lah, kudu cek sana sini.. Ketiga, biaya perawatan 250cc 2 silinder, gimana juga lebih tinggi dari 150 1 silinder. So kalau belum siap, 150cc masih jadi pilihan utama..

Tapi Yamaha seharusnya sih gak perlu terlalu kawatir calon konsumennya akan lari ke motor 250cc Yamaha bekas, karena ada patokannya kok bahwa Yamaha All New r15 2017 ini bisa laris, lihat tetangga, Honda CBR150R, meski banderolnya sudah Rp. 33 jutaan, tapi masih bisa laris manis kan? Well, itu karena nama Honda sudah punya reputasi, pertanyaannya apakah calon konsumen New R15 ini bisa sebanyak tetangga dengan mengandalkan nama Yamaha? Time will tell laaaghh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

72 COMMENTS

    • wwwrrr, suara 2 silinder emang beda kang, huhuhuhuhuu ..
      Bingung mau kredit mobil,??
      Bias saya bantu ni pak/bu .. 😀 melayani area JaBoDeTaBek, Jawa Barat dan Banten
      Bunga mulai dari 0%
      Angsuran mobil baru bisa sampai 7 tahun loh ..
      Bisa terima kredit mobil bekas juga nih asal usia kendaraan TIDAK LEBIH DARI 5 TAHUN & DP MINIMAL 25%
      Mampir yaa blog saya kreditmobildepok.blogspot.com

      Makasih min

  1. R 25 mt 25, 40 juta kemahalan bro,motor recallan sampai 2 kali gitu, cari alternativ motor lain yg tidak pernah direcall samasekali, satu lagi motor setang underyoke dijamin pegel abis ketika macet

  2. Dbayar brp bos sma kompetitor yamaha, beda klas bos antara 250 sma 150, bagai kan langit dan bumi, klau udh minat/suka, taik kambing pun jd rasa coklat, the best buat yamaha, ketar ketir tu para kompetitor nya

  3. Kok perbandingan allnew cbr 150 dengan second cbr 250 mono slinder ngak ada artikel-nya kang ?? biar adil gitu, sama suzuki gx/r 150 dengan second inazuma….

  4. Kobay Sebagai panglima fby,harusnya jgn kasih opsi mokas…
    Beli all new r15 …biar ms nya mumbul kelangit
    Dasar fby karbitan nih kobay

  5. Aahhhh mendingan beli moge seken atau motuba…..

    Opini kubu mana ya waktu CBR nongol..???

    Giliran si planga plongo di bandingin sama yg harga hampir mirip pada kebakaran jem**t

    Ngah ngah ngah…..

  6. Bloger terkenal bikin artikel harga motor new vs motor second beda kasta di bilang bayaran.
    Bloger pinggiran bikin artikel serupa dibilang cari sensasi, bloger miskin.

  7. dulu ada blog yang pernah bahas mending beli er6n second atau motuba dari pada cbr250rr malah lebih value padahal harganya cbr lebih murah dari ninja250 se abs. sekarang dibalik value mana r15 atau r25 second? atau motuba 34 dapat civic lx atau timor dohc ?

  8. harga segitu yah cari power dan nyaman dipake yaitu mt25 wkwkwk kalo mau gaya, cbr250rr ato er6n sekalian wkwkwk

  9. Mas kobay tuh emang paling jago buat bakar bakaran apalagi yg yg dibakar merk garpu.
    Mbok kalau g suka produknya g perlu di jelekin terus terusan.
    Dari awal kemunculan lalu artikel motor kosmetik dan motor gadis desa, sekarang artikel ini.
    Tapi apalah daya, orang ini blog-nya mang kobay ya terserah nulisnya (freedom of speech) wkwkkwkwk
    Samoga mang kobay sehat selalu rejeki lancar
    .
    *mbok kalo nge-roast produk ki jgn terlalu subjektif (bumbu boleh mang, tapi kalo kebanyakan g enak juga)

    • kalau gak suka produknya gak mungkin itu NMax saya F1ZR saya rawat.. as simple as it is… 😀

      eh tapi katanya itu dibeliin kompetitor.. huahahahaha sempak bener yg komen gitu

  10. Kalo kata blogger “netral” dari jaman majapait sih perbandingan R15 vs R25/MT25 itu ga apple to apple.
    Katanya sih jumlah MS motor semprot 150cc vs 250cc beda jauh.
    Jadi kalo diperbandingkan ga bakal ngaruh ke MS masing2.
    Kalo ane pribadi sih mending beli R25 second yg kondisinya masih sehat walafiat.
    Apalagi kalo dapet R25 rondo kinyis2…
    >,<

    • oh gitu, jadi kalau cbr250rr atau moge seken atau motuba lebih apple to apple yah… 😀
      padahal MS nya juga masing masing jauh wakakakakakka..

  11. Ketiga, biaya perawatan 250cc 2 silinder, gimana juga lebih tinggi dari 150 1 silinder. So kalau belum siap, 150cc masih jadi pilihan utama..
    ———————————————————-
    Inilah alasan kenapa gw masih pilih motor buosok… perawatan 2 tak jyadul cem RGR/Tornado GS itu gak seperti Ninja RR yg SKIPS nya suka nyangkut.

    Udh gitu pendingin udara jd gak repot2 ngisi air radiator cukup bersihin sirip2 udara pas nyuci nya doank.

    performa juga OKE 160kph gampang di raih bensin emang boros dah kodrat nya…

    150cc DOHC Near Lanang dah ketauan boncos di top speed, ama SOHC aja keok, duit 40jt klo mw ya Ninja Mono atau CBR Jomblo. Tapii gw vote Ninja Mono. CBR Jomblo dah gak disupport AHM jadi siap2 merongos nyari part nya.

  12. OTR Jabodetabek

    CBR150 Repsol Edition otr Rp.39,925,000 (dibulatkan 34jt) beda 500rb sama Yamaha New r15 udah dapat model design , power dan fitur jauh lebih unggul. Bayangkan kalau CBR150 disematkan segala fitur yang ada di New R15 dan menaikkan power 2 HP lebih bisa berapa harganya nanti.

    Kalau Harga OTR R25 sekitar 55,8jt non abs dibanding CBR2500RR 63,5jt non abs nah ini bedanya harganya cukup jauhh wajar CBR 250RR juga unggul power, model dan fitur.
    Masih ada gap yang jauh buat R25 facelit untuk menaikkan fitur,power dan design apabila ditaruh harga sama dengan CBR250RR.

    Jelas dari perbandingan diatas CBR150 produk paling overprise walau pake sticker Repsol ngak menambah Powert dan Fitur.

    Pertanyaannya kenapa CBR 150 repsol yang otr 34jt ngak dibandingkan juga sama 250cc sekend atau KTM 200cc???????

    jawabannya semua tergantung Netralnya pemilik Blog Ini

    • kalau cerdas pasti tau karena cbr150r itu gak dilaunching baru baru ini.. segitu maksanya ya kudu dibuat juga? wkwkkw
      i got the point yang boleh dibikin artikel mending mending itu cuma Honda.. iya kan?

      • bang kobay yang cerdas dan netral pake banget… 😀 kalo kemaren ga bikin artikel mending mending buat honda mendingan sekarang ga bikin artikel mending mending buat yamaha…

      • Bang zian…Yg ngaku Tau saya gak bikin artikel mending mendingan buat Honda, mendingan baca artikel saya yang Lengkap baru bisa komen Kaya gitu yah… Setujuh? 😁

    • karena dulu waktu si cbr150r launching, belum pernah bandingin yg gk apple to apple.
      kejadian kayak gini terjadi gara gara blog majazamban triatmonyong yang ngebandingin motor baru ama moge seken kalo gk motuba

  13. Persis kayak yg gw bilang dari dulu..
    Walaupun sebenernya ga apple to apple klo bandingin motor 150 baru sama 250 second (karena klo sama2 baru.. harga MT25 aja udah 47jt, R25 kena 55jt). Tapi menurut gw, motor 150cc era sekarang udah terlalu over glorified.. dipuja2 setinggi langit.. pake fitur ini itu, power mesin “dipaksa” tinggi, dsb.. akibatnya banderol melambung ke garis batas elastisitas harga..

    Daripada uang segitu dihabisin buat beli motor 150cc. Ya mending beli matic yg produktif buat nyari uang.. sama nambah modal usaha.
    Klo mau punya motor keren (hobby), ya at least kelas 250cc lah..

  14. well: kesimpulannya, dengan budget 30-40 juta,

    GSX-R150 = Lebih terjangkau + Value For Money, powerfull, cocok buat yang anti mainstream

    R15 V3 = Sangat Wow di kelasnya + Value For Money dengan fitur2nya, powerfull, cocok buat yang pengen produk sangat fresh

    CBR150R = Nama besar Honda + desain (that’s it, nothing more)

    KTM RC200 = Value for money dan pride untuk European Brand, dan anti mainstream

    250cc Seken (Ninja 250 Karbu 2008 -2010, R25, MT25, Ninja Mono, Z250SL) = Memang niatnya naik kelas, cari power besar, semua bisa value for money (tergantung harga + kondisi)

    Sport Fairing 2 Tak Seken (Ninja RR 2013 – 2015, NSR 150SP, TZM 150, Aprilia RS125, Cagiva Mito 125) = Memang anti mainstream sejati, dan hidup di dunianya sendiri

  15. Faktornya kyny harga ya? scr harga Mt25 & R25 2nd dianggap uda masuk ke new R15. Tapi bner ceuk mang kobay
    1. Maintenance. tetep 150cc 1cyl pasti lebih murah vs 250cc 2cyl. ini jangka panjang soalnya.
    faktor lain ada juga, prioritas kegunaan : daily use vs weekend warrior / track day only.
    Apapun pilihannya kl pinjem isi bensin 😀

  16. artikel sempak.. pilih mna R15 2017 or R25.. tp gambar iklan’y tuh R25 dijual 40jt.. itu jg belum biaya perbaikan/ganti part lgi.. jual gsx aj.. tkut ga laku??

  17. Wis lah… Pokoke intine harga R15 v3 kemahalan. Jangan kaget kalau jualannya seret. Karena kantong fby mentoknya beli vixion atau nmax.

    • dibilang kemahalan sebenernya gak juga dibandingkan dengan fitur yang didapat.. sayangnya Yamaha gak mau bener bener benturin dengan CBR, andai sama atau lbh murah 500rb di bawahnya ay rasa efeknya bakal cukup dahsyat

  18. Sebenarnya bisa saja Yamaha membenturkan harga dengan all new CBR,
    Apakah ini kartel?
    Atau profitnya sudah di tekan sekali
    Who’s know
    Dengan full fitur it’s OK lah untuk new R15
    Tp d banding kan dgn GSX r150, GSX LBH money value aplg sudah keyless
    So new R15 atau GSX
    Duid” y konsumen kalau udah suka ya bli gx suka ya jgn

  19. Dengan sejumlah uang yg dikeluarkan hampir sama, bisa dapet kasta motor yg lebih tinggi.

    Ga ada yg salah kok Om… ya memang saking panasnya persaingan 150cc dimari, makanya YIMM inisiatif pake acara sematkan fitur bagus & part keren u/ bersaing. Harga pasti ngikutin, harus realistis.

    Tapi efeknya ituloh, sampe nyundul kasta di atasnya. Bikin galau celengan orang kan 🙂

  20. Slow aja kang kobay, jangan dengerin para fby

    Mereka cuma nggak terima, motor harga barunya 50 jutaan, jadi motor murahan aka 35 jutaan… Wkwkwk

  21. Mang kobay bikinin artikel dong worth it mana new r15 sama ninja mono second? Soalnya harga begas mono 30an 😀

    • gampangnya kalau pengen tarikan josss ya 250 1 silinder, tapi menurut ay RR Mono masih kalah banyak sama R15 2017.. jadi kekuatan RR Mono kayaknya cuma kapasitas mesin dan performa (dengan anggapan handling kurleb sama)

  22. fix pade yng nyinyir artikel mang kobay salesnya yamahO takut sekali daganganya kurang laku, hai sales jgn lupa ya kalo oulang beli cash harganya sama kek brosur jgn pura” buta ingat neraka masih bnyak kosong buat sales mkan uang riba

  23. Tapi emang seperti ada jurus pukulan tanpa bayangan dari h*nda utk meredam all new R15 melalui para blogger. Blogger kebanyakan beritain GSX150, yg lama2 dipandang makin ganteng lah (padahal tetep aja muka aneh gitu), berita ianone merasakan suzuki motoGP makin cepatlah, dan sejenisnya, padahal yg dipodium 1 dan 3 y*maha. Aneh aja sih..

  24. Kalo punya duwit segitu mending r25 bekas sih 😂
    Itung2 naik kelas, toh scr performa 12:11 sama raja kelas 250

  25. Biaya Perawatan motor second lebih mahal,nd emang yang jual harga second r25,mt 25,ninja 250 bisa nyampe 2000 unit perbulan,
    Katakanlah penjualan r15 target 2000 unit,
    Kalo ktm untuk sekarang belum merakyat untuk indo nd namanya masih asing,yang tau kebanyakan ktm itu motor cina

  26. artikelnya sama dengan blog sebelah …ngebandingin motor r15v3 baru dengan motor bekas …

    jadi gmn gitu ama warung ini …..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..