banner

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Motor lawas dapat memiliki berjuta arti dan kenangan meskipun di era ini sudah banyak banget roda dua yang jauh lebih modern.. Ini adalah kisah pengunjung blog yang bercerita tentang kenangannya bersama Yamaha F1ZR Millenium kesayangannya..

Cerita ini berawal di tahun 2000, bulan januari..saat saya kelas 2 SMA. Lagi masa pencarian jati diri hehe…Udah sebulan saya minta sama Ibu untuk dibelikan motor. Minta pendapat sana sini termasuk keluarga juga akhirnya dari rumah diniatin beli Yamaha RX King. Rasanya klo punya motor itu serasa udah “gagah dewek” hahah…orang slawi bilangnya begitu.

Pas 15 januari adalah ulang tahun saya, sebelum tgl tsb saya udah pnya keinginan untuk naik motor baru. Hari kamis tanggal 13 januari 2000 saya berangkat ke kota Tegal, bersama Ibu saya ke salah satu showroom Yamaha besar di depan Toserba Marina (sampai sekarang masih berdiri, saya lupa nama show roomnya). Sampai di sana, langsung pegang dan elus RX King. Kondisi motornya sudah di modif sama pihak showroom, sedangkan yang masih standar tinggal warna hitam, kurang minat.

Geser kepala lihat kanan dan kiri, mata langsung tertuju sama salah satu motor bebek. Warnanya kuning, sedang di pajang di atas bordes yang di “jengkingin/ dimiringkan”. Saya baca “Yamaha F1zr Millennium” dalam hati bilang waw cantik sekali ini motor. Saya bilang sama ibu saya, kalau saya tertarik dengan ini motor. Sebelum ke kasir ibu saya tanya selali lagi “mas tedy gak jadi RX King?” ini saja, mantap saya.

Beli cash, masih inget waktu itu harga Rp. 11.750.000. Motor diantar kerumah, turun dari mobil pick up buru buru saya bawa masuk, saya panasin. Gembiranya waktu itu masih saya rasakan sampai saat ini, F1zr Millennium, motor pertama saya…Di awal tahun 2000 sedang musimnya Road Race, dan bintangnya saat itu adalah F1zr yang dibikin underbone ?.

Setiap hari saya bawa ke sekolah, wah geger waktu itu teman teman saya hahaha…seneng sekali, banyak cewek yang minta dibonceng, salah satunya saya pernah boncengin cewek cantik kakak kelas saya waktu itu, rasanya wkwkwk berbunga bunga…Hari kamis 20 januari 2000 merupakan awal petaka, ketika saya mau pulang dan ambil motor di parkiran, behel spoiler motor saya hilang !!! Itu mungkin masih diinget sama teman teman saya satu angkatan, karena Bapak saya datang ke sekolah, ngelabrak satpam sekolah gara gara lampu spoiler motor saya hilang

Sampai rumah saya di marahin habis habisan sama Bapak saya. Setelah kejadian itu saya berusaha mencari untuk membeli, tapi warna behel silver tersebut susah, dan harga lampu spoilernya juga mahal. Ada satu cerita yang membekas sampai saat ini, dulu pernah saya modif pakai footstep model underbone. Sampai rumah ketahuan bapak saya, dan disuruh untuk diganti aslinya, saya menolak. Karena menolak, bapak saya mengusir saya dari rumah, sehari saya menginap dirumah teman saya. Akhirnya cuma 3 hari motor f1zr saya dipakein footstep model underbone. Teman sekolah sempat tanya kenapa di lepas, saya gak menjawab karena malu kalau saya jujur hehe..

Tahun 2001 saya lulus SMA, dan rencana akan melanjutkan kuliah saya di kota Semarang. Motor f1zr tetep saya bawa. Ternyata saya belum beruntung, gagal seleksi UMPTN di Undip fakultas kedokteran, dengan otak pas pasan ya gak masuk deh hehe…Akhirnya saya balik lagi ke slawi, tegal rumah saya.

Pada tahun 2002 akhirnya saya mulai kuliah, diterima di D3 bahasa inggris fakultas sastra Undip. Tahun tersebut, adik perempuan saya minta motor, karena ingin sama2 motor kopling, dipilihlah motor f1zr saya tsb di lungsurkan sama adik saya sementara akhirnya saya dibelikan RX King warna kuning emas. Tapi musibah menimpa adik saya denga f1zr nya. Kecelakaan tsb membuat wajah adik saya rusak, dan membekas seumur hidup.

Sudah lama saya tdk merawat motor f1zr tsb, karena keterbatasan jarak. Suatu hari saya diberi kabar oleh Ibu saya, kalau motor f1zr sy tsb di ambil paksa oleh debt collector. Waktu itu motor sedang di pakai adik pulang sekolah, dan direbut paksa, adik saya sampai menangis, pulang naik angkot. Usut punya usut ternyata BPKB motor f1zr saya di pinjamkan bapak kepada temannya, digadaikan dan tidak ditebus. Saya hanya pasrah waktu itu, dengar cerita tsb dan tdk sempat untuk menebus kembali, karena keluarga di rumah juga tidak berusaha untuk menebusnya juga.

Setelah bekerja rx king saya jual diganti dengan vixion. Tahun 2011 saya ganti vixion dengan ninja 250. Saya kurang puas dengan motor tersebut, saya jual dan saya belikan satria fu dan ninja 250 fi. Tak puas juga akhirnya saya jual semua motor 4 tak saya, saya belikan rx king lagi sama 125z. Pas saya punya Yamaha 125z saya teringat kembali dengan f1zr saya. Iseng2 saya beli f1zr 2004 warna biru dengan harga Rp. 4.500.000.

Sampai saya menemukan salah satu grup Facebook bernama Fiser mania. Saya beli kembali 1 buah f1zr millennium kuning BPKB only plat DA. Dan saya beli lagi 1 f1zr millenium kuning plat K kudus. Jadi waktu itu saya punya 3 buah f1zr. Sempat kepikiran datang ke tukang bikin plat nomor, untuk membuat plat nomot f1zr pertama saya G 5221 AP. Kemudian 3 motor fizr tersebut saya oplos, saya jadikan satu. Sisanya saya jual murah dibawah harga pasaran, karena yg terbaik sudah menjadi motor yg saya rasa sudah sempurna.

Suatu hari saya lihat f1zr dengan plat nomor G 5221 AP di grup fiser mania. Saya hubungi dan berniat serius untuk membeli motor tersebut. Alhamdulillah gayung bersambut, yang punya motor akhirnya melepas kepada saya. Saya gak sempat melihat kondisi mesin dan sebagainya, karena sudah merasa senang bertemu kembali dengan motor pertama saya.Euforia itu masih terasa sampai saat ini, pikiran saya melayang kembali ke tahun 2000 ketika pertama kali saya membeli f1zr itu.

Posisi saya di semarang, sedangkan motor di di slawi. Saya hubungi ibu saya di rumah, ibu saya merasa gembira juga mendengar hal tersebut, sampai menagis ditelepon. Dahulu berpisah dengan motor itu dengan tidak baik. Saya minta kepada pemilik motor untuk datang kerumah saya di slawi untuk bertemu ibu saya dan dibayar ditempat.Disepakati harga F1ZR Millenium tersebut Rp. 4.100.000.

Beberapa hari kemudian saya pulang ke slawi ditemani istri. Sampai rumah saya kangen kangenan dengan f1zr saya, saya elus elus, saya ciumin, bernostalgia kembali.. Saya langsung naikin f1zr saya dari slawi ke semarang. Saking senangnya, saya suruh istri saya bawa sendiri mobil ke semarang (padahal belum mahir). Motor masih enak, cm ada kendala sedikit di daerah pekalongan, baut footstep bawah kendor. Alhamdulilah motor selamat sampai semarang. Beberapa waktu lalu sudah saya bawa touring ke kulonprogo dan jogjakarta.

Di stnk sudah berganti nama, tetapi nomor polisi belum berubah. Rencana nanti akhir bulan ini akan saya balik nama lagi atas nama ibu saya lagi, seperti pas dulu waktu pertama kali motor ini saya beli. Sampai saat ini motor masih ada sama saya, restorasi sedikit sedikit supaya kembali lagi seperti dahulu..

Seperti yang diceritakan oleh Fatih Alexander Tedy Muliana kepada Kobayogas.com. Benar benar Yamaha F1ZR mania nih lek Tedy..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

77 KOMENTAR

  1. Mengharukan hiks….
    jd hyg seuri….
    Keingetan sama Vega hitam orange th 2004,itu juga mtor pertama saya yg saya beli dr hasil keringat sendiri (meski kredit).
    yg skrg tak tahu dimana rimbanya….

  2. Beli cash, masih inget waktu itu harga Rp. 11.750.000.
    —————————————————————–
    Gw beli tornado GS seharga 10.350rb dan gak ada yg percaya, lha ini 11.750rb. weks…
    lha wong harga pasaran motor 2 tak ketika itu di 10jt an kok (itu gw tawar n motor yg ada cuma tornado GS warna ijo n item).

    —————————————————————–
    Tak puas juga akhirnya saya jual semua motor 4 tak saya, saya belikan rx king lagi sama 125z. Pas saya punya Yamaha 125z saya teringat kembali dengan f1zr saya. Iseng2 saya beli f1zr 2004 warna biru dengan harga Rp. 4.500.000.
    —————————————————————-
    Kok ninin fi nya di lepas dengan alasan gak puas pake 4 tak? wkwkwkwkwkwk…
    motor yg enak di pake ya 2 tak, 4 tak mah buat harian n irit2an. mw hoby ya pake 2 tak, ato moge sekalian.

    :v

    F1ZR millenium itu limited edition kek tornado GS stripping satria r, limited edition. makanya mahalan.

      • yg koar2 ngejelek2in gw pake tornado GS n RGR di sinyalir four stroker mbiter, varior, n bebeker berupa supra fit ato revo. yg klo naek motor sport 150cc dohc dah ngerasa setara 2 tak. padahal jauh beda nya.

        2 tak itu tak tergantikan di 4 tak kcuali moge (plastic missiles). 150cc mah buat keren2an OK, tp buat speed mending beli 250cc skalian.

        Tornado GS 13dk, setara ama megapro n diatas CS1 yg legendaris (gak lakunya maksudnya).

        lha itu CBR250RR power nya 38dk, NSR SP 39dk, Kawasaki Serpico SE 42dk.

        so… so…

        • Kenangan tornado GS punya bapak saya, dl masih SD nyolong2 belajar motor begitu ketemu motor lain gugup malah wheelie ndlosor. Tornado emg edan tarikannya.

    • bukan jelekin kali bro…. tapi emang loaja yang kismin gamampu beli malah jelekin motor 4 tak…..wkwkwkw

      • gw beli tornado GS 10.350rb pake duid sendiri, skrg gw modif ulang dengan tetek bengek nya dah habis 7jt an, termasuk sparepart dan ngecat. Dan ini msh gw vermak lg, kira2 abis 2jt an lg untuk modifikasi kelistrikan dan projie (ngincer spido koso rx jg).

        Modif RGR aja udh abis 20jt an. Dari pada gw beli CBR150R Uperstruke 135kph dah geter2 mending RGR n Tornado GS kemana2.

        :v

      • @iseng komen

        Gw bukan yg sukanya minta ke emak kek lu, yg terkesima performa supra fit n mbit.

        Klo lu blm lahir kekx lha wong terkesima ama performa supra fit buosok kok

        :v

      • padhal dulu nih orang sesumbar beli cb150 R terus dia bilang gak ada tenaganya…wakakaka…ternyata boong 7 turunan

  3. bagess jd ikut kebawa nostalgila. motor pertama ninja s 150cc. jakarta – bandung 3 jam via puntjak udah includ nyarap bubur di puncak pass . jambakan 2 tak emang bikin kangen hehe

  4. motor pertama saya juga F1ZR, sayang kecelakaan 4 kendaraan yg menyebabkan patah rangka, roda depan ngebelah crankcase mesin hingga pecah, arm bengkok mengakhiri masa tugas F1ZR 2002 full standar tingting hitam putih saya pada Oktober 2010. Sekarang tetap motor 2 tak yg. menemani saya, yakni Ninja RR putih item juga 🙂

  5. Motor kopling pertama yg saya pake, jaman sma. Padahal ngga bisa pake motor kopling tp berhubung pgn ketemu pacar dl nekat pinjem nih motor
    Alhasil motor mati terus tiap kena polisi bobo. Wkwkwk

  6. YangMaha force oneeeeee….

    Inget dulu iklan na di tipi.

    Murahan beli rx-z di 3 jutaan

    Taon 1994 tapi na….

    • ngapain bro?

      tar diginiin lho

      “selessijukihh says:
      December 13, 2016 at 12:26
      bukan jelekin kali bro…. tapi emang loaja yang kismin gamampu beli malah jelekin motor 4 tak…..wkwkwkw

      mending beli mbit ae, serasa motoGP klo bawa mbit 110cc

  7. F1ZR legendaris, jaman road race pertengahan 90’an.
    dibalut battlax. mesin seting balap. manteb dah buat keluyuran. yg jalanan masih lancar

  8. Asli mang, terharu baca atrikel ini, jadi teringat RX King 2001, warna hitam list silver dan merah dulu Bapak beli cash sekitar 14 jt. langsung di gelandang dari dealer g pake antar pake pick up.. dengan rx king lah masa puber pertama di lalui, di jual murah th 2006 buat acara pesta di rumah, sekarang dah kerja, motor udah gonta ganti 4 tak, tetap aja kangen 2 tak ( Rx King ) sekarang saya masih nyari2 Rx King tersbut ..,
    Plat Nomer H 4475 TE, mungkin sekarang sudah ganti plat, jika ada yg dpt info kabari, selama harga masuk akal insyallah saya bayar.

  9. semoga saya bisa ketemu motor pertama saya F1ZR biru putih taun 2004. walau sudah punya scorpio klingon dan jupiter z1 tapi masih kangen banget sama motor pertama Ber plat nomer G 6885 DD

  10. waw terharu ane ceritanya walaupun gk ada review motore.
    motor pertama emang berkesan semua ya. kalo ntar ane dah gede ceritain motor pertama honda beat , motor sejuta umat gk ada menariknya haha.
    mungkin yg berkesan motor kupling pertama ane gl max.

    • Review yg gmn ya mas? Motornya masih std sih. Itu f1zr nya diatas mas, motor yg telah hilang kembali lagi G 5221 AP

      • enggak maksudnya ane kira mau review motornya kayak konsumsi bbm sekarang ini, ergonomi gitu, kecang, jarang rusak, dll.
        kalo ini artikel memang mengisahkan empunya motor dan motornya. yaaa anenya yg salah ekspektasi, dikira mau review f1zr millennium. hehehe

      • Oalah hahaha…
        Oya ada sih mas, bensin 1 tengki full bisa buat jalan 100km jaraknya. Dgn asumsi pemakaian wajar. Berarti kira2 1liter =25km jarak yg ditempuh.
        Kapasitas tengki 4 liter.
        Gear standar f1zr, buring os 50.
        Itu kemarin motor f1zr saya yg satunya saya bawa ke puwokerto dsk.

  11. Klo kenangannya bagus, endingnya bagus jg.
    Force 1 saya dibeliin baru 3.4jt th 93. Karena banyak masalah, dan masalah terakhir th 2001 pompa olinya patah gw kencengin wkwkwkkw. Langsung ane tawarin ke tukang ojek.

  12. Tersentuh baca ceritanya

    jadi keinget r15 motor bagus tp ga laku

    begitupula cerita ini
    cerita bagus tp yg komen dikit

  13. Edit:
    ternyata yg komen banyak

    sory td buka browser di hape pagi
    lanjutin baca malam
    dan belum di refresh

  14. Dulu saya minta apa aja Ama ortu gak pernah diturutin, sampe acara wisata dari skolah aja gk pernah diksih duitnya buat ikut, biarpun raport gk pernah mental dari 4 besar
    Eeh giliran pas kelas 2 SMA Udh males minta2 dibeliin apa2 gara2 gk pernah diturutin, malah tau2 markir ninja 2 tak di depan rumah sama PS 2 di kamar

    Tau gitu dari dlu aja gk minta2, pura2 gk mau 😀

  15. wis jodoh dah.
    motor pertama emg ngangeni, kl sy dulu kamar tak pindah garasi biar bs dipandangi waktu klekaran di kasur.

  16. motor pertama saya malah dulu versi jadulnya “Force one” (tanpa ZR), sayang digondol maling (●̮̮__●̮̮)hiks(●̮̮__●̮̮)hiks, jadi kangen….

  17. Sampek apal racer yg pakek FiZr
    1. HENDRIANSYAH
    2. HOKKY KRSIDIANTO
    3. ADE TARUNA
    4. AHMAD JAYADI
    5. ARYA DWI MAHENDRA
    6. PETRUS “TOBUN” CANISIUS
    7. JEANNY “MOMO” HARMONO
    8. BOKAPNYA JEANNY (pernah pakek Nova Rs Dash juga)
    9. HARLAN FADILLA
    10. CHIA TUCK CHEONG (MALAY)
    11. SAHROL YUZI (MALAY)
    12. TAUFAN (Sidoarjo)
    13. JAYADI ELCADIS
    14. ETC..
    FIZR emang rajanya road race..

  18. Knalpotnya YY Pang
    Sadeesss suaranya…
    Kalo model udang bikinan Daytona agak siem…cuma cari tarikan awal doank..
    Knalpot daytona model udang yg populerin si Hendry pakek FIZR pertamina Daytona warna oranye…di kenjeran Hendry gak terkejaarr oleh pasukan RG sport…

  19. Kalo di malay antar FIZ r n RG sport imbang.
    Wazy & Meganathan dengan RG sportnya lawan Sahrol Yuzi (pembalap keturunan ponorogo) ,Chia tuck Cheong & Kuan Meng Heng (Hongleong Petronas)…
    Sadeeesss…!!

  20. Daaaan…
    Suara FIZR dan RG sport full speck, atau istilah kerenya kelas underbone atau Seeded B atau kelas expert (malay)
    Orang jawa bilang “Kuejem Rek!”
    Begitu kelas 4 tak masuk…weleh langsung ilang aroma road race sesungguhnya…mbeeeerr mbeeeerr…ra uenak blas di rungokne!!
    Thumbsdown for 4 stroke sound…!!???

    • Wkwkwk jd inget pertama kali nonton road race.
      Setelah sesi 2 tak mlengking2, giliran sesi astrea tiba.
      Ta tunggu2 wes aba2 1 2 3 kok seh sepi suarane? Sido start ga? Lha kok moro2 ono suara tawon tambah sur tambah banter….. ealah tibakne suarane astrea… ga seru blas wkwkwkk

  21. Part balap yg terkenal jaman segono
    1. Magnet YZ125
    2. Keihin Mikuni sama aja
    3. Bearing SKF
    4. YY pang, Daytona
    5. Skok Ohlins, YSS
    6. Steering damper daytona..
    7. Gas spontan Magura
    8. Membran kevlar
    9. Gigi rapat malay
    10.. etc
    Pokoknya road race top abis dah jaman segono…ya suaranya ya akselerasinya gilaaaak..

    • Hahaha jd inget dulu jaman SMA Duit lebaran, duit ultah, duit sekolah, les, amblas demi koil Nology..
      Kerjaan Nodong bonyok duit bensin Satria S.. Pas berangkat kuliah luar kota tu motor langsung dijual sm bonyok ganti Supra X wkwkwk

      Alhamdulillah akhir 2014 ama istri dibolehin ngambil ninja RR SE. Thanks mang kobay dulu udah bikin artikel ninja 2 tak mau diskontinyu. Kalo g ada artikelnya mungkin sampe skrg istri masih jawab “belinya taun depan aja..” wkwkwkwk

      Hati ini masih 2 tak..
      Tring tring ting ting tring ting ting

  22. Dan motor paling irit di dunia goes to

    YAMAHA CRYPTON…ediisi awal warna biru dongker..
    sumpah uirit pol…pernah punya juga, tapi diembat maling…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini