Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Yamaha R15 terlahir sebagai motor sport fairing berkapasitas 150cc dengan DNA desain sebuah moge atau motor gede.. singkat kata desainnya keren punya..

Kalaupun ada kurang kurang ya semuanya masih bisa diterima atau ditolerir, lampu depan masih bohlam, speedometer belum ada MID, mesin masih SOHC meskipun sudah 6 speed, itu karena memang Yamaha R15 dilahirkan sudah cukup lama.. Semuanya itu masih bisa dijabanin dengan model yang moge look dalam skala lebih kecil.. Sasis Delta Box, swing arm banana dan buritan seksi plus lampu rem LED nya masih yang terbaik dari sisi bentuk dan  pencahayaan..

Ini merupakan pengalaman pribadi KBY yang tidak menyenangkan bersama Yamaha R15.. Bicara produk secara keseluruhan, R15 tidaklah buruk, malah cenderung positif, and that’s the truth.. Semua sudah KBY jabarkan di atas plus full review yang tertuang dalam satu artikel khusus (baca: Full Review Yamaha R15). Bahkan bicara prestasi, R15 ini lebih mentereng dibanding kompetitornya, CBR150R.. Sering jadi juara di kancah adu kencang adalah fakta yang tak dapat dibantah, meskipun tentu spek harian dan spek balap berbeda…

kurang keren gimana nih motor coba

Tapi kalau sudah menyentuh ranah bisnis, Yamaha R15 is a bad bike for business.. I tell you why.. Pertama dari sisi penjualan motor baru, R15 sudah kolaps disusul rival, dan ini sebenarnya kesalahan pertama dari KBY.. should have known better.. Kedua, Jeblok dipenjualan motor baru kebanyakan berbanding lurus dengan harga bekas atau second-nya.. dan pengalaman KBY belum lama ini berceritanya faktanya memang demikian.. (baca: Saat Tepat Beli Yamaha R15)

Sebut saja KBY tebus Yamaha R15 dari temen dengan harga menarik, menarik disini kalau liat dari web, harganya masih jauh di bawahnya, beda sekitar 4-6jutaan.. Dibeli untuk bisnis dan itu keputusan yang sangat buruk, padahal di awal cukup yakin seminggu dua minggu bisa langsung kejual lagi.. Memang gada niatan untuk dipelihara sih, bukan karena Yamaha R15 produk yang buruk, tapi sementara ini emang ga pernah tertarik memelihara sport 150cc.. So setelah dijadikan obyek review, sang motor langsung KBY iklankan untuk dijual kembali..

Sudah dua bulan lebih Yamaha R15 naik iklan, awalnya pasang harga pasaran sesuai di situs situs jual beli.. tapi gada yang ngontak sama sekali, seminggu tayang turun harga, dua minggu kemudian turun lagi.. bahkan hingga STNK akhirnya KBY perpanjang (habis November 2016), sang motor gada yang nanyain.. edan..! Ada cuma komen komen gak penting thok wkwkwkw.. Ada juga tipa tipu dari anak ABG gak jelas..harga udah oke, ngilang.. ini biasanya terjadi kalau kita posting di grup FB.. Ada juga SMS ..hubungi Bapak Saya, Haji Anu.. Bapak lu Jenderal juga kalau mau beli dia yang ngontak lah 😀

Setelah berkali kali turun harga, KBY pun mulai frustasi, uang idle yang digunakan untuk beli Yamaha R15 harus segera balik karena dari awal memang bukan buat beli itu motor.. Tawaran yang masuk mulai banyak setelah turun harga, tapi angkanya jauh di bawah harga saat KBY tebus! Akhirnya, setelah diskusi dengan menteri keuangan, gapapa lah rugi asal duit balik.. So per hari ini sang motor akhirnya sudah laku dengan harga persis seperti saat KBY menebusnya.. kerugian berupa pengeluaran untuk bensin, ngiklan dan perpanjangan STNK serta pengeluaran minor lainnya gak diitung..

alhamdulillah laku juga

Ada yang bilang, Akang jualnya ketinggian kali? Ya di awal emang seperti itu, meskipun gak ketinggian juga wong disamain ama harga situs jual beli.. Kalau jual di bawah harga beli sih yakin cepet lah, tapi guweh rugi doooong wkwkwkwkw.. Awalnya mau ambil untung malah buntung hahaha.. memang bukan business man sih, iseng aja awalnya..

Itung itung lumayan puas make.. Well sebenarnya kalau tujuannya beli Yamaha R15 untuk digunakan sampai puas, harganya sangat menguntungkan.. drop signifikan dari harga baru.. Dapat yang mulus dan sehat seperti yang KBY miliki sebenarnya benefit banget.. Tapi ya itu, peminatnya jarang banget! Apakah merek sebelah di kelas yang sama lebih mudah?

harga bekasnya drop parah

Jawabannya, ya, tapi gak gampang juga jualnya, 11-13 lah.. Harga bekasnya pun sama sama jatuh tapi afaik Yamaha R15 lebih banyak.. Pelajaran berharga lads, kalau buat bisnis jangan ambil motor model beginian lah, beli lah untuk digunakan sampai puas, kecuali sudah terbukti bekasnya cepat terjual dengan harga memuaskan..kalau ada rencana jual lagi dalam waktu dekat mendingan jangan.

Nasib Honda CBR250R jomblo silinder pun sama parahnya.. bahkan dari sisi harga bekas, dropnya jauh lebih parah.. So much experience with Yamaha R15, CBR150R Karbu aja lebih gampang jualnya 😀 Efek info R15 2017 facelift kah??

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

67 KOMENTAR

  1. beli r15 sama aja merugi.
    vixion modif yg overprice.
    udah gitu gak ganteng lagi.
    malahan ada yg bilang itu ninja gadungan. 😀

  2. Gara2 boncengers sering kepentok portal, nyangkut jemuran,klo rider ngerem mendadak boncenger lompat kedepan duluan kek roket. Eh,skrng mlh diikuti cbr150r. Moga r15 kdepan lbh bagus modelnya…n ketinggian jok belakang lbh moderat lah jgn eskrim2. Klo yg dibonceng orangnya pendek aj jd kliatan tinggi, trus klo boncengin orang dgn tinggi 170++ jd kyk apa?

  3. nungguin cbr jomblo dual headlamp dibawah 20jt, mayan buat ngibulin vixion sama cb ngoahahaha

    itu yang beli jadi artis blog dadakan

  4. Njiiirrr… tuh cbr repsol 2015 dah di angka 29an…..
    pantesan cibi 250 ay kaga ada yg kontak mang, dah ngiklanin di olx lama gak laku2.. padahal cuman jual diangka 30an kecil…. hiks.. T_T

  5. makanya gw beli motor yg kagak laku, emg kagak ada niatan buat jual lagi buat di pake ampe jadi rongsokan. Tornado GS, RGR itu motor hobi, buat modif n buat puas2in diri. two stroke buat hobbi, four stroke buat wara wiri mah ngapain keren2? beli aja verza, ato vega. yg penting irit. (buat gw).

    klo mw jual lg mending beli Honda kcuali cebeer 250 yg harga jual nya terjun bebas, dah gitu gak dpt fasilitas dealer wing honda (gw komplain ini dianggap ngebece honda), udh gitu part nya juga susah (dianggap ngebece lg).

    hadeh…

  6. Yang gampang jual beat karbu , harga mantep cuma nyarinya yang susah 😀 kebalikan sama r15 😀

  7. bad for business, bad for your back, bad for your shoulder, bad for ass, bad for your ‘biji’.
    wkwkw maunya keren malah rempong

  8. mending beli Shogun 2nd yg masih waras.
    kecepatannya 11-12 sama R15.
    bisa dipake saklawase.
    mwehehehe

  9. hampir mirip cerita adik temen saya,
    beli R15 simpanan warna hitam, masih KM 2500 an
    belinya 24 juta

    kebetulan dia bosenan, baru 2 minggu jual lagi laku 24,5 juta

    ya untung gopekceng sih..

    memang kalo segmen sport itu lebih segmented, percuma kalo nyetok CBR 250 single,Ninja Mono,Z250,MT 25,R 25,R15 sudah keluar modalnya banyak, lakunya juga susah,duit macet di situ

    mending jualan matic kayak NMax,Vario,Beat, lebih cepet laku asal harganya jangan ketinggian

  10. Saya jg user r15. Tapi ngerasa sayang kalo mau jual motor itu mah. Pertama, itu motor udah nemenin saya sampe dpt gelar sarjana ??
    Kedua, udah sering jg dibawa turing. Enak gak enaknya udah jadi makanan sehari-hari. Bahkan skrg malah makin sering dirawat dan dimodif sana sini.

    Cita-cita saya semoga sampe punya anak udah pada gede nanti, motor itu masih ada. Kasian mungkin suatu saat motor mesin bensin udah gak ada, anak cucu kita kangen mesin blar blarr ????

  11. Dulu sempet tertarik ambil 2nd ni motor, tapi gak jadi.emang kalau cbr150r k45 susah juga ya kang jualannya? Apa harga drop juga?

  12. Sebenarnya worth it ga sih mang kobay beli janda r15? Sbnrya sih ane ada niatan mw angkat nih motor. Cmn masih bimbang ini atau D-Tracker. Soalnya di Jatim harga jandanya r15 menggodanya mang. Hehehe

  13. Yah begitu lah…kby salah strategi..harusnya kalau kby mw review R15 bilang aje..minjem mw gw tawarin temen kantor. Gw bawa dulu motornya..hahaha

  14. Sama kang r15 ane th 2014 km 10k. Cuma laku 17,5 hiks. Sekarang make new cb se. Padhal enak banget motor yamaha servis di beres lebih meyakinkan dari pada beres honda. #pengalaman

  15. Sejatinya motor 20juta keatas is bad 4 bussiness. Event kelas matic. Coba aja tawarin vario150 ato nmax ke showroom terdekat.

  16. Laku berapa emg mang motor r15nya? Pertengahan thn ini jg saya asalnya minat meminang r15 2nd, tapi gara2 ada yg jual z250sl 2014 2nd kondisi kinyis2 seharga 27jta, akhirnya saya pindah ke lain hati dan lebih milih z250sl. Hhe. Btw tp emg harga 2nd mtr single silender hancur lebur mang. Kalo mau jd calo / pedagang motor bekas mending stock bebek2an am matic 125 cc aja mang, asalkan harganya wajar sesuai dgn kondisi pasti ngejualnya bakal cpt.

  17. CBR150R K45A juga sama kang harga secondnya anjlok, untung punya ane waktu itu masih laku 25jt ?
    Tapi abis modif sekitar 8jt pakai part dan aksesori yg ori / berkualitas ?

    Punya temen ane cbr150 k45a nya malah cuma laku 18jt tahun 2015 juga, yg parah cbr 250 single keen eyes punya temen juga cuma laku 20jt padahal buat modifnya abis jutaan juga ?

    Yg aneh Nmax pasaran secondnya masih manteng rata2 diatas 20jt depresiasinya rendah banget dibanding harga barunya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..