CBR

Down Payment Nol Pabrikan Motor, Gak Cuma Satu Merek Saja

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Indonesia memang memiliki market share kendaraan roda dua yang luar biasa, populasi alias jumlahnya dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbanyak di dunia.. Down Payment Nol salah satu penyebabnya?

kredit-tanpa-dp-suzuki.jpg

Hal tersebut tak dapat disalahkan mengingat saat ini transportasi belum lagi sebaik negara negara tetangga, demi kemudahan bergerak alias mobilitas di era yang super macet ini, roda dua menjadi pilihan yang sangat bijak saat ini. Itu mengapa produksi roda dua di Indonesia masuk dalam kategori superb, ceruknya sangat nikmat untuk diraih.. Kemudahan dalam mendapatkan unit pun berlomba lomba diberikan oleh dealer sebagai kepanjangan tangan produsen dari sisi penjualan produk.

DP nol motor honda

Nah, banyak yang menuduh kalau produk sayap kepak itu laris karena “curang”, curang di sini maksudnya adalah memberikan DP alias down payment rendah bahkan nol alias gratis pada setiap pembelian produk terutama skutiknya.. Opini KBY? Sejauh yang KBY perhatikan, praktek di lapangan sih sama aja ya, yang menuduh kayanya maennya kurang jauh hehehe.. Artinya apa? Praktek setoran rendah atau nol itu gak cuma Honda, merek lain seperti Suzuki dan Yamaha pun juga melakukannya..

cicilan motor yamaha
sumber: dede yusup

Thus, fair and square dong? Gak cuma merek sayap sebelah doang yang boleh..Pabrikan lain juga melakukannya wkwkwk. Lalu kenapa skutik Honda yang lebih laris? Karena kekuatan leasing mereka? Itu juga betul, tapi kan  semua merek melalui dealernya sudah melakukan usaha yang sama, yaitu DP Nol? Nah kalau kenapa masih kurang nendang penjualannya, itu mah silakan dikembalikan ke pabrikan masing masing.. Apa yang salah? Modelnya kah? 3S nya kah? Harga bekasnya kah? Cicilan tinggi kah? dlsb..

cicilan motor yamaha dan honda
sumber: dede yusup
cicilan motor yamaha
sumber: dede yusup

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements
About Kobayogas 3231 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

69 Comments

  1. Wow kk wow menohok sekali wow, masih aja banggain skutik premium yang penjualannya kalau dihitung pemasukan gak melebih pario(bahkan ditambah ekspor sekalipun)
    Kasihan yamaha kalau yang bela cuma orang yg sdm-nya kayak permana triaz,putra al quff, triatmono sama ngabidin yang kerjaannya ngider cari2 dp nolnya si ngahaem, angsuran murah si ef i ef, mending yamaha tu buat skutik yang bener2 nyaman dulu dah, yang bener2 reliable buat orang Indonesia. Kalau mau bisa kok, sayang kayaknya memang gak niat aja. Jualan gitar aja sana.

  2. Mbok ya dibahas yg beli cash donkz AA Kobay! Kemudahan dan kesulitannya! Please dech! Mana yg termudah n menguntungkan mana yg tersulit n merugikan!

    • kayanya udah jelas sih neng, hehe.. pernah juga sih bahas di artikel sampe lupa artikel yang mana hehehe

  3. ane pernah bandingin kredit motor yamaha sama honda kok bunga kredit motor yamaha lebih mahal ya. padahal DP motor honda lebih murah.
    #perasaan artikel mng kobay sering banget nyindir FBY, kayaknya sakit hati banget kalo honda di bilangin macem² ya? n gak pernah tuh nyindir FBH kalo yamaha yg dibilangi??

    • Wkwkwkw.. sbnrnya gak juga.. kalau sering mantau sih sama aja 11-12. Cuma kalau fby seneng aja ay ledeknya.. lucu sih …kekekkee

    • Menurut ane masih mahalan F*F dibanding Ad*ra..dwmgan tenor dan dp yg hmpir sama total bunga yamha 17% an..honda 20 an %..ini kejadian saya ambl new soul haaga masih 15.500 juta dp 7,5 juta civilan 14 bulan perbulan 8 ratusan

    • Kalau yamaha yg ga laku kaya soul gt, gt125 emang yamaha berani kasih diskon gede.
      Tapi misal produk laku, ane pernah bandingin vixion vs cb. Harga cb lebih mahal cashnya, tapi lebih murah dikit kalo dicicil panjang.
      Kayanya yamaha selalu ambil kesempatan ambil untung banyak pada produk mereka yg laku

  4. hehehehe … Mang Kobay ajakin maen yg jauh dong tuh biar wawasan dan inpoh FBY akurat dan gak cuman pake kacamata kuda

      • Anjir,mang kobay gak pernah nyindir fbh?sering kali pake banget,cuma emang fbh itu rata-rata tenang dan bisa kuasai situasi,tapi kalo fby,kena dikit aja langsung dah jadi berapi-api.

      • cerdas huahahahaaa.. biasanya yang komen gini ada di tengah, dia lihat kesana dan lihat kesini, jadi tau kedua belah pihak kek gimana, yak gak? gak ya? wkwkwk

      • hahaha,tau aja mang,saya sering main kesana kemari,cuma kesana karena kepaksa,nyesek mang main kesana,ada yang bahas cuma 1 merk, ada yang nyebut blogger honda,ada yang cuma jelek2in produk honda ahm,ini blog macam apa,saya tahu produk honda ahm emang gak bagus2 banget,tapi apa dengan jelek2in produk honda ahm terus berarti pesaingnya itu lebih bagus?i don’t think so, jadi buat bapak2 blogger yang kentara banget bela vendor y, jangan gitu lah pak,kasian produk yamaha yang bagus2 gak laku gara-gara bapak2 ini.

  5. Bukan cuma faktor kredit doang mang. Dari pengalaman orang-orang sih beli motor yamaha secara cash susahnya minta ampun..

    • tull,, ane kemaren mau beli nmax cash aja disuruh nunggu 1bln atw 3 bln ya(tepatnya lupa). susah nyari² dealer yg bisa beli cash.

      • Taun 2011 ané mbil cash vario tekhno nunggu 2 bulann..itu juga ngider sampe 4 déleur..muka mbak2nya jutekk

      • kebetulan sya ambil v150 2016 cash…
        gk dipersulit…malah saya yg nunjukin jalan kerumah waktu mobilnya ngangkut tuh motor.. tpi seblum bli paman saya telpon beberp dealer utk bandingin hrga.. dpt yg murah dan nego lwat telpon..lgsung kedealer..

  6. haha diangkat nih masalah begini ama mang kobay, iya lucu mang pabrikan punya teknik marketing 0 DP kok pada koar2 katanya honda curang gimana nggak laku, wong dp 0, lah kenapa gak ikutin caranya honda aja, dan ternyata emang ada kan merk lain pake teknik yang sama tapi penjualan masih kurang moncer, harus diselidikin penyebabnya tuh

    • kalo itu udah dr dulu. gak cuma yamaha, honda juga bisa. biasanya di dealer ada pembeli motor sekennya.semacam kerja sama gitu, antara juragan motkas sama dealer.

      • Trit apa mang? Penasaran. Asli jijik sama triaz. Ane baca semua blog dr pro honda dan pro yamaha, tapi para gerilyawan yamahan tu ngelesnya kaya eekkk yg g logis.

  7. Lama lama baca dari banyak postingan emang kobay terkesan sering serang fby sih, mungkin kobay bukan fbh cuman lebih terinfluence saja… Dan baiknya juga hal begini ini ndak usah dijadiin artikel blog kesane cari gara gara

    • kekekeke.. gak cari gara gara, ini justru menginfokan jangan sampe salah kira kalau cuma Honda yang ngasih DP rendah atau Nol, kalau sampai dapat info salah bagaimana konsumen yang pengen beli merek lain mau maju ke dealer? udah takut duluan kan? “Yah merek laen ga bisa dp ringan, ya udah ke honda aja deh”.. siapa yang dirugikan coba jadinya? wkwkwkwk..

  8. Sebenernya masalahnya bukan di DP 0 tapi hasil ahirnya silakan dihitung dan di bandingkan cicilan motor syap kepak lewat F*F ketika dihitung total nya profit magrin nya lebih murah dari leasing lain. Smentara kompetitor blum ada leasing suport yg brani sperti itu. Kalau DP mah 11-12 lah smua pabrikan.

    • #FIF bisa gitu karena biaya tahunan mereka untuk internal system mulai tahun 2015 akhir sudah mulai berkurang sampai 80%!! <– kalo di konversi hemat minimal 1.5 M s/d 3 M Yearly.. Biaya build up cabang baru juga jauh lebih murah dan real time..
      # Dealer Honda Cengkareng + Bandung juga begitu.. sudah dari taun kapan, kalo ga salah ane udah jelasin di salah satu blog.. penghematan mungkin sudah mencapai 6 M pertahun (dibanding 2010 an).. jadi jangan heran kalo Honda lebih royal untuk Advertisement dan Event2 di pulau Jawa-Bali.. kalo luar jawa-bali ane kagak tau :p

  9. Daripada musingin DP mending kompetitor buat leasing sendiri yg harga dp dan cicilanya bisa bersaing dgn leasing utama sayap kepak F*F. Toh marginnya pada gede gede ko tu leasing. Daripada bergantung sama leasing lain. Toh mau dipungkiri atau tidak mayoritas beli pada ngutang

  10. Mestinya dibikin survey kenapa orang2 lebih memilih honda beat dibanding yamaha mio series ataupun suzuki nex. Pasti bukan karena DP murah karena merk lain pun banyak yg menawarkan DP murah, coba lirik honda CBR 250 yg dapet potongan harga 10jt – 15jt apakah laku? 😂

  11. konsumen pinter pasti pilih cash dibanding kredit,

    Nah, bagi pabrikan yg mempersulit konsumen beli cash, yahh terima tuh karma penjualan anjlok,,,,hehehhhh

    Ingat, pembeli adalah raja, ketika merk sebelah bisa cash/credit, langsung deh konsumen balik kanan.

  12. Honda DP 500ribu.
    Yamaha DP 600ribu.
    beda tipis.

    BTW,
    seingatku, tahun kemarin dealer utama Yamaha Jember pasang baliho gede dengan tulisan “DP 0%” untuk pembelian Mio,
    sayang gak sempat difoto.

  13. wkwkwwk sis mainnya kurang jauh nih !!!
    ruang lingkupnya cuma kumpulin brosur 😆
    yg main DP 0% siapa yg mulai duluan ?
    nga fair donk dibandingin ama yg uda nyolong start duluan setelah itu yg lain ditekel dengan price fixing ala kartel kemudian dikombinasikan dengan cara marketing yg super ala MT(baca Sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga ) :mrgreen:

    • Akhirnya ngikut juga kan?? Ga usah yg liat mana yg duluan..intinya pinter2 dagang..beresss..percuma unjuk2an mulu..yamaha tuh produk bagus..tapi ha sepinter tukang jual honda( gue pengen bilang goblog tadinya) …

      • wkwkwkw
        sok liat brosur duluan 😆
        inti yg tak terlihat oleh sis dan ente adalah 1000 candi tidak bisa dibuat dalam semalam (rome wasnt built in a day, but it burned in one 😈 )

      • Ah ente nyimpangnya kejauhan sis, pinternye keblinger buat twisting.. gatel juga buat Komen wkwkwkw.. udah jelas yg dibahas itu sistem promonya saat ini.. emang bener Honda duluan, tp yg ay bahas sis, bukan kapan atau siapa duluan..saat ini semua punya kesempatan yg sama, promo yg sama.. alasan cuma ngahaem dan leasingnya yg ngelakuin udah gak relevan.. kecuali ay buat nih artikel dulu dulu..okey sis? Wkwkwkw..

      • Thus, fair and square dong? Gak cuma merek sayap sebelah doang yang boleh..Pabrikan lain juga melakukannya wkwkwk. Lalu kenapa skutik Honda yang lebih laris?
        ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
        wkwkwkwk
        edisi lupa tulisan sendiri 😆

  14. Wekekekekek… awas mang ntar ada artikel tandingan…
    Di tangsel jg banyak tuh mio m3 dp mulai dr 0-500rb…
    Di ajak ngopi bareng2 aja mang biar adem….

    • Hehe..Udah sering kok dulu .. cek aja artikel sonic vs fu, sonic vs satria, cbr1000rr, ada kok orangnya hehehe

  15. ckckckck sbnrnya yg memperkeruh suasana disini fby/sales Y, mereka kalo nyocot (baca : menuduh) gk pernah berdasar, ngambil sample sebiji dan dia klaim sudah mewakili semuanya, coba deh kalo ngambil sample pake pendekatan “slovin” biar pada pinter mereka,

    Kalo perlu pendekatan2 lain macam SWOT, matriks BCG, dan marketing mix, krn gw yakin bukan produk yamaha yg jelek tapi kualitas SDMnya yg ancur lebur terutama SDM bagian pemasaran,

    #ketika_mahasiswa_ekonomi_berkhotbah

  16. Yamaha mempersulit konsumen yang mau ambil cash, pengalaman pribadi waktu mau ambil Fino gak jadi krna di paksa credit, padahal unitnya ready tapi katanya udah punya leasing terkenal A****, balik kanan pindah ke Scoopy FI…
    owh iya Dari segi teknology Yamaha masih kalah jauh dari honda, sebut saja Stand Switch, baru nongol di Mio M3, di honda udah dari jaman BeAT pertama, dan yang paling menarik adalah Idling Stop sistem ngebantu banget soal keiritan di Scoopy. di Yamaha baru nongolin patenan aja…
    ane gak belain Honda, ane hanya ingin Yamaha bisa membuat gebrakan baru, bukan hanya gonta ganti striping dan warna doank…, dan harus berbenah diri dari mulai Sales sampe produknya, tuh triatmono dan dharmo dkk gue yakin banget itu mereka yang bikin YAMAHA BUDEG GAK BISA INOVASI KAYAK jaman Jupiter MX135, Vxion, dan Mio pertama nongol…!!!

  17. Buruan napa mang bikin artikel lg, biar nih artikel ga di atas mulu…..

    Kasian noh FB sebelah kozel”…..

    DP sama 0% tp tetep ga laku juga produknya…

    😅😅😅😂😂😂

  18. Sekedar nimbrung..

    Honda ada dp 0% karena permintaan masyarakat sendiri.

    Yamaha ga pernah liat pasar. Padahal tiap tahun soal ekonomi indonesia, banyak laporan soal penopang ekonomi itu ads di mikronya..

    Di kampung saya..

    Beli yamaha, baru ngomong dan deal belum ambil duit buat dp di bank motor dah sampen duluan.

    Honda (fif) malah sulit. Harus survey,bahkan saat bilang mau apa disurvey,mampu beli cash, tetep disurvey.

    Padahal niat beli cash berhubung ga ada warna itu,harus kredit baru bisa.wkwkwkw

    Sudahlah… Biarkan dunia berputar. Urusan motor aja kok ribut..

    • Skedar info, yg mulai perang dp nol itu yamaha. Yg laku krn kreditan jg yamaha. Itu knapa ampe skarang mindset marketing yamaha, jual motor hrs kredit.

  19. Hayahhhh…. statement org pekok dibahas. Ni pekok ngakunya spesialis 2 tak, blg honda nova 2 tak. Hah? Sejak kapan? Msh aja koar2 ga jelas. Gatau malu.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..