CBR

Contoh Beda Tangan Kanan Beda Hasil Konsumsi BBM Lads..

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kadang kita suka dibuat bingung, beli motor diklaim irit tapi ketika kita sudah memakai sehari hari kok realitanya jauh dari ekpektasi.. alias gada irit iritnya.. Sebelum menyesal tentu ada yang perlu kita ketahui terlebih dahulu lads.. Sudah benarkah gaya berkendara kita? Hehe

Yamaha NMax non abs

Pengalaman ini KBY alami sendiri dan sebenarnya sudah beberapa kali kejadian tapi baru kali ini KBY share agar bisa menjadi pembelajaran dan tambahan wawasan bagi kita semua. Kita akan bicara konsumsi BBM di luar konteks kondisi motor ya, artinya anggapannya adalah motor yang kita miliki dalam keadaan sehat wal afiat, terawat, kondisi mesin dan kaki kaki hingga ban dan tekanan anginnya semua oke punya.

baca juga:

Habis Ganti Ban Bagus Kendaraan Jadi Lemot Dan BBM Boros?..Β 

Ada kalanya KBY menggunakan secara bergantian New PCX Sniego dan NMax Frozen, tergantung mood lagi pengen pake yang mana, biasanya kalau lagi pengen kenyamanan dan diliatin banyak orang pake PCX, maklum motor aneh yang overpriced so stands out among the crowds dah kwkwkw.. Sementara kalau lagi kangen sama tendangan VVA dan handling maka si NMax yang KBY pilih..

konsumsi bbm NMax

Nah kali ini yang akan dibahas adalah konsumsi BBM dan bintangnya adalah Yamaha NMax sesuai foto lads.. Karena gantian pake maka ada saatnya si Frozen juga dipakai bini alias nyonya besar.. Ada yang bertanya tanya melihat angka pada MID (Multi Information Display) pada speedometer NMax, kok bisa irit hingga 1:45.6? Bagaimana caranya bisa irit begitu? Ada yang ngaku dapat 30 kurang, ada yang 40-an juga.. Berarti NMax irit dong kang? Hehehe.. ini dia rahasianya..

Angka 1:45.6 didapatkan karena KBY menempuh jarak relatif dekat, tidak sampai 4 kilometer, yaitu sejak isi full tank di SPBU Cipinang Ps Gembrong kemudian direset dan dikendarai sampai rumah di duren sawit. Kondisinya jalan lancar, gas dirunut, jalan santai, dapat deh angka yang termasuk fenomenal tersebut hehehe.. Sementara aslinya kalau dipakai harian dan kena macet, si Frozen cuma dapat 1:30-32 saja.

screenshot_20160921-193726.png

Kemudian ada juga yang bertanya tentang foto bagian bawah, kok angka pada MID nya jadi drop banget kang, cuma 1:25.7?? Boros dong Yamaha NMax? Nah kalau ini kondisinya memang Nyonya KBY yang bawa, yah tau sendiri kalau cewe bawanya gimana, gas pol rem pol, ketemu polisi tidur, rem pol, kemudian langsung gas pol lagi..Terus biasa manteng gas sambil tarik rem, kayanya haram banget buat tutup throttle wkwkwk..

Ditambah, jaraknya dekat dekat, paling cuma satu kilometer doang, jadi si mesin gak pernah mendapatkan kinerja optimal dan kecepatan pun gak pernah konstan.. Membuat konsumsi BBM nya menjadi drop.. Hal ini sekaligus menjelaskan riding style juga berpengaruh lads.. Gimana tangan kanan loh kalau konsumsi bbm itu. Jadi sudahkah tangan kanan lads disekolahkan? hehe.. Kalau sudah dan masih boros juga berarti memang ada yang salah tuh..

Oia angka 1:25.7 itu sudah hasil “olahan” KBY, sebelumnya pas NMax mau dipake angka MID ada di 1:22,4!.. Bikin boros gampang, bikin angka hemat susaahhh..

Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements
About Kobayogas 3232 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

37 Comments

    • yup sekenan eks cewe harusnya lebih murah
      motor bebex cm pake gigi tiga, motor matik ya seperti yg kobay blg, mobil matik cuma pake D, mobil manual bau kopling

  1. pemakaian dlm kota kecepatan 40kpj kebawah plus macet alamat MIDnya cuma dpt 30han kebawah. kalo pemakaian luar kota jalan lenggang, panteng gas 50an kpj ke atas bisa dapat angka MID 40-48 lebih. kalo pemakaian luar kota gaspol kecepatan 80-120kpj, gak macet biasanya dpt angka mid 35-38. *bbm pertamax jarak ratusan kilometer.

  2. kang….cerita hantunya di blog sebelah ko g da lagi kepriben iki….ane fans berat cerita hantunya……wah wah….kepriben iki. iso2…. diantem gedang goreng jenggoten kang heheh

  3. ini pasti artikel bayaran buat ngeBece nmax!!!! dasar blogger ternak ngahaem!!!!

    peace om…… hehehe

  4. kadang cewe jarang ngebut tapi bbm boros, suka nggak mau nutup gas, abis poldur ngegasnya ampe mentok kebawah,abis itu poldur lagi rem pol, abis itu gas pol lagi, edann

  5. pernah liat topgear yg 1 mile race nggak? mereka coba gaspol pake prius dan ada bmw M3 dibelakangnya, si M3 cuma disuruh ngikutin prius yg gaspol, setelah 10 lap, si prius 27mpg sementara M3 29mpg(lebih irit), kesimpulannya “it’s not what you drive, it’s about how you drive”

  6. Lhoh Om…aye biasa manteng gas sambil ngerem…bukannya lebih irit ya daripada tutup throtle kmudian dibuka lagi..apalagi di metik,,klo abis tutup total throtle,,dibejek lagi kayak ngeden

    • jangan di bejek, gradual.. buka pelan, kecuali ya terburu buru wkkwkw.. throttle ditutup itu injektor stop supply bbm..

      • Maklum om,,matik cc kecil,,klo gak dibejek ya gak jalan…
        Klo rumus metik aye mah,,throtle lepasin gradual tapi gk sam

      • Maklum om,,matik cc kecil,,klo gak dibejek ya gak jalan…
        Klo rumus metik aye mah,,throtle lepasin gradual tapi gk sampe full,,setelah melewati poltur,,rem lepas,udah ngacir deh tanpa buka throtle lagi πŸ˜€ boross bagi aye,,boros rem πŸ˜€

  7. malah ada yg iklan di radio motor matik baru 110 cc tembus 100km/liter. ini adalah suatu pembodohan publik. biasanya yg melakukan pembodohan adalah penjajah.

  8. Kalo ane harian rata2 pasti di atas 1:40, rekor 1:50 pas ane bawa ke Bali kang.. Kalo ane pinjemin ke org lain pasti kisaran 1:32-35 wkwkwk.. ane sendiri bkn tipikal pengendara yg lemot, lbh seneng “ngayun”

Yuk Tinggalin Jejak Lads..