CBR

Yamaha NVX 150, Sang Super Sport Scooter Penjegal Honda Vario?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Yamaha sampai saat ini belum memiliki senjata mematikan untuk menjegal penjualan Honda Vario series, baik 125 maupun 150cc.. Di tetangga sebelah, Vietnam, hadir teaser Yamaha NVX 150 yang masih dibalut siluet penuh misteri.. Ini kah jawaban untuk menantang Honda Vario?

yamaha-nvx-150-headlamp.jpg.jpg

Ya belum lama ini Yamaha Vietnam memberikan teaser yang sesuai namanya teaser alias beneran menggoda dan penasaran untuk melihat sosok skutik yang digadang gadang berembel Super Sport Scooter dari Yamaha ini.. Namanya sih sudah diketahui yaitu Yamaha NVX 150. Dari deretan tiga angka di belakang nama NVX sepertinya sudah sangat jelas ya kalau calon skutik terbaru pabrikan garputala ini akan diperkuat dengan mesin berkapasitas 150cc.. Yuk kita intip produk pre-launch nya..

DESAIN YAMAHA NVX 150

Meski pada video terlihat sang calon skutik terbaru Yamaha ini masih dibalut dengan kesan hitam sangar untuk menutupi sosok jelasnya, namun paling tidak kita bisa sedikit mengintip beberapa poin yang dimiliki oleh Yamaha NVX 150 tersebut. Poin desain yang menurut KBY dapat menjadi modal kuat sang Super Sport Scooter untuk menjegal penjualan Honda Vario terutama Vario 150 di Indonesia..

dari sisi ini ada DNA yamaha Aerox
dari sisi ini ada DNA yamaha Aerox

Dari depan dan samping depan Yamaha NVX 150 terlihat memiliki DNA Yamaha Aerox 125, tapi itu hal yang bagus, karena desain Aerox dari sisi itu cakep kok. Poin poin lainnya adalah:

  • Garis desain tajam nan sporty dan bagian buritan lancip
  • Lampu depan sudah LED
  • Lampu rem diprediksi kuat sudah LED
  • Suspensi monoshock di tengah, bukan dipinggir
  • Dek tengah tidak rata
  • Mesin diprediksikan 150cc VVA serupa dengan Yamaha NMAx

Seperti biasa, karakteristik Yamaha cenderung lebay dalam membuat tagline.. hehe.. Emang sih biar efek wow-nya dapat, tapi kadang suka jadi bumerang sendiri.. Misalnya pada Yamaha NVX 150 ini, super sport scooter? Itu bagus, tapi masa super sport rem belakangnya teromol? Gak kena kan? Meski bisa jadi tajuk super sport ceritanya lebih ditujukan untuk performa dari sisi mesin dan handling.. Khas Yamaha..

andai rem belakang cakram, pasti valuenya bertambah
andai rem belakang cakram, pasti valuenya bertambah

SPESIFIKASI YAMAHA NVX 150

Meski belum diluncurkan, tapi KBY cukup yakin kalau mesin yang akan diusung oleh Yamaha NVX 150 tersebut akan serupa dengan milik Yamaha NMax, yakni 150cc dengan VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat tenaga beringas ketika kitiran RPM mencapai 6000 dan terus hingga batasnya.. Di NMax, mesin ini sudah terbukti sukses berat dari sisi performa, jadi tidak ada alasan kuat Yamaha NVX 150 tidak menggunakan mesin fenomenal tersebut..

headlamp-yanaha-nvx-150.jpg.jpg

Rem depan cakram namun belakang teromol, sebenarnya tidak masalah, toh yang dituju adalah Honda Vario dimana sama juga belum menggunakan disc brake di belakang.. Dari sisi performa rem sih gak masalah, hanya dari segi estetika saja.. Toh masih ada senjata lain selain sektor rem yang dapat digunakan Yamaha NVX 150 dalam usahanya menjegal penjualan Vario..

lampu depan LED
lampu depan LED

Lampu depan Yamaha NVX 150 sudah menggunakan LED, tapi dari video terlihat juga kalau lampu rem sudah menggunakan LED.. dari desain dan bentuk yang menggunakan mika bening, kurang lebih seperti penampakan pada lampu rem Kawasaki ER6N hanya berbeda bentuk.. Nah fitur ini bisa menjadi added value bagi NVX lads… Apalagi? Ada tombol di setang kanan, kemungkinan tombol SSS (start stop system, ISS-nya Yamaha).. So dari sisi ini modal fitur sama kuatnya..

Suspensi monoshock di tengah, posisi shock belakang Yamaha NVX 150 persis seperti Yamaha SMax, tunggal namun tidak dipinggir seperti skutik kebanyakan.. Artinya satu lagi keunggulan NVX 150 mengingat posisi tersebut secara teori akan membuat handlingnya lebih mantap dibandingkan skutik sejenis di kelas yang sama.. Fitur lain yang belum sahih kebenarannya adalah smart key, seperti Yamaha Janus, dikabarkan Yamaha NVX 150 ini juga akan mengadopsinya..

yamaha-nvx-150-samping.jpg.jpg

Sayangnya, dek depan tidak rata, ini dia.. tidak seperti Honda Vario 150, Yamaha NVX 150 tidak memiliki dek rata di depan.. Jadi dari sisi ini, kurang tepat kalau ingin membenturkan skutik sport ini dengan kompetitor.. Dek rata disebut sebut lebih akomodatif karena bisa menyimpan/ membawa barang.. misal beras 2 ton.. eh. Kita lihat apakah nanti perihal dek rata ini akan mengganggu keinginan calon pembeli?

Akan kah Yamaha NVX 150 masuk ke Indonesia? Prediksi KBY sih yes, mengingat kebiasaan Yamaha yang tak sekali dua meluncurkan produk barunya di Vietnam terlebih dahulu dibandingkan Indonesia.. So, apakah berarti NVX akan dibuat di Indonesia? KBY positif iya.. Kita tunggu saja informasi selanjutnya lads.. Nah kalau hadir di Indonesia menurut lads bagaimana? Mampukah mengganggu penjualan Honda Vario?

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3357 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

46 Comments

  1. Berpengaruh sih…tp dikit, karena ya itu…beda karakter dari konsumennya. Kalo kebanyakan orang Indonesia lebih ngeliat fungsi, maka desain Vario udah paling oke. Yang milih NVX lebih ke style-fashion-sport…dan golongan itu lebih sedikit daripada yg hanya melihat fungsi…

  2. panigale dan er 6 , posisi rear damper tidak di tengah apakah mereka handling nya tidak bagus
    kah mang kobay ? hayoo coba jawab……

    • Kalau panigale ga tau, no comment soalnya blm pernah nyoba..hehe..

      Kalau ER6N mah emang jelek handlingnya.. yg bilang bagus pasti punya dan sering make wkwkwkj

  3. ah paling nanti jg ada yg ngeles ini beda segmen sama pario, ini maxi skutin sedangkan pario skutik biasa… dek-nya jg beda, bla bla bla… 🙂
    menurut ai jg sih ini lbh kpd Nmax versi sport… jd klo mau yg elegan ada Nmax, klo mau yg sport ada NVX.. good job dah klo begitu mah… 🙂

  4. Soal “dek rata”, sepertinya Yamaha mau konsisten dg tagline “sport”.
    Yg namanya sport vehicle ya wajar kalo nggak mikirin buat ngangkut barang lah… 😀

  5. sok tau segmen baru. dari dulu jg dah ada matik sport, beat the compact sport matic. yamaha bs nya ngekor doang

  6. yang bakal terasa mengganggu nmax kang
    vario cuma ketowel aja, krn susah bayangin laku puluhan ribu unit per bulan

  7. Gimana kalo nanti ternyata Aerox 155 ngoahaha kalo NVX rada gmana gitu kaya singkatanya New ViXion wkwk

  8. Yamaha masa hidup matic nya cepet bgt si ..jadi harga second nya ancur2an ..
    Sama kayak Android ..3 bulan sekali nongol seri lanjutannya
    Yg baru beli jadi kayak ketinggalan zaman

  9. Saat ini anak muda banyak yang nyari nouvo sekend dan diperindah kembali. Sepertinya NVX ini menyasar konsumen anak muda dan orang tua gaul dengan dek tidak rata keuntungannya kaki bisa lebih enak selonjoran seperti Nouvo dan NMax

  10. Minusnya sementara ini cmn di dek yg ga rata menurut saya

    Sebenarnya dek ga rata ada nilai plusnya…
    Yakni kaki tetap bisa berpijak nyaman kalau bawa barang agak lebar…

    Saran saya ke yamaha…
    Dek ga rata ga masalah
    Tp sisi yg menonjol di dek yg di ratakan
    Gampanganya bawa tas ransel, kardus aqua ga merosot ke samping + kaki tetap bisa nyaman di dek

    Good luck bwt yamaha

  11. Iklannya lebih lebay.. jalan di dinding.. roket aja kalah.. Konsumen cerdas mana mau percaya wkwkwk…

  12. Dari TPT ada versi abs’nya juga ya Om. Kemungkinan besar gap harga antara NVX atau GDR abs dengan non abs bisa lebih kecil daripada Nmax abs dengan non abs kalau memang menggunakan drum brake di belakang. Pertama, cost tromol dengan cakram sendiri jauh beda. Kedua, abs lebih efektif dan logis bekerja di disc brake, sehingga kalau ada versi abs kemungkinan besar hanya untuk rem depan. Tentu cost abs pada rem depan lebih kecil daripada abs di rem depan dan belakang dengan penghematan komponen, sensor, dan penyederhanaan modul abs beserta pompa atau aktuatornya.

    Tapi ada yang aneh juga sih. Basisnya Nmax. Kenapa ga double disc sekalian. Secara cost untuk massproduction bisa lebih ringan jika common part dengan NMax. Curiga kalau versi Ina double disc.
    Kecurigaan kedua, versi non abs single disc brake merupakan paket hemat sedangkan versi abs double disc brake atau tetap single sebagai flagship (scooter lokal ber-abs).

    Kecurigaan ketiga, ada hubungannya dengan penantang dari Honda yang pastinya tersedia versi CBS. Abs paket hemat (front brake only) pasti mengalahkan CBS secara performa walau dibayar dengan perbedaan harga diatas 1-2jt. Tapi ABS pasti lebih terasa premium dibandingkan dengan CBS.

  13. Skutik sih gpp rem belakang tromol..
    Byson tuh yang harusnya dipakein cakram belakang..
    Body udh keren, tapi hancur wkt liat bag belakang..

  14. Shock na 2 kang, bukan monoshock..tp mirip nmax klo g salah, coba cek lg.. punten bilih lepat ma

  15. Super Sport Scooter vs Vario Techno + 150 ?
    YIMM mungkin lupa kalo skutik itu segmen pembeli kebanyakan wanita
    or keluarga di mana anak kecil bisa berdiri di depan. Sesimple itu.
    Buat ibu rumah tangga yg tiap sore ajak jalan anak” …
    Kalo lihat bentuk super sport scooter lebih mirip ke NMAX dan PCX
    Kurang praktis kalo mau bawa anak or bawaan …
    Bisa jadi super sport scooter itu diferensiasi dari NMAX
    Kecuali harga mirip dgn Vario ya bisa head to head …
    Tapi kalo desain spt itu, lebih ke stylist drpd fungsionalitasnya …
    Ndak tahu ya ntar kalo sudah muncul …

  16. Dek depan g rata g mslah..asal bagasi jok luassss..n bnsin didpan ky nmax..g prlu turun kl lg minum bnsin..

  17. wih metik kencang iki, bobot lebih ringan daripada nmax, mesin sama 150 cc + vva. motor batangan 150 cc mah eces disalip.

  18. Kok indonesia ga kebagian yamaha S-Max ya? Atau nvx akan dinamakan s-max? Biar max max maxxxxxxxx…

  19. Setelah skutik Kymco dari Negara CINA duluan di Indonesia.

    Lalu Yamaha Nouvo (awal rilis tahun 2000/2001) sebagai SKUTIK BRAND JEPANG pertama yang hadir di Indonesia, namun Yamaha Nouvo yang “tidak ber dek rata” kurang mendapat respon.

    Menyusul Yamaha Mio (awal rilis tahun 2003/2004) yang “ber dek rata” disambut positif dari pengguna motor tipe sport dan cub/bebek. Dan ini lah awal kejayaan skutik dek rata brand Jepang yang akhirnya bisa menggeser market motor cub/bebek di Indonesia. Namun akhirnya sampai sekarang 2016 Yamaha Mio semakin terjepit oleh “skutik follower” ber dek rata (sesama brand Jepang) dari Honda yaitu Beat series dan Vario series. (Vario 110 dan Beat awal rilis sekitar 2006/2007).

    Disaat sekarang skutik Honda berdek rata (Beat series/Vario series) telah merajai market, pelan namun pasti Yamaha NMAX yang awalnya target “menghajar” Honda PCX CBU, malah mulai merubah mindset dan berhasil menggerus market skutik dek rata range harga17-20 jutaan semacam Vario series dan juga termasuk menggerus market motor sport range harga 20-30 jutaan.

    Sepertinya “konsumen sekarang sudah mulai agak bosan dengan tampilan skutik dek rata” dari Honda dan Yamaha yang modelnya begitu gitu saja, maka dari itu setelah boomingnya Yamaha NMAX melanjutkan sang legenda Yamaha Nouvo, harusnya Yamaha Indonesia bisa cepat membaca gelagat kebosanan konsumen terhadap “skutik ber dek rata” tersebut, dengan menghadirkan NMAX bermesin 125cc dan juga secepatnya merilis skutik lainnya yang “berdek tidak rata” semacam Yamaha Nouvo 115, NMAX 150 dan NVX 150.

    • Dibilang menggerus skutik dek rata ada benarnya walaupun gak signifikan, soalnya penjualannya tetap besar, kayaknya yang signifikan kena itu justru sport 150cc seperti yang mbake bilang.
      Menurut saya pribadi teruskan usahanya Yamaha, saat ini mungkin belum terlihat wow banget, tapi pangsa pasar NMax terbukti ada dan sangat lumayan angkanya. Menciptakan ceruk pasar baru yang angkanya makin lama makin membesar meskipun sulit jadi nomor satu tapi gak masalah yang penting pasar terus ada, konsisten dan gak drop..

  20. Seumur hidup cuman punya dan bawa motor supra jadul,belum pernah punya dan kali kali bawa motor temen merk yamaha,kymco,bmw,kawasaki,suzuki.
    Pas komen tentang vario kayak nya dia paling tahu dan bagus.tentang mesin tdk tahu,review mesin atau performansi nya tdk tahu.yg tahu supra :awet,irit,jago tanjakan dan loyo.kalau ngomong tentang modif belilah tutup pentil dan sticker HRC…..
    Pembunuhan karakter image dan pencitraan produk.beli kagak.komen mirip sales dan pemilik dealerny..

  21. intinya, motor itu fungsinya untuk mempermudah n mempersingkat waktu, masalah teknologi, style dll cm bonus buat pemikat para konsumen biar pd beli produknya…
    ntu menurut w…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..