Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Masih ingat kasus kartel alias praktek persaingan usaha tidak sehat (semacam monopoli) yang melibatkan dua raksasa otomotif roda dua di Indonesia? Baru dikabarkan kalau KPPU siap menggelar sidangnya lads..

logo honda dan yamaha

Sidang perdana Pemeriksaan Pendahuluan dugaan praktek  persaingan usaha tidak sehat di industri sepeda motor oleh KPPU tersebut rencananya akan dilaksanakan besok (Selasa, 19 Juli 2016, pukul 14.00 WIB). Sebenarnya apa sih masalahnya hingga dua pabrikan raksasa tersebut terseret kasus ini? Coba simak apa kata KPPU di websitenya

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) besok (Selasa, 19 Juli 2016, pukul 14.00 WIB) dijadwalkan menggelar sidang perdana Pemeriksaan Pendahuluan dugaan praktek  persaingan usaha tidak sehat di industri sepeda motor yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai Terlapor I; dan PT Astra Honda Motor sebagai Terlapor II.

Perkara yang merupakan inisiatif KPPU ini digelar setelah KPPU melakukan serangkaian investigasi terhadap praktek usaha di industri sepeda motor yang pada akhirnya diduga mengakibatkan konsumen tidak dapat memperoleh harga beli sepeda motor yang kompetitif. Dalam sidang perdana yang akan berlangsung terbuka untuk umum dan dipimpin oleh Majelis Komisi ini, Investigator KPPU akan membacakan/menyerahkan Laporan Dugaan Pelanggaran (LDP) kepada pihak-pihak yang menjadi Terlapor dalam perkara dimaksud.

Selanjutnya, dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja (jangka waktu Pemeriksaan Pendahuluan terhitung sejak 19 Juli 2016 s.d 30 Agustus 2016) Terlapor memiliki hak untuk menyampaikan tanggapan atas tuduhan dugaan pelanggaran sebagaimana dicantumkan dalam LDP.

Jakarta, 18 Juli 2016
Komisi Pengawas Persaingan Usaha Republik Indonesia

KBY cetak tebal yah yang menjadi sebab musababnya: Perkara yang merupakan inisiatif KPPU ini digelar setelah KPPU melakukan serangkaian investigasi terhadap praktek usaha di industri sepeda motor yang pada akhirnya diduga mengakibatkan konsumen tidak dapat memperoleh harga beli sepeda motor yang kompetitif.

Sementara arti dari Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Berdasarkan hukum anti monopoli, kartel dilarang di hampir semua negara.

KBY awam soal hukum namun dari apa yang KBY tangkap, Yamaha dan Honda dianggap bekerja sama dalam menentukan harga sepeda motor yang seharusnya harganya bisa lebih murah didapatkan oleh konsumen di pasar roda dua.

logo motor jepangOm Leopold pernah bilang, kurleb begini, sebenarnya kalau kedua produsen tersebut dianggap main Kartel, maka bisa dicek juga produsen Jepang lainnya untuk produk di kelas yang sama, apakah harganya terpaut jauh atau beda tipis tipis saja. Jika ya terpaut jauh maka Yamaha dan Honda bisa dicurigai bekerja sama, tapi kalau tipis saja, maka produsen Jepang lainnya pun harusnya ikut terseret juga..

Sejauh yang KBY pahami, untuk produk non Jepang saja lah yang harganya bisa terpaut lumayan jauh di kelas yang sama, seperti TVS dan Bajaj serta Viar.. Kita panteng saja dulu deh kasusnya ya.. Credit to lek Hari. Suwun infonya

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

58 COMMENTS

  1. Hahahahseeek..
    Bisa neken untung perush..
    Masyarakat yg diuntungkan..
    Tapi jalanan akan makin macet…
    Wkwkwkkwk

  2. Tp kan memang main teknologinya beda, jika pake harga seperti viar maka mesin all new cb series near square tidak akan pernah ada, mungkin saat ini kita akan tetep pakek mesin generasi gl series, inovasi memang memiliki harga !!!
    Tp untuk beberapa tipe memang terlalu mahal, misal beat dan vixion, lha secara kasarnya ga ada pengembangan kok harga dikerek terus

  3. Hajarr terus…
    Masak tiap ada motor baru,,harganya naik,,ganti striping juga naik,,beli spesial edition yg ada nama2 sponsor juga beda harganya…
    Smoga cpet terselesaikan…
    Abis tuh pindah ke ranah roda empat…biar mobil2 kaleng gk makin naik harganya

    • Yoi… harusnya edisi repsong, movista or whatever lebih murah, secara mereka numpang ngiklan di motor konsumen..

    • Yoa…sponsor kok malah kita yg bayarin

      Roda 4 sudah di tingkat istana? Ahh roda dua juga udah kok…pasti kayak kmentrian perdagangan dan industri belain tuh masing2 pabrikan

  4. sempet curiga begitu Bang
    soalnya semakin Facelift
    kok semakin Mahal banget
    CB 150 dulu awal Rilis cuma 19 juta
    sekarang udah 27 juta ORT Malang raya
    padahal baru bbrp tahun
    belum lagi kayak CBR, NVA, Ninja 250.
    padhal motor bebeknya bisa istikomah dengan harga yang kempetitif

    mereka seperti memainkan harga untuk meraup keuntungan yang sebanyak2nya.

    bisa2 Sport 150 harga 40 jutaan untuk 5 tahun kedepan

    kalo gini Caranya..
    gimana kita bisa menikmati Moge…???????

  5. Kalo repsol dan movistar lebih murah ya gak mungkin lah.
    Brand itu ada harganya.
    Liat aja jaket respiro polos dg respiro yg ada tulisan tmcblog.
    Mahalan mana
    Itu kan kebanggaan bagi pemakainya

  6. bisa jadi sih ada monopoli harga diantara mereka baik secara langsung ataupun tidak langsung, jadi cuma tau sama tau aja, nggak ada perjanjian khusus,
    motor 150cc aja makin gila harganya,untuk kualitas ya tau sendiri bagaimana

  7. Jiah klo motor makin murah makin sempit aja ini jalan, lagian klo big 4 harga
    dari masing-masing kelas mepet-mepet ko, bisa-bisanya menyebut kartel, noh kartel mah ada’y di Mexico dan colombia, kartel narkoba 😀 hahahaha…

  8. Oh iya aneh coba liat aja aawal R15 dng 28jeti, honda jabanin cbr150 sama 28jeti, eh cuek banget honda 33, yamaha ikutan jadi 30/biasa, 33 ohlins.

  9. klo terbukti kira2 duit gw bs balik gk nih? sisanya aja gpp buat beli layangan sama gelasannya ahihihihi

  10. harus jelas auditnya mulai dari bahan ke proses produksi. btw brand S & K kok ga kena yah, kyny kalo harga motor setipe pada beda2 tipis aja alias mirip.

  11. bukan cuma motor harga bala bala dan gorengan juga naik terus , pakir motor pinggir jalan yang tadinya 1000 jadi 2000 naik langsung 100 persen, harga rumah juga naik terus naiknya lebih cepet dan lebih gede dari kenaikan sepeda motor.

    • Komen diatas ini cerdas dan ane alamin sendiri kang,apalagi soal harga rumah2 komplek tu,gila2an bgt naiknya,apa itu namanya?bubble bukan ya?yang naiknya cuma karena isu2 tanah tambah naik sama isu lainnya padahal njop masih murah.lupa istilahnya.terlalu banyak permainan!huft

      • Sebenarnya factor X yg bisa bikin harga naik itu udah smpt di bahas dan disebut oleh om Leopold..
        Terutama bagi merek merek besar.. Singkatnya biaya marketing nya jauh lbh besar daripada merek Jepang lainnya apalagi non Jepang..

        Merek non Jepang memang bisa jadi benchmark harga yg mendekati real, tp biaya Ina inu mereka juga jauh lebih kecil sehingga harga jual bisa ditekan

  12. tahun 2009 harga honda beat 12 jt rupiah , sekarang 16 jt rupiah , inova g diesel tahun 2009 190 jt rupiah sekarang 310 jt rupiah, harga dolar 2009 10000 rupiah sekarang hampir 14000 rupiah

  13. harga motor2 sekarang udah kelewat mahal apalgi motor kecil di bawah 150cc
    R1 aja yang 1000cc dengan berbagai kelebihan mulai dari suspensi,ban,sasis alumunium beserta armnya dan,elektroniknya sektar 300jtaan
    yang 150cc sasis besi tua suspensi alakadarnya ban lokal elektronik itu2 aja
    dengan berbagai keluhan bisa tembus 30jtaan. edannnnn..
    ncb yang naked tembus 26jtaan. edannnnn

    • 26 jtaan allnew lho. semua baru bukan ganti batok aja… lha yg mesin jadul 2007 dijual mepet allnew apa lebih gk overprice tuh valuenya dimana ??

  14. harga barang manufaktur dalam negri juga naik terus cek aja di supermarket padahal harga bbm termasuk solar industri juga turun tapi harga kok malah pada naikm kalau begini siapa yang harus dilaporkan ke KPPU

  15. harga motor di indonesia termasuk murah honda spacy 15jt. di jepang honda vision(spacy) buatan vietnam dijual 30 jt, @ bang herman di indonesia motor impor kemahalan motor lokal terlalu murah

  16. kalau pake logika dan tolok ukur yang sama toyota daihatsu , nissan dan honda roda 4 juga harus dilaporkan ke KPPU karena produk mereka juga harganya naik terus dan kendaraan yang terjual juga mayiritas brand tersebut

  17. faktor kenaikan UMR juga berpengaruh terhadap kenaikan harga di indonesia kalau tiap tahun naik 10 persen misalnya dalam lima tahun kenaikan minimal 50 persen . kalau dibandingkan dengan jepang misalnya sudah lebih dari 20 tahun umr mereka ga pernah naik.jadi bukan salah honda dan yamaha kalau harus menaikan harga jual nya , karena banyak sekali hal hal di indonesia yang memaksa mereka menaikan harga (bayaknya pemalak berkedok LSM misalnya )
    itu menurut pendapat saya

  18. ..kliatannya lama lama rupiah semakin gak ada/turun nilai keekonomiannya. .
    Mendingan buat shodaqoh or beli tanah /property. .

  19. sukuri aja yg kita punya,

    ikutin nafsu mah ngak ada berentinya.

    liat tetangga kredit motor baru, kepingin,

    liat ada hp baru, kepengin, padahal yg dipake cuma wa dan buat phot-photo aja,

    kalu jatuh sama-sam pecah, ganti mahal juga.

    intinya, ngak ada regulator yg mengontrol harga,

    bahkan jengkol aja yg dulunya ngak ada harganya, bisa ratusan ribu,

    ingat ngak jaman bahule, cabe keriting 1200/kg, kol 500/kg, itu tiap pagi diumumim di RRI

  20. salah satu yg bikin mahal adalah hak paten,

    ahm mesti bayar royalti tiap produk yg dibuat ke jepang,

    walu ahm itu jual produk honda sendiri.

    pengalaman di tempat kerja, kita jual design engineering,

    produk yg kita jual hak patennya msh berjalan, feenya itu sampe 30%.

    padahal produk yg kita jual adalah produk dari induk perusahaan, bukan produk org lain

  21. R6 itu baru 300 jutaan, R1 itu hampir 500 juta….. itu udah plus pajak barang mewah yang sampe 125%
    kalo di LN R6 sekitar 150 an R1 200 an

  22. Ngak ngerti juga, sepertinya settingannya begitu.
    soalnya rupiah dibiarkan mendekati 14rb/1 dolar, harga² kebutuhan spt sandang, pangan, papan naik terus. gaji umr juga naik tp termasuk pas-pasan.
    Berbeda dgn china, nilai yuan rendah, tp rata² barang kebutuhan murah & hampir semua diproduksi disana, gaji kecil mungkin ngak masalah.
    Era jokowi yg masuk kebanyakan investor china.
    Kondisi indonesia sekarang harusnya mendorong peningkatkan produksi dalam negri untuk memenuhi kebutuhan dalam negri dgn harga terjangkau sesuai income kita dan tujuan utamanya export untuk meningkatkan devisa.
    nah devisa tsb bisa digunakan untuk meningkatkan nilai mata uang rupiah, pembangun di dlm negri dan bisa juga investasi ke luar negri seperti “china dan india” yg menguasai saham beberapa perusahaan otomotif besar atau sektor² lain spt pertambangan, perminyakan, transportasi, infrastruktur, properti dll.
    Mungkin ini grand desain pemerintahan jokowi. Namun pr-nya hrs menjaga harga² kebutuhan dlm negri terjangkau.

    Nah di sisi lain, pabrikan mopang, sejatinya milik jepang, jelas mesti setor devisa ke jepang, lemahnya rupiah membuat harga² produksi mereka terlihat overpress. itu pilihan “mereka” (produsen mopang) krn mereka mengangap indonesia sebagai target marketnya.
    kebetulan penjualan di indonesia lesu, oleh krn itu mereka pasti mengekspor produknya ke luar negri.

    • Untuk pembuktian praktek kartel atau tidak, jika ada aturan yg berpatokan pada % cost produksi dibandingkan dgn harga jual atau
      aturan proses produksi dari hulu sampai hilir komoditas tertentu tidak boleh dalam satu kelompok perusahaannya.
      Informasi Kemana saja aliran dananya oleh PPATK.
      mungkin pembuktiannya bisa lbh mudah.

      Apakah kelompok produsen tsb menetapkan harga lbh murah awalnya untuk menghambat/mematikan kompetitor, menguasai birokrasi perijinan dan atau setelah menguasai market share menjalankan strategi menetapkan harga lbh mahal karena tidak ada kompetitor lagi.

      Dugaan ane sih spt itu, mudah² KPPU bisa membuktikannya …. Xixixixixixixi

  23. kenaikan harga sepeda motor bisa dipicu oleh beberapa hal.

    – Tingkat inflasi yang semakin naik tiap tahunnya
    – nilai tukar dollar terhadap rupiah
    – biaya produksi (dalam hal ini bahan, tenaga mesin, upah pekerja <yang makin taun makin naik juga)
    – biaya distribusi yang juga ikut naik

    memang, motor Indihe / Lokal lebih murah. tapi dalam endurance agak kurang ya. dan terlebih lagi mindset mayoritas orang Indonesia kalo beli Motor kan "Entar kalo gue jual lagi, ni motor masi tinggi ga harganye"

  24. Harga motor udah jauh lebih murah kok.
    Waktu umr 600 ribu, harga bebek termurah sekitar 6 juta.

    Sekarang umr katakanlah 2 jutaan aja, harga bebek termurah 12 juta.

    Dulu motor barang mewah.sekarang tiap keluarga bisa beli

  25. Menurut Lipczynski (2005) salah satu bentuk kolusi secara terang terangan adalah adanya keberadaan asosiasi dagang. Nah ini bisa diperluas lagi dengan adanya praktik kartel. Berhubung industri motor ada AISI yang menaunginya. Maka hal ini bisa jadi memang ada indikasi praktik kolusi antara 2 perusahaan tersebut. Dan kemungkinan juga bisa menyeret semua anggota AISI. Gitu sih om dari teori ekonominya. Time will tell lah.

  26. tapi bener juga apa kata si agan ini
    ya namanya ekonomi orang beda2
    orang kerja bener juga belum tentu kaya
    malah kebanyakan orang kerja gak bener yang kaya
    ane juga baru ambil r15 biru abu2 2016 dan kerna harga 33.800.000 gia -_-
    dan ane udah tanya juga kmrn kalo kredit harga nya tembus 46jt dalam jangka waktu 23 bulan
    busett….

  27. Halah spertinya permainan politik ini… 😀
    Kaya ga tau aja pemerintah sekarang lebih pro ke china…
    Ujung2nya ntar biar motor dari china masuk…
    Gpp sih masuk, klo kualitas yg dimasukan bagus, klo ga ntar malah semakin dibodohi sama luar (negara china).
    La wong kereta cepat aja sampe sekarang simpang-siur…
    (pendapat ane, mereka china bisa aja buat barang bagus, tapi ane lebih percaya klo ntar yg dimasukan/import dr china kualitas yg abal2 – seperti yg sudah2, kasus brng2 import di negara manapun klo dr china dianggap kw).

Yuk Tinggalin Jejak Lads..