CBR

Video Honda CBR650F Nyaris Ndlosor Dipepet Avanza!

Kobayogas.Com –Β Hola lads, salam geber… Ketika kembali dari Bandung setelah usai lebaran lalu, diperjalanan pulang KBY mendapatkan pengalaman berharga bersama Honda CBR650F, hampir ndlosor gegara dipepet Avanza!

CBR650F vs Avanza 8

Rute kembali ke Jakarta kali ini yang diambil memang berbeda dari berangkat, yaitu Bandung ke Jakarta via Padalarang – Purwakarta – Cikampek. Jalanan yang masih cukup sepi di daerah Padalarang menuju Purwakarta memang membuat CBR650F yang sangat enak tenaganya ini dapat digeber sesukanya, sekuat nyali aja..

Jalan kosong juga membuat aksi susul kendaraan lain menjadi lebih mudah, visual ke depan juga luas sehingga membuat pede berkendara.. Hingga pada satu titik sudah menjelang Purwakarta KBY nyaris ndlosor gegara menyusul di garis tak putus dimana sebuah Toyota Avanza juga ikut andil di dalam insiden tersebut..

Bicara peraturan lalu lintas, meskipun dengan alasan jalan di depan terlihat jelas kosong dan sudah menyalakan lampu sein tapi tentu saja KBY pun tetap salah, sudah terlihat kok kalau itu garis tak putus ya memang gak boleh nyusul meskipun garis sebelumnya adalah putus putus dan alasan nanggung tetep aja salah! Hehe..

Hanya saja, si Avanza ini menurut KBY lebih salah lagi, pertama dia posisinya jelas blind spot, di depan ada tikungan dan dari sisi dia kecil kemungkinan dapat melihat jelas ke depan (ya anggap saja dia bisa melihat tembus melalui kaca mobil di depannya) tapi visual nya tak sejelas posisi KBY (see pict).

CBR650F vs Avanza
terlihat avanza ancang ancang mau nyalip tanpa beri sein

Kedua, dia menyalip di garis jalan tak putus, sama seperti KBY.. Ketiga sebelum mencoba menyalip dia tidak menyalakan lampu sein sebagai tanda akan berpindah jalur/ menyusul/ menyalip kendaraan di depannya.. Keempat, sudah jelas banget dia gak pake liat spion sebelah kanan dulu sebelum berpindah jalur..!

CBR650F vs Avanza 1

Lah kalau melihat spion dulu sebelum berpindah jalur sejauh pengalaman KBY di roda empat, dia harusnya sadar ada kendaraan lain di sebelah kanan dong.. Gakan jadi berpindah sebelum kendaraan lain lewat.. Kemungkinan besar blind spot di spion pun kecil karena KBY tidak menyusul secara mendadak..

Nah lads, video dan artikel ini menunjukkan betapa tidak amannya menyusul di garis tidak putus yang memang dilarang menyusul, dari sisi ini KBY mengakui kesalahan yang dilakukan.. Andai saja si Avanza tersebut terus tidak sadar dan tidak banting setir, yakin banget KBY dan CBR650F akan ndlosor ke bagian kanan…

Alhamdulillah masih dilindungi Allah SWT, tetap tenang, tidak panik dan konsentrasi akhirnya KBY lolos dari kemungkinan ndlosor.. Meskipun hati mangkel dan kepengennya sih stop itu Avanza tapi sudahlah toh KBY juga ada andil kesalahan..

Perjalanan pun KBY lanjutkan dengan tujuan rehat dulu di markas Macantua.com..

link video cbr650f via hp

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Advertisements
About Kobayogas 3233 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

109 Comments

  1. Pengalaman yg sangat berharga…. Pengalaman adalah guru yg terbaik…
    Jd jangan diulangi lg ya om… #eh
    Hahahaha

  2. ya begitulah.. jebolan sim tembak
    rata-rata pengendara mobil di indonesia tidak bisa menyopir lurus, mau bukti?
    pas macet parah silahkan terbangkan drone berkamera… xixixixi..

    • Pengendaramotor rata-rata lek wis mepet mobil.. nyerempet… mesti ditinggal…. lek ora.. mesti nyalahne sopir mobil…

      ojo langsung ngarani sim tembak…

    • Lebih banyak pengendara motor yg sim nembak bro,
      Lebih beringas kelakuan pengendara motor di kemacetan,, klo nyenggol mobil pura2 gak tau langsung kabru,, tapi giliran disenggol sendiri sudah bacod sana sini cara “bala” pengendara motor lain buat menghakimi pengemudi mobil

      Intinya klo salah ya salah,, gak mobil gak motor,, namanya salah ya salah, dan nyatanya (faktanya) pengendara motor yg lebih ugal2an ketimbang mobil

  3. sing penting aman mang kobay
    skrg byk kok yg bw kendaraan gk liat kanan kirinya lg pas nyalip
    sm sprti ibu” yg sein kanan belok kiri πŸ˜‚

  4. # posisi tikungan bahaya nyalip
    # marka jalan garis tidak terputus putus saat ditikungan, artinya apa coba…..? #koreksidirisendiri

    sekedar mengingatkan untuk diri ane sendiri dan kita bersama… safely first πŸ™‚

  5. detik 15 sampeyan ngomong apa kang? kok samar2 lucu dengernya πŸ˜€
    Ya jelas sampeyan salah, dari belakang merasa nyaman nyalip tahu2 ya begitu. Kalo nyalip itu harus nunggu dulu di spion biasanya ane,minimal klakson dulu biar supir ngintip dari spion, dan pass beam juga dinyalain. Buat ane sekarang haram nyalip gitu, kemungkinan samber dari depan dan belakang lebih besar.

  6. Pas masuk tikungan ke kiri, habis nyusul avanza ada tanah di aspal. Kayanya sengaja di taro karena ada tumpahan cairan yang bisa bikin aspal jadi licin…
    Ini juga ngeri kalo emang bener ada tumpahan oli atau bensin. Selamat dari pepetan apanza, eh malah ndelosor karena aspal licin….
    *amitamitjabangbayi

  7. Ati2 om
    Lucu liat di spion, om kobay mau nari gaya wonder woman lagu nobody atau apalah gitu
    Asli jadi ngakak, bhahahahaha

  8. Ga nonton video-nya, pertanyaanya om kobay klakson sebagai niat ngasih info posisi motor/persiapan mau nyalip?
    Masalah garis kaga putus nyalip, yah dimaklumi saja kl memungkinkan mendahului biasanya pengendara juga berhitung mendahului asal cuma butuh 2-3 detik dan tidak mendekati tikungan yg depan tidak terpantau.
    Hanya saja kadang pengendara itu nyalip asal bergerak ke kanan langsung akselerasi kl sudah kepepet baru klakson sejadi2nya, jarang yg mau saat keluar setengah body (mobil) atau saat udh bergeser di sebelah kanan belakang mobil/motor (motor) kasih klakson baru akselerasi, istilahnya : ‘permisi/maaf saya ingin mendahului’ harapannya yg di dahului juga menjadi aware….

    • Nah itu kesalahan ay juga, biasanya kalau kendaraan lain udah keliatan ancang ancang baru ay kasih tanda klakson atau hi beam.. Ini kecolongan…

      • Yg sama2 selamat kang.
        Btw meski kadang aneh, kl malam saya mulai sering menggunakan klakson kl mau mendahului.

        Ini karena saya juga sering berposisi driver, akhir2 ini semakin banyak saja pemotor yg memasang hi beam kalau dijalanan, entah maksudnya apa tapi dari sisi sebagi driver itu sangat menganggu di spion tengah hingga biasanya agak saya ke atasin spionnya.
        Dan awareness saya terhadap tembakan lampu jauh jadi berkurang, kecuali lampu2 yg nge-dim hingga terpantau di kedua spion (jelas ini mobil yg mau mendahului).
        Untuk para pemotor yg suka/sering pake lampu hi-beam please sadarlah perilaku anda suatu saat bisa membikin celaka orang lain, ada motor nge-dim dan disebelahnya/belakangnya ada motor yg pake hi-beam, kode anda bisa tidak terpantau oleh kendaraan depan.

      • Saya juga lbh suka pake klakson dr pd dim, namun suara klakson standar yg alakadarnya kdng kurang digubris sama kendaraan d dpn. Saya jg sering bawa motor kaya mang kobay gt, adakalanya sering dalam posisi menyalip yg tanggung udh di kanan skalian gas terus.

  9. KBY yo ngga ati ati.. sdh jelas jalanan bukan punya sendiri… kudune juga ngawasi pergerakan hampir semua kendaraan yang melintas didepan…

    andaikan.. andaikan saja mobil hitam itu tetap terus ambil kanan dan tidak banting setir ke kiri…

    porsi salah adalah 50 : 50 ….
    sing bawa motor ojjo nyalahno mobil…
    itu untung avanza… coba lek iku Bis Malem opo AKAP . . . sing sejenis Sumber S*l*met…

  10. mang kobay pas dipepet ngomong… ayam…ayam..ayam….
    haahahahaha, nggak keburu mang mau klakson ya?

  11. hmm.. dua2nya salah sih menurut ane..
    mang kobay trlalu buru2, pdhl depan udah keliatan kalo tikungan n garis marka gak putus..
    yg mobil gak sein dan mau ngelanggar marka di tikungan juga..

  12. si avanza mengira gak mungkin ada yg mau nyalip ditikungan(dikira cuma dia sendiri yg boleh melakukan kesalahan). eeh taunya mang kobay juga sama mau nyalip ditikunganπŸ˜…πŸ˜… tobat mangy..

  13. 2-2 nya ada kesalahanya dan jelas sekali..
    saya memandang dari sudut biker dan driver mobil.

  14. akhir2 ini semakin banyak saja pemotor yg memasang hi beam kalau dijalanan, entah maksudnya

    ========================

    mungkin biar keliatan luebihhh kuerennnnn…..yang sering sekarang vario 125-150 dan scoopy…..gw berkali2 ngasi pass beam ga digubris…..entah juga mungkin karena setting lampunya ketinggian dari pabriknya

    • Mungkin juga sopan santun & tenggang rasa di jalan sudah ilang.
      Atau malah belum punya sim alias belum cukup umur, belum tau bahaya-nya.
      Yg orang2 kantoran dari cara berpakaiannya saja terlihat berpendidikan, coba hitung kl sama2 berhenti di lampu merah. Itu speedo meter yg nyala lampu biru (tanda hi beam) berapa banyak. Itu orang2 diploma dan sarjana kan? Punya sim kan? … wkwkwkwkwkwk

  15. Hati2 aja klo mau nyalip mobil dari kanan meskipun di marka lurus, seringnya mobil nyalip kanan gak sein n drivernya gak lihat spion sebelum nyalip..krn sering lihat n pernah ngalamin spt mang kobay.

  16. harus lebih waspada klo d jalan ketemu
    – ibu” bawa kendaraan
    – avanjay dan senihay
    – mobil lcgc

    rata” , gatau gunanya spion dan sein

  17. Kudu hati2 kang kobay.. Kadang kita dah hati2 tapi orang lain belum tentu hati2.. Begitu pula sebaliknya..

    IMHO, Klo diliat di videonya:
    1. Garis putihnya lurus ditengah tanpa putus.. tandanya ga boleh pindah jalur. harusnya setelah nyalip, langsung balik lagi ke kiri.. Apalagi jalur depannya menikung ke kanan dan ke kiri..
    2. Kalaupun kepaksa nyalip (karena keadaan), baiknya rutin klakson atau kasih passbeam, biar pengendara lain tau kita ada dibelakangnya dan mau nyalip.
    3. Kalau mau pindah jalur/nyalip, sein wajib dihidupkan dulu.. Biar pengendara lain tau kita mau pindah jalur/nyalip.
    4. Salah satu prinsip penting berlalu lintas itu to see and to be seen.. to know and to be known.. Artinya klo kita tau mobil depan nyalain sein kanan untuk pindah jalur/nyalip, maka kita bisa prepare/antisipasi sebelumnya..
    Atau kita di belakangnya mo nyalip mobil depan, kita bunyikan klakson, ngasi passbeam, kasi sein kanan, sebagai tanda kita mo pindah jalur/nyalip, maka mobil depan/kendaraan belakang kita harusnya bisa antisipasi atau bahkan mungkin kasih jalan..

    Demikian pendapat ane yg masih sama2 belajar berlalu lintas..

    • makasih banyak masukkanya nih mang…

      “to see and to be seen dan to know seharusnya udah, to be known ini yang alpa dari si spansah… regardless garis putus ya..
      kalau liat foto dan videonya harusnya keliatan saya gak pernah matiin sein kanan karena selalu siap buat nyalip.. hehehe…

  18. klo dari pengalaman pribadi sih emang uda makin bnyk mobil yg kaga pake sein lagi lgsg nyerobot.. mungkin dia lelah kang.. hehhehe..
    klo ane biasanya nge-sein, dim ama klakson.
    cuma biasanya klo sein ama dim doank suka dicuekin..
    tambahin klakson dikit… tit.. tit…
    klo masi dipepet juga : tiiiiitttttttttttttttttttttttttt… (jambak kopling lgsg geber gas sejadi2nya…)
    hahahahah.. karena uda ketauan tuh orang nyetirnya sambil pegang HP wkt mo nyalip.. fokusnya entah buyar kemana2 pasti..

  19. avanzanya ga salah oM.
    Dalam mimpi td si avanza ngmng sama saya,kalo yg dibelakang itu fbh yg suka bc bc dikomentar.
    Jd ngapain kasih lampu sein,lah wong fbh coment diblog2 ajah ga ksh sein kanan sein kiri. . Apa lg ksh lampu rem kalo dah bc nyrocos ga berhenti2 ky rem blong. .ky fby podo.
    Truz saya bil. Om ,kalo yg pake tu moge om koboyogas blog penomenal.
    Ekh. . Dia nya cm senyum ‘coba kalo dia pake jaz dtsi. . . Saya mah akur2 saja’

    tenang om , itu cm mimpi 102% di jamin ga benar.
    Huahahaha

  20. avanzanya ga salah oM.
    Dalam mimpi td si avanza ngmng sama saya,kalo yg dibelakang itu fbh yg suka bc bc dikomentar.
    Jd ngapain kasih lampu sein,lah wong fbh coment diblog2 ajah ga ksh sein kanan sein kiri. . Apa lg ksh lampu rem kalo dah bc nyrocos ga berhenti2 ky rem blong. .ky fby podo.
    Truz saya bil. Om ,kalo yg pake tu moge om koboyogas blog penomenal.
    Ekh. . Dia nya cm senyum ‘coba kalo dia pake jaz dtsi. . . Saya mah akur2 saja’

    tenang om , itu cm mimpi 102% di jamin ga benar.
    Huahahaha.

  21. Kalo liat videonya, itu marka jalan tidak terputus, artinya gak boleh ada yang Nyalip…..

    Berarti yang salah ????

  22. kejadian kaya gitu ane sering alami kang… pas mau nyalip eh mobil didepan malah mau nyalip mobil yg didepannya lagi dan ga nyalain lampu sein.

    • mau naik mobil mau naik motor biasakan nyalain lampu sein kalau mau pindah jalur, beneran dah

  23. banyak yang nyaranin buat klakson nih. kenapa enggak menyarankan orang yang berkendara buat selalu waspada dan lihat sekitar khususnya liat spion apalagi sebelum bermanuver atau pindah lajur/jalur?
    kalau semua tiap mau nyalip membunyikan klakson yang terjadi bakalan polusi suara(klakson) di jalanan.

    • Karena spion ada blind spot-nya bro, tidak semua area terpantau googling saja area blind spot mobil/motor. Salah satu tujuan ngasih tanda klakson itu jaga2 kl kita berada di area blind spot, sekaligus minta ‘permisi’ tapi banyak juga yg milih blayer2 knalpot macam jagoan. Hehehe

  24. alkhamdulillah selamat abang, saya masih nunggu artikel dari abang yang sangat jelas dan membantu saya sebagai konsumen, pengalaman adalah guru terbaik abang

    • Ini merupakan contoh bagaimana berbahayanya nyalip di garis ga putus… Ternyata yang idiot bukan Cuma gw, Ada lg yg lebih idiot wkwkwkkw

  25. mang, ini kayak ungkapan satu musuh itu sudah kebanyakan, seribu teman masih kurang. kalo setiap hari satu orang pengendara sembrono berkurang rasanya gangguan lalu-lintas pun bisa turut berkurang, jangan ikut2an atuh jadi sembrono

    • Sein dulu, lalu liat spion, Kosong ya lakuin, paling tidak nyalain Sein itu menginformasikan kepada pengguna jalan lain bahwa kita akan melakukan maneuver Baik ke kiri atau ke kanan

  26. posisimu juga salah…tau marka jalan gak? Garis tengah nyambung tidak putus dilarang menyalip…bloger kok aneh…jgn semena mena make moge boss..tau titik buta dalam berkendara gak? Udah tau tikungan garis jalan nyambung eh nyalip…emak2 loe

    • wakakakkaa.. dibaca baik baik gak atau cuma nonton videonya doang?? Thanks tapi tegurannya πŸ™‚

  27. Lah markanya garis tanpa putus2 ngga boleh over taking…., kesimpulannya rider CBR 650F salah cuap cuap….driver avanzanya juga salah….

  28. Wihhh untung msh slamet mang, liat videonya cuman ngeri aja kl di depan ada papasan, krn space nya udh habis

  29. yang mobil avanza salah karena dia harusnya sein kanan dulu kalo mau nyalip, tapi mang kobay juga salah harusnya paling enggak ngasih klakson kalo mau nyalip kendaraan di depan

  30. Kalau d tikungan, spion mobil tdk sepenuhnya bisa melihat bagian belakang jalan , jd wajar kalau si avanza beranggapan mau nyalip karena di belakang dan depan kosong ,
    Tp kembali ke aturan , tetap keduanya salah
    Semoga jd pelajaran buat qt semua, biar lebih berhati2 saat berkendara

  31. Kelakuan pengendara honda emang gitu
    Nafsu gede tenaga kurang
    Kalo Ninja ga akan ada kejadian gitu
    Wuzzzz,,,,langsung kesalip avanzanya sebelum sempet nganan
    Muehehe

    Piss Mang

  32. Klo dr sudut pandang ane sih sama2 salah, itu marka bukan garis putus yg artinya…….(klo sadar kselamatan psti tau jawabannya)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..