New Honda CB500F merah turing
New Honda CB500F

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Ketemu lagi di artikel test ride moge.. Kali ini moge yang beruntung mendapat sentuhan KBY adalah New Honda CB500F..Β 

New Honda CB500F ABS warna merah ini adalah pinjaman ikhlas dari tim BigBike Honda asal Jakarta Honda Center alias Honda Dewi Sartika alias AHASS 001.. Langsung saja, si CB500F ini sudah KBY tes jarak jauh ke Jonggol hari Jumat kemarin. Panas terik, jalan jelek, jalan mulus serta terkena hujan sempat dialami. Seperti apa impresi mengendarainya?

SUSPENSI YANG NYAMAN…

Suspensi New Honda CB500F ABS menurut KBY nih nyaman banget, empuk, belum lagi ditambah busa joknya yang cukup tebal dan berkualitas sangat baik, begitu juga pelapisnya. Bicara kenyamanan saat duduk sudah mirip dengan duduk di atas jok milik Kawasaki ER6N atau Suzuki Inazuma, empuk lads..!

Kalau dikomparasikan dengan Honda CB500F lama gimana kang? KBY agak lupa nih, habis waktu itu test-nya tahun lalu di Bali sih.. itupun bukan sebagai tunggangan turing. Tapi seingat KBY, dari sisi kualitas tempat duduk sih ada peningkatan pada New Honda CB500F terbaru ini..

mangga diklik: First Ride Honda CB500F, Moge Bersajaha Yang Jangan Dianggap Remeh

By the way, suspensi empuk bukan tanpa kekurangan, memang di jalan buruk serta slope – ituloh kontur jalan yang bisa bikin kita terbang/ mental, suspensinya enak, meski rider dan boncenger terangkat dari jok, namun ketika kembali turun, tidak sampai menyiksa – maaf – bokong.. excellent.. ! Dari sisi ini New Honda CB500F sudah hampir menyamai kenyamanan milik Honda CB500X..

Lalu apa kekurangannya? Ketika menikung cepat atau pada saat kecepatan tinggi lads, bodinya cenderung terombang ambing oleh kontur jalan, tidak sampai oversteer sih, tapi tetap saja bagi mereka yang terbiasa atau mengharapkan kestabilan, akan kurang ditemui pada New Honda CB500F ini.. Well untuk sisi tersebut masih ada pilihan lain kok.. CB650F atau CBR650F misalnya πŸ˜€

Kesimpulannya, New Honda CB500F ABS seharga Rp. 139 juta ini memang didesain lebih kepada kenyamanan ketimbang cita rasa sport yang kental, settingan suspensinya sangat jelas menerjemahkan kemana arah New Honda CB500F ini ditujukan.. Turing dan harian.

New CB500F merah ABS turing

PERFORMAΒ New Honda CB500FΒ 

Dari sisi tenaga alias performa gimana kang? Disinilah KBY merasa kapasitas mesin 500 cc itu sebenarnya sudah cukup banget! gak under power atau overpower.. Lebih dari cukup! Ya yang terasa banget sih ketika harus salip menyalip ya.. Tenaga yang dikeluarkan oleh New Honda CB500F sebesar 47,6 HP dengan torsi 43 Nm ini lebih dari cukup!

Ban New Honda CB500F ABS ini adalah Dunlop Sport Max, di jalan kering baik, di jalan basah terasa kurang gripnya, kemungkinan besar karena lapisan lilinya belum lagi habis terkikis, maklum kilometernya aja belum lagi 600 km lads.. kinyis kinyis dah .. Remnya sendiri lebih dari cukup, empuk dan cukup responsif. Rem belakang nyaris tak terpakai.

Oia bicara performa pendinginan dari New Honda CB500F ABS merah ini bagi KBY sangat baik, tidak ada tuh KBY merasa kepanasan sedikitpun. Artinya radiator serta kipasnya bekerja dengan sangat baik. Panasnya gak lebih seperti Kawasaki Z250FI, anteng bener, membuat kita nyaman berjalan jauh lads…

dibawa macet gak nyusahin
dibawa macet gak nyusahin

UNDERESTIMATE

Bicara desain, dengan visualisasi yang lebih modern dibanding yang lama, tak pelak New Honda CB500F memang mirip dengan sang adik, All New CB150R yang diperkenalkan lebih dahulu di Indonesia.. Otomatis, mindset sosok sang adik lebih menancap ketimbang sang kakak, padahal sih terbalik, si adik yang nyomot desain New CB500F hehehe..

Akibatnya sudah ditebak, pertama kita ambil sampel saja 10 orang, dari 10 yang melihat sosok New Honda CB500F paling paling cuma 4 yang ngeh kalau dia adalah sebuah moge πŸ˜€ Rata rata menebaknya sih New CB150R modif.. Yah D’Nasib dah.. πŸ˜›

Kedua, banyak yang underestimate di jalanan, karena disangkanya New Honda CB500F ini adalah All New CB150R, maka motor motor macam Yamaha Byson, Yamaha Vixion, Ninja 2 tak, CBR150, CB150 Street fire hingga kelas 250 cc dan bahkan sang adik sendiri – pada gak terima gitu kalau disusul lads.. Disusul langsung pada nyusul lagi, malah ada yang sampai motong dan blayer.. Wakakakaa..

Yah, KBY digituin, adrenaline naek juga lah, Nyonya yang sudah paham melihat gelagatnya, langsung memeluk erat.. Begitu kosong.. sekali betot, zwiiinggg… 2 kecamatan motor motor motor tersebut ketinggalan πŸ˜› Ada juga yang gak kapok dan penasaran, begitu KBY santai lagi, dia nyusul lagi.. eh busedd.. Zwing Zwiing… baru deh kapok sambil melongo πŸ˜€ New CB15oR pake turbo kali dikiranya yah wkwkwk..

KONSUMSI BBM

Saat digunakan jarak jauh, konsumsi BBM New Honda CB500F ini berada di angka 23,3 km/liter, dengan trek variatif dan lebih sering padatnya daripada kosongnya, KBY rasa angka tersebut untuk sebuah motor berkapasitas 500 cc 2 silinder tidaklah buruk.. Somehow lebih irit daripada Kawasaki Z250FI milik KBY dulu yang rata rata berada pada angka 21 km/liter..

Artikel Honda New CB500F berikutnya menyusul ya…Stay tune di kobayogas.com

tunggu artikel selanjutnya
tunggu artikel selanjutnya

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

87 COMMENTS

  1. – kagok saat cornering (shcok kelembekan), masih sama ama model terdahulu berarti ya
    – mirip cb150 modipan, ada peningkatan lah, drpd yg lama mirip perjah 😁

  2. Ini kalo ngebut dipeluk ..
    Ane mah kalo ngebut di ketok2 helmnya ..kayak ibu kost nagih tunggakan

  3. mang mau tanya nih. ada ga motor yg mesinnya fufi, body new cbr, rangka & kaki xabre. harganya nmax abs juga gpp deh 😁

  4. coba kalo dilokalin,pasti harganya lebih bersahabat buat rider yg mau naek kelas ke 500 cc.semoga aja….

    • di KTP, marr stat saya masih : belum kawin
      pernah ada, tapi paling diajakin ngider ider sekitaran jogja,
      namun kemudian baru baru ini kandas, saya ditinggal balik kanan, lalu bubar.
      pait om, untung para penulis artikel otomotif di agregator >> indomotoblog.net <<
      cukup rajin -sering- nulis update post.
      jadi ada hiburan.
      semoga para jones lain (yg gemar otomotif), juga bisa mengambil manfaat dan terhibur tulisan para om om yg lapaknya terdaftar di indomotoblog.net.
      serta om om yg nulis (beserta keluarga) juga tetep sehat, bahagia dan sejahtera selalu.

  5. Ku uing di salip nyaho nyaho di overlap tertinggal 2 kecamatan ….wkwkwk bisa wae si mang kobay mah

  6. Enak gitu kang kobay nyaru motor nya, dikira all new cb pekgo ga tau nya mogeH.. Lumayan bikin penasaran biker pekgo pecicilan.. Bhuahahaha

  7. Hadew motor mahal tapi ga dianggep duh melase hehehehe……… mending ER6 dah keliatan beda dan orang lgs tau itu motor cc gede ga perlu show off power..

  8. WTF, seriously orang-orang pada ga engeh ini MOGE?
    Ga liat apa beda banget dari buritan, dari desain stoplamp, fender, knalpot, sama ban gambot gitu?

  9. wanjir ini kayak peribahasa mang, “sekali gas, satu dua kecamatan terlampaui” wahahahaha
    itu yang pada pecicilan malu mesti nggak ngeh yang diajakin pecicilan moge.

    btw nggak sah riview’nya mang kalo bukan moge punya sendiri,maaf yah…

  10. Mogenya yg beruntung??
    Waow banget dah kang kobay…
    Besok lanjut kang reviw MoGe kuning…
    Motor Gerobak.. #eh.. Mksudnya kayak MMBlog..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..