CBR

Tes Ketangguhan Suspensi Yamaha Xabre Di Jalan Berlubang.. Tetap Mantap..!

mang uis aka wisnu in action, kok gak pake helm sih :D
mang uis aka wisnu in action, kok gak pake helm sih 😀

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber..Suspensi depan Yamaha Xabre memang sudah mengaplikasikan model inverted fork alias upside down.. Bagaimana impresinya ketika dibawa mengarungi jalan yang rusak?

Pada dasarnya, suspensi Yamaha Xabre memang diset agak stiff atau firm, namun tidak sampai mengganggu kenyamanan, padu padan kekerasannya antara suspensi depan yang sudah upside down dengan bagian belakang yang monocross dengan link sudah pas.

Berbagai macam permukaan jalan sudah KBY coba lewati bersama Yamaha Xabre ini, meskipun 80% diantaranya jalan mulus, namun begitu ketemu undakan maupun lubang, suspensinya bekerja dengan mantap, tidak terhempas maupun terasa terpental.. Good job menurut KBY mah.

Melewati polisi tidur juga ajeb, mantap, ya tentunya selama si poldurnya gak tinggi-tinggi amat lah ya.. Tanpa harus mengerem, dapat dilewati dengan mantap tanpa merasa terlontar. Apalagi kalau kita mencoba melewatinya dengan posisi berdiri di atas foot step Yamaha Xabre, ya ala ala off road dikit lah, lebih tidak terasa lagi tuh lads..

sambil berdiri lebih tak terasa di tangan
sambil berdiri lebih tak terasa di tangan

Tapi ada satu yang masih bikin penasaran, gimana kalau jalan jelek atau berbatu-nya lebih panjang jaraknya? Masihkah cukup nyaman dilalui oleh suspensi upside down milik Yamaha Xabre? Ataukah malah terasa keras hingga menyiksa? Nahhh kebetulan tak jauh dari rumah KBY ada satu jalan yang entah sampai kapan dibiarkan berbatu, berlubang dan gerinjal gerinjul 😀

Jalan sepanjang kurang lebih 300 meter tersebut cukup pantas lah untuk mewakili kinerja suspensi upside down dan monocross link milik Yamaha Xabre.. Tak hanya KBY yang sudah mencoba, namun sengaja KBY mintakan beberapa sahabat blogger D’Gujubar lainnya untuk merasakan kinerja suspensi milik Yamaha Xabre 150 tersebut..

KBY mencoba berkonsentrasi terhadap kinerja suspensi depan Yamaha Xabre, karena menurut KBY disitulah sumber daya pikat dan kelebihan yang dimiliki oleh Xabre 150.. Apa sih yang terasa perbedaannya dengan model telescopic fork alias suspensi konvensional?

test suspensi Xabre kobayogas

Ternyata memang terasa cukup signifikan perbedaannya, ketika melalui jalan jelek tersebut, terasa tangan kita yang bergerak mengikuti kontur jalan, alias setangnya yang naik turun, namun dengan pengalipkasian suspensi upside down seperti pada Yamaha Xabre ini, gerakan mengayun tersebut dibatasi, otomatis getaran pun terasa berkurang.

Terasa juga ban yang bergerak naik turun lads, sementara setang relatif diam di tempat, jadi bukan tangan/ setang motor yang bergerak mengayun, namun batang suspensi sang Yamaha Xabre bagian bawah yang bergerak. Dengan demikian getaran sampai tangan pun dapat diredam.

Apakah berarti shock konvensional jelek dan tidak dapat sebagus upside down ini? Ya tidak berarti begitu juga, tergantung settingan serta dalemannya si shock juga kok.. Hanya untuk upside down milik Yamaha Xabre ini sudah terbukti memang mantap..

Semoga bermanfaat lads.. Bagaimana menurut user lainnya? Biarkan mereka komen di artikel ini ya hehe..

Mang Faisal in action
Mang Faisal in action

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3357 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

60 Comments

    • buakaka

      setuju nih

      coba mang tabrakin ke truck ato mobil ato ketembok ato ke tank kalo ada

      fbh sering kan bilang cuma suspensi honda itu anti patah walo tabrakan

      :v

  1. Kalo di kalkulasi harga upside down nya, sepertinya worth juga harga segitu Mang. Let say harga vixion 25 juta + shock depan tuker upside down + swing arm tuker banana + semua lampu tuker LED + spidometer tuker all digital = 29,8 juta.
    Lagian tujuannya Xabre bukan ngegantiin vixion, tapi ngejagain vixion di range harga atas. Apalagi we know sbnrnya YIMM gak dpt jatah development R15. Susah ngelawan CBR head to head krn updatenya R15 nunggu india. Jadi inilah win win solution yg dikasih Yamaha Jepang buat biker Indo. Ngga ush ngarep r15 lagi.

    • Serius r15 gak dpt lampu ijo?

      Sbnrnya sih bisa lebih murah itu gak semata mata itung Part per part..

      Tp lebih ke strategi bisnis aja.. Kaya nmax misalnya.. Biar laris lah.. Ambil untung gak terlalu banyak..

      Tp karena ini bukan buat lawan siapa siapa maka keknya strategi harga spesial gak berlaku. Beda sama nmax yg tujuannya hajar vario dan pcx

      • Dalam sejarah Yamaha kurun wkt 10 thn terakhir, kyanya blm ada yg pusat development nya dipindahin kya Honda yg bs mindahin development CBR dr Thailand ke Indonesia.
        Byson + R15 sejak awal milik India. Sampe hari ini, refreshmentnya ya India dulu, baru Indonesia dan ASEAN kebagian.
        Xabre/Mslash jatah asean, India silakan ngiler.
        Nmax jatah Indonesia, yg lain silakan ngiler
        Tricity jatah Thailand, walau YIMM mampu produksi, ttp wae cuma boleh ngimpor dr Thailand.

        Back to R15, kalo sampe YIMM bisa bikin R15 versi lokal, ya mungkin India sama Thailand akan teriak2 ke Jepang.

    • Mindset motorsport DOHC yg ada di fikiran biker Indo ya dimanfaatin sama YIMM aja skalian. Kalo mau motorsport ya beli CBR aja 32-33 juta. Kalo mau motor laki harian ya gak harus DOHC, single cam aja, ada tuh Xabre 29 jutaan.

      Jadi yg berkembang skrng lbh adil.
      Xabre SOHC 29 jutaan
      CBR DOHC 32 jutaan

      Gak ush BC-BCan lagi, harganya beda dan pasarnya beda.

      R15 gak ush lagi dibawa kesini. Gak cocok lah sama market sini.

  2. Padahal kl mau test suspensinya tinggal ke kalimalang. Cocok tuh buat test suspensi, secara lg bangun jalan layang. 😓

  3. Johnhendry, kobayogas, warungasep lagi ribut di artikel test pramusim on iwb.. 😀 kelakuan para fb. 😀

    Tuh yg disono kw brapa on kobay..??? 😀

  4. Siapa bilang tahan,,xabre punyaku lari 80 masuk lobang bengkok suspensi depanny,,tahan kayak gitu,,janganlh membohongi,,kalau lari 20 ia gak papa,,
    Coba lari 70 ke atas loe masukin lobang,,pasti suspensimu jadi kayak punyaku bengkok,,baru make 7 bulan pun,,, bagiku lebih tahan telescopic daripada usd,,,
    Xabreku masih terduduk di rumah,,, menunggu suspensi baru,,,

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Test Ride Harian Yamaha Xabre 150, Di Jalan Raya Keluar Wataknya Aslinya! | KobaYogas.COM
  2. Video Suara Mesin Yamaha Xabre vs Honda New CB150R, Mana Yang Paling Cocok? | KobaYogas.COM
  3. Test Ride Yamaha New Soul GT125 BlueCore LED 2016.. Busa Joknya Lembut Tapi | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..