banner
honda jade 1500 vtec turbo tipe Mugen
tipe Mugen

Kobayogas.com – Hola lads.. Jika Honda Jade 1500 cc MPV dari Honda jadi masuk ke Indonesia, kira-kira siapa saja sih yang diincar dan siapa saja yang bakal tertarik dengan Honda Jade VTEC Turbo dengan mesin earth dreams ini?

Banyaaakk.. kalau bicara ketertarikan masyarakat akan Honda Jade 1500 mah, tapi yang beli? Ya kurleb akan banyak juga wkwkwk.. gak percaya? Honda CRV yang overprice aja bisa disebut laris manis lads.. juga Mobilio serta HRV yang bisa disebut gak murah juga..

MPV alias Multi-Purpose Vehicle seperti Honda Jade 1500 Turbo  ini, suka atau tidak memang merupakan jenis kendaraan roda empat yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya saat ini, tapi sejak duluuu.. dari jaman Kijang Doyok lads..Mengapa demikian? Karena muat banyaakk.. Aa, teteh, Papi, Mami, bibi, uwak, kakek, nenek, selingkuhan #eh dlsb…

Artinya dengan budaya guyub yang sangat kental ala Indonesia, kelas MPV selalu diminati dan akan selalu ada pangsa pasarnya.. Ingat, beberapa merek pun pernah mencicipi nikmatnya porsi kue jenis small MPV, seperti Suzuki Ertiga, Nissan Livina, Chevrolet Spin apalagi duo kembar Avanza-Xenia.. Nah target si Honda Jade 1500 ini kemana sih sebenarnya..??

Jika menelisik line up mobil Honda Indonesia dari jenis Multi Purpose Vehicle sih masih ada yang kosong di rentang harga 300 jutaan.. kelas 100-200 jutaan diisi Honda Mobilio, kelas 200 jutaan diisi Honda Freed, kelas 400-500 jutaan ke atas diisi Honda Odyssey.. Ada satu lagi sih kelas 600 jutaan, yaitu Elysion tapi tidak dijual resmi oleh HPM..  Nah akankah kelas 300 jutaan diisi oleh Honda Jade 1500 ini?

desain gado gado dari para saudaranya
desain gado gado dari para saudaranya

Bisa jadi, karena masih ada celah yang belum diisi antara Honda Freed dengan Honda Odyssey.. Hanya, untuk mesin 1500 cc, Honda Jade akan dirasa terlalu mahal jika dihargai 300 jutaan.. meski mungkin penampilan dan kualitas interior bagus, namun masyarakat kebanyakan masih melihat kapasitas mesin sebagai acuan harga..

Bagaimana dengan Honda BRV kang? BRV kita sebut saja bukan ranahnya.. karena meskipun BRV disebut berkapasitas 7 seater namun secara bentuk dia lebih ke SUV/ CUV..

Jadi bagaimana mengakalinya? Sebenarnya sih itu urusan Honda, tapi jika boleh beropini, harusnya Honda memberikan pilihan mesin 1800 dan 2000 cc untuk Honda Jade ini.. Meskipun 1500 cc bisa dikatakan efisien namun dari sisi power to weight ratio (PWR) pastinya tidak akan sebaik jika diaplikasikan pada Honda Jazz ataupun Mobilio.. So mempertimbangkan PWR di atas, minimal 1800 cc menjadi alasan yang paling tepat.

Dengan diberikannya kapasitas mesin sebesar 1800 cc, maka rentang harga Honda Jade di 300 jutaan pun akan dirasa lebih worthy.. Lalu tinggal berikan varian flagship dengan kapasitas 2000 cc maka lengkap deh pilihan mesinnya. Tidak sulit karena kedua mesin tersebut dapat diambil dari milik Honda Civic maupun Honda CRV..

Namun jika ternyata Honda tetap menggunakan mesin 1500 cc dan harga Honda Jade Indonesia 300 jutaan, sepertinya akan sulit selaris Honda Freed alih alih Mobilio.. Kecuali, Honda Jade 1500 menawarkan sesuatu yang spesial.. Lah kan itu sudah ada kang, mesin Turbo VTEC bertenaga 150 PS dengan torsi ajib sebesar 203 Nm? Oia KBY lupaaaa.. Kalau gitu, siap-siap laris lagi deh kaya penjualan Mobilio..  😀

honda jade 1500 depan modulo

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

74 KOMENTAR

  1. Turbo dimesin kecil apa ga menimbulkan kebisingan dan vibra yg lebih om
    Saya juga sangsi durability ecobost mesin 1 liter dikasih turbo

  2. Coba mirip muka odyssey .. Menggoda ..
    Tatapannya itu lho .. Aaahhh ..

    Sayang mahal.. Mending beli fireblade *eeh ..

  3. emang,

    mestinya antara produk honda dibedakan juga atas dasar ccnya,

    ngak kaya sekarang sama semua, jadi kesannya overoprice.

    toyota jelas, avanza dan innova beda cc, hrga beda, segmen beda, org ngak protes

  4. kenapa sich , cuma toyot ayg buat rwd buat mobil mpvnya?

    padahal secara konsumen behaviour, rwd di ina sangat digemari,

    liat kondisi ekonomi dan alam,

    pa cost produksinya lebih mahal?

  5. Keren modelnya,cuma body besar segitu sebaiknya pake mesin 1800cc atau 2000cc.kalau muatan penuh jalan2 digunung bakal susah nafas mesinnya.masih lebih PD pake Innova.kalau irit2an pegang Jade.Honda gitu lo.

  6. Desain’y kaya adik honda stream.
    Nampak belakang sporty abis tuh jade, MPV ter’elegant klo masuk sini 😀

  7. Kanafa ya, kok Honda, Mitsubishi, atau Sizuki gak berani bikin mobil yang h2h secara dimensi, mesin, fitur dan harga dengan Kijang/Innova? Honda Jade misalnya, liat tuh ground clearence pendek. Bawa mobil ini di perumahan lewati polsur pasti ngegasruk. Coba tinggiin, kayak GC Mobilio yang ditinggiin di jadi BRV !!!

    • Kuda? Itu bagus banget apalagi yang mesin bensin pake 4g63 series tapi yang sohcnya.. Tapi sayang kalah saing sama nonopah. Invest model mobil nilainya jauh lebih besar daripada motor makanya pabrikan hati2 masukin model

  8. Kalo udh nyentuh 300an mah mending ambil chevrolet trax aja, lebih bertenaga berkat turbocharger, harga mulai dari 275jt emng sih cuma 5seater

  9. Bang kobay yg jadi patokan laris itu apa sih?..
    Apa harus minim sama dg penjualan mobillio?
    Mengingat segmen custm beda?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini