banner

Sonic 150 vs MX King vs Satria

Kobayogas.com – Hola lads, kurang sreg rasanya kalau tidak mendapatkan testimoni atau komentar tentang Honda Sonic 150 dari para rider kompetitor…

Mengapa harus ada sih testimoni macam ini kang? Bukannya nanti malah jadi bahan BC? Oh tenang, insya Allah para responden ini amanah, bukan maniak apalagi fan boys fanatik buta.. Mereka adalah bikers, pencinta dan pemakai roda dua yang memiliki respect terhadap motor merek lain..

Itu yang pertama, yang kedua adalah sebagai two way feedback bagi para pabrikannya sendiri, dengan mengetahui komentar berikut, diharapkan mereka mawas diri dan mau memperbaiki apa yang menjadi kekurangan pada produknya..

Ada 4 responden yang terpilih oleh KBY, dua merupakan karyawan di perusahaan tempat KBY bekerja, dua lagi merupakan teman bergaol cieehh.. Sengaja KBY pilih lebih banyak Satria FU karena secara genre, Honda Sonic 150 memang head to head dengan Satria FU. Sementara Yamaha MX King KBY masukkan sebagai ‘penengah’..

Hadi Susanto (29), Karyawan – Pemilik Satria FU tahun 2013

Desain: Memberikan nilai 8 untuk Honda Sonic 150, kurang suka pada area tengah karena under cowl- nya membuat mesin terlihat rendah sekali dengan tanah

Pengereman: Menurut Hadi, rem depan Satria FU miliknya masih lebih pakem dari Honda Sonic 150.

Performa: Hadi suka akan performa Honda Sonic 150 dari bawah hingga tengah, namun menurutnya dari tengah ke atas, Satria FU lebih ngacir.

Fitur: Speedometernya Honda Sonic 150 lebih lengkap dari Satria FU, bentuknya juga lebih bagus.

Handling dan Kenyamanan: Suspensinya Honda Sonic 150 secara paket lebih baik dari Satria FU, lebih stabil ketika kecepatan tinggi. Sementara dari sisi ergonomi, Hadi bilang Honda Sonic lebih nyaman karena setangnya lebih tinggi sedikit. Catatannya, karena jok yang berkontur naik ke belakang, untuk tinggi 159 cm seperti dirinya, duduknya harus agak maju agar pas.

hadi bersama satria putihnya
hadi bersama satria putihnya

Agus,(27) Karyawan – eks pemilik Satria FU tahun 2011

Desain: Agus memberikan nilai 8,5 hingga 9 untuk Honda Sonic 150.. karena menurutnya desainnya lebih selaras dari depan hingga belakang dibanding FU. Catatan Agus adalah, kalau saja bodi tengah bisa lebih ramping atau tetap seperti itu namun bagian headlamp diberikan windshield pasti akan lebih ciamik..

Pengereman: Baik depan maupun belakang menurut Agus sangat baik performanya.

Performa: Agus sangat terkesan dengan performanya Honda Sonic 150 yang responsif dan padat torsi dari bawah hingga tengah, transmisinya pun sangat halus! ujarnya.

Fitur:  Speedometernya oke, cocok dengan teknologi injeksi yang diusungnya.

Handling dan kenyamanan: Agus bilang Honda Sonic 150 lebih stabil dan rigid saat menikung, melibas belokan lebih mantap. Kalau FU menurutnya suspensinya nyaman dan lembut tapi buat nikung agak bergeser…

agus ngetes sonic
agus ngetes sonic

Trias Permana (26), Karyawan – Pemilik Satria FU tahun 2012

Trias adalah responden yang paling banyak menghabiskan waktu dalam mencoba Honda Sonic 150, lalu seperti apa menurutnya ayago dari Honda ini?

Desain: Beginilah seharusnya Ayago, Honda sudah belajar banyak sejak kegagalan desain CS1. Tapi saya kasih 7.5 deh karena Honda Sonic 150 ini lampu belakangnya ya gitu deh.. Bentuk headlamp bagus, terbagi dalam beberapa part yang lentur di wajahnya, mungkin sengaja agar tidak mudah longgar dudukannya, tapi bisa dijailin orang tuh saking lenturnya.

Model shroud penuh mengesankan berotot sayangnya rakitannya kurang presisi, dan andai bagian leher Honda Sonic 150 ini kena cat pasti terlihat lebih bagus lagi.

Pengereman: Rem depan maupun belakang Honda Sonic 150 sangat mengesankan.. hanya bentuk handlenya sepertinya kurang ergonomis buat tangan saya, lumayan bikin pegal soalnya jika riding lebih dari sejam.

Performa: Mantap.. mau di RPM berapapun tenaga Honda Sonic 150 ini selalu terasa berisi..Gada ngeden-ngedennya, akselerasi juga laju benerrrr..Kalau top speed? Wah saya gak berani kang.. tambahnya. Catatan saya hanya engine brake pada gigi 1 terasa terlalu besar/ banyak, seperti dijorogin dari belakang 😀

Fitur: All Digital, bagus sih tapi saya pribadi lebih suka RPM analog dengan jarum, lebih mudah dipantau mata…Lampu LED juga terlihat mewah dan modern, terangnya lumayan..

Handling dan Kenyamanan: Stigma ayago itu pegal, tapi entah kenapa di Honda Sonic 150 ini saya tidak menemukan hal itu, kalaupun ada masih dalam batas wajar jika dikomparasikan dengan tunggangan saya sehari hari, Satria FU 2012.

Mungkin akibat setang jepit yang lebih lebar dan lebih tinggi, sehingga saya merasa lebih nyaman dalam mengendarai Honda Sonic 150. Sayang, joknya keras – tambahnya, padahal suspensinya sudah sangat pas settingannya, lembut tapi gak mengayun dan stabil. Menikung juga pede – yang menurut saya karena paket sasis dan suspensi yang baik.

Trias juga memberikan tambahan info berupa konsumsi bbm yang menurutnya sangat irit untuk kelas ini, 1 liter untuk 45 km ya bagus banget ujarnya.. Beliau memang yang menghitung sendiri konsumsi bbm Honda Sonic 150 ini. Masukkan dari beliau adalah seharusnya Honda bisa meningkatkan lagi build quality-nya karena secara paket si Sonic ini sudah sangat baik.

trias motorna doang nongol :D
trias motorna doang nongol 😀

Ahmad Lazwar (Away – 26), Karyawan – Pemilik Yamaha MX King Movi Star tahun 2015

Desain: Away memberikan nilai yang mengejutkan bagi Honda Sonic 150.. ya, cukup 5 saja baginya 😀 Menurut karyawan Agung Podomoro Group ini, desainnya kurang banget dari tampak depan dan belakang.. kurang gahar, terlihat seperti motor biasa saja..

Pengereman: Bagus, pengereman saat menikung juga oke. 7.5 nilainya 

Fitur: Speedometernya oke, bentuk lampu juga pas dengan desainnya. Kayaknya gak harus dimacem-macemin lagi untuk sisi ini.

Performa: Meski Away memberikan poin 5 untuk desain Honda Sonic 150, tapi untuk performa dirinya menilai lumayan bagus..akselerasi awal bagus, spontan gak ngempos.. sampai gear 5 juga enak. Tapi mulai gear 5 ke 6 udah mulai menurun powernya.. Saya kasih nilai 8 .. ujar Away

Handling dan kenyamanan: Handling Honda Sonic 150 cukup bagus, 7.5 poin dari away. Sementara untuk kenyamanannya (ergonomi) setang agak rendah, jadi terasa berat pas nikung, ya mayan bikin pegel juga tambahnya.

Dibanding dengan MX King? Handlingnya MX oke, kenyamanannya juga. Tapi lumayan pegel di area (maaf) bokong karena joknya turun. Tangan sih aman karena setangnya nyaris sejajar dengan pengendara. Tapi wajar sih, kan King masih bebek sementara Honda Sonic 150 udah ayam jago, hahaha.. kekehnya.

Away juga motorna doang ada
Away juga motorna doang ada

KBY ucapkan terima kasih banyak kepada AHM dan dealer Wahana Artha Group, juga para responden di atas, semoga hasil pada artikel Honda Sonic 150 vs kompetitor ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat kepada para pengunjung blog..

Baca juga artikel lainnya seputar Honda Sonic lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

87 KOMENTAR

    • Kalo diubah… Kan kalimatnya ngambang Om…
      Bisa diubah jadi buruk… Atau jadi baik..

      Nah, ditingkatkan… Kalimat positif Om
      Arahnya baik…
      Hehehe..
      #ngeles……

      Saya appreciated kok..
      Dengan adanya ini.. Mau gak mau FU beneran Refresh.. Kagak ganti striping,batok,etc doang…

      Hehehe…
      2005-2015 gitu-gitu aja.

    • hahah kirain ane doang yang mikir begini, disain dikasih 5, yah selera sih tapi masa 5 ya ane juga yg nggak tertarik sama ayago bisa bilang disain sonic sangar daripada fu/mxking 😀

  1. itu semua cuma opini, apa lg penunggang mx king, keterlaluan. klo sonic 5, mx king nilainya 2.5 saja.
    klo secara data ,iwan banaran sdh mengadu head to head dg fu. hasilnya d semua rpm sonic unggul. apa lg cuma mx king. dikepret 7 kecamatan

    • Ngoceh aje brooh. Dikejurnas kemaren mana yang katanya bisa 178km/j? Dikepretin MX KING! Hwehwehwe.

      Orang berotak juga tau secara model lebih catchy MX king daripada sonic.

      • itu dikejurnas mas,,ni kn yg di adu setingn standar pabrik,,beda kelas juga sih klo sm mx king,,klo design sih lebih cakep mx king(kn bebek),,nunggu yamaha bikin lagi ayago,,

    • data iwbadut dijadiin pegangan 😆
      tes rangka rigid pk cara berboncengan, klo supsensi nga turun artinya rangka rigid 😆
      lawakan abad ini 😆
      eniwei ud liat grafik akselerasi tmc blun antara sonic n mxking ?
      lebih kredibel tmc atau iwbadut ya ?
      atau keduanya sama” lenong ? :mgreen:

      • Orang susah kaya lo yg gak pernah jajal motor2 berkelas mending main coc aja haha
        Tunggangan paling cuma sekelas smash / revo / vega (itupun kalau punya) pake koar2 bahahaha

      • Motor underbone 150cc dibilang berkelas? Hwehwehwe.
        Kalo udah bawa >250cc baru komen tong. Motor maenan aje dibanggain. Hwehwehwe.

      • harap dimaklumi kan sudah kelihatan mentok di kelas apa 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  2. Ketiganya saya g suka dengan desain headlampnya…utk ayam jago saya lebih suka yg model thailand baik FU ato Sonic…utk MXking headlampnya kurang tipis terlalu lebar..!!

  3. sonic emang jos di kenyamanan sih, sebagai mantan pengguna mbit (hihihi) walau beat jok nya lebih empuk tapi malah bikin bokong lebih panas dibanding sonic, buat punggung juga beat bikin pegel sedangkan sonic malah gak pegel (sama2 buat perjalanan 2 jam)
    mungkin postur ane cocok dengan sonic, 171/80 😀

  4. kesimpulannya, aksel oke cuma kualitas body harus ditingkatkan, oke bang catet
    kalau masalah design kyaknya relatif ya dari 5 mpek 9

  5. Terdereksi pada foto sepeetinya sedang dilakukan adu drag dimana mxking paling depan disusul satria ke 2 dan sonic trakhir

  6. di forum sebelah juga pada ngomel2 sama build quality sonic

    tapi gpp jd kan sijuki mau bikin FU baru tuh

    mx-king mah nyantai aja secara beda genre
    (kecuali SWAT ahm idiot yang selalu bandingin sama bebek mx-king)

  7. apanya yg perlu ditingkatkan, dari jaman revo abs bulid quality AHM sampah. bahkan makin kesini makin hancur. tuch liat standar samping sonic, per nya aja oglek dan kendor2. kyak bkin asal2an.

    • Keyword “Ditingkatkan”
      Kritik membangun Om….
      Hehehe

      Bukan sekedar menghujat……

      Bukan kah kritikan lebih bisa dicerna dibanding hujatan?

      IMHO..

  8. Koq di antara responden ga ada yg komentar soal jok sonic yg keras laksana papan setrikaan ya? Padahal para responden pasti ngerasa tuh….secara jok motor tunggangan mereka (satria fu dan mx king) joknya jauh lebih empuk. Jadi begitu ngetes motor yg joknya lebih keras udah pasti pada nge-bathin…..

  9. aloha semua… hahahah sory-sory sonic saya kasih 5 pointnya dari segi Design.. saya naikin deh jadi 5.5 ya.. dah ya jgn ribut lagi #Ruuuuuunnnn….!!!!

  10. Kalau menurut ane sonic itu lebih nyaman dr satria kalau sisi ergonomi. Untuk tarikan bawah menengah memang jago sonic belum coba tarikan atas soalnya milik temen Lagi inreyen jadi lum berani geber putaran atas, bbm hemat sonic banget, body kalau sonic kayaknya lebih bagus tengahnya dicopot lebih keren penampakannya, ane pengguna satria dan nvl jd ane pengguna netral 150cc itu kalau pendapat ane mang kby. Edisi galau inden ncb mending corat coret deh.

  11. udah pernah liat sonic di bandung, designnya terkesan biasa aja,buntut ky supra x pdhl warna udah merah merona.. klo mx king di photo biasa aja, klo liat lgsg mah cetar nih yg movistar.. jd galau nyari pengganti c meong yg udah geol2, beli nva / mx king / atw nunggu cbr baru.. g beli2 ini mah kebanyakan galau nya..

    • MX king itu buntutnya juara banget…suka ketipu kirain R15/R25 kalau liatnya dari jauh…
      Cuma ya gagal di depan kata ay… Terlalu bebek…kalau lampu ala blade pst nyossss…

      • eta pisan mang.. buntut + ban kombinasi sempurna, apalgi klo g pk spakbor, kaya alexis texas :v berlaku untuk yg movistar aja ya mang, klo warna lain krng greget, harus di teuleuk2 dlu.. betul mang lampu depan kurang sreg, terlalu mengkotak, kurang lancip.. tp klo kaya blade lampunya dmn mang? susah klo d tebeng, klo mw nya’angan sesuatu hrs ngalieuk sa awak2.. klo sonic epek wow nya kurang, kesan racy nya g dpt..

  12. desain body nya hampir menyerupai SUZUKI Satria FU, sehingga banyak yang menilai bahwa HONDA Sonic meniru niru Satria FU.
    semoga ke depannya HONDA dapat mengeluarkan produk dengan desain yang lebih istimewa tanpa terkesa meniru produk lain.

  13. Hai bro,,, tunggu aja mx king ayago sebentar lg akan jd raja jalanan, tipe motor yg satu ini mengejutkan pecinta roda 2..

  14. Assalamualaikum.
    gue ga bakal menggeneralisasi.
    empet banget dah sama oknum pengguna 150 brand y, ntah, mungkin fby terlalu fanatic atau bagaimana.

    Selaku pengguna sonic150 dan pengendara yang biasa aja,
    pembawaan cara berkendara saya santai, saya respect thdp all brand, all type, apalagi yg kelas2 lebih besar silakan duluan gann 😁.

    Oknum dari fanatic brand y kebanyakan pengguna mx king kebanyakan bertingkah lho ganns gile betul ni (geleng2 dah gua). selalu pancing2, empet banget sama oknum fanatic brand Y yang begituan.

    Saya antepin aja biar cape sendiri, tanpa dipungkiri ada sedikit dongkol. namun tetap panceg dina galur respect sesama pengguna jalan. namun i say no to oknums resek, tetap ada dongkol gua. wkwkwk

    kurang2in dah oknum 150 yg terlalu fanatic, walaupun berlandaskan spec atau apalah, kalau gak respect sesama pengguna jalan umum tetap gua pandang sebagai oknum Fanboy.

    Ty gannns yg budiman. Mari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini