kerak ruang bakar 1

Kobayogas.com – Hola lads, bahan bakar yang beredar untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat berbagai macam namanya, namun dilihat dari sisi RON (Research Octane Number) hanya ada 4 jenis, RON 88, 92, 95 dan 100++.

Masing-masing RON tersebut berbeda namanya pada setiap produsen BBM yang ada di Indonesia. Kecuali RON 88 dan 100 yang hanya di miliki Pertamina, RON 92 dan 95 dimiliki perusahaan swasta seperti Shell dan Total. KBY tidak akan membahas RON lainnya pada artikel ini, hanya berkonsentrasi terhadap efek penggunaan bahan bakar premium (RON 88) pada ruang bakar kendaraan dengan penggunaan dalam jangka waktu lama.

Kendaraan yang KBY jadikan contoh pada artikel ini adalah milik dulur D’Gujubar, mang Yusuf ‘Ucup’ Pamungkaz pemilik warung traktordohc.com. Motornya adalah CB 150 Street Fire berwarna biru lansiran Agustus 2014 yang sudah menempuh perjalanan sejauh nyaris 12,000 kilometer. Tukang wara wiri Bandung-Yogyakarta ini mengaku bahwa penggunaan bbm si traktor lebih banyak menggunakan bbm premium dibandingkan RON 92, porsinya adalah ± 80-20.

Nah pada satu kesempatan, mang Ucup berniat melakukan porting polished untuk CB150SF nya, dirinya melakukannya di bengkel terkenal di bilangan Yogyakarta, WD Garage, itu loh bengkel milik lek Aziz WarungDOHC. Singkat kata, jadilah mesin si CB150SF traktor dibongkar…dannn silakan lihat sendiri apa efek penggunaan bahan bakar jenis premium pada ruang bakar lads!!

efek bbm premium 2

Betul, hitam berjelaga, nyaris berkerak tebal!! Efeknya mungkin tidak akan spontan terasa, namun bagi bikers yang feelingnya kuat, pasti akan dirasakan tenaga loyo, mesin terdengar knocking, hingga bahan bakar terasa lebih boros dari biasanya. Dengan kerak seperti itu pada dome, head, klep dan piston, pastinya pembakaran tidak akan pernah sempurna… kerak tersebut akan membara seiring dengan tekanan (kompresi) pada ruang bakar yang mengakibatkan tenaga tidak pernah mencapai titik optimalnya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Apakah dengan selalu menggunakan bahan bakar beroktan tinggi menjamin ruang bakar tetap bersih? Tidak juga, yang namanya residu atau sisa pembakaran pasti ada, hanya perbedaannya pada jumlah atau tebal tipisnya carbon alias kerak yang tersisa.

Cara lain yang sedikit membantu adalah dengan melakukan italian tune up secara rutin (akan KBY bahas pada artikel terpisah), dapat juga mencampurkan cairan fuel treatment atau injector cleaner bersama BBM untuk mengurangi gejala menumpuknya kerak di ruang bakar. Bisa juga setiap melakukan servis, sempatkan menyemprotkan cairan carbon cleaner yang pernah KBY bahas.

Pembersih ruang bakar, cairan (tuang) atau semprot? Apa plus minusnya?

Mencoba carbon cleaner Yamahalube

Jika pada roda empat, bisa melakukan yang namanya carbon cleaner yang disuntikkan pada ruang bakar dan didiamkan beberapa saat untuk kemudian disedot kembali. Intinya, perawatan lah yang memang harus dilakukan agar ruang bakar tetap terjaga kebersihannya dari penumpukan kerak.

Oia satu lagi, kalau bisa sih punya SPBU langganan yang bisa dipercaya, baik dari sisi kualitas BBMnya maupun jumlah takarannya…Jangan isi bbm disembarang SPBU, kecuali turing, ya gimana lagi? Hehe…

Semoga bermanfaat…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

98 COMMENTS

  1. Tahun 2013 lalu motor pulsar 220 saya ngga se-item2 gitu amat, padahal servis besar 30.000km,, emang bensin pengaruh bgt ya..

  2. mesin grand livina ato evalia paling susah dikasih premium&pertamax .. setiap dikasih premium/pertamax, mesin ngalamin knocking ampe reset ecu diberes .. penyakit knocking kagak ilang2 .. maunya dikasih pertamax plus, itupun masih ada gejala knocking tapi kumat_kumatan 😀

    mesin paling ajib gile, mesinnya duo kembar (axven) walau kompresi mesin sekitar 11:1 tapi dikasih premium kagak ada gejala knocking malah konsumsi bbm irit banged tuk luar kota ..

    • Krn livina n evalia itu afaik settingannya masih manual kaya xtrail lama…cmiiw.

      Avanza xenia bisa irit? Oke juga… Pdahal lari 100 km/jam di gigi 5 aja rpmnya meraung di 3900 😂😂

      • # ouh, berarti setingan kurang pas ..

        # om saya, dari pengguna xenia ganti ke innova langsung kerasa boros ..
        # xenia (generasi pertama) cukup premium bisa tembus 16km/liter (mudik)
        # innova 2012 maunya dikasih pertamax dan cuma tembus 8.7 km/liter (mudik)
        # kesimpulannya xenia lebih irit dan murah drpd innova .. hehe .. kaburrr

      • Gimana kalau bawa idsi honda tuh, city idsi 1500cc 1:18 – 1:20 lebih malah pas mudik.
        Catatan isi full tank tol km 19, jalur selatan via purwokerto sisa 1/4 tangki di lingkar selatan jogja (isi full lagi) dipakai 7 hari muter2 di klaten (termasuk ke pantai baron, kukup, krakal, malioboro 2x), balik isi full lagi di pekalongan (sisa 1/4 tangki). Sampai cinere masih ada 1/4 tangki (isi lagi). Kecepatan variasi tol 130-140 kmh, jalur utara 120kmh, jalur selatan 100kmg kecuali sleman dan lingkar selatan 140-150 kmh.
        Pake ivtec isi 4x full tank kl mudik beda 30-40 liter oi.

      • Mesinnya sehat banget tuh idsinya… Idsi iritnya kebangetan kalau di jl bebas hambatan… Kelemahannya di dlm kota yg macet. Gak jauh sm vtec/i-vtec/vvt-i/mivec dll

      • Catatan selanjutnya, mudik saya akhir tahun bukan lebaran. Ga ada istilah hemat menghemat bensin ada kesempatan bejek gas dalam2, bensin diusahakan pertamax kl nemu (cuma dpt di km 19 dan cinere hahahahaha) dan mobil matik yg katanya boros, mungkin saya dpt mobil yg hoki presisi antar komponennya pas, shock juga liat bedanya dgn preet.

      • Dalam sekian ribu produksi biasanya ada yang top productnya selain ada juga yg bosok nya hehe…
        Saya keknya dpt yg top juga. Kaki2nya yahud dibanding temen2 seangkatannya..

    • padahal yang namanya mobil honda kaki2 ringkih itu udah jadi kebiasaan
      benerin linknya itu bikin gorok leher

      • Tergantung sistem kaki2nya, terakhir honda pake double wishbone di keempat rodanya itu civic sebelum FD1 (sisanya accord dan odyssey yg pake).

        Kalau mcPherson sama H Torsion Beam sih sama lah ma yg laen, mirip2..cuma liat juga linknya banyak gak

      • harga ga bisa ngasitau pastinya sih, orang tiap tipe beda2..kalo jelas sih lebih enak liat pricelist di bengkel resmi…trade off handling bagus ya emang gitu..suspensi gerobak sama agak ringkih…

  3. “Kecuali RON 88 dan 100 yang hanya di miliki Pertamina, RON 92 dan 95 dimiliki perusahaan swasta seperti Shell dan Total”

    Jd pertamax dan pertamax plus bukan ron 92 dan 95 ya ._.
    Ron 100 seperti apa mang? Bukannya itu avtur ya emg bsa utk kendaraan yg berseliweran d indonesia
    :v
    D medan cma ad pertamina doang dlu sempat ad petromas namun gulung tikar semua, pernah liat spbu shell cma izin berdirinya belum kelar2
    -_-

  4. besarnya CC apa mempengaruhi pada penggunaan bahan bakar yg hrus di gunakan ? Ijal kan newbie biker 🙁
    *di bales syukur alhamdulillah
    *pami henteu mah akh sami tegana pas t ngajak ka kandang maung :'(

      • Ngajak teh sakalian jeung ongkos-na atuh hahaha 😀 wekwekwek

        kompresi ya ? Hmmmmmm harus cari info lagi nih kayanya :v
        mbah anom sepi euy, dgujubra lalibur.
        Maen ka warung batur malah saribuk BECE”-an hohahahaha

  5. Italian tune up: ritual bersihin daleman mesin pake BBM oktan tinggi terus di tahan di redline beberapa detik. Pernah geber civic ferio, timing belt langsung putus. Ludes dah 1.2juta

  6. gt125 (kompresi mesin 10.9 : 1) dikasih premium, tarikan mesin masih aman walau udah nembus 9000 km tapi tiap 2000km dikasih yamalube carbon cleaner .. secara respon/ tarikan mesin tak ada perubahan dratis tapi secara belah mesin blom tahu ..

  7. kompresi CB150 memang tinggi 11:1 jadi kalo pake premium memang udah “menyalahi kebutuhan mesin” makanya ga aneh klo berkerak gitu…

    gunakanlah bbm sesuai kebutuhan mesin 😀

      • Iya bener seperti kasus mesin kompresi 9,1 :1 d kasih pertamax dan pertamax plus yg d bahas blogger sebelag
        Mesin d belah malah ruang pembakarannya berwarna merah atau biru akibat bb yg gak cocok utk mesin kompresi segitu
        ketinggian salah terlalu rendah pun salah
        Yg pas jga yg benar

  8. Kerak pada piston tidak hanya dipengaruhi oleh pengunaan BBM saja tetapi juga pemakaian olie mesin. Olie yg bagus tentu keraknya juga sedikit.

  9. target odometer jupiter burhan 2007 bulan ini adalah 100 ribu km dan selama ini blm pernah bongkar mesin. penggunaan harian lebih sering di 80 kpj (speedo) dan 99,99 persen menggunakan premium. tapi hanya ada 1 spbu yang saya percaya dlm pengisian bbm ini. tapi ada 1 alternatif (kepepet) spbu lain kalo misal kurang memungkinkan isi bbm di spbu yg dipercaya tersebut

    pernah isi premium di spbu lain dan hasilnya asli dah gak enak wwkkwkw

    oli selalu menggunakan rimula r4x hehehehe

  10. dan satu lagi, motor jupiter tersebut sangat jarang service. bisa puluhan ribu km gak service heheheheh. yang penting bisa jalan ya udah, pake dah kwkwkwkkw

      • Belajar lah, motor saya setelah kerja cuma masuk beres pas service pertama dan rekondisi mesin (ganti ring seher dsb, ga punya tempat buat gelar belah mesin) sisanya bersihin dan stel sendiri. Kalau cuma stel karbu, stel klep, bongkar mesin atas dan kopling mah ilmu yg diserap jaman sma-kuliah dulu, latihan pake grand, tiger, neotech, force1 dll. Cuma transmisi yg belum sempat belajar keburu kerja duluan. Jadi biker jangan nanggung, sekarang kebanyakan cuma bisa ngegas, turing2, tongkang-tongkrong giliran motornya masalah ngandelin orang lain. Eh kl injeksi blm bisa ga sempat belajar lagi hehehehehe.

  11. Yang penting murah mas bro….kalau motor rusak tinggal ngaku di begal….kredit lagi yang baru

  12. Kualitas premium sini kyknya emang gak bagus..
    Juke dl sering pake premium padahal kompresi cuma 9,5
    Hasilnya mesin ngelitik di rpm tinggi & busi rusak. Melayang dah 1,2jt buat biaya ganti busi + bongkar” 😂💸

  13. kang kobay. motor ane beat karbu. ane pngen nyoba fuel treatment yg bagus merk apa kang kobay? trm kasih

Yuk Tinggalin Jejak Lads..