banner

mengenal fungsi huruf dan angka pada transmisi otomatis mobil matik

Kobayogas.com – Holla lads… Apa kabar? Sehat semua? Alhamdulillah kalau begitu hehehe. Lads, kali ini KBY boleh bahas dan sedikit sharing yang KBY tau dari roda empat ya? Yang mau KBY sharing kali ini adalah fungsi huruf dari mobil matik seperti P-R-N-D-S-L dari transmisi matik Jazz si Kuro Motuba atau di mobil matik lain bisa juga huruf dan angkanya menjadi P-R-N-D-D3-2-1 atau cukup P-R-N-D saja. Ini dia pengetahuan dasar seputar fungsi angka dan huruf pada transmisi automatic/otomatis di mobil matik..

Transmisi matik pada Jazz lawas berkode chassis GD3 memang menggunakan CVT (Continously Variable Transmission). Secara singkat, sistem kerjanya sangat mirip dengan skutik CVT yang beredar di tanah air. Nah yang akan dibahas adalah mengenal seputar fungsi, huruf dan angka pada transmisi automatic mobil matik. Keunggulan transmisi matik CVT ada pada kehalusannya, kita tidak pernah tau kapan si gigi naik atau turun saking halusnya, yang terasa hanya tahu tahu kecepatan semakin bertambah seiring naiknya jarum speedometer.

Selain itu perubahan parameter tingkat giginya atau rasio giginya ada ratusan, karena si puli bisa membesar atau mengecil tergantung bacaan ECU. Dengan demikian kehalusan serta kenyamanan berkendara adalah tujuannya. Kelemahan matik CVT juga ada, yaitu buat driver enthusiast, karakter transmisi CVT dirasa kurang sporty,  saking smooth- nya, selain itu gejala engine brake juga minim. Membosankan kata segelintir orang. Terus gimana mengakalinya?

Asiknya, transmisi matik CVT di Jazz GD3 ini disertai dengan penambahan ECU di transmisinya, yang bisa membuat transmisinya seolah olah mempunyai 7 rasio gigi, disebut juga Virtual Gear … Dengan adanya fitur yang disebut Honda sebagai 7 Speed Steermatic ini maka si gerakan puli diset terbatas. Membesar atau mengecilnya si puli dibatasi oleh ECU sehingga seakan akan si transmisi mempunyai 7 tingkat kecepatan. Canggih? Jelas, Honda gitu loh hihihi…pertama dan satu satunya di kelasnya saat itu.

mobil matik jazz dengan 7 speed steermatic

Bagaimana cara mengaktifkan virtual gear ini? Mudah sekali, tinggal menekan tombol 7 Speed yang berada di kanan bawah saat mobil berjalan dan posisi transmisi ada di D atau S maka 7 virtual gear tersebut akan aktif. Sebelumnya, kita pahami dulu konsep dari posisi tuas mobil matik seperti huruf huruf PRNDSL pada transmisi matik Honda Jazz ini.

Posisi/ Fungsi P Di Mobil Matik

Artinya Parking, digunakan saat mobil berhenti total/diam/ parkir.
fungsi huruf P di mobil matik

Posisi R

Artinya Reverse, digunakan saat akan mundur.

image

Posisi N/ Neutral

Artinya Netral, dipakai saat berhenti sejenak seperti saat menunggu lampu merah.

image

Posisi/ Fungsi D Di Mobil Matik

Artinya Drive atau Mengemudi atau bisa juga (Ber) Jalan. Paling sering dipakai, posisi ini adalah sapu jagat, nanjak, menurun, kencang, pelan, santai, bisa digunakan di posisi ini. Pada AT konvensional, posisi D ini artinya seluruh gigi akan terpakai, tergantung dari kecepatan dan berapa gigi percepatan yang dimiliki, jika 4AT maka gigi 4 adalah yang tertinggi, jika 5AT maka gigi 5 adalah yang tertinggi dst.

fungsi D pada mobil matik

Posisi/ Fungsi S Di Mobil Matik

Artinya Sport, posisi ini paling pas digunakan untuk ngebut, dalam arti saat menuntut akselerasi dan deselerasi lebih, menyusul, maupun digunakan saat di jalanan yang penuh tanjakan seperti puncak. Fungsi ini mirip-mirip D3 atau OD (Over Drive) pada transmisi matik konvensional, hanya bedanya D3 terbatas perpindahan giginya s.d gigi 3 saja yang tertinggi.

fungsi huruf S di mobil matik

Posisi/ Fungsi Huruf L di mobil matik

Artinya Low, pada posisi ini ECU transmisi akan mengatur pola gerakan puli di posisi terendah yang seakan akan bekerja pada gigi 1 atau 2 di transmisi matik konvensional (non CVT). Digunakan saat menemui tanjakan terjal maupun turunan tajam. Fungsi huruf L pada matik ini adalah agar torsi tetap terjaga di tanjakan dan deselerasi berfungsi maksimal saat di turunan. Pada transmisi matik konvensional biasanya dilambangkan dengan angka 2 atau 1.

Nah sampai sini dulu pembahasan seputar fungsi dasar dari mobil bertransimisi otomatis dengan huruf PRNDSL transmisi matik CVT yang dimiliki Honda Jazz GD3 2005 i-DSI. Akan KBY lanjutkan di artikel selanjutnya ya seputar 7 Speed steermatic-nya..

Thanks for reading lads….enjoy ur sat nite, Man Utd has won, and FC Barcelona is on their way to the victory hehehe…

image

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Kobayogas

<

88 KOMENTAR

    • wkwkwkk…iya, rumah tuasnya yg ganti sama yg model manual, kalau pengoperasiannya sih ya masih matik, mayan kadang bikin bingung sama yang gak ngeh wkwkwkkw…
      kalau aslinya sih di pinggir tuas ada huruf PRNDSL nya hehe

      kalo shifting gak selalu pencet tuas, hanya ke beberapa posisi aja, spt dari P ke R, R ke P, N ke R, S ke L. boleh aja sih penct terus tapi kuatirnya bisa bablas ke posisi yg tidak diinginkan. misal dari S mau ke D eh malah bablas ke R.

  1. mayan… Nambah pengetahuan lagi, walopun belum kebeli… Hehe…
    Itu tunggangan paling bawah pake CVT model apa ya bro kira2, kayaknya lebih halus deh…?

    • Karena afaik sih, si avanza transmisinya blm mengusung Super ECT kaya di yasir, vios dan atasnya lagi…
      Sehingga perpindahan giginya masihbterasa kasar

  2. iya nih waktu itu merupakan selling point jazz dibanding swift sama yaris.
    pernah punya juga dulu heheh.
    tapi sayang kena penyakit gregel 🙁

      • agak ndut2an om kayak motor matik yang cvtnya rusak 🙁
        terus setelah itu pindah gigi kasar ternyata body valve rusak
        ganti copotan singapore deh abisan part matik suka bikin copot jantung harganya kalo baru :p

        intinya punya matik dijakarta sebisa mungkin periode kuras olinya jangan ikutin standar pabrikan deh. suka kelamaan. lebih bagus 30rb km udah dikuras, macet jakarta ngebikin pendinginan oli matik ga maksimal sama cepet ngerusak olinya 😀

        • Wah kalo dah ndut2an dah parah tuh body valve-nya…untubg dah diganti copotan.
          Olinya harus CVTF loh jangan oli matik ATF, cilaka kalau pake ATF mah, gakan cocok.
          30rb? Ay aja 15rb dah ganti dari rekomen bukman yang 20rb…dan CVT jangan dikuras, tapping aja, ganti oli biasa…

  3. Mas broo…

    oli apa yg cocok buat transmisi matic…
    kebetulan mobil bini ane persis sama yg mass bro jelasin diatas…pake jazz 2007

  4. Thanks atas article nya… kebetulan saya biasa pake manual dan skrg lagi nunggu pesanan datang Mobilio Matic… jadi sembari belajar dulu, sempet ragu mau ambil matic tapi nginget jakarta yang selalu macet2an jadi memberanikan diri ambil matic…

    Masih bingung nih butuh pencerahan :
    1. Kalo misalnya di posisi D, dalam kecepatan 40km/jam (atau mungking kurang / lebih), tiba2 ngedadak nemu tanjakan terjal, apa bisa langsung pindah ke L tanpa mengurangi kecepatan / mengerem?
    2. Menurut article diatas, S = sport, buat ngebut, nah jdi kalo kita di tol sebaiknya pake D atau S kalo mau ngebut?

    terima kasih

    • Halo mas heru, terima kasih sudah mampir,…
      1. Untuk pindah ke L maksimal kecepatan kalau tidak salah ada di 40, nanti dicek lagi ya di buku manual kalau mobilionya sudah datang

      2. S memang buat ngebut tapi paling tepatnya ngebut dalam arti menyusul dan gas pol terus, tidak masalah juga sih di S terus, paling akan sedikit lebih boros bensinnya daripada di D.
      Baiknya kalau sudah nyusul dan kecepatan ingin berkurang, pindah ke D saja.

      Selamat menunggu mobilionya

  5. Mas saya pernah coba honda jazz 2006, dgn 4 org penumpang, waktu ditanjakan parkiran gedung (dari start sampai ujung sektr 30meter) pindah dari D ke L, ditanjakan pertama tdk ada tenaga sempat turun dan mulai dari awal lagi (beruntung tdk ada lawan dibelakang), tanjakan kedua hilang tenaga / mesin ngelitik saat 5 meter lagi mau sampai (dipaksa gas).
    bisa dijelaskan ada apa yak??

  6. pagi om,,, om aku masih belum ngerti ni cara penggunaan “7 Speed” nya (tombol yg terletak di Setir)… nah pertanyaanya, pada saat penggunaan 7Speed, Tuas Transmisi harus diletakkan pada posisi apa ya om ?? pada D/S. karna saya cari Tuas M (manual) tidak ada.. mohon pencerahannya ya om.

  7. oya om lupa,, kalo pada saat pengoprasian 7Speed Mode / Manual, untuk perpindahan Giginya kira2 perlu mengurangi tekanan/injakan pada pedal Gas tidak?? (apakah pengoprasiannya sama ama mobil yg menggunakan Kopling)

  8. Bos… gw ada jazz idsi 2004 klo posisi D dya koq ga mau pindah gigi naik ya… kyaknya mentok di 3 trs stlh itu di gas malah ngayun gas nya… sdh coba cuci girbox tp msh sama aja… kira2 apanya Ya… thx

  9. Mang, kalo S itu artinya bukannya “second” ya? Artinya gigi akan ditahan cuma sampe gigi 2, kalo L ditahan di gigi 1? Maap ya mang kalo sotoy, blm bisa nyetir tapi pernah baca artikel soal matic hehehe

    • Tergantung, ada juga yg second di sistem konvensional (non CVT), tp jarang banget S itu sebagai second, rata rata mereka pake angka 2.. kebanyakan S itu utk sport

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini