GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Kemarin kita sudah membahas penjualan mobil dengan tajuk 20 mobil terlaris Mei 2021 di Indonesia secara umum. Kali ini data penjualan akan lebih detail yaitu penjualan MPV Mei 2021 yang terdiri dari low MPV, compact, compact van, medium, medium van, large mpv dan luxury MPV. Mobil jenis ini memang terlaris di Indonesia lads, maklum budaya guyub sudah terbentuk sejak jaman bareto hehe. Tapi kok Avanza yang terbanyak ya? Kenapa bukan Xpander? Ini dia alasannya.

Seperti yang sudah KBY sebut di atas, MPV di Indonesia menurut instagram berkendara terdiri dari 7 kategori atau jenis. Lucunya ada satu kategori yang hanya diisi oleh satu model mobil saja hehe.. Ya gimana, memang gada lawannya sih, lagipula data gaikindo ini kan mengambil wholesales hanya dari member mereka saja, di luar anggota ya gak diitung.

Oke langsung saja kita lanjut menuju jumlah penjualan di kelas MPV ini.. Pertama-tama tentu saja adalah model terlaris di kelas ini yaitu LOW MPV (LMPV):

LOW MPV

Meski kelas ini hiruk pikuk dan ganas namun banyak produsen yang rela terjun di dalamnya, itu karena perebutan kuenya sangat menarik, dapat 5% saja dari total penjualan di kelas Low MPV maka sudah cukup bagi pabrikan “kecil” untuk mendapatkan benefit atau keuntungan yang memuaskan.

Nomor satu di kelas Low MPV ternyata adalah Toyota Avanza!! Loh bukannya di 20 mobil terlaris kemarin nomor satunya adalah Mitsubishi Xpander kang? Betul sekali, tetapi saat sudah dibreakdown atau dipilah pilah, penjualan Xpander kalah karena tidak memasukkan varian Cross di dalamnya. Lengkapnya ada di bawah ini ya:

Sedangkan untuk Avanza sendiri sama dengan artikel sebelumnya, yaitu jumlahnya ditotalkan all varian, 1300 dan 1500cc. Terlihat bahwa versi 1300cc memang lebih diminati karena perbedaan harga yang cukup signifikan.

COMPACT, COMPACT VAN DAN MEDIUM SUV

Dari Low MPV kita menuju ke kategori berikutnya. Untuk Compact MPV, Toyota Sienta melenggang sendirian tanpa ada lawan, yak, Freed sudah dimatikan sejak beberapa tahun ke belakang sih.

Untuk compact Van MPV, Gran Max saudara jauh pake banget dari N-Max, X-Max dan T-Max ini seng ada lawan, Suzuki APV dikuntit ketat oleh Daihatsu Luxio, versi “mewah” dari G-Max wkwkkww.

Di kelas Medium SUV, perbedaan penjualan antara Innova dengan Confero bagaikan langit dengan palung Mariana, jauh beuddd.. Tapi untuk nama yang baru dikenal belum sampai 1 dasawarsa, oke dong yekan.

MEDIUM VAN, LARGE DAN LUXURY MPV

Kita beralih ke segment berikutnya yang diisi oleh medium van, large dan luxury MPV. Toyota Voxy melenggang sendirian tanpa lawan di kelas Medium Van, sedangkan di kategori Large MPV ada nama baru nongol menemani Hyundai H-1/ Starex, yaitu Kia Sedona dengan 1 unit yang laku hehe.

Kelas Luxury yang lebih mahal justru penjualannya lebih gila dibanding dua kategori sebelumnya, padahal dari sisi harga udah jauh beda lumayan loh.. Artinya orang Indonesia itu memang kaya raya. Ada Alphard dengan posisi pertama, nomor dua cringgg.. Honda Odyssey yang rilis Februrari lalu akhirnya nongol mengalahkan Vellfire.

Meski angkanya gak seheboh antara Innova dengan Confero, tapi penjualan Alphard itu tetap 10 kali lipat Odyssey loh. Artinya, penjualan Confero lebih baik dari Odyssey wkkww.. soalnya gak sampai 10 kali lipat bedanya dengan Innova.

 

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

19 KOMENTAR

  1. Satu pertanyaan, kenapa sampai sekarang avxen masih ngasih 2 varian mesin, 1.3 dan 1.5? Production cost antara 1NR dan 2NR itu virtually sama persis, kenapa gak sekalian dijadiin rata 1.5 kek semua kompetitornya yang lain? Minimal biar kelihatan value lah. Dulu pas jaman masih pake mesin K3VE dan 2SZ juga sama, masih sebangun antara 2 mesin itu.

  2. Katanya Toyota itu kepunyaan yamlehoy mang……?
    Kenapa malah Grand Max yang dijadikan sodaraan sama nyemex dkk……?
    Turun kasta deh jadinya…..

      • yg sekarang justru cuma beda eksterior sama sedikit perbedaan fitur ( sedikit ya ).. jadi ya vellfire cuma di posisikan sebagai mvp mewah tpi sporty.. klo alphard elegan.. orang kaya pasti pgn elegan dong wkkwkwkw

  3. gw juga liatnya di berita sih wakakak. skrg lagi exhibit di Makasar. Tapi nanti ada di Gias agustus. pinter sih marketingnya jd keliling dl mancing antusias. pas di Giass rame deh

  4. Duh, kok innova ditulis mang kobay dibandingin sama confero mulu sih? Bahkan sampe 2x loh. Innova kan ‘saingannya’ Cortez, mang, bukan confero.. 😅

Yuk Tinggalin Jejak Lads..