GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski di Indonesia saat ini boleh saja kelas sepeda motor jenis bebek lagi nelangsa tidak seperti jaman keemasaannya sekitar dua dasawarsa lalu, tapi di beberapa negara tetangga di luar negeri, pangsa pasar bebek alias cub alias kapcay masih diminati. Contohnya kehadiran Honda Wave-i 110 2021 yang kalau mau disamakan dengan produk sini masuk ke level Revo Koperasi. Tapi Honda Wave ini bisa dibilang versi gantengnya, kuy kepoin lebih lanjut ah..

Sulitnya mengecek jumlah penjualan sepeda motor saat ini gara gara Data Aisi sudah digembok, padahal KBY sangat ingin tau jumlah penjualan sepeda motor bebek di Indonesia. Disebut stagnan atau nyungsep, kita ga tau jumlah tepatnya, tapi memang dibandingkan penjualan skutik ya jauh sih. Itu juga gak berdasarkan data wkwkw..

Kembali ke Honda Wave-i 110 alias Honda Revo X – masih sedulurnya Revo Koperasi, Thailand belum lama ini sudah merilis motor baru bebek ini lads. Istilahnya kena facelift. Yap, selain Vietnam, Thailand juga dapat dikatakan masih setia dengan penjualan jenis cub atau bebek, meski kalau dari data kayaknya masih tetap menang scooter sih.

Honda Revo X

Saat era generasi Supra sudah mulai mentok, Honda Revo datang sebagai penyelamat kelas bebek (juga konon Yamaha Vega series) di Indonesia untuk kelas entry level. Thailand sendiri melenggang karena penjualan bebek masih oke, karena itulah Honda Wave 110 2021 hadir dengan beberapa pembaharuan.

Honda Revo Fit

Dari depan sosoknya Honda Wavei mengingatkan kita pada bebek dua tak generasi 1990-an yang hingga kini masih terlihat belum ketinggalan, yaitu Suzuki Satria Hiu dan Yamaha F1ZR. Desain yang mirip itu terlihat dari sein yang pindah ke bagian setang, guratannya juga sporty jadi tidak terlalu seperti motor bapack bapack lah.. Ganteng malah hehe..

Perbedaan antara Revo dengan Wave Thailand ada pada fiturnya, dimana walaupun masih pakai desain headlight di stang yang menyatu kembali secara klasik dengan lampu sein, tapi justru sudah pakai penerangan LED loh lads, kunci pengaman bermagnet yang seklaigus pembuka kunci jok belakang, begitu juga dengan panel speedometer yang sudah pakai kombinasi analog dan digital.

Yang menarik ada pada sektor mesin, ternyata Honda Wave 110i ini sudah menggunakan mesin generasi baru dari Honda yang dimana mengusung mesin 110cc dengan stroke yang lebih panjang, yakni dari semula memiliki bore x stroke 50 x 55,6 mm (109,17 cc dengan rasio kompresi 9,3:1 ) kini menjadi 47.0 mm x 63.1mm. Sayangnya untuk power dan torsinya tidak disebutkan. Untuk lebih detailnya simak dibawah ini :

Spesifikasi Honda Wave 110 2021 (Revo versi Thailand)

Mesin : Sistem injeksi bahan bakar PGM-FI 4-stroke SOHC berpendingin udara
Volume silinder : 109.5cc
Bore x stroke : 47.0 mm x 63.1mm
Rasio kompresi : 10.0: 1
Sistem kopling : Kopling basah, multi-pelat, bertumpuk
Sistem transmisi : Roda gigi melingkar 4 tingkat
Sistem pengapian : Sistem kontrol muka pengapian komputer
Sistem starter : Electric dan kick starter
Dimensi Lebar x Panjang x Tinggi : 706 x 1.919 x 1.083 mm
Jarak roda : 1227 mm
Jarak dari tanah (mm : 132
Tinggi kursi (mm) : 755
Sudut kastor / jarak jejak (° ‘/) :26 ° 15 ‘/ 72
Kapasitas bahan bakar (liter) : 5.0
Frame : Backbone
Sistem suspensi (depan) : Teleskopis
Sistem suspensi (belakang) : Swing arm
Berat bersih (kg) : 100
Sistem rem (depan) : Rem cakram
Sistem rem (belakang) : Rem tromol
Ukuran ban (depan)70 / 90-17M / C 38P
Ukuran ban (belakang)80 / 90-17M / C 50P

Sebagai penutup, Honda Wave 110 2021 Thailand ini dijual dalam 4 tipe varian dengan harga berbeda beda. Tipe termurah dengan rem depan teromol dibandrol 36,900 Baht atau setara Rp. 17 jutaan dan yang termahal yaitu varian velg racing dengan harga 45.500 Baht atau setara Rp. 21 jutaan.

Walaupun masuk kategory motor kelas entry, tapi AP Honda Thailand serius membuatnya, terlihat dari warna yang penuh dengan bidang cat dan juga memiliki stripe grafis yang modern, maklum penjualan masih oke dan bersaing ketat dengan Yamaha Finn. Berikut foto studionya dibawah ini :

Honda Wave – Revo X velg spoke

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

13 KOMENTAR

  1. KOPERASI = KOMUNITAS PENGGUNA REVO ABSOLUTE SELURUH INDONESIA.

    Yg di komendani oleh babang kobay ??

  2. Wah naksir sebenarnya buat kerja ke pelosok dan dikota, setidaknya bebek memang lebih tangguh di banding matik dari segi durabilitasnya

  3. F1zr caltex nya dimana mang? Saya berniat mau ngambil f1zr warna merah putih harga 11 juta nih, barangnya sih oke banget masih os 0 lagi

  4. Seperti gabungan revo abs dan revo fi.
    Tu rasio komp’y 10:1 mang? Gede bgt tuk ukuran cc segitu.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..