Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Work from Home (WFH) di era pandemi covid19 ini kembali memakan korban kedua kalinya.. Hanya saja korban kali ini jumlahnya menurun, cuma 1, si Sniego Honda PCX 150 CBU Vietnam yang memang sama sekali tidak ditengok dalam waktu dua bulan ini.. Akibatnya begitu kangen ingin dipakai, dia ngambek, aki soak, ban kempes dan… rem depan masuk angin! Nah KBY mau berbagi tips melakukan sendiri cara membuang angin yang sering terjadi pada rem depan sepeda motor..

Sejak kejadian pertama WFH yang memakan korban si Gendis Aerox dan Sniego PCX beberapa waktu lalu yang mengakibatkan accu (aki) keduanya soak (baca: Tips Menjaga Motor Tetap Sehat Di Era Pandemi Corona), KBY sudah melakukan antisipasi berupa mencopot kedua aki di motor motor tersebut. Tujuannya agar tidak ada arus listrik yang terpakai saat motor tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

Saat PSBB sudah mulai dikendorkan, aktivitas mulai kembali ke kondisi normal, akrab disebut sebagai New Normal. Si Gendis yang duluan aktif karena digunakan oleh si Sulung untuk les maupun kegiatan Osis di sekolahnya. Kondisi aki Gendis Aerox R sehat walafiat, pasang kembali langsung jreeeng..

Sniego KBY diamkan lama, karena saat jatah kerja di kantor, lebih memilih menggunakan Gendis atau Raras Suzuki NEX II untuk berangkat kerja. Perasaan akan aman, soalnya aki Sniego juga sudah diamankan alias dicopot, so tidak akan ada arus listrik yang terpakai sama sekali – secara teori.

Ternyata tidak! Hari Minggu kemarin menjelang sore saat KBY berencana untuk menggunakan Sniego dalam tema kangen kangenan dong. Zeref udah beberapa kali dipakai, Gendis dan Raras sering, saatnya si putih keluar kandang! Eh begitu aki kembali dipasang, ogah nyala! Modaaarrr..

Tak hanya itu, tuas rem depan ditarik loh kok ngelos.. jelas masuk angin, cek ban depan, sepertinya kurang angin.. PR-nya setidaknya ada dua, mesin kudu nyala dulu dan rem depan harus berfungsi. Akhirnya dengan ikhlas, kembali si Raras menjadi donor setrum menggunakan kabel jumper.. Jreeng.. nyala lagi si PCX, panasin 5 menitan, bawa keliling agar si aki terisi. Sampai rumah mesin dimatikan, laah masih mati. Dua kali KBY melakukan jumper namun gagal.. Fix aki kudu diganti!!

AKhirnya aki baru pun dipesan, masih aki yang sama yaitu Motobatt MTZ6S seharga 230rb sudah termasuk ongkir same day. Sambil menunggu aki datang, KBY berpikir, ini rem depan gimana? Haruskah dijumper sekali lagi dan bawa ke bengkel? Ah masa gak bisa sendiri sih kaya gini? Diputuskan untuk bertanya ke Mang Jejen pemilik blog macantua.com yang sudah mati suri wkwkwk.. Dengan arahannya KBY mencoba step by step mengeluarkan/ membuang angin di rem depan seperti di bawah ini:

CARA MEMBUANG ANGIN PADA REM MOTOR

Pada dasarnya kondisi angin yang terjebak pada sistem rem motor (atau mobil) adalah akibat tidak pernah digunakannya si motor atau mobil tersebut dalam waktu sangat lama. Biasanya yang sering mengalami adalah rem depan (kadang rem belakang yang sudah cakram juga).

Untuk PCX 150 milik KBY yang sudah rem CBS model hidraulis (bukan sling), ternyata pentil alias lubang untuk membuang angin/ cairannya ada dua di bagian kaliper rem depan, ini wajib diketahui terlebih dahulu. Untuk rem lain pada umumnya hanya ada satu pentil saja. Pentil bagian atas (liat foto) untuk rem depan, sementara pentil/ valve bagian bawah untuk rem belakang.

Ternyata kalau sudah tau itu gampang banget ya, modalnya cuma kunci berukuran 6 atau 8, minyak rem dan otot – karena tuas rem harus ditarik berkali kali, pegel juga loh lads wkwkwk.. Yang bikin agak ribet adalah, kaliper PCX itu ada di sebelah kiri, jadi tangan agak nyebrang dikit dah. Sediakan juga tisu atau lap untuk mencegah cairan rem muncrat kemana mana.

  1. Taro lap atau tisu dekat pentil/ lubang pembuangan
  2. Cek ketinggian minyak rem ditangki minyak rem – kalau kurang tambahin, cek spesifikasi DOT minyak rem, awas kelebihan saat mengisi.
  3. Buka penutup pentil bagian atas
  4. Siapkan kunci pada baut di pentil
  5. Tarik tuas rem depan hingga maksimal dan tahan
  6. Putar dan kendorkan baut secara perlahan – untuk mencegah cairan yang tersisa muncrat
  7. Setelah angin atau air maupun cairan keluar sampai habis, kencangkan baut.
  8. Lepaskan tuas rem
  9. Ulangi kocok/ tarik beberapa kali tuas rem depan hingga sudah terasa mentok dan tahan.
  10. Ulangi proses nomor 5 sampai 8 hingga tuas rem benar benar kembali normal.
  11. Cek lagi ketinggian minyak rem.
  12. Untuk rem belakang di PCX CBS prosesnya sama, hanya pentilnya yang bagian bawah.
pentil bagian bawah untuk rem belakang

Fiuuhh ternyata mudah yaaa.. gak perlu ke bengkel, bisa sendiri kok. Bagaimana dengan motor yang sudah menggunakan sistem ABS? Nah kalau ini agak tricky, menurut mang Jejen agak berbeda prosesnya dengan non ABS. Jadi kalau belum terlalu paham mending bawa ke bengkel dan pelajari lebih lanjut yes..

pentil bagian atas untuk rem depan

Oia untuk ban depan yang kempes, KBY menggunakan mini kompresor yang didapat dari RYU – Tekiro Groups.. Ini sih gampang banget lah, tapi membutuhkan daya dari lubang socket mobil, jangan pakai punya motor, gakan kuat, yang ada sikringnya putus hehehe..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

17 KOMENTAR

  1. Pengalaman ane juga sama pake accu mottobat gel. Ga dipake 2 bulan kuda besi langsung soak. Makanya ane lebih prefer ke Accu GS.

  2. Tak kiro Kang Kobay lagi kesambet apa,
    Pagi-pagi buka artikel, baca dengan seksama sambil menggeliat,
    karena tertulis pentil dan tisu dan muncrat,
    Huasyem tenan, jebule mbahas angin rem.

    Tak kiro mbahas “sing kae”-yang itu

    hehe

  3. yg jelas oli rem itu keras ke cat mang, bisa terkelupas, usahakan di kaliper di tutup. korban nya percobaan velg gw di rontado…

    klo pompa, gw pake pompa sepeda united beli 35rb. cukup buat ban motor mah.

  4. Bawa ke zonaspeed mang bisa drivethru sekarang,, betulin motor tapi kita tetep bisa nangkring di atas jok.

  5. harusnya tuh pentil disambung selang, biar ga muncrat kemana-mana.
    btw terindikasi aki motobatt kualitasnya begitu,mendingan pakai yuasa (ato shorai klo ada duit nganggur)

  6. Btw masalah pompa ban elektrik saya langsung colok ke power outlet motor, yg penting pakai sekring minimal 10A. Tapi jangan coba2 ke motor2 Honda karena walaupun sekring udah diganti yg 10A tetap aja gak kuat malah kabelnya yg kebakar, saya sudah coba di ADV padahal di motor merk lain aman2 aja

    • Bisa dua arti

      Pengamanan elektrik nya lebih baik, daripada bisa tapi tar kenapa kenapa…

      Atau ya memang buruk.. gw coba di PCX singkring langsung putus wkwkwkk…

      Abis itu ngeri ah..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..