iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Demen riding tapi kalau gak punya riding boot alias sepatu riding kok kayaknya kurang lengkap. Meski jujur, perlu gak perlu, butuh gak butuh, tapi kondisi KBY sebagai artis eh maaf salah ketik, sebagai yaaa bike enthusiast lah ya kok jadi sering membutuhkan sepatu jenis ini. Sebenarnya sudah punya satu, merek Scoyco (baca: Review Riding Booth Scoyco MBT003), dan ternyata sudah berusia 4 tahun! Wkwkw.. Kayaknya butuh 1 lagi riding booth yang gayanya lebih ke all rounder, dan pilihan jatuh kepada TCX Booth tipe Mood Gore-Tex buatan Montebelluna Italia, begini reviewnya ala KBY..

KBY bukan tipe yang demen punya banyak untuk sepatu jenis riding, mungkin karena sifatnya yang khusus – yaitu untuk kebutuhan berkendara alias riding, jadi merasa punya 1 sudah cukup dan kalau gak rusak ya akan jadi andalan terus saat dibutuhkan. Scoyco MBT003 ternyata sudah 5 tahun menemani, pada dasarnya tidak ada yang rusak sih – seperti sobek atau bolong. Tapi cover alias pelindung kaki bagian atasnya sudah ada yang copot, maklum dari plastik, kejadiannya waktu keliling Bali bersama Honda ADV 150.

Karena copot bagian situ, keliatan banget somplaknya wkwkw.. Dan damage nya bisa mempengaruhi performa sang sepatu terutama dari sisi water proof-nya. Sooo akhirnya diputuskan kudu punya 1 lagi sebagai pemain utama, si Scoyco jadi pemain cadangan aja. Mana minggu depannya mau riding keliling Malaysia di acara Honda Asian Journey 2019, masa pake sepatu kek gitu wkwkwk..

RIDING BOOTH TCX MOOD Gore-Tex

Untuk sepatu riding sebenarnya banyak banget pilihannya, misal jagoan balap Alpinestars, RS Taichi, Dainese, Sidi, TDR, Scoyco hingga lokal seperti Tomkins, 7gear bahkan Respiro dll. Nah kenapa TCX? Gara garanya sih liat IG nya RC Motogarage yang posting sepatu riding TCX melulu wkwkwk..

Kayaknya TCX menarik nih, merek di luar brand yang sudah banyak banget yang pake, terus melihat modelnya – tipe Mood Gore-Tex – all rounder banget, sopan, dalam arti gak keliatan banget sebagai sebuah riding booth, melainkan seperti penampilan sepatu casual pada umumnya. Jadi bisa dipake sebagai sepatu kemana aja, bahkan ke undangan resmi pun masih pantes!

Selain itu, fitur yang menarik dari TCX Mood Gore-Tex ini adalah water proof! Padahal kalau liat sosoknya sih kayak yang gak tahan air yes hehe. Tapi klaim dari TCX yang punya slogan Focus on Boots ini memang tipe yang KBY bahas ini ya tahan air. Well, testing is believing yes?

KENYAMANAN

Gak usah dibandingkan dengan merek lain ya, perbandingannya mau gak mau dengan yang udah dimiliki yaitu Scoyco, karena merek lain kan KBY lom pernah tes kekeke..

TCX Mood ini ternyata jauh lebih nyaman, padahal kalau melihat penampilannya yang klasik dengan model sole ala ala sepatu warrior – alih alih air system ala Nike atau Boost ala Adidas, sole nya ya begitu aja. Sempat berpikir, keknya bakalan sama aja atau beda tipis dengan kenyamanan Scoyco, yah namanya juga riding boot, pikir KBY saat si sepatu tiba.

Sekali lagi, testing is believing.. sole nya nyaman! Saat kaki masuk, baik tali diikat erat atau dibuat longgar, si kaki cukup ringan melangkah dan gak ketoplak ketoplak. Ukurannya 41, masih longgar sekitar 0,5cm, soalnya kalau ngepas itu, kaki KBY berukuran 40. Kalau terlalu ngepas tentu gakan nyaman, mengingat ini bukan running shoes hehe.

Jari jari kaki enak, terutama ujung kelingking dan bagian sampingnya, jadi merasa nyaman. Begitu juga tumit, tidak terasa terjepit. Kenyamanan ini berkat Ortholite® footbed with long term cushioning and high level of breathability, dan sesuai speknya terbukti telapak kaki terutama tumit gak cepat pegal!

Bukti sahihnya adalah ketika KBY harus berjam jam melangkah dan berdiri berkeliling sirkuit Sepang. Biasanya kalau sepatu kurang nyaman, bagian tumit yang pegal duluan, ini bisa dibilang nyaris gada. Sisi kenyamanan ini bahkan bisa dikatakan nyaris sama dengan Nike 27C yang KBY miliki padahal sole dan footbed nya bisa dibilang berbeda. Jos lah!! 

PERFORMA – TES WATER PROOF!

Water proof adalah salah satu keunggulan atau fitur andalan dari TCX Mood GTX (Gore-Tex), yap, tipe ini memang tahan air, tapi setahan apa sih? Jangan jangan cuma selevel gerimis doang atau genangan air kecil..

Kebetulan banget tes pertama adalah saat riding keliling Malaysia lads, setidaknya 3 kali KBY kena hujan di jalan – levelnya deras dan gerimis, dan kondisi tersebut merupakan waktu yang tepat untuk mengetes level water proof dari TCX Mood GTX. Hasilnya? Luar biasa! Kering di dalam! Meski bagian luar yang full kulit terlihat basah tapi sama sekali tidak tembus hingga ke dalam! Thumbs up.

Itu kenapa saat riding keliling Bali di acara PCX Luxurious Trip 2019, TCX Mood GTX kembali jadi andalan. Sekali lagi kemampuan tahan air sepatu asal Italia ini diuji, ternyata Bali sedang dihajar hujan lebat. Kembali KBY melakukan uji tes, saat kami sudah dibekali cover sepatu agar tidak basah di balik Jok PCX, KBY cuek aja hanya menggunakan jas hujan dan membiarkan sepatu basah oleh air dari hujan yang deras.

Hasilnya lagi lagi memuaskan! Kering kerontang di bagian dalam, bahkan Rizky Motovlog – vlogger asal Lampung sampai tidak percaya.. Bang elo beneran gak pake cover sepatu? Gak basah? Dia liat dan pegang sendiri tuh hasilnya hehehe.. Puasss bener dari sisi ini. Bagian dalamnya juga gak bikin kaki keringetan berkat lining teknologi Gore-Tex yang breathable, jadi aman dari bau hehe. Ada bau sih, tapi bau kulit asli yang harumnya khasss..

SPESIFIKASI DAN HARGA

TCX Mood Gore-Tex punya spesifikasi sbb:

  • UPPER

    Full grain leather

  • LINING

    GORE-TEX Extended Comfort Footwear for increased breathability

  • REINFORCEMENTS

    Malleolus area, toe and heel reinforcements 

  • CLOSURE

    Lacing system

  • FOOTBED

    Ortholite® footbed with long term cushioning and high level of breathability

  • SOLE

    Rubber sole with specific path to increase stability and grip

Model ini juga sudah memiliki sertifikat CE EN13634:2017 plus teknologi CFS (Comfort Fit System). Harganya, nah ini, gak murah hehe.. RC Motogarage menjualnya untuk tipe ini seharga Rp. 2.9 juta. Memang tinggi yah, karena kena pajak barang impor plus kualitas yang sudah terbukti oleh KBY sendiri.

Kesimpulannya, di luar harga – TCX Mood GTX ini sangat memuaskan, kalau model mungkin tergantung selera, karena TCX pun memiliki beberapa model lain. Kekurangannya cuma 1, harusnya karena biar bagaimanapun ini adalah sepatu riding, ada bagian pelindung untuk pengungkit gigi, sejauh ini sih aman karena tuasnya ada karetnya. Tapi TCX memberikan free cover sepatu di dalam dusnya, agar kulitnya tidak mudah tergerus. Sayang model kek gini bukan buat orang pelupa, buktinya punya KBY udah ilang wkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

20 KOMENTAR

  1. Mang, kok sekarang makin jarang upload artikel sih. Ayo dong Mang semangat bikin artikel yang buanyak!

  2. untuk outsole nya khususnya telapak kakinya mang … slippery ga saat basah diaspal di footstep …. you know what I mean lah …. mang

  3. Beberapa waktu yang lalu COD dari Kaskus, beli TCX. Sellernya bilang sebenarnya dibuat di Bandung, baru dioper ke TCX di Eropah..

    Waterproofnya emang ajip, tapi begitu lapisan kulitnya terkelet/meletak di bagian lidah. Jadi water allowed meskipun ga banjir.
    CMIIW

Yuk Tinggalin Jejak Lads..