Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Buat yang gatel melihat kondisi standaran kendaraannya, pasti ada aja daftar ide yang nongol di kepala hehe. Diapain nih enaknya kendaraan gueh.. Dari sekedar hanya ingin tampil beda, sampai berpengaruh ke performa bisa dilakukan. Kali ini KBY mau membahas daftar modifikasi Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport (termasuk tipe GL dan GX) yang bisa dilakukan atau dipasang di mobil MPV 7 seat Suzuki ini. Kira kira apa saja sih yang bisa dimodif? Coba kita cari tau yukksss..

KATEGORI MODIFIKASI

Pada prinsipnya, modifikasi mobil itu sama dengan motor, yaitu ada beberapa tahap, ringan, menengah hingga ekstrim. Kalau ringan biasanya ya hanya memasang atau menambahkan aksesoris pemanis saja, misal kalau di motor ganti spion standar dengan model tomok, di mobil handle pintu dikasih cover chrome atau pasang talang air. Antena panjang ganti yang pendek. Bisa juga hanya ganti velg dan ban atau sekedar ganti air filter dan busi.

Untuk kategori menengah biasanya sudah merambah ke banyak ubahan atau rombakan dan berpengaruh cukup signifikan disertai harga yang sudah lebih mahal, misal ganti bungkus jok, ganti per, pasang knalpot full system, pasang piggyback atau remapping, serta porting polish, pasang audio dll. Ganti velg dan ban yang hi-level juga bisa masuk kategori ini sih.

Masuk ke ranah ekstrim ya ubahannya sudah mulai merubah bentuk atau rombakannya berpengaruh sangat signifikan terhadap desain asli. Misal merubah body jadi wide body, atau seperti merubah MT25 jadi Bobber, CBR250RR jadi chopper dan lain sebagainya. Tapi bisa juga tidak hanya terlihat tampilan luar, ekstrim di performa juga bisa, swap engine, pasang turbo, ganti camshaft, rombak ke karbu webber dlsb. Bahkan Audio full hi-end bisa juga masuk level ini.

DAFTAR MODIFIKASI UNTUK SUZUKI ALL NEW ERTIGA

Untuk artikel ini KBY hanya akan membahas modifikasi untuk All New Ertiga yang sifatnya ringan hingga menengah saja, kalau masuk kategori ekstrim tujuannya udah lain, bisa untuk kontes modifikasi atau lomba audio bahkan balapan. Oia modifikasi ini gak terbatas untuk Suzuki Ertiga aja sih, sifatnya umum, bisa mobil apa saja.

  1. Ganti velg dan ban

Tergantung bujetnya, modifikasi ganti velg dan ban bisa masuk kategori ringan dan menengah bahkan ekstrim kalau yang diliat adalah harganya. Kalau nyarinya velg taiwan atau standar bawaan mobil lain dengan ban yang juga bawaan mobil lain, bisa masuk kategori ringan. Bujetnya 2 – 5 jutaan, tergantung baru atau bekas atau tukar tambah. Misal untuk All New Ertiga bisa menggunakan velg dan ban standarnya Mitsubishi Xpander yang sudah menggunakan ukuran 16″ dengan lebar 205, harganya sekitar 2 jutaan dengan kondisi tukar tambah.

Tapi kalau mau main velg merek Jepang atau eropa/ Amerika, bujetnya bisa membengkak hingga belasan atau bahkan puluhan juta! Merek Jepang atau JDM biasanya dikuasai Enkei, Volk Racing/ Rays, Gram’s Light, Advan, SSR, Work’s, Wed’s dll. Dari eropa ada BBS, Borbet, Sparco, OZ Racing dll. Amerika juga punya seperti HRE dan Vossen.

Ban juga banyak pilihan, dari yang murah, hingga yang satunya 3 jutaan seperti Yokohama Advan Neova. Harga ban akan tergantung tipe dan ukuran juga sih, diameternya makin besar ya makin mahal. Biasanya, cukup bermain sektor ini dulu sudah lumayan bisa merubah look dan stance si mobil loh.

2. Aksesoris pemanis atau fungsional

Ini lebih ke pernak pernik di dalam mobil sih, bisa cuma sekedar sandaran leher, gantungan serba guna hingga pengharum ruangan, KBY sudah pernah bahas yang level ringan ini (Aksesoris Ringan Untuk All New Ertiga Suzuki Sport).

Ganti lampu LED juga sebenarnya masuk ke aksesoris (baca: All New Ertiga Suzuki Sport Pasang Lampu LED). Begitu juga pasang camera mundur atau sensor parkir misalnya, bisa juga pasang sayap atau spoiler di belakang, bisa masuk ke kategori modifikasi aksesoris, tapi karena All New Ertiga Suzuki Sport sudah pakai body kit orisinil bermain sektor ini tidak diperlukan lagi.

Alarm? Bisa juga tuh masuk ke dalam area ini, mengganti Kaca Film juga masuk.

3. Pasang/ Ganti Lapis Jok

Demi kenyamanan, atau sekedar look bahkan untuk kebersihan, banyak pemilik mobil yang melapisi lapisan jok standarnya dengan pelapis atau sarung. Model gini jatuhnya lebih murah, dan sifatnya melapisi kain jok standar. Kelebihannya mudah dan murah dengan kekurangan lapis jok di bawahnya kotor atau kusam.

Tidak sedikit yang mengganti pelapisnya juga, seperti si Aness, KBY ganti menggunakan MBTech Giorgio (baca: All New Ertiga Ganti Pelapis Jok). Model begini kain jok dicopot diganti dengan bahan yang diinginkan. Paling mantap sih kulit beneran, tapi muahaaall bisa belasan juta untuk mobil 7 seater.

3. Audio – In Car Entertainment

Mungkin terkesan remeh, tapi kalau serius hingga mau kompetisi, bermain audio bisa seharga mobil baru! Ratusan juta loh lads. Kalau untuk ringan ringan saja, biasanya kalau HU sudah dianggap mumpuni dalam memproses suara maka tinggal ganti speaker saja dengan yang bagusan. Karena menurut instalatur audio, HU itu pita suara, sedangkan speaker ibarat bibir, punya pita suara bagus kalau bibirnya sumbing ya gitu deh hehe.

4. Kaki Kaki

All New Ertiga Suzuki Sport sudah punya tampang yang sporty abis, tapi dia merupakan sebuah MPV.. pun begitu bagi owner yang ingin merubah ketinggian si mobil, bermain di sektor kaki kaki jadi wajib, apalagi kalau misalnya velg sudah ganti dengan diameter besar, biasanya spakbor jadi lega bisa jadi tempat 2 pasang kucing kawin wkwkwk..

Nah mengakalinya bisa mengganti per yang lebih pendek, atau sepaket – biasanya disebut coil over – per dan shocknya. Seingat KBY sih buat All New Ertiga belum ada, tapi untuk mobil lain seperti Honda dan Toyota sudah banyak, dari mulai Eibach, Tanabe, Tein, Jamex hingga H&R.

5. Mesin

All New Ertiga dipersenjatai dengan mesin K15B, 1500cc DOHC VVT 16 katup. Mesinnya memiliki tenaga sebesar 104,7Ps/6000 dengan torsi 138Nm/4400. Pada dasarnya sudah cukup meski belum masuk kategori istimewa mengingat L15Z VTEC SOHC Mobilio mampu menghasilkan tenaga sebesar 118ps dan 145Nm.

Bagi yang kurang puas ada triknya, yaitu memodifikasi sektor I/H/E, intake – header – exhaust. Intake yaitu memaksimalkan sedotan udara ke ruang bakar, mengganti filter aftermarket jadi wajib, sayang buat All New Ertiga belum ada, dari K&N, BMC hingga Ferrox ga nyediain hiks.. Header & exhaust menjadi satu kesatuan, header diperbesar hingga ke pipa tengah sampai ke ujung. Produk aftermarket cukup banyak, dari HKS, Spoon hingga J’s Racing.

Bagi yang gak suka pakai knalpot berbunyi, ngakalinnya ya jadi cuma dua, ganti air filter plus piggyback atau reflash ECU/ stand alone. si Aness sendiri baru KBY pasang piggyback doang dari Dastek, sayang hasilnya kurang maksimal karena air filternya masih standar, masih seperti dibekap hidungnya.

contoh piggyback dan throttle module dastek

Bagi yang masih kurang juga? Ya masuk kategori ekstrim, dari mulai papas head, porting polish, ganti camshaft hingga swap engine..

Naaahh.. itulah daftar modifikasi yang bisa dilakukan pada Suzuki All New Ertiga standar dan Suzuki Sport, modifikasi ini berlaku secara umum untuk mobil lain juga lads. Gimana apa ada tambahan?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

34 KOMENTAR

  1. Kalo sy mah mobil cuma Ganti kulit jok permanen pakai MB tech carerra premium plus armrest plus karpet dasar permanen. Yg lain standart aja yg penting ngegelinding…. hahayy

    • Nah ini yang gw kurang paham dari strategi Suzuki..

      Dari sisi tenaga sih M15A emang lebih baik .. tapi mungkin efisiensinya kurang..

      Kamsud gw, pabrikan lain sudah punya line up mesin yang seragam, dengan output dan efisiensi yang cukup. Lah ini Suzuki punya 3 mesin di kelas yang mirip, M15A, K14B dan K15B .. gak cost efisiensi banget.. emang pabrikan kaya raya nih wkwkwk

  2. Ganti jok pakai kulit asli, pakai mastrotto dengan kualitas setara camry dan tambah busa jok 3 th yg lalu kena 9jt an 3 baris (sarung asli dilepas dan disimpan). Adhem, ga basah di punggung. Kalau pakai nappa bisa 20jt an.

    Si brio dikasih jok imitasi, hadehh nyetir 2 jam saja punggung panas dan basah. Nyesel juga kaya buang duit 2jtan.

  3. “Huahahaa.. skrg ga dpt 9juta. Bisa sih kalau cuma depan doang kekkeke”

    ane ada kontek orang dalemnya, klo mau..hahaha

  4. orang dalem mastrotto, lupa jabatannya apa..
    entah dia jual bahan aja atau ada yang udah jadi jok

    japri aja kalau emang mau

  5. Halo om salam kenal saya reza..
    Saya juga pengguna all new ertiga ss om mau nanya itu pasang piggyback di bengkel daerah bintaro ya? Hehe kalo boleh PM harganya dong om.. saya kebetulan baru abis ganti knalpot full system rencana next nya mau remap atau pasang piggyback karena masi dirasa kurang maksimal.. barangkali kita bisa share2 pengalaman bareng hehe.. terima kasih om stay safe 🙏

    • di sana ternyata agak mahal, padahal piggyback bawa sendiri dan padahal langganan lama hiks..

      pasang doang plus plus 3,5jt..

      coba di Sigma mungkin sama aja sih..

  6. hahaha sudah kuduga dulu soalnya di situ cuma dyno aja udh 450rb om… nah ini di tawarin di Rev Remap 3.5jt om udah sama dyno before after… ya cuma gitu kalo remap dia gaada power maping nya jadi ya fix aja tuning nya.. btw di tokoijo ada yg jual filter K&N tulisannya si bisa untuk ANE om cuma ga meyakinkan soalnya gambarnya bukan gambar real..

    btw gimana om impresi nya setelah instal piggyback? ini saya kondisi standard sebelum ganti fullsystem knalpot lari 140 mau naik lg berat (automatic) setelah ganti fullsystem lumayan bisa tembus 160kpj hahaha

    • enak sih, belum pasang aja sebenernya 160 cukup gampang, cuma agak lama dan ketahan sama matiknya yang konvensional (jadi kangen 7 speed)… Udah pasang ya pastinya lebih enak, lebih cepet banget di bawah sampai sekitar 120-140, di atas itu agak ketahan nafasnya sama filter standar dan lagi lagi matiknya wkwkwkkw..

      ini sebenernya tinggal ganti air filter doang pasti atasnya lebih enak lagi, cuma kok susah banget nyarinya gak kaya punya Honda atau Toyota yes…

    • oia artikel dyno test belum gw bikin karena merasa belum puas hasilnya.. nunggu air filter dulu deh.. kalau custom bisa gak ya? Pake busa HKS gitu wkwkwwk

      • lebih mantep lagi nanti kalo dyno ulang ada lampiran dyno before pasang dastek nya om.. katanya kalo mau yg akurat di KS om cuma mahal dyno aja kabarnya 1jtan..

        kalo om mau custom saya ikutan jadi pasien deh wkwkw , jatohnya kalo busa HKS kayak open filter kan brarti? hehe

  7. iyasih bisa sebenernya pas standard naik lagi 140 tp berat banget hahah saya ngetest cuma di track pendek flyover kuningan aja.. semenjak upgrade exhaust jd kecapai akhirnya 160.. iya om sama saya jg nunggu filter udara dulu sebelum remap, apa kita coba follow up yg produsen aftermarket lokal om haha..
    soalnya kalo K&N itu agak sulit kalo di India sana belum ada di Indonesia jg pasti susah, pengalaman sebelumnya saya pakai ertiga diesel ( remap sudah, downpipe sudah) PR tinggal filter udara aja nah itu di india sana ada K&N nya tapi mau impor ke sini agak susah 🙁
    Sayangnya Jimny yg baru itu mesin sama tapi filter udara nya beda kalo misal filter udara sama ada kemungkinan dalam waktu dekat K&N nya bakal bermunculan krn si Jimny itu global produknya..

    • Lucu emang Suzuki, tipe sama tapi model air filter beda.. oh di Kuningan segitu mah bagus dong.. ay pipa masih standar. Kemaren aja iseng nebus tail pipe Greddy wkwkwk. Mayan Biar Ada suaranya.. kalau full udah lewat masanya 🤣🤣🤣

      Ini yg lucu, merek lokal juga belum bikin, apa karena sedikit ya permintaannya..

  8. kalo busa nya aja paling kita custom pakai frame filter standar terus di bobok pasang busa hks itu om hahaha tapi high risk gak sih kalo lem nya brodol malah kesedot engine nanti itu 😀

    itu cerita akhirnya pasang full system agak lucu om.. awalnya saya berniat hanya mau buang katalis nya saja jadi ganti header aja tapi lama2 kepancing juga untuk full system pas udh kepasang lagi lari konstan rpm 3rban pengang jg kuping hahaha… yaudahlah toh saya kan jg bikin bolt on semua custom nya jadi yg penting header dan resonator sudah ganti kalo lama2 ga nyaman muffler nya balikin standar aja jadi katalis udh gaada suara tetep standar 😀

    dulu pengalaman saya pas pakai ertiga diesel saya coba follow up produsen filter udara stainless itu om dan selang 4 bulanan mereka ready stock untuk ertiga diesel ternyata ukurannya sama persis kayak avanza yg baru tapi beda 1mm ( perlu amplas dikit frame filternya..) , saya rasa sih perlu di pancing itu produsen2 yg lokal supaya mereka mau produksi untuk ANE apalagi kan XL7 itu sama kok filternya dengan ANE semoga aja mereka mendengar om haha , terutama yg bisa produksi bahan cotton gause jadi mirip2 kayak K&N lah bahan dasarnya 😀

      • ini masi project awal sih beli paketan ORD (header, resonator, muffler) pipa tengah saya simpan aslinya nah saya bikin lagi pake galvanis juga ikutin ukuran pipa aslinya dulu om..

  9. iya KS nusa wkt itu sih saya dyno di lestari om.. nah kata temen di KS 1jtan tp akurat katanya sih

Yuk Tinggalin Jejak Lads..