Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Honda CBR1000RR-R SP Fireblade 2020 rilis! Meski sempat ada isu kalau WSBK itu bukan “level” Honda alias mereka gak konsentrasi di kejuaraan balap motor “jualan” tersebut, tapi namanya gengsi kalau tergores ya berontak juga wkwkkw. Honda CBR1000RR SP generasi sebelumnya benar benar jadi pesakitan di WSBK. Sulit untuk bersaing dengan merek lainnya seperti Ducati, Kawasaki dan Yamaha. Honda sendiri terakhir kali memenangkan juara dunia WSBK adalah tahun 2007, itu artinya sudah 12 tahun! Waktu yang terlalu lama untuk sebuah pabrikan raksasa. Jadi ini kah jawabannya di versi terbaru?

CBR1000RR memang diciptakan “agak” berbeda dengan supersport kelas 1000cc lain. Superbike Honda ini diracik dengan orientasi lebih pada comfort sport riding, yak, sebuah motor pure sport tapi yang masih nyaman dikendarai harian. Atas alasan itu pula lah CBR memilki horsepower yang paling kecil diantara lainnya dengan keunggulan lebih penurut dan rider friendly. Tapi tentunya kalau suatu model sudah ikutan balap, maka tenaga juga harus beringas, hal ini yang dilupakan oleh Honda, sehingga wajar akhirnya saat turun balapan CBR Fireblade seakan menjadi peserta anak bawang. Alih alih podium, buat ikutan di depan aja sulit!

Tapi CBR1000RR-R SP Fireblade versi 2020 kemungkinan besar akan punya kisah yang berbeza. Desain mungkin masih terlihat mirip sebagai suatu produk khas Honda, tapi secara fitur, spesifikasi dan performa.. it’s a completely different bike. Juara Dunia 6x MotoGP, Marc Marquez punya kesan yang baik setelah dia menyantap tikungan demi tikungan di model terbaru ini.. Well, di luar MM93 adalah ambasador Honda, tapi jika apa yang dikatakannya benar, maka WSBK 2020 akan lebih menarik!

SPESIFIKASI MESIN

”Pertempuran CBR1000RR-R kini telah pindah ke lintasan balap, dimana performa canggihnya dapat ditunjukan sepenuhnya”. Ujar Yuzuru Ishikawa, sang Project Leader dari CBR Fireblade 2020 via Visor Down.

Dari sisi tenaga, kini CBR Fireblade terbaru melonjak menjadi 215 HP @14,500 RPM and torsinya 113Nm di 12,500 RPM dari sebelumnya hanya 189HP – dimana menjadi yang terendah dibanding sportbike 1000cc lain. Lonjakannya adalah sebesar 26 HP. Insinyur Honda memberikan mesin baru agar sang moge bisa lebih kompetitif di arena balap. Meski rumor penerapan pengaturan katup variabel legendaris Honda yaitu VTEC ternyata hanya tinggal rumor saja.

  • Mesin dengan ultra short bore yang sama dg RC213V-S (81 x 48.5mm) sementara yang lama 76 x 55mm. Ukuran borenya sama dg Ducati V4R yang punya tenaga 217 HP)
  • Bagian atas mesin menggunakan cam dan gear train yang baru yang memilik hak paten. Cam DLC (diamond-like coating) diklaim sanggup mengurangi friksi dan meningkatkan daya tahan,
  • Pembaharuan bagian bawah ruang pembakaran, Con rod diperkuat dengan titanium alloy dan piston skirts dengan lapis teflon.
  • Pembenahan air intake menjiplak teknologi RCV untuk memastikan pasokan udara ke ruang bakar pada RPM tinggi lebih maksimal.
  • Sistem knalpot baru yang dikembangkan oleh Akrapovic yang sesuai dengan aturan Euro 5.
  • Swing arm dan wheelbase diperpanjang sejauh 48mm untuk memastikan stabilitas akibat tenaga dari mesin baru ini.
  • Posisi crank dirubah untuk memastikan high speed cornering lebih mudah dilakukan.
  • CBR juga mengadaptasi ‘inner fairing winglets’ dari RC213V untuk mendapatkan downforce yang dibutuhkan di track berkecepatan tinggi.
  • Hasil perhitungan Honda, CBR1000RR baru merupakan motor paling aerodinamis di jajaran WSBK 2020, dengan drag coeficient hanya 0.270. Setidaknya bisa menambah top speed, kaya yang diklaim motor itu loh..
winglet yang dikatakan Marquez sangat membantu saat menikung cepat

DESAIN DAN VARIAN

Desain CBR triple R memang seperti dejavu, pasti teringat akan Honda CBR600RR generasi terakhir hehe, which is good sih actually. Garisnya juga terlihat lebih tajam dan sporty dibanding versi lawas. Tapi kalau dilihat frontal dari depan, justru jadi kaya Suzuki GSX-R150 loh wkwkw.. Selain bagian fascia, bagian buritan juga berubah, lebih manis dan tajam meninggalkan jejak versi lawas.

versi non SP

Motor yang dirancang dengan campur tangan teknisi HRC ini mempunyai bobot isi sebesar 201 kg atau lebih berat 5 kg dari versi lawas. Dia lebih ringan jika dibandingkan dengan superbike terbaru seperti Aprilia RSV 4 RR (204 kg) tapi masih lebih berat 3kg jika dibandingkan dengan Panigale V4R.

Honda memberikan opsi CBR1000RR-R dan CBR1000RR-R SP alias tipe tertingginya, 2 pembedanya adalah kalau SP sudah dibekali suspensi Ohlins dan kaliper Brembo.

😀 😀

FITUR HONDA CBR1000RR-R

Beberapa fitur disematkan di motor fairing kasta tertinggi yang dijual Honda tersebut antara lain:

  • Lampu lampu full LED
  • Panel meter TFT yang menampilkan beragam indikator mulai temperature, riding modes, speedometer and tachometer, shifter setting, ABS level, gear position, remaining fuel, and much more.
  • Bosch six-axis Inertial Measurement Unit (IMU), electronics with 5 power modes, 3 engine braking modes, 9 traction control settings, 3 wheelie control settings, SPORT and TRACK ABS modes, and an electronic quickshifter
  • Rem ABS depan belakang
  • Side stand switch
  • Riding mode
  • Honda Selectable Torque Control (HSTC)
  • Electronic Steering Damper (HESD)
  • Smart Key
  • Quick Shifter
  • Launch control
  • throttle-by-wire system
  • Öhlins NPS front forks with Öhlins Smart EC tuning
  • Brembo Stylema front brake calipers
  • Brembo front brake master cylinder
  • 330mm (13.0 inches) front brake discs
  • Rear brake caliper from the Honda RC213V-S

FAKTOR PEMBALAP

Dengan All New CBR1000RR-R memiliki spek yang jauh berbeda dari CBR yang ada sebelumnya, maka para kompetitor pantas untuk waspada dan berhati hati untuk WSBK. Apalagi faktor pembalap juga berpengaruh lads. Musim 2020 akan ada Alvaro Bautista di kubu Honda, veteran MotoGP ini sungguh tak dapat dipandang sebelah mata.

Untuk harga, Honda masih memeluk erat erat, jadi kita tunggu saja info selengkapnya ya, yang jelas Indonesia bakal punya lah, para sultan banyak gitu loh wkwkwkw

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

19 KOMENTAR

  1. “Setidaknya bisa menambah top speed, kaya yang diklaim motor itu loh..”
    Gitu2 kipas2 dolar lho kang (katanya)
    Btw gw pikir cuman gw yg ngira headlampnya mirip lekukannya gsx r150

  2. knp bnyk yg beranggapan ‘mirip gsx 150r’ ya.. padahal itu kan mirip cbr600rr sejak jaman purba.

  3. jangan percaya omongan marquez dia mah alien kyk stonner, asal powernya gede dia bilang bagus dan kenyataannya sangat sulit dipegang sama pembalap lain. menarik seandainya hohe ikut juga ngerasaain ni motor baru

  4. ga cakep, tapi saya mah suka, lumayan ni buat wallpaper PC kantor, sekilas ada bau2 R1 nya (satu2 nya motor non honda yg pernah jadi wallpaper komputer kantor)
    —–

    kok si “tak ada yg bisa” ga pernah komen di blog sini lg ya? apa gara2 saya trolling dia trs ya?

  5. Ada yg bilang mirip gsxr150 lah ada yg bilang mirip yzfr15 lah, kalo gw bilang mah mirip mbit tuh, tutup pentilnya tapi 😂

  6. ini gobloknya sijuki, bikin motor bagus bisa, tapi karena di macem macemin jadi katrok

    coba itu main lamp sijuki di jadiin air ram dari dulu, alamat cbr1000 yg flagship bakalan dikatakan ngekor

    sijuki terlalu mbulet soale

Yuk Tinggalin Jejak Lads..