Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Pameran otomotif terbesar di Indonesia yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bakal digelar besok Kamis, 18 Juli 2019. Pameran akan berlangsung besar besaran dan gegap gempita selama 11 hari hingga 28 Juli 2019. Seperti biasa puluhan brand roda empat dan roda dua ikut ambil bagian di ajang ini, dan tak luput para produsen aksesoris roda dua dan roda empat juga ikut serta. Hanya ada dua pabrikan roda dua yang disayangkan absen yaitu Yamaha dan BMW Motorrad, apa alasan mereka?

Namun, kehebohan GIIAS gagal menggoda sejumlah brand untuk hadir di event otomotif paling akbar di Indonesia ini. Salah satu nama besar yang tak memanfaatkab GIIAS untuk berpromosi adalah Yamaha Indonesia dan BMW Motorrad. Absennya BMW cukup menjadi tanda tanya bagi industri otomotif di Indonesia. Pasalnya, GIIAS yang kental beraura kemewahan adalah ladang penjualan bagus bagi motor-motor besar milik BMW.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, ada sejumlah masalah yang menerpa perusahaan-perusahaan otomotif sehingga tak bisa ikut GIIAS 2019. “Mungkin mereka memperkirakan mendapat volume kecil di sini hingga perlu mengatur strategi lainnya,” ungkapnya.

Hal ini diungkapkan CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans saat berbincang dengan awak media di sela IIMS Motobike Expo, kawasan Jakarta Selatan. “Kita nggak ikut. April kemarin kita sudah meluncurkan sekitar enam produk baru,” kata Joe Frans. Oleh karena itu, lelaki yang akrab disapa Joe ini merasa, bahwa GIIAS 2019 ini bukan momen yang tepat untuk memperkenalkan model-model yang lebih baru. “Jadi tahun ini kita belum ada schedule untuk meluncurkan produk baru lagi,” terang Joe

Namun di lain kesempatan, salah seorang sumber internal menyampaikan alasan yang sedikit berbeda. Absennya brand asal Jerman ini dikarenakan mendapat tempat (stand) yang dianggap sempit. “Harganya mahal banget. Selain itu posisi stand juga terlalu kecil,” ungkapnya.

YAMAHA PILIH JEMPUT BOLA

Bagi Yamaha, mereka lebih memilih mengadakan event-event bertemu langsung konsumen di banyak daerah di Indonesia. “Kami lebih memilih jemput bola ke daerah-daerah seperti Blue Core Yamaha Motor Show di 10 kota,” kata Yordan SatriaDeputy GM Marketing Yamaha Indonesia.

Secara total, GIIAS 2019 bakal dihuni sebanyak 25 brand kendaraan roda empat. Nama-nama besar hadir di ajang ini. Meski begitu beberapa nama juga absen seperti KIA, Chevrolet dan Peugeot.

Sementara itu di segmen roda 2, sebanyak 13 brand siap meramaikan GIIAS 2019. Nama-nama besarnya antara lain Honda, Kawasaki serta Suzuki. Begitu pula dengan brand Moge, Harley-Davidson, KTM dan Benelli. Lalu ada Vespa – Piaggio, Viar, Kymco hingga TVS Indonesia. Bahkan brand yang selama ini tak terdengar namanya juga hadir, seperti Nozomi yang banyak bermain di kendaraan niaga roda 3, lalu ECGO yang dikenal sebagai produsen motor listrik.

Nah sekarang sudah tahu kan alasan Yamaha dan BMW Motorrad absen di GIIAS 2019?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

21 KOMENTAR

  1. sorry to say yah … buat pabrikan yg kepengin tetap kompetitif, mestinya banyakin ikut pameran yg juga di ikutin kompetitor, klo perlu booth nya sebelah-sebelahan atau hadap-hadapan donx

    malu ah sama Viar

  2. Yg penting effisen biar profit tetap tebel, percuma pameran klw sdh tahu rugi ikut pameran yg mahal buat peserta, n penonton yg jauh di ujung DKI, ….pameran yg bagus di pusat kota , akses mudah buat potensial buyer 😂 zaman internet , titip buat vlog yg jujur aja …..

  3. Tunggu artikel berjilid tentang giias yg cenderung merugikan perusahaan yg ikut aja. Kalo keluar berarti emang yamaha titip salam. Ngah ngah ngah

  4. emg dasarnya aja ga mo ngeluarin modal
    masa yimmm kalah sm sijuki yg penjualan ga ada stgh dr yimmm tp berani bayar stand bwt pameran

  5. Yamaha ga mampu ngadain double event, sepeninggal pak eko yamaha jadi pelit banget, bahkan untuk brand ambas nya aja cari yang murah meriah,ga perlu sebut nama yah siapa brand ambas nya,cukup inisial aja “permana”..

  6. Tahun2 lalu juga bukannya Yamaha mah ga ikut mang? saya tiap tahun mampir ke GIIAS minimal 2 kali tapi ga pernah liat stand Yamaha

  7. Alasan paling logis itu yahama gak ada motor anyar yg perlu di pamerkan dan juga gak ada duit soale penjualan lagi NJOMPLANG²nya bila disandingkan sama hodna

  8. haha.. pilih jemput bola ? honda malah udah ngadain dluan acara Honda Sport Motoshow di beberapa daerah tuh, kok kyk cuma alasan klasik nih Yamaha.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..