GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. Kebanyakan – jelas artinya bukan semua dong – pemilik motor sport apalagi yang fairing, gatel buat mengganti knalpot standarnya dengan model racing. Intinya sih ingin ada suaranya gitu kekeke.. terutama mesin 2 silinder ke atas, ganti knalpot model racing selain memang merubah suara – dengan perhitungan yang benar tenaga pun meningkat. Tapi ganti knalpot bukan tanpa resiko, karena razia pun mengintai, nah ini lah keunggulan knalpot Tridente yang punya 3 suara, bertenaga tapi tetap aman buat harian. Iya gitu? Nah ini hasilnya pasang knalpot racing Tridente di CBR250RR..

Knalpot Tridente merupakan buatan anak negeri yaitu buatan 3Tech Racing Evolution, Tridente sendiri merupakan salah satu model atau produk buatan mereka yang memiliki keunikan yang sudah dipatenkan yaitu knalpot racing dengan tiga suara! Tiga suara gimana kamsudnya kang?

TRIDENTE KNALPOT 3 SUARA

Kembali ke paragrap awal, kepengen pasang knalpot racing (tentu yang KBY maksud disini bukan knalpot Brong yang modelnya gak jelas dan suaranya berisik ga puguh itu loh ya kekeke) tapi takut razia. Nah Knalpot Tridente dari 3tech racing evolution punya jawabannya!

Di beberapa tempat, aparat memang gak pandang bulu, suara knalpot berisik (padahal ada ketentuan satuan dB) hajar babat sikat, tenggelamkan! Ada juga yang lebih parah, knalpot gak standar – mau dia ga berisik sekalipun.. tenggelamkan! Wkwkw.. Yah kalau kasus yang terakhir disebut mah susah ya.

Tapi yang akan KBY bahas adalah kasus suara berisik, knalpot model tridente punya 3 setelan yang membuat motor memiliki suara knalpot 3 suara alias 3 jenis! Yaitu standar, sport dan racing! Sounds cool? Oh yes it is lads kekeke..

PUNYA SETELAN KATUP

Prinsip kerja dari knalpot Tridente sebenarnya simpel alias sederhana, yaitu membuat sebuah katup di dalam pipa knalpot yang dapat bergerak seperti menutup, setengah terbuka dan full terbuka.

posisi katup saat tertutup – standar mode

Paketnya sendiri ada header yang sudah dihitung sedemikian rupa agar dapat menaikkan performa, kemudian di ujung pipa header (atau bisa juga pipa tengah) terdapat katup yang dapat bergerak. Ujungnya tentu ditutup oleh muffler, nah muffler yang KBY miliki adalah model Carbon GP3.

katup bergerak di sebelah sini

Katupnya sendiri digerakkan melalui kabel plus tuas yang bebas ditaruh dimanapun tapi biasanya agar mudah diraih ya di setang sebelah kiri seperti KBY. Tuas tersebut digerakkan secara manual yang kemudian menarik atau mengendurkan katup di dalam pipa knalpot.

KNALPOT TRIDENTE BEBAS RAZIA??

Hasilnya? Lads bisa lihat sendiri di video kan? Hehe.. Dalam keadaan katup nyaris tertutup (tentu masih ada ruang tersisa untuk pembuangan gas), maka suara knalpot nyaris seperti standar. Artinya? Suara standar akan aman dari razia hehe.

Pada saat tuas digerakkan setengah atau lebih maka katup pun akan terbuka sekitar setengah hingga 3/4, menghasilkan suara yang lebih kencang dari mode pertama. Menurut KBY suara di level ini masih aman dari razia.

Dan mode ketiga alias racing, tuas digerakkan penuh dimana katup akan membuka full sehingga suara yang dihasilkan pun lebih keras, tenaga pun full keluar. Nice eh? Hehe.. Dilakukan kalau aman gada razia wkwkwk.. Sori ga ngajarin, cuma cerita.

KEKURANGAN KNALPOT TRIDENTE

Menurut KBY pribadi nih lads, kekurangan dari knalpot tridente 3 suara adalah secara hitungan matematis sederhana akan tenaga yang dihasilkan, tidak akan sebesar knalpot racing yang free flow.

Free flow disini maksudnya adalah tidak ada katup ya. Knalpot Tridente dengan adanya katup membuat gas yang keluar sedikit terhambat bahkan saat setelan tuas dibuka maksimal, iyalah kan ada material yang menghalangi keluaran gas buang toh?

Kabel tuas juga jadi menghalangi speedometer, keknya sih bisa dipakein cable ties yak? Lupa belum dicoba hehe..

 

THE VERDICT

Knalpot Tridente menurut KBY sangat cocok bagi lads yang ingin tampil gaya dari sisi penampakan knalpot alias exhaust, ingin suara lebih keras dan performa lebih baik dari kondisi standar tapi tidak ingin kena razia knalpot suara bising hehe.

Tapi kalau lads benar benar ingin performa, 3tech racing evolution juga punya produk knalpot satu suara yang mengedepankan performa, tentu dengan resiko bakal terjaring razia toh.

Oia KBY bekerja sama dengan 3Tech Racing Evolution, menjual knalpot tridente ini (juga tipe lain). Harga Knalpot Tridente dengan exhaust carbon GP3 dijual seharga Rp. 3.550 juta – di luar ongkir yaaa.. Wrrrrrr..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

39 KOMENTAR

  1. Kang K0bay semoga sedang sehat, waras, slamet, lemu ginuk-ginuk.
    Kang, kalau yang jadi dasar PakPol adalah pasal 285 undang-undang nomor 22 tahun 2009 apakah akan tetap aman dari razia?
    Mohon pencerahannya Kang. Suwun.

  2. pasang silincer oem tiger lama aja, malah suara 2 silindernya jadi ga pasaran & ga terlalu berisik, tapi secara performa gatau efeknya gimana sih..

  3. Akhirnya ada blogger kondang(an) yang bahas ini muehehehe
    Suaranya bagus dan mantap, cuma masih kalah sama suara musik latar 🙁
    Mungkin perlu dipikirkan untuk membuat knalpot racing legal, dibuat SNI-nya saja seperti helm. Nanti akan ada standar material, desibel dll. Faktanya, industri knalpot racing ada dan menghidupi banyak orang.

  4. mirip teknologi suzuki jaman dulu ya…trus r6 ada pake juga (tapi tentunya 2 motor tadi uda lebih canggih)
    btw itu kabel ngalangin speedo?

  5. Bukan hanya suara mang yg bikin knalpot racing haram dipakai.. tapi juga keamanannya.. ada dulu kasus knalpot racing mengeluarkan api akibatnya pom bensin kebakaran. Memang itu gaswool knalpot racing masih bisa keluar kalau digas. Dan bisa terbakar. Bahaya itu..

  6. Wah knalpot canggih, bisa suara motor metik, motor bebek ama motor sport. 😆

    Mungkin nantinya berkembang jadi ada yg 4 suara, tambah suara motor listrik. 😆

  7. Keren motornya mang 😂 kayak repsol gua 😂 wuuuzzzzzz..nguacire puooool 😂😂

  8. Kalah canggih motor lu mang… TVS Tormax udah duluan begitu. Produk bagus tp matinya cepet. Tarikannya klo ganti ke freeflow kenceng juga coi…

    😂😂😂😂😂

  9. Ibarat mobil ada jg nih punya M series nya bmw cak, jadi tinggal tekan mode std atau sport resing, suaranya pun jg berubah menggelegar bak pake sendal resing FF, tp kalo mode biasa ya udah balik lg jd sedan kemayu.. hehe

  10. Asik maneh kalo ntar ada 5 suara, mode suara metic, mode bebek, mode 2 silinder, mode 4 silinder sama mode V4 engine.. mantapp

  11. Ngga di dyno sekalian om?
    Kali aja ada pembaca yang tekno freak, pengen tau (pengen tau aja…) beda yang kalem, semi kalem dan berisik mana yang lebih bisa memberikan….eh….yah maksudnya gitu lah..

  12. Lu lupa esensinya. Bukan teknologinya .Tilangan polisi itu berdasarkan tingkat kelaparan atasanya. Jadi kalo lapar .janganlan knalpot. Tutup pentil aja di masalahin. Bahkan lampu motor macam r15 yg nyala sebelah aja di permasalahin

    Urusan sama polisi itu sama aja lo kehilangan supra .Lapor polisi. Selamat duit buat beli xpander ilang. Itupun belom tentu supra di temukan

    Lah buku merah aja bisa ilang
    Kasus sambahar aja bisa lenyap
    Novel baswedan yg mau usut jendral kepolisitan dan adek ipar mr jok aja di buat buta .itulah fungsi polishit yg sesungguhnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.