GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Jika melihat di era tahun 90-an hingga tahun 2000-an awal, betapa sebuah motor jenis cub alias bebek begitu diminati dan dicintai konsumen Indonesia. Tapi itu dulu, sebelum new breed skutik menyerang.. dan akhirnya di tahun 2019 ini, dua bebek legendaris dari Honda yaitu Honda Supra Helm In dan Blade 125 resmi phase out alias discontinue alias suntik mati atau stop produksi!

Irit, tangguh, reliable alias gak rewel dan perawatan mudah serta murah, adalah hal hal yang membuat sepeda motor jenis bebek jadi pilihan kebanyakan keluarga di Indonesia. Dulu, kita masih ada kebanggaan berbebek ria, bahkan Mr. Big Alki Indoride.com bertahun tahun mengandalkan Honda Revo bernama Evita yang akhirnya diganti motor laki yang notabene sama lemot-nya, Edward si Byson.

SERANGAN SKUTIK – SCOOTER MATIC

Tapi dalam satu dasawarsa ini, ketertarikan konsumen akan jenis cub makin surut, tergerus oleh sebuah klan anyar berjenis skutik yang memang harus diakui punya daya tarik berkali kali lipat dibanding motor bebek yang begitu begitu ajah. Skutik irit? tangguh? reliable? gaya? akomodatif? kencang? Dapet semua.. ya nangis lah motor bebek kelas semenjana alias medioker.

Bicara penjualan, tahun 2018 kemarin motor matic mendominasi penjualan keseluruhan dari PT. AHM hingga 84%! Penjualan Honda Blade 125 dan Supra X 125 Helm In memang sangat jauh jika dibandingkan dengan matic bahkan sport di tahun 2018. Jenis bebek dapat porsi sebesar 8% saja, sedangkan motor sport hanya 7%.

MARKET SHARE MAKIN MENGKERET

Jauh banget ya penguasaan market share nya, pun begitu tidak semua motor bebek Honda di stop lads, karena masih ada dua andalan yang laris sejak brojol yakni Honda Revo X dan Supra X 125 FI. Penjualan masih lumayan dimana keduanya masih terjual lebih dari 50ribu unit di semester pertama 2018 lalu.

Berbanding terbalik dengan Honda Blade 125 FI yang hanya terjual 7.161 unit, dan Supra X 125 Helm In FI yang hanya terjual 1.999 unit! Selain dua tersebut, penjualan motor bebek bisa dibilang kurang menjanjikan, karena rata-rata hanya dibawah 20ribu unit total penjualannya. Berikut data penjualan motor bebek semester pertama 2018.

Penjualan motor Bebek semester pertama 2018 :
  • Honda Revo X Fi 76.295 unit
  • Honda Blade 125 FI R: 7.161 unit
  • Honda Supra X 125 Helm In: 1.999 unit
  • Honda Supra X 125 Fi: 60.553 unit
  • Honda Supra GTR 150: 10.063 unit
  • Honda Sonic 150R: 16.216 unit
  • Yamaha Jupiter Z: 22.713 unit
  • Yamaha Vega Force: 7.945 unit
  • Yamaha MX King: 26.326 unit
  • Suzuki Smash: 1.189 unit
  • Suzuki Satria FU: 9.970 unit

Bicara angka, Honda Blade 125 FI yang terjual 7ribuan unit dan Supra X 125 Helm In sebanyak 1.999 unit sebenarnya masih lebih baik dari Suzuki Smash, bahkan Blade masih bersaing dengan Vega Force. Tapi Supra X Helm In yang dirilis tahun 2012 lalu ini memang kurang peminat, kalah pamor dan desain oleh Supra X 125 biasa. Mungkin karena dianggap gemuk ya?

FAREWELL GOODBYE

Lebih pastinya soal discontinue, di website Astra Honda Motor, Honda Blade 125 dan Supra X 125 Helm ini sudah tidak ada lagi di daftar Cub Honda. Tersisa 4 motor bebek yakni Honda Super Cub C125, Honda Revo X, Honda Supra X 125 FI,dan Honda Supra GTR150. Bahkan Honda Cengkareng menyebutkan, dua motor bebek tersebut ini sudah tidak diproduksi lagi sejak 1 Januari 2019 kemarin.

Motor bebek tidak akan punah, tetap akan ada meski porsinya tetap tergerus dan akan stagnan seperti halnya penjualan jenis sport 250. Model bebek masih dibutuhkan di area pedalaman, pinggir kota atau pedesaan yang masih membutuhkan motor dengan ketangguhan luar biasa, dimana sebuah skutik belum mencapai level tersebut.

HONDA NEW BLADE 125?

Kalau Supra helm in KBY sih yakin gakan ada model barunya, tapi untuk Honda Blade 125? Nah melihat penjualan yang sebenarnya masih menjanjikan, feeling KBY Honda akan merilis bebek model baru sebagai pengganti Blade. Tapi ga tau kira kira ambil dari desain apa ya?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

33 KOMENTAR

  1. Wajar suntik mati soalnya skrng sodara2nya si beAt & variO udh mulai bisa ambil alih ms lebih memikat hati bisa cari muka ya mirip2 karyawan multitalented yg kena tikung sm karyawan multiface yg berhasil menarik perhatian…. lohh ???? Wkwkwkwkwk hahahahhaaa

  2. Mang … coba kilik produk bebek Honda di negeri jiran macam Malaysia, Vietnam dll siapa tahu ada yang modelnya bagus dan bisa jadi suksesor Blade ato bahkan kebangkitan Suprix Helm In

    selain BBM lebih irit dari skutik, secara buat area yang banyak jalan menanjak (dan pasti ada jalan menurunnya juga) … engine brake nya ngebantu banget ketimbang skutik yang bisa ngeloyor nyungsep klo rem nya udah kepanasan

    Nuhun yah Mang

  3. Blade 150? Dgn kopling? Desain jauh lebih agresif? Krn supra identik dgn bapak2 dan blade sebenarnya lebih sporty. Blade 150? Mungkin?

  4. mestinya blade itu pake mesin gtr,

    body gtr sekarang ngak jelas, konsep touring tapi dipake balap arrc u150

  5. Helm-in ini design-nya gak ngalir dari body tengah kebelakang, jadinya nggak proporsional gitu.

    Sepakat dg komentar diatas soal Blade dg mesin GTR.
    Kalo dari lahir sudah pake nama Blade (bukan Supra), mungkin nasib Supra GTR akan jauh lebih saat ini

  6. Blade kn sporty tuh, kasih aja mesin cs1, desainnya dibikin selera anak muda, atau ya mesin supra gtr boleh

  7. Biarin aja mang.. kasihan,mungkin dia kurang prhatian orang tua,, jdi caper disini..

  8. Dari awal kehadiran blade ini emang ganjelan. Awalnya bebek sporti tu revo gen 1, begitu laku malah di rebrand jd blade, revonya turun kasta. Kirain revo bakal gantiin seri fit, eh muncul lg revo fit. Sementara si supra jg brubah sporty, lebih bagus dr blade yg semlohai ga jelas. Sementara harga blade beti dr supra, prestise jauh. Ya ditinggal deh…

  9. Kebetulan punya supra helm in, kendaraan niaga cuman versi motor. Dibawa bandel juga gak bandel amat, rantai kamprat sering kena. Tapi pilihan bebek bagasi gede cuman ini aja yaa ambil pas tahun 2012

  10. Honda Moove nya jangan di negara tetangga aja. Lahir kan model2 baru biar gak jenuh dgn tipe yg sama.

  11. gara-gara downgrade, wong supra karbu gen 1 dan gen 2 pake tensioner manual kok helm ini pake teknologi jadul,

    Supercub C125 aja pake mesin generasi supra karbu jadi masih pake tensioner manual.

  12. gara-gara downgrade, wong supra karbu gen 1 dan gen 2 pake tensioner manual kok helm ini pake teknologi jadul,

    Supercub C125 aja pake mesin generasi supra karbu jadi masih pake tensioner manual………….

  13. Ane masih piara blade repsol gen 2. Masih standar pabrikan. Enak bawanya. Akselarasi oke. Bunyi knalpot standarnya unik dibanding roda 2 lain yg juga standar.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.