Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Suzuki GSX-S150 diciptakan sebagai alter ego dari kembarannya yang gak identik, si versi fairing GSX-R150. Si Naked bike ini memiliki basis model, sasis bahkan mesin yang sama dengan saudaranya tersebut, hanya sedikit perubahan dari sisi ergonomi dan bentuk bagian depan. Bahkan fitur pun hanya berbeda sedikit. Karena perbedaan yang sedikit itu lah si naked bike yang punya jok split alias terpisah ini sulit untuk menarik minat konsumen muda.. Singkatnya, GSX-S150 sulit laku dibanding kompetitor..

Tak hanya konsumen muda lads, yang sudah mature sebut lah berusia 30 tahun ke atas pun tak banyak yang meliriknya, ini karena selain faktor desain, faktor ergonomi juga berperan..  Ya salah satunya akibat jok terpisah dengan bagian belakang terlalu tinggi untuk penumpang. Maka konsumen mature ini lebih melirik si model fairingnya sekalian atau memilih produk kompetitor yang punya ergonomi secara keseluruhan lebih nyaman dengan model yang juga lebih menarik..

Salah satu bukti sulitnya GSX-S150 menjaring konsumen adalah berdasarkan data yang dilansir Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), pada bulan Agustus 2017 lalu, sang saudaranya GSX-R150 sanggup terjual hingga 2.371 unit… Jauh banget dengan GSX-S150 yang hanya terjual 165 unit saja! Ya, cuma seratusan unit gak sampai 200 lads!… Parahnya angka penjualan tersebut bahkan masih lebih rendah dari New MegaPro FI (316 unit) – yang notabene terkategori motor “nggak laku” dan tak mendapatkan update sejak 2014 lalu! Memang sih masih jauh lebih baik daripada Byson FI yang cuma laku 19 unit di Agustus 2017..

Kontras kalau melihat kiprah dua kompetitornya pada bulan Agustus 2017, Honda CB150R Streetfire mampu terjual sebanyak 13.673 unit, sementara All-New Vixion menguntit dibelakangnya dengan total distribusi sebanyak 12.618 unit… Nah, jauh dan jomplang banget kan perbedaannya? GSX-S150 Touring Edition yang hadir baru baru ini pun ternyata belum mampu menaikkan pamor penjualannya.

Lebih lanjut lagi, saat KBY kebagian tugas sebagai koordinator Forum Group Discussion untuk Suzuki, saat mencari 4 orang pengguna GSX-R150 dengan rentang usia 21 – 27 tahun, tak sampai setengah hari sudah dapat, sementara untuk GSX-S150 dengan pengguna di rentang usia yang sama, dua hari saja gak dapet dapet!! Artinya kalaupun ada, jumlah konsumen mudanya sangat sedikit.

Dengan demikian agar Suzuki GSX-S150 yang sulit laku mampu menjaring konsumen lebih banyak baik usia muda maupun dewasa maka desain harus berubah baik dari sisi desain serta ergonomi secara keseluruhan, pengendara dan penumpangnya.. Artinya, desain GSX-S150 tidak boleh mentah mentah copy paste dari saudaranya yang berfairing, harus berbeda seperti halnya Honda CBR150R dengan CB150R, Yamaha All New R15 dengan All New Vixion..

joknya kudu kaya gini keknya

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

35 COMMENTS

  1. Saran aja nih untuk suzuki indonesia

    Sediain accesoris beropa jok tandem setiap pembelian
    Drpd ga laku

    Soalnya ini sedang nyari nama
    Jangan sampai gagal dpt nama
    Cmn gara2 masalah jok

    Minimal user merasa beruntung dpt 2 model jok

    Bengkel modif biasa aja bisa kq bikin modifanya
    Apalagi kelas pabrik

    • Nah….itu jg sptx jd biang masalah
      Gnt dgn headlamp satria FU injek pat ganteng terdongkrak naek…
      kan ada d blogx lek IWB, jd keren tuh motor

      • Comment :
        Tp koq gw malah suka yah
        Beda sama pabrikan sebelah
        Masalah Desain memang selera Sih hehe

  2. Kata orang-orang gak selera, Suzuki aja yang bodoh, main comot model India. Asal tau aja, model India tidak ada yang disukai konsumen Indonesia. Kenapa tidak riset sendiri yah?

  3. Bentuk headlamp jauuuh lebih paraaaah dari megapro mungkin itu ya. HL mpro masih proporsional kalau dilihat dari samping kalau gsxs ini ya begitu……imho

  4. Mereka yg beli suzuki hanya fbs, sedangkan fbs di sini jumlahnya cm sak crit,sedangkan sebagian besar dr mereka pilihan rata² jatuh ke gsxr dan fufi,paling katambahan bebeapa blogger yg beli karena diskon lumayan besar,nah kl fbs udh beli semua ya suzuki tinggal jual spare part aja, berharap fby atau fbh beli merk suzuki..? Ngimpi…

  5. ngga usah yg macem2 deh suzuki, seandainya kalo suzuki kasih model lampu depan bulat seperti sv650 dan jok tandem yakinlah nih motor pasti jauh lebih baik dari saat ini jualannya. Mesin sudah sangat baik daripada kompetitor.

  6. Betul mang kobay,head lamp revisi,jok belakang juga revisi,,,
    Jangan cuma gara gara sepele jadi rusak susu sebelahnya,,,

  7. Banyak sih kesalahan GSX-S dari awal muncul, dan ini bukan soal mesin.
    Sayangnya Suzuki gak mau mendengarkan konsumennya sih, udah banyak user/owner, calon user, tester, blogger dan pemerhati otomotif R2, bilang kesalahan yg trnyt sama, tp masih gak ada gerakan dari Suzuki.
    Misalnya, split seat, masukan untuk diubah jok tandem, jok belakang + rangka yg terlalu tinggi, model lampu yang kurang gagah, jok yg kurang nyaman (tipis, sempit dan kurang panjang untuk yg belakang). Coba aja kita lihat / belajar dari xabre yg punya desain mirip GSX-S, dan gimana penjualannya. Itupun dgn desain jok tandem + USD.

    Sy saja sebagai owner & user, pernah di telpon oleh halo Suzuki buat feedback, tetapi Sewaktu melihat GSX-S touring edition keluar, nyata bahwa blm ada usaha untuk merealisasikan feedback² tsb.

    Ya jelas aja dilibas dan terjun penjualannya, kalah sama seri CB dan vixion yg punya desain lebih match antara lampu plus joknya yg tandem & lebar.
    Seandainya mesin GSX-S itu setara CB series, atau harganya gak harga promo, gak tahu dah gimana penjualannya. Ngeri memikirkannya.

    Padahal jika GSX-S dibuat / diganti suzuki dgn model lain, ato bikin model seperti vStrom, GZ series (marauder) /sport tourer macam rebel, ato model cafe racer, dll dgn mesin yg sama sebagai pendamping GSX-R, tentu bukan tidak mungkin produk Suzuki akan menggerus pasar CB, vixion, mx king, supra GTR & sonic, atau bahkan akan membunuh kawasaki W175 Sebelum Lahir ke Indonesia.

  8. Ada bocoran / penampakan/spyshot, bahkan produk Suzuki yg baru nanti akan berupa GSX-RS. Body GSX-R, tapi segitiga atas dikasih riser dan pake stang GSX-S.
    Produk di jejer sama GSX-R, Dan di ruangan tersebut (sepertinya gudang penyimpanan motor baru), ada juga GSX-S yg sekarang.
    Motor² tsb saat di filmkan, joknya masih berbungkus plastik.

  9. bagian kalimat penjualan byson knapa dicetak tebal???

    1. ingin menegaskan bahwa byson adalah produk yg (mungkin jelek) paling tidak laku

    atau mungkin . . .

    2. karena byson adalah produk nemesis abadi pabrikan yg menghiasi frame kanan-kiri blog ini sehingga perlu adanya suatu pelemahan Brand walaupun itu cuma tersirat :V

    Dirimu sendiri yg tau X)

  10. Mati satu tumbuh seribu, ngga laku di Indonesia gapapa, masih ada ekspor asean, eropa, japan, amerika latin, oceania

  11. Headlamp sam split seat sih om kobay yang emang agak fatal, dalam artian pasar naked indo memang masih mengutamakan kenyamanan secara all around dan desain yang menarik tapi enak dilihat..
    Sisanya udah okee, mungkin revisi dikit bagian shroud aja sama egronomi..

  12. Itu yg gambar pertama,,,,walawpun kecil &tertutup….tapi keliatan banget bejendol ya Mang… .
    ..
    ..
    ..

    ..
    ..
    ..

    jok split seatnya

  13. Sub frame harus dibenerin. Jangan nungging banget.
    Head lamp+ sub frame+jok tandem=harus diperbaiki

  14. Dari awal kemunculannya saya udah pengen nih gsx s,secara saya penyuka motor naked,eh situ nongol,lihat jok dan hl nya buyar dah,
    Suzuki terlalu egois dengan prinsipnya yang akhirnya jadi bumerang bagi mereka sendiri.motor comuter masa nungging2??
    Aneh aja kan.

  15. Dri komentar diatas byk yg gk suka sama headlampynya yaaa, seleranya pd tua n kuno sihh :p, ato emg blm pernah liat lgsg/ketemu saking langkanya wkwk, ane sbg gsxs user umur 16 thn, ngeliat headlamp gsxs itu unik, dari jauh tampak spt xabre, bisa dibilang mnurut ane desain headlamp gsxs itu masuk akal n cocok aja dibanding mew vixion modifan yg wagu *eh sorry fby , n yg mslh di gsxs ya joknya doang sih, selain itu overaal memuaskan, ad yg komen msh masuk akal headlamp megapro, ketauan seleranya gk anak muda aka udh tuaa :p

  16. Dulu ada loh blogger yg bilang gsxs makin lama dipandang makin sedep. Eh realita nya bnyk yg ga demen. Bentuk nya weird. Apa waktu itu pengaruh amplop ya? Semoga bukan

  17. 1. joknya split, sementara ini naked sport
    2. framenya pake deltabox2 an. sementara konsumen kita dah pada pinter2
    yg paling penting jok splitnya euy asli galau. ini motor turing tapi joknya ciga keur marahan

  18. pantas saja. di Surabaya kalau beli Suzuki Ertiga September ini, dapat bonus bisa langsung bawa pulang GSX-S150.
    ternyata karena penjualannya kurang laku ya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..