GSX

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Meski terkesan diam seribu bahasa tapi sebagai penguasa market share sport setahun belakangan ini, pastinya Honda memantau perkembangan yang terjadi di lapangan. Apakah hasilnya menjadi sebuah Honda CBR150R SP alias Special Production?

Tak dapat dibantah apalagi disangkal kalau saat ini Yamaha R15 2017 major change dapat dikatakan menjadi yang terlengkap dari sisi keseluruhan, desain mantap ditemani oleh berbagai fitur yang hanya ada pada kelas di bawahnya (125cc) atau di atasnya (250cc up), sebut saja suspensi depan upside menjadi yang pertama pada motor Jepang 150cc, di Indonesia, atau kayaknya di dunia ya? Mesin meskipun masih SOHC namun sudah 4 valve plus VVA, speedometer full digital bagai gadget, tuas hazard bahkan menurut mang Asep tersedia pula socket charger tersembunyi!

Itu Yamaha R15 2017, Suzuki GSX-R150 punya tampang yang bagi sebagian orang biasa saja, tapi desainnya yang gak neko neko dan minim pahatan muscular itu punya sifat timeless alias abadi, tambahi dengan fitur speedometer lengkap dan ini dia, mesin yang sangat powerful, suara knalpot yang merdu, handling yang lincah, sasis controllable serta predictable membuatnya menjadi kuda hitam yang tak dapat diabaikan begitu saja.. Belum lagi harganya yang sangat sangat kompetitif!!

Honda diprediksi sedang berpikir keras saat ini, tentunya semua usaha yang sudah berhasil dalam rangka menjadi yang terbaik dari sisi penjualan di kelas sport tidak ingin tersia sia begitu saja.. Sadar kalah dari sisi fitur dan power mesin, akankah Honda membuat satu kesimpulan bahwa Honda CBR150R harus punya sesuatu yang special, seperti varian Special Production yang biasa disingkat SP misalnya? Bisa jadi dan kenapa tidak?!

Menurut opini KBY dan juga hasil membaca banyak komentar baik di blog maupun grup facebook, para fans CBR menginginkan adanya perubahan tapi bukan berarti harus ada sosok baru dari CBR150R yang umurnya belum genap setahun.. masa kudu ganti model lagi? Hhehe.. Secara garis besar, ada keinginan agar Honda menciptakan varian baru berbasis model yang ada saat ini, toh dari desain sebenarnya sama sekali tidak ada masalah.. hanya kurang fitur saja.. plus satu lagi.. sektor mesin!

Menjadi yang paling inferior saat ini membuat mesin K45G butuh sentuhan.. seperti yang KBY bahas pada artikel sebelumnya (cek: Antisipasi Honda CBR150R Setelah Lahirnya New R15 2017) mesin CBR150R tersebut seharusnya bisa ditingkatkan lagi, mungkin tetap DOHC nearly square namun dengan peningkatan pada power dan torsi.. Kurang lebih inilah daftar yang diinginkan oleh konsumen:

  1. Desain tetap karena sudah keren
  2. Tambahkan fitur seperti engine cut off, tuas hazard jika perlu
  3. Suspensi depan upside down
  4. Swing arm belakang aluminium
  5. Setang dibuat under yoke
  6. Power mesin ditingkatkan

Tanpa merubah desain pasti konsumen yang saat ini sudah memiliki New CBR150R K45G tidak akan kecewa.. menambah varian tambahan seperti Honda CBR150R SP adalah hal yang paling masuk akal.. Yang jelas harga pasti naik, tapi pencinta kecepatan dan fitur tetap akan membelinya kok.. Bagaimana Honda?

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

72 KOMENTAR

  1. Jilid 2 akan terjadi seperti nya dmn wkt dulu ada nsr150rr n nsr150sp beriringan ,,,

  2. Tinggal rubah
    1.shock usd
    2.single arm
    3.winsheld di panjangin
    4.stang underyuok
    5.mesin dohc overbore vvt
    6.keyless ignation
    7.lcd digital 5.5″
    8.rem abs

    Saya kira bisa seimbang dengan kompetitor dengan dibenturin harga dengan r15,cbr standar harga nya diturunin,,,

  3. cbr 150 ini sudah skak. masih bisa gerak tapi lama lama juga skakmat.
    dari awal overpriced si g*blok. lagian juga ergonominya jadi gk nyaman khas cbr.
    padahal kalau ergonomi nyaman kyk cbr dulu punya kelas tersendiri. dan lagi cbr itu memang sport fairing yg digunakan untuk daily use. cbr 1000 rr yg baru aja tetap mentingkan daily use.

  4. Power mah udh mentok. CBR 150 K45G mah lbh cocok disebut GL-R 150 karena faktor mesin yg GL-verza-pro bgt. The last Knight of CBR 150 ada di K45A.

    Orang2 kan cuma mau gaya, ngebut dikit2 cukuplah, makanya jualan K45G ttp laku. Buat yg lbh paham, si K45G alias GL-R150 ini gak pernah jd opsi buat di bokul. Lbh baik nyari seken CBR K45A, CBR 150R Thailand, atau CBR karbu skalian.

    Thank God Suzuki “mengobati” rasa kehilangan kita akan “the real CBR” dgn the legend from the other side GSX R150. Gak perlu ngarep CBR 150 SP bermesin high spec, paling yg keluar cuman “ganti make up” aja.

  5. trus mau di bandrol berapa mang??
    kalo cuman power peda 1hp mahh ya mending pilih gsx atau r15 atuh

  6. Terlalu membuang resource kalo ngladenin kompetitor dg new produknya apalagi market sport fairing 150 dibawah 10rb/bulan mending ahm fokus ngancurin cash cow kompetitor nmax,aerox,vixion dah disini hidupnya pabrikan sebelah kalo cash cow ini di redam ahm bisa dipastikan lebih mendominasi lagi… just my opinion…

      • laahh ancb lahir krna ocb gk laku, bru setahun lahir gk sanggup lawan vikson. smpe ganti mesin jadi ngoper struk.

  7. karna facelift nya kentang jadi gini, yang lain ngeluarin baru jadi ketinggalan
    tambah usd+arm almu, kalo perlu mono arm kaya nsr sp, balikin mesin overbore nya juga

  8. Setelah banyak komen yang bilang kalo windshield CBR150R kependekan …
    dan setelah dilihat-lihat iya juga ya ,,, jadi agak gimana gitu ya …

    Baru nyadar bro … asli … 😀

  9. Misal r15 harganya 34jt. Cbr sp mau dihargai berapa?
    Terlalu mahal juga ga laku, terlalu murah nanti malah bunuh cbr current dan mencederai perasaan pemilik cbr current. Serba salah karena umur cbr current baru 1 th.
    Mending fokus buat bunuh nmax..

  10. dan untuk mempercepat facelift, jalan keluarnya adalah jangan beli cbr150 ini…
    dan sp pun akan segera keluar…. ekekekkkk

  11. mungkin pake doubel R dulu mang, kaya kasta NSR Series dulu.
    NSR150R dilanjut NSR150RR dan pamungkasnya NSR150RR SP buat yg pengen tampil all out luar dalam.
    mereka gak cuman beda tampang aja, tapi performance mesin juga beda. IMHO.
    ya ada baiknya AHM nengok sejarah dari silsilah Honda Global jaman dulu dan cara mereka bertarung sama kwartet jepang di era keemasan 80/90an.

    • ahaem melupakan history dan legacy of CBR bree..

      kasian bapak besar Soichiro Honda udah ngebangun brand image CBR dengan treatment khusus,, eh skrg demi komersil ngejar market share dipakailah mesin rame2 a.k.a Common Parts..

      CBR yg identik napas panjang / overbore nya,, sekarang di cekek..

  12. kenapa kalo nulis SOHC harus pake embel-embel “MASIH”.. terkesan sohc itu jadul dan kalah advance,

    hp kamu apa? masih iphone 4 (ini pake “masih” wajar krn skrg udh ada ip7 dan ip4 kalah teknologi)

    sedangkan sohc dan dohc ga ada yg jadul, ga ada yg advance, ga ada yg diciptakan duluan, ga ada yg diciptakan belakangan

      • Cambuk ringan dulu..
        Benar juga, kalau pakai alasan yang lain sudah DOHC, apa sebelumnya sudah pernah ada cb 150 r yang sohc???, Apa sebelumnya juga pernah ada gsx 150 r yang sohc…???

        Mang kobay harus terima, biar kedepan lebih baik.
        Peace..???

        • Wkwkwkw kalimat itu sbnrnya lbh ke penggunaan kalimat marketing Dan yang beredar di masyarakat.. udah Dohc nih, itu Masih SOHC..
          Saya cari yg simpel aja .. ga usah kejauhan ah wkwk.

      • Emang sih bang Kobay, sebagian warga warung ini bnyk yg nganggep kendaraan yg “masih” SOHC itu psti inferior hehehe…
        Nah tuh kok gak ada yg ngeluhin klo Honda BRV msh SOHC sedangkan Terios udh DOHC hehehe…
        Pdhl secara performa msh jauh lebih baik mesin BRV drpd mesin Terios hehehe….

    • CMIIW
      pernah jadi silent reader di blog otomotif luar sekelas MCN, mereka blg untuk motor cc 150 sangat maksimal hanya dgn sohc 2 klep dari pada dohc 4 klep. Tidak effektif klo pake dohc klo cuma cc 150. Di nilai dari bobot motor, besarny kruk as dan kapasitas oli mesin rentang 1L – 1,5 L. klo scara produksi jauh lebih menguntungkan dgn mesin sohc. Perawatan juga gampang klo untuk daily use. Ini scara konsep mesin.
      Klo scara personal preference mo pilih dohc atau sohc silahkan. Klo hanya untuk commuter dan daily use menurut ane sangat efektif dgn sohc.

      • Sangat maksimal ?
        Utk kelas 150cc dg SOHC sangat maksimal ?

        Guyon kamu,,,,,ekekekkk

        #lirik megapro sohc 2 klep

  13. Anjiirrrr Mang kobay keren gaya bersama gsxr150 kayak mau taruhan di ajang drag race wkwkwkkk, harga sekarang cbr gak masuk akal Mang fitur masih bagusan gsxr150 harga terjangkau, kalau opini saya cbr150 jadi blunder naikin Spek kemahalan gak ada yang beli & bikin baru facelift bikin konsumen sakit hati season 3 nanti, kapokmu kapan ahaem guoblokk

  14. Mau dihargain berapa mang??, USD, Assist Slipper Clutch, Swing Arm Alumunium??, yg pasti harga SEBEER sekarang OperPrice, jadinya kalau nambah fitur bisa mepet Kelas 250 CC,

  15. AHM melupakan history dan Legacy dari CBR itu sendiri bree..

    Bapak besar Soichiro Honda udah dengan proses ngebangun brand image CBR dengan mesin specialnya dan punya prestige sendiri di kelasnya..
    tapi produk CBR kali ini keluar dari sejarahnya, demi mengejar market share.. CBR dicangkokan mesin Common Parts yang mana konstruksi near square karakter untuk harian..

    CBR harus punya mesin sendiri, punya kebanggaan sendiri yg memakainya..
    sejatinya juga motor sport fairing itu juga harus berbody besar dan berperforma tinggi!

    • afaik, cbr selalu/mayoritas menggunakan common engine dengan seri CB(F) dan CBX, namun memang dengan settingan yang berbeda

  16. kalau diperhatikan kasihan juga si AHM ini..berhasil memukul R25 (dan mungkin ninja) namun ternyata dipukul balik di 150cc nya (yang mana sebenarnya pangsa pasar untuk meraup keuntungan lebih besar daripada 250cc yang lebih ke pencitraan cmiiw)

    mau SP? banderolnya piye? sekarang aja jadi kelihatan overprice..selisih berapa PS? kalau beti sih tetep aja…trus kalau sukses? ya varian non SP yang kena makan (stok numpuk di gudang)

  17. Cuma wrna merah plus stiker aja.lebih mahal..
    Apalagi versi sp,dg segudang fitur..skrg aja 34jt..kl SP 38JT…males beli.

  18. mau naik berapa mang kobay? SP nyentuh harga KTM RC 200 bisa dibejek-bejek ini… emang honda keterlaluan kasih harga giliran di hantem Yamaha ama Suzuki kalang kabut dah… udah overprice, fitur paling bongsor lagi ckckc…

  19. pake mesin K45A, terserah mau pake sejenis VVT, sisanya konsep pake cbr250rr dijual 36 37 juta juga laku, ga usah nanggung pasar sudah sangat sempit diangka segitu tapi imagenya penting, K45G upgrade dah tu di wind shield.. tetep untuk 150 pasar yang paling besar ya pengguna harian yang bisa gaya, miara dua produk dikelas yg sama beda segmen, ga masalah buat AHM yg penting pasar harian dan speed enthut yg dimasuki all new R15 bisa kepegang

  20. Berdasarkan banyak komen, sy rasa komen tentang power paling banyak diomongin. Ya cbr itu poin 1 yg mesti diperbaiki. Paling banyak kedua ya muka gepeng. Ya buat gak gepeng lah
    Trus klo selera saya, 1. Kualitas cat baik cat dasar dan clear kasi tebal dong seperti zaman honda federal biar kalau baru memang berasa baru. 2. Pelk buat mengkilatlah seperti vixion. Jgn hanya yg versi repsol. 3. Kerapatan antar body plastik standarnya dinaikin lah seperti di jupiter z era burhan yg super rapat. 3.dimensi dibesaran dikitlah. Panjang dibuatlah 2-3 cm lebih panjang. Tinggi motor gak perlu. Tangki bentuk kasi sama saja krn sdh keren tp buat gemuk dikit. Jok buat siempuk jok motor yamaha. Fork sama swing arm kasi clear lah biar berasa mahal karena memang mahal. Yang lain lain sdh keren. Gak usah kasi slipper clutch. Nanti ahm susah kasi harga pas.

  21. Ide bagus, cuma salah nya AHM adalah mensetting harga CBR yang sudah terlalu tinggi, IMHO, toh fitur gag terlalu jauh berbeda dari GSX tapi kog GSX bisa lebih murah hayoo…
    Andai keluar SP pun, klo fitur nya gag killer2 amat ya percuma, orang2 ga kan merasa lebih spesial dari current CBR ataupun kompetitor.. IMHO
    IMHO lebih baik AHM melakukan operasi diskon harga secara tersembunyi tanpa banyak pemberitahuan di media sehingga ga akan terasa klo AHM melakukan down pricing.. haha

    pilihan lain ya, biarkanlah CBR skrg ga usah byk di otak atik kecuali utk facelift kosmetik yang normal nantinya, tapi cobalahh sekali2 AHM main di blue ocean.. bikin produk baru yang potensial kayak motor adventure dan classic yang sudah pasti ada pasarnya.. biar konsumen juga gag bosen liat motor yang itu2 melulu…

    • Itu dia bro. Diawal sdh ketinggian jd kalau nambah fitur persis sama saja vixion baru, ahm pasti bingung kasi harga apalagi kalau fiturnya lebih banyak dan lebih baik. Over pd sih diawal ahm. Kasi turun harga rasanya sejarah yg akan sulit ahm lakukan. Cs 1 saja dulu gak laku malah naik. Helm in supra gak laku dinaikin dan malah harga gak beda jauh sama mx 150. Pride ketinggian gua rasa nih ahm.

  22. jangan sebut k45G sbagai gen CBR, sebab dr karakter K45G sudah out of the caracter… dan malah pu.ya karakter yg memalukan, jd NAJIS AING NYEBUT K45G sebagai keluarga CBR….

  23. KaLo SP sepertinya bLum. Yang keLuar adaLah edisi hitam doff dan rangka ma veLg merah. Dan ditambah dengan windshieLd yg agak panjang, body kit dikit2, sama appareL khusus smisaL heLm.

  24. Sabar mang…tong panasan kitu….

    Nikmati dan syukuri.
    Jangan lupa cuci muka dan di caci maki ( overprice ).

    Bulan madu usai terburu buru,karena mantan lebih hot….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.